Hosting Bagus Indonesia untuk Website yang Ngebut

Di zaman yang serba digital ini, banyak orang mulai berlomba bikin website. Biasanya kalau personal di awali dengan membuat blog pribadi. Nah, sedangkan untuk non personal biasanya langsung bikin website.

Misalnya, jika ingin bikin situs berita semacam Kompas, Republika, Tirtoid, dan sebangsanya. Website juga akhir-akhir ini sangat dibutuhkan. Maka dari itu pemilihan hosting bagus Indonesia sangat diutamakan.

Maksudnya memilih penyedia hosting Indonesia terbagus. Karena hosting ini adalah salah satu yang terpenting ketika pengin menciptakan sebuah website. Hosting yang bagus maka kualitas websitenya juga bagus. Ya tentu kontennya juga mesti menarik dan keren. Lalu apa sih hosting itu?

Mengenal Hosting

Nah sebelum lebih jauh membahas penyedia hosting bagus Indonesia, alangkah baiknya kamu tahu dulu apa itu hosting. Barangkali di antara kamu masih ada yang enggak tahu apa yang disebut hosting itu. Nah jika kamu sudah tahu bisa skip bagian ini. Atau kalau mau baca ya saya sangat senang sekali.

Hosting secara sederhana itu adalah wadah, tempat, atau ruang untuk menyimpan data-data yang terdapat dalam website kamu. Fyi aja, dalam sebuah website isinya bermacam-macam. Bisa video, gambar, tulisan, audio, dan lain sebagainya. Nah ketika kamu menyimpan data-data itu di hosting, maka langsung bakal ditampilkan ke orang yang mengunjungi website kamu.

Hosting punya peran yang amat penting. Sebab tanpa hosting, data-data yang hendak kamu tampilan ke pengunjung website bisa tidak tampil. Jadi cara kerjanya tuh begini. Orang mengunjungi website kamu dengan alamat domain tertentu. Lalu dari domain itulah hosting yang sudah kamu bangun bisa ditampilkan ke pengunjung.

Macam-macam Hosting

Nah hosting itu ternyata terbagi menjadi beberapa macam. Saya akan coba jelaskan macam-macam hosting melalui tulisan berikut ini.

1. Dedicated Hosting atau Hosting Pribadi

Sebelum kamu mencari hosting terbaik di dunia, kamu harus tahu dulu jenis hosting yang satu ini. Dedicated Hosting kalau diibaratkan seperti rumah. Jadi kamu bisa bebas mengatur isi rumah kamu. Artinya, kamu bisa mengotak-atik sendiri website yang kamu bangun. Jenis hosting pribadi yang semacam ini kerap digunakan para perusahaan dan website yang bertrafik tinggi.

Hal itu karena hosting pribadi harganya mahal. Mengingat hosting pribadi ini merupakan hosting yang dipakai buat satu klien saja. Meski berbiaya tak murah, daya jelajah kamu untuk mengotak-atik website jadi lebih mudah jika memakai hosting pribadi. Kamu juga tak perlu mengatur server virtual segala. Karena server virtual diatur oleh penyedia hosting.

2. Shared Hosting

Jika hosting pribadi diibaratkan sebagai rumah pribadi, shared hosting ini seperti rumah kontrakan. Ya, kamu hanya ngontrak saja. Shared hosting bisa dipakai untuk beberapa klien. Yang mana nanti pembagiannya bakal dipecah, dan setiap klien bisa memakai hosting. Harganya pun jauh lebih murah. Iya kayak kontrakan itu, jika kamu sendirian terasa lebih mahal, tapi kalau bersama-sama kan jadi lebih murah.

3. Cloud Hosting

Kalau kamu mencari hosting bagus Indonesia, mungkin pilihannya bisa memakai cloud hosting. Sebab belakangan cloud hosting ini memang menjadi salah satu yang sering digunakan. Pada prinsipnya, cara kerja cloud hosting ini website kamu akan disimpan ke berbagai server.

Apabila satu server mati, maka akan diganti dengan server lain. Dan website pun akan tetap bisa diakses. Iya kalau diibaratkan kayak orang kaya yang punya banyak rumah. Jika satu kebakaran, bisa tidur di rumah yang satunya lagi.

Hosting Bagus Indonesia

Hosting Bagus Indonesia
Hosting Bagus Indonesia

Tibalah saatnya saya akan memberikan rekomendasi penyedia hosting bagus Indonesia. Kamu yang bercita-cita punya website sangat membutuhkan rumah hosting. Beberapa rekomendasi berikut ini sengaja saya pilihkan hosting terbaik Indonesia 2021. Apa saja? Mari membaca selengkapnya.

1. Domainesia

Salah satu perusahaan hosting bagus Indonesia yang favorit adalah Domainesia. Kamu bisa mengunjungi websitenya di domainesia.com. Domainesia ini memang menjadi salah satu web hosting yang sangat rekomended di Indonesia. Mengapa? Karena penyedia hosting bagus Indonesia ini sudah melayani sejak 2009.

Kabarnya, Domainesia mempunyai 95 ribu pelanggan dari dalam negeri maupun mancanegara. Ya wajar sih, Domainesia yang memiliki server di Indonesia itu memiliki rata-rata kecepatan yang lebih mumpuni ketimbang web-web hosting lokal, yaitu 180,8 md. Sementara apabila diakses dari negara Asia dan Oseania, rata-rata kecepatannya 88,25 md.

Pelayanan yang diberikan Domainesia tak hanya hosting yang harganya mulai dari Rp 20 ribu perbulan, tapi juga menjual domain. Domain yang tersedia di Domainesia ini harganya juga murah. Kamu bisa membeli mulai dari Rp 11 ribu per tahun.

Hosting Super menjadi salah satu andalan dari Domainesia. Harganya Rp 43 ribu/bulan, sudah mendapat 2GB space, unlimited bandwidth, unlimited website, unlimited email, support IPv4 dan IPv6, gratis domain, dan akses SSH.

2. Niagahoster

Nah ini dia, bagi para webmaster tentu akrab dengan Niagahoster. Ya, Niagahoster memang menjadi salah satu penyedia hosting bagus Indonesia yang sering menjadi pilihan. Alasannya, Niagahoster memiliki performa server A+.

Selain itu, kecepatannya di Asia mencapai 80,25 md. Harganya juga murah, yaitu mulai dari Rp 53 ribu per bulan. Dengan membeli hosting di Niagahoster, kamu bisa mendapatkan ruang dan bandwith unlimited, domain gratis, SSL gratis, dan Imunify360.

Niagahoster menyediakan Unlimited Hosting dengan harga mulai dari Rp 10 ribuan, Cloud Hosting mulai dari Rp 150 ribu, WordPress Hosting mulai dari Rp 26 ribuan perbulan, dan lain sebagainya. Oh ya di sini juga tersedia domain dan melayani pembuatan website.

3. Rumah Web

Rumah Web cocok banget buat kamu yang sedang mencari hosting bagus Indonesia. Penyedia hosting yang satu ini punya rata-rata kecepatan global yang cukup baik, yakni 196 md, dan di Asia dan Oseania kecepatannya  138 md. Penyedia hosting yang berkantor di Yogyakarta ini juga memberikan pilihan paket hosting yang sangat variatif.

Ada Shared Hosting yang harganya mulai dari Rp 15 ribu/bulan, WordPress Hosting mulai Rp 25 ribu/bulan, Unlimited Hosting mulai Rp 17 ribuan/bulan, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengeceknya sendiri di rumahweb.com.

4. IDwebhost

Mencari hosting murah? Wah cocok idwebhost.com pas kalau gitu. Secara overall, IDwebhost mempunyai performa server yang lumayan baik, yaitu A. Dengan kecepatan rata-rata di Asia sampai 146,25 md. Sementara untuk harga hostingnya mulai dari Rp 10 ribuan/bulan. Enggak percaya? Cek aja websitenya.

Salah satu produk andalan IDwebhost adalah paket Awesome. Harganya cuma Rp 26.900/bulan. Kamu sudah bisa mendapatkan 5GB space, Bandwidth unmetered, gratis 2 domain, email dan database unlimited, SSl gratis, Migrasi gratis, Auto Weekly Backup, dan masih banyak lagi.

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan mengenai rekomendasi penyedia hosting bagus Indonesia. Oh ya hampir lupa, jika kamu mencari tempat penyedia hosting murah unlimited, semua yang sudah saya sebutkan menyediakan itu kok. Tinggal kamu bisa cari tahu selengkapnya di website masing-masing penyedia hosting.

Bagikan:

Tinggalkan komentar