Serba Serbi Ide dan Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi

Indonesia adalah negara maritim yang memiliki kekayaan laut melimpah. Ironisnya, masih banyak sekali hasil laut yang belum dikelola dengan baik padahal ide dan peluang usaha budidaya ikan konsumsi sangat besar.

Hal yang sama juga terjadi pada komoditi ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan gabus dan jenis ikan lainnya. Dilihat dari grafik nutrisinya, mengkonsumsi ikan pun jauh lebih baik daripada daging merah. Ikan kaya akan omega-3, tinggi protein dan rendah lemak.

Lantas, setelah mengetahui kelebihan tersebut masihkah kamu menganggap peluang usaha budidaya ikan konsumsi kurang menjanjikan?

Ide dan Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi

Potensi bisnis ikan konsumsi di negara kita sangat besar tidak kalah menariknya dengan peluang usaha ikan hias. Tapi sebelum melakukan bisnis bidang ini, baiknya kamu perhatikan tiga faktor berikut ini:

1. Proses Budidaya Ikan Konsumsi

Pertama, tahukah kamu bagaimana proses atau cara kerja budidaya ikan konsumsi? Keahlian dan keterampilan bidang ini sangat penting bahkan menjadi modal utama.

Kamu juga harus tahu media apa yang hendak digunakan untuk budidaya ikan. Apa itu tepi sungai, kolam depan rumah, waduk dan media lainnya. Beda media tentunya berbeda pula jenis ikan yang bagus untuk dibudidayakan.

2. Minat dan Perkembangan Permintaan Pasar

Proses analisis usaha budidaya ikan konsumsi harus berdasarkan pada beberapa aspek salah satunya minat dan perkembangan permintaan di pasaran. Kamu harus mengenal target marketing dengan baik, kamu juga wajib memilih lokasi atau daerah budidaya dengan seksama.

Perhatikan pula tradisi dan selera masyarakat setempat supaya modal sedikit yang kamu punya bisa dialokasikan dengan sempurna.

3. Cara Memenuhi Kebutuhan Pasar

Pasar merupakan lokasi penjualan yang paling besar karena menampung lebih banyak pembeli. Selain mengetahui tren atau kebutuhan pasar lokal, cari tahu juga secara terperinci minat pasar ikan konsumsi internasional. Apalagi jika kamu bermaksud ekspor ikan konsumsi ke negara tetangga.

Baca juga: Usaha Ayam Potong Rumahan

Macam-Macam Ikan Konsumsi Terpopuler di Indonesia

Ide dan peluang usaha budidaya ikan konsumsi masih sangat menggiurkan. Agar budidaya ikan yang kamu lakukan terus maju, pilih satu atau beberapa ikan terbaik ini.

1. Ikan Mas

Ikan yang satu ini merupakan ikan favoritnya para ibu-ibu. Ikan mas bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat mulai dari pepes ikan mas hingga ikan mas goreng. Dengan proses masak sempurna, ikan mas akan terasa pas dan enak di lidah.

2. Ikan Lele

Ada alasan mengapa ide dan peluang usaha pembenihan ikan lele tidak pernah sepi peminat. Salah satunya karena menjamurnya kedai pecel lele di pinggir jalan. Alhasil, pemasok ikan lele pun terus kebanjiran pesanan setiap harinya.

3. Ikan Patin

Sama seperti ikan mas, ikan patin juga termasuk jenis ikan konsumsi yang paling laris di pasaran. Selain ditemukan di meja makan warga, hidangan ikan patin juga sering dijumpai di restoran seafood.

Baca juga: Proposal Usaha Ternak Sapi Potong

Perencanaan Bisnis Pembenihan Ikan Konsumsi

Memilih jenis ikan merupakan salah satu poin penting dalam perencanaan usaha pembenihan ikan. Kamu mau tahu informasi lengkapnya? Yuk simak ulasan kami berikut ini:

ide dan peluang usaha budidaya ikan konsumsi
Perencanaan atas ide dan peluang usaha budidaya ikan konsumsi

1. Lokasi

Ide dan peluang usaha budidaya ikan konsumsi akan berjalan lebih teratur dan sistematis setelah kamu memiliki lokasi budidaya dan lokasi penjualannya. Pilih kedua lokasi tersebut secara teliti melalui perhitungan dan pertimbangan matang.

2. Jenis Ikan

Sudah ada lokasi budidayanya? Segera pilih jenis ikan yang hendak kamu budidayakan. Sebagai referensi, kami telah jelaskan beberapa jenis ikan konsumsi dengan beberapa kelebihan di atas.

3. Siapa Target Marketingnya?

Setelah memilih ikan lele atau ikan patin sebagai jenis ikan budidaya, kamu harus tahu kepada siapakah ikan tersebut dijual? Apa konsumen perorangan atau skala besar?

4. Personil dan Partner Kerja

Poin perencanaan usaha pembenihan ikan konsumsi berikutnya mengenai personil atau partner kerja. Sekecil apa pun bisnis budidaya ikan yang kamu kerjakan, kamu tetap membutuhkan bantuan dari orang lain bukan?

Adanya partner kerja akan membantumu dalam permodalan. Sementara personil atau tenaga kerja membantumu baik untuk mengatur pembukuan atau pekerjaan lapangan.

Selain keempat rencana tersebut, sesungguhnya masih ada besaran modal, peralatan budidaya dan juga strategi marketing yang harus kamu rencanakan.

Setelah semua poin tersebut dibahas dengan matang. Lanjutkan ide dan peluang usaha budidaya ikan konsumsi pada tahap eksekusi atau pengerjaan. Mudah bukan? Tunggu apalagi, segera lakukan budidaya ikan konsumsi sekarang juga.

Bagikan:

Tinggalkan komentar