5 Penyedia Hosting Gratis Terbaik untuk Website Uji Coba

Setiap orang hendak bikin sebuah website, tentu dia akan membutuhkan hosting. Sebab hosting ini diibaratkan seperti rumah. Kalau kamu enggak punya hosting, maka orang yang datang ke alamat website kamu (domain) pasti enggak akan menemukan rumah website kamu itu.

Tapi sayangnya, harga hosting lumayan mahal. Nah kamu bisa mengatasinya dengan hosting gratis terbaik. Bagaimana cara mendapatkannya?

Kelemahan Hosting Gratis

Sebelum saya kasih rekomendasi penyedia hosting gratis 2021, kamu perlu tahu dulu apa saja kekurangan dari hosting gratis ini. Lho kenapa kok enggak kelebihan? Ya karena kelebihan hosting ini sudah jelas, yaitu gratis, sisanya ya kekurangan. Apa sih kelemahan menggunakan hosting gratis ini?

1. Lambat

So pasti, situs kamu bakalan lambat. Hal itu karena kamu tidak membayar apapun kepada penyedia hosting. Jadi terima saja apa yang mereka berikan. Toh, penyedia hosting gratis enggak berutang sama kamu. Nah para penyedia hosting ini jelas akan memberikan kecepatan yang mumpuni kepada pelanggan mereka yang membayar.

2. Tidak Memiliki Domain Khusus

Penyedia hosting gratis terbaik sekalipun tidak mampu memberikan kamu domain khusus. Ya gimana lagi, wong itu hosting gratisan. Maka nanti website kamu kurang lebih akan begini domainnya: namasitus.hostinggratis.com. Sungguh sesuatu yang tidak bisa kamu gunakan jika ingin serius di dunia website.

3. Fitur Dibatasi

Pastilah, namanya aja gratisan. Fitur di dalam website kamu nantinya juga akan dibatasi. Kamu tidak bisa seenaknya mengatur website kamu. Selain itu bandwith-nya pun akan dibatasi. Website kamu bakal down ketika pengunjungnya melebihi 100. Dan itu yang akan membuat kamu mau tidak mau ganti ke yang berbayar.

4. Iklan

Hosting gratis itu istilahnya kamu menumpang rumah orang tua. Ya kamu harus nurut sama si empunya rumah. Termasuk ketika nantinya website kamu terdapat iklan yang berjibun. Kamu juga tidak bisa mengatur iklan itu sesuka hati. Jadi terserah si penyedia hosting gratis.

Hosting Gratis Terbaik

Setelah kamu membaca apa saja kelemahan dari hosting gratis, tibalah saatnya saya akan kasih tahu kamu beberapa rekomendasi tempat yang menyediakan hosting gratis terbaik. Saya anggap kamu sudah membaca kelemahan-kelemahan hosting gratis di atas. Jadi, ketika sampai di pembahasan yang ini kamu sudah siap bikin website dengan hosting gratis terbaik. Berikut rekomendasi-rekomendasinya. Cekidot.

1. 000webhost

Bagi kamu yang pengin buka website tapi budget minim atau bahkan tidak punya alokasi biaya ke situ? Tak perlu khawatir, kamu bisa mencoba salah satu penyedia hosting gratis terbaik yang satu ini. 000webhost gratis ini sudah sangat populer di kalangan blogger maupun orang yang hobi di dunia website. Kamu bisa mengunjungi 000webhost.com untuk mendaftar dan bikin website gratis.

Meski gratis, 000webhost akan memberikan kamu fitur-fitur yang lumayan. Pastinya, website buatan kamu, walaupun gratis tetap bisa berjalan. Saat kamu masuk ke situs hosting gratis terbaik yang satu ini, kamu bisa memilih paket yang gratis. Website builder ini kamu bisa mendapatkan 300 MB Disk Space dan 3 GB Bandwidth. Lalu bagaimana cara membuat hosting gratis di 000webhost?

Caranya gampang sih sebenarnya, kamu tinggal kunjungi saja websitenya. Lalu kamu pilih paket yang free. Nanti tinggal ikutin aja deh langkah dari si 000webhost itu. Namun karena ini gratisan, ya kamu enggak usah protes karena beberapa kasus sering website sering down. Kecepatannya juga sangat lambat. Oh iya, sampai lupa, di 000webhost ini kamu bisa juga mendapatkan hosting gratis cpanel.

2. Wix

hosting gratis terbaik
hosting gratis terbaik

Nah kalau penyedia hosting gratis terbaik yang satu ini mungkin memiliki tampilan yang lebih bagus ketimbang yang tadi. Ini pendapat saya pribadi sih. Cukup dengan mengunjungi wix.com, membuat website terasa sangat mudah. Kita cuma mengandalkan drag-and-drop saja untuk mengatur tampilan website kita. Semua template juga sudah disediakan. Kita enggak perlu repot-repot ngoding segala.

Namun ya gitu. Karena cuma-cuma, penyimpanan di Wix terbatas. Bahkan Disk Space yang disediakan hanya 500 MB. Tapi kamu Wix juga cukup optimal jika dipakai di ponsel. Wix cukup populer di kalangan orang-orang yang bahkan tidak belajar banyak tentang web hosting.

Tapinya lagi, penyimpanan bandwidth juga dibatasi. Jadi mungkin saja website Wix kamu ini bakal lemot ketika dibuka banyak orang sekaligus. Satu lagi, akan ada iklan yang muncul dan kamu tidak akan mendapat keuntungan dari situ.

3. InfinityFree

Meski terbilang cukup baru ketimbang dua sebelumnya, InfinityFree lumayan mempesona dengan beragam fitur gratisan yang diberikan ke penggunanya. Infinityfree.net menjadi salah satu penyedia layanan free hosting unlimited. Maksudnya, penyimpanannya ya yang unlimited.

Tak seperti dua yang lainnya, dengan mendaftar di InfinityFree, kamu pun akan mendapatkan 10 akun email gratis. Bagaimana? Tidak seperti yang dua tadi kan? Selain itu InfinityFree juga menyediakan SSL gratis dan bandwidth-nya yang tak terbatas. InfinityFree nyaris sempurna sebagai penyedia hosting gratis terbaik. Hanya saja ia juga memiliki kekurangan.

InfinityFree hanya mendapat fitur dukungan dari forum. TOS-nya juga ambigu, apalagi dalam fitur yang tak terbatas. Dan satu lagi yang sedikit menyusahkan. Performa servernya sangat terbatas.Tertarik?

4. Freehostia

Freehostia.com memang tidak cukup populer di antara hosting gratis terbaik lainnya. Namun jangan salah, Freehostia stabil di uptime 99,9 persen. Menggunakannya juga mudah dengan installer 1-klik (untuk CMS favorit kamu seperti WordPress dan Joomla). Freehostia tidak menyediakan site builder. Tetapi sebagai gantinya disediakan template-template yang bisa mempercantik website kamu.

Kamu bisa sangat bahagia menggunakan Freehostia, karena bandwith yang disediakan cukup gede, yaitu sampai 6 GB. Yang menariknya lagi, kamu bisa bikin lima domain sekaligus dalam satu akun gratis, serta disediakan 3 akun email gratis. Namun begitu, layanan Freehostia juga tak luput dari kekurangan.

Mereka tidak menyediakan domain ataupun subdomain gratis, jadi kamu harus beli. Disamping itu, kalau kamu bikin 5 domain, kelima-limanya akan berbagai sumber kekuatan. Jadi jangan heran kalau nanti bakalan lemot. Oh iya, ruangnya juga terbatas hanya 250 MB.

5. Freehosting

Yes, bener banget. Sesuai namanya, situs ini merupakan situs hosting gratis terbaik yang saya rekomendasi terakhir. Hehe. Kamu bisa mengunjunginya di freehosting.com, dan nikmati layanan membangun website secara gratis alias tanpa mengeluarkan sepeserpun biaya. Paling hanya kuota. Hehe.

Namun begitu, kamu bisa mendapatkan penyimpanan sampai 10 GB, ditambah fitur site builder. Bandwidth-nya juga tak terbatas, asalkan kamu memakai TOS dari Freehosting. Kamu juga bakalan dapat satu akun email gratis.

Tetapi, kamu jangan kaget kalau tiba-tiba websitemu hilang, karena Freehosting sering menghapus website tanpa izin jika kamu melanggar aturan dari TOS mereka.  Servernya juga terbatas dan Freehosting tidak menyediakan domain gratisan.

Saya rasa cukup segini dulu pembahasan mengenai rekomendasi penyedia hosting gratis terbaik. Iya, memang, setiap penyedia, namanya aja gratis ya mesti banyak kekurangan. Namun begitu, hosting gratis ini menjadi pilihan dikala kita enggak punya uang untuk membeli hosting. Anggap saja, hosting gratis ini bisa digunakan sementara sembari mengumpulkan duit. Hehe.

Bagikan:

Tinggalkan komentar