Cara Mengatasi Google Play Server Error + Penyebab

Google Play Server error bisa saja dialami oleh setiap pengguna android.  Dalam kondisi ini, kamu tidak akan bisa mendownload, menginstal, ataupun mengupdate beragam aplikasi yang disediakan oleh Play Store. Tanpa adanya fitur ini, maka smartphone yang kamu miliki tidak terlalu berguna. 

Misalnya saja, ada beberapa aplikasi yang hampir menjadi kewajiban untuk didownload. Contohnya, Whatsapp. Aplikasi chat yang ringan, simpel, dan juga mudah digunakan ini, adalah salah satu aplikasi yang hampir semua orang membutuhkan. Tapi, kamu tidak akan bisa mendownloadnya jika Google Play Server error. 

Sebenarnya, ada beberapa alasan yang menyebabkan hal ini terjadi. Ingin tahu apa saja penyebabnya? Berikut ini penjelasan lengkap mengenainya. 

Penyebab Google Play Server Error

Kira-kira, apa saja ya yang menyebabkan Google Play Server bisa error? Kalau ingin tahu jawabannya, gas aja simak uraian berikut ini, ya. 

1. Belum Mengatur Waktu dan Tanggal

Masalah pertama yang bisa menyebabkan Google Play Server error adalah mungkin kamu lupa setting tanggal dan juga waktu. Penyebab ini sangat mungkin terjadi jika kamu baru saja membeli android. Di awal, mungkin memang hal ini bisa terjadi karena setelan pabrik belum menunjukkan waktu dan tanggal yang tepat. 

Selain itu, mungkin juga kamu pernah melakukan reset pada android yang dimiliki. Akan hal ini, cara yang perlu dilakukan untuk mengatasinya cukup mudah. Tapi akan dibahas nanti. 

2. Belum Reset Data Google Play Service

Masalah lainnya yang mungkin menjadi penyebab Google Play mengalami error adalah kamu belum mereset data di Google Play Service. Biasanya, data di Google Play Service sesekali harus direset dengan cara menghapus dan mendownloadnya kembali. Silakan coba untuk mereset data Google Play Service untuk mengatasi hal ini. 

3. Belum Hapus Cache

Penyebab selanjutnya bisa saja gara-gara kamu belum menghapus cache. Sebenarnya, cache memiliki manfaat untuk mempercepat loading ketika kamu membuka aplikasi atau website. Tapi, jika sudah menumpuk, cache akan menjadi masalah yang bisa menyebabkan Google Play Server bisa error. 

Jika ingin mengatasi penyebab ini, kamu bisa langsung menghapus cache dengan beberapa cara yang akan diberikan berikut ini.

Cara Mengatasi Google Play Server Error

google play server error
Cara Mengatasi Google Play Server Error

Ada beberapa cara mengatasi Google Play Store error dari server yang bisa kamu lakukan. Cara ini, harus kamu lakukan dengan mempertimbangkan penyebab seperti yang telah dituliskan tadi. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini langkah jitu untuk menyelesaikannya. 

1. Mengubah Tanggal dan Waktu

Seperti yang dikatakan tadi, error di Google Play Server bisa jadi disebabkan kamu belum mengatur ataupun mengubah tanggal serta waktu yang ada di android milikmu. Kesalahan waktu dan tanggal, biasanya menyebabkan error RH-01. Maka dari itu, kamu perlu mengatur atau mengkonfigurasi waktu dan tanggal secara tepat.

Caranya yakni sebagai berikut:

  • Silakan masuk ke dalam Pengaturan atau Settings.
  • Pilih Pengaturan Tambahan.
  • Silakan klik opsti Tanggal & Waktu.
  • Kamu bisa menyalakan Tanggal & Waktu Otomatis
  • Setelah dinyalakan, langsung restart android yang kamu miliki. 

2. Menghapus Data di Google Play Service

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus data di Google Play Service. Cara ini, merupakan langkah yang harus diambil jika permasalahan error terjadi lantaran kamu tidak pernah mereset atau menghapus data Google Play Service. Langkah-langkahnya yakni sebagai berikut: 

  • Masuk ke Settings atau Pengaturan. 
  • Pilih opsi Google Play Store dan juga Google Play Service.
  • Di kedua opsi tersebut, silakan cari tombol Clear Data.
  • Pilih tombol Clear Data tersebut. 

3. Menghapus Cache

Cache yang terlalu banyak dan memenuhi android, biasanya juga penyebab error dari Google Play Server. Maka dari itu, jika kamu ingin menyelesaikan masalah tersebut, silakan hapus cache yang ada. Langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

  • Kamu bisa menggunakan aplikasi penghapus cache yang ada di Play Store. Pilih aplikasi mana saja yang ingin digunakan. 
  • Selain itu, kamu juga bisa menghapus cache secara manual. Caranya silakan pergi ke Settings. 
  • Cari Manajer Aplikasi. 
  • Masuk ke dalam opsi Google Play Store atau bisa juga ke Google Play Service. 
  • Carilah tombol Clear Cache atau Bersihkan Cache. 
  • Klik tombol tersebut dan tunggu hingga proses pembersihan cache selesai. 

Itulah uraian mengenai penyebab dan juga metode untuk mengatasi Google Play Server error. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar