Bikin Males Pulang, Ini Game Nostalgia Warnet Paling Populer

Main game sampai lupa waktu di warnet adalah hal yang sangat saya rindukan. Teriakan di warnet saat bertanding dan bocah-bocah yang digebukin orangtuanya gara-gara nyolong duit untuk main di warnet, punya nilai kenangannya tersendiri. Pun game nostalgia warnet yang paling populer kala itu tak kalah bikin saya kangen.

Apalagi ketika bermain game 2000an yang tentu tak kalah seru dengan game saat ini. Bukan dari segi grafis atau dari cerita, melainkan keseruan dalam bermain bersama. Inilah yang bikin saya agak merindukan masa-masa itu saat tengah menulis ini. Lain dulu, lain juga sekarang. 

Warnet tempat saya menghabiskan waktu, kini sudah hampir tutup karena tak ada peminat. Game mobile, sungguh menggeser kebiasaan para pemain game. Kalau dulu harus rogoh kocek 10 ribu untuk main 8 jam, sekarang sudah tidak perlu. Cukup beli paket data internet dan bisa main hingga paket data tersebut habis. 

Tapi tetap saja, tidak ada yang bisa mengalahkan game PC nostalgia yang pernah saya mainkan bersama teman-teman. Kamu, yang mungkin juga merindukannya, akan saya bawa pada masa-masa di mana warnet jadi satu tempat paling menyenangkan yang dikunjungi sepulang sekolah. 

Apa Itu Game Nostalgia Warnet?

Tentang hal ini, mungkin kamu penasaran banget, apa itu game nostalgia warnet. Bisa dikatakan, game tersebut adalah permainan yang biasa dimainkan oleh banyak orang ketika warnet masih sangat laku keras dan banyak dikunjungi. Game ini terdiri dari dua jenis, offline dan online. 

Tapi memang, kebanyak sudah online karena pada tahun 2000-an, internet sudah banyak digunakan. Kalaupun ada yang masih bermain game offline, paling banter hanya Counter Strike saja yang populer. Game yang hanya bermodalkan RAM tersebut, juga salah satu game warnet offline yang bikin kangen untuk dimainkan.

Kalau yang online, banyak banget. Karena memang, tujuan utama untuk ke warnet itu untuk dapat koneksi internet sekaligus PC yang mumpuni. Tahu sendiri, kan, kalau dulu jarang banget yang punya PC dengan spesifikasi yang cukup untuk bermain game. 

Lantas, apa saja game nostalgia warnet yang dulu sangat populer dimainkan? 

Game Nostalgia Warnet

Game Nostalgia Warnet
Game Nostalgia Warnet Populer

Ada beberapa permainan warnet yang dulu sangat populer dimainkan. Saking populernya, banyak yang rela merogoh kocek untuk mendapatkan item, senjata, atau karakter yang ada di dalamnya. Apa saja kira-kira gamenya? Berikut ini daftar lengkap mengenainya. 

1. Ragnarok Online – 2003

Game warnet 2000 yang dulu sangat populer dimainkan adalah Ragnarok Online. Game ini dikembangkan oleh Lyto dan dirilis pada tahun 2003. Pada masanya, Ragnarok Online adalah game MMORPG terbaik dan nggak ada tandingannya.

Game ini, dibikin oleh pengembang dari Korea Selatan yang memiliki alur dan juga latar belakang komik populer asal Korea yang berjudul Ragnarok. Tapi, pada tahun 2016 yang lalu, Lyto sudah menutup server dari Ragnarok Online Indonesia. 

Tapi kamu tetap bisa memainkannya, kok. Ragnarok Online Indonesia nggak sepenuhnya tutup, tapi hanya ganti kepemilikan saja dari Lyto ke Gravindo. Silakan ke website resmi Ragnarok Gravindo untuk memainkannya. 

2. Counter Strike 1.6 – 2000

Nah ini juga merupakan game nostalgia warnet yang waktu itu sangat populer. Game dengan genre FPS ini, anak-anak warnet bisa memainkannya bersamaan hanya dengan bermodalkan LAN komputer yang saling terhubung satu sama lain. Setelah itu, baru deh bikin room dan menginvite teman-teman lainnya. 

Game ini dirilis oleh Valve pada tahun 2000. Sekitar 21 tahun yang lalu dan memang langsung menjadi salah satu game terpopuler di dunia, salah satunya termasuk di Indonesia. 

3. Ayodance – 2004

Nah, game nostalgia warnet satu ini nih yang sering ngerusakin keyboard arah dan spasi di warnet. Game yang karakternya ngedance setelah pemain memencet tombol tertentu ini, memang sangat populer waktu itu. 

Saking populernya dan banyak yang memainkan, sampai ada warnet tertentu yang mengharuskan pemainnya bawa keyboard sendiri kalau mau main Ayodance. Soalnya gitu, keyboardnya dipencetin mulu. Dan mencetnya juga cepet banget. Malah kadang kek orang marah lagi ngetik. 

Game ini dikembangkan oleh T3 Enterntainment  dan yang mengedarkan adalah Megaxus. Di game ini, kamu harus mencapai skor paling tinggi dibandingkan dengan pemain lainnya agar bisa menang. 

4. Point Blank – 2009

Game Nostalgia Warnet
Game Nostalgia Warnet Paling Populer

Siapa yang nggak tahu game nostalgia warnet satu ini? Sepertinya bisa dikatakan kalau Point Blank-lah yang paling populer dimainkan ketika masa kejayaan warnet. Ini game FPS yang pokoknya tembak-tembakan gitulah. Role play-nya dibagi dua: terorrist sama counter-terrorist. 

Kalau yang terorrist, biasanya diberi baju lusuh dan nggak rapi sama sekali serta ada di red team. Kalau yang counter-terrorist (CT) ya seperti polisi pada umumnya lah. Pakai helm, baju rapih, dan biasanya ada di blue team.

Nah kedua role ini nantinya tanding. Mode bertandingnya ada banyak. Mau tembak-tembakan biasa dengan mendapatkan skor paling gede bisa. Mau mode bermain ala perang untuk meledakkan bom atau mendefuse bom juga bisa. Masih ada banyak lagi sih modenya. 

Ada mode deathmatch, shotgun mode, destroy mission, sniper mode, dan lain sebagainya. Mapnya juga banyak: ada Luxville, Crackdown, Downtown, Portacaba, Library, dan banyak lagi. Seru banget deh kalau game ini. 

Point Blank ini, sejak awal perilisannya pada tahun 2009 oleh Gemscool sepertinya langsung populer. Apalagi pengguna internet sudah makin banyak. Tapi sekarang pengelolanya sudah bukan Gemscool lagi, tapi Garena. Pergantian pengelola ini sudah dilakukan pada 29 Juni 2015 yang lalu. 

5. Lost Saga

Masih ingat istilah hero permanen? Keyboard mekanik? Crystalesia? GOALS? Cadet? Ladder? Kalau ingat, pasti kamu benar-benar anak warnet yang memainkan game ini. Ya, gamenya adalah Lost Saga. Game 3D yang dirilis IO Entertainment 2009 ini, mulai masuk ke Indonesia pada 2011. 

Bisa dikatakan, Lost Saga merupakan salah satu game nostalgia warnet populer yang dulu banyak dimainkan oleh anak-anak warnet. Di game ini, pemain bisa memilih hero apa yang diinginkannya. Bisa juga swap hero secara cepat untuk mendapatkan kombo yang optimal. 

Di sini, ada beberapa tipe hero: melee, magic, ranged, dan juga spesial. Pokoknya keren banget dah game ini. Saking kerennya, banyak orang yang rela menghabiskan jutaan rupiah untuk membeli hero permanen dan berbagai item yang disediakan. 

Harga per hero permanennya saja, itu Rp 150.000. Di game ini, terdapat puluhan hero yang siap dipilih dan juga siap dibeli. Tak hanya hero saja yang harus dibeli menggunakan uang, item-item keren yang ada di dalamnya juga butuh uang untuk mendapatkannya.

Harganya beragam, mulai dari Rp 50.000 – Rp 250.000. Dan bahkan ada yang harus gacha dulu. Kamu yang anak warnet, pasti tahu tentang game satu ini.

Nostalgia Game 2000an yang Jadul, tapi Asyik!

Sebenarnya ada game lainnya yang tak kalah bikin kita bernostalgia selain game nostalgia warnet yang sudah disebutkan tadi. Tidak hanya game yang bergenre laga atau aksi, tetapi game petualangan juga bikin kita kangen.

Jauh, sebelum warnet populer di berbagai daerah, kita tentu mengenal permainan di hp “pintar” atau PS1 hingga NES (Nintendo Entertainment System) yang masih jadul. Masih ingatkah game Tetris, Super Mario, Pac Man, Harvest Moon, Circus Charlie, dan lainnya?

Ouh jelas, game tersebut menemani kita bertumbuh hingga saat ini yang mungkin sudah menikah dan punya anak ea~

Bagi kamu yang mungkin sedang merindukan masa-masa seperti dulu, bermain game hingga lupa waktu, kini kami punya solusinya. Demi mengobati rasa rindu jaman-jaman jadul, Plays.org hadir menjadi solusi praktis tanpa harus instal aplikasi atau game yang kamu inginkan.

Game Nostalgia Warnet
Game Nostalgia 2000an

Gambar di atas merupakan game yang lahir kembali dengan tampilan yang lebih modern. Hayo game apa itu? Yup, game tetris yang dulu sering kita main tanpa bosan di hp jadul. Plays.org berhasil mengobati rindu pecinta game jadul jaman dahulu dengan mengembangkan game tersebut jadi lebih kekinian.

Kalau di Plays.org game tersebut bernama Tetra Blocks. Klik di sini untuk memainkannya juga. Kamu juga bisa pilih permainan lainnya yang sudah bergaya kekinian dengan UI (User Interface) menarik. Yuk, mainkan game lainnya di Plays.org.

Nah, itulah beberapa game nostalgia warnet, HP jadul, PS1 hingga NES yang dulu sangat populer dimainkan. Game-game yang disebutkan, dulu berhasil bikin anak warnet enggan pulang hanya untuk memainkannya. Pun juga bikin anak warnet rela menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk jadi yang paling keren. 

Semoga nostalgia ini berhasil membawamu ke masa-masa menyenangkan dan tanpa beban.

Bagikan:

Tinggalkan komentar