Faktor Internal dan Eksternal Analisis SWOT Beserta Contoh

Mengetahui faktor internal dan eksternal analisis SWOT tentu penting untuk dilakukan. Selain untuk mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan yang merupakan bagian internal dari produk maupun bisnis dan mengetahui ancaman serta peluang yang datang dari bagian luar perusahan.

Salah satu tujuan analisis SWOT adalah mengetahui faktor internal sebagai pendukung serta bahan evaluasi dan juga mengetahui faktor eksternal sebagai bahan untuk memaksimalkan penjualan dan juga membuat langkah antisipasi. Untuk lebih jelasnya, monggo langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Faktor Internal dan Eksternal Analisis SWOT

Analisis SWOT dibagi menjadi dua faktor penting. Analisis internal yang berkaitan dengan kekuatan serta kelemahan internalnya dan analisis SWOT yang berkaitan dengan ancaman usaha adalah faktor eksternalnya. Selain ancaman, peluang juga masuk ke dalam faktor eksternal.

1. Faktor Internal dalam Analisis SWOT

Manfaat analisis SWOT tentu penting agar bisnis atau usaha bisa sustainable dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut bisa dicapai saat telah melakukan analisis pada salah satu faktor dalam SWOT, yakni faktor internal.

Faktor internal merupakan faktor yang asalnya dari dalam usaha atau bisnis. Faktor ini, berasal dari dua komponen dalam SWOT, yakni strength dan weakness. Hasil analisis yang baik dari faktor internal tentu memiliki indikator.

Indikator tersebut adalah untuk menjawab pertanyaan mana yang lebih banyak dan besar antara strength dan juga weakness yang dimiliki. Jika lebih besar weakness, maka perlu pengembangan bisnis lebih lanjut dan untuk menjadi bahan evaluasi saja.

Komponen tersebut tentu hanya melibatkan faktor internal dari bisnis atau usaha saja. Misalnya, sumber daya manusia atau SDM di dalam perusahaan, faktor produksi, bagian keuangan atau finansial, bagaimana operasional perusahaan, penghitungan HPP, dan lain sebagainya.

2. Faktor Eksternal dalam Analisis SWOT

Sekarang pembahasan masuk pada faktor internal analisis SWOT. Faktor ini datang dari luar perusahaan namun secara tidak langsung memiliki pengaruh bagi bisnis maupun usaha yang sedang dijalani.

Faktor ini, terdiri dari dua komponen, opportunity dan threats. Untuk opportunity, penting dianalisis agar bisnis atau usaha memiliki target yang jelas. Dengan diketahuinya opportunity, bisnis atau usaha yang kamu jalani hanya tinggal mencocokkan strategi dengan peluang apa yang akan diraih.

Begitu juga dengan threats atau ancaman. Komponen ini juga penting untuk dianalisis. Dengan mengetahui beragam ancaman, nantinya, kamu bisa menyusun strategi untuk menghindari ataupun menghadapi ancaman tersebut.  

Pengetahuan mengenai faktor internal dan eksternal analisis SWOT sangat penting dan perlu dilakukan. Dengannya, kamu bisa mengembangkan usaha ke arah yang lebih baik dan bisa cuan lebih banyak lagi.

Masih bingung? Kalau iya, cus aja langsung baca contoh analisis SWOT di bawah ini.

Contoh Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Perusahaan

Faktor Internal dan Eksternal Analisis SWOT
Faktor Internal dan Eksternal Analisis SWOT

Kamu mungkin belum mengerti betul apa yang dimaksud dengan analisis SWOT dan bagaimana penerapannya dalam realitas bisnis atau usaha. Tapi sabar saja, sebentar lagi kamu akan langsung ‘ngeh’ dan langsung bilang, “oh, begini doang yang namanya SWOT.” Tapi, simak baik-baik ya.

Faktor Internal Perusahaan Penerbitan (Strength & Weakness)

Kira-kira seperti ini faktor internal perusahaan penerbitan:

Strength

  1. Memiliki penulis profesional
  2. Kualitas cetakan buku sangat baik
  3. Memiliki brand yang sudah diketahui khalayak
  4. Harga lebih murah daripada pesaing

Weakness

  1. Biaya produksi lumayan tinggi
  2. Kekurangan SDM
  3. Keterlambatan pengerjaan cetak buku

Faktor Eksternal Perusahaan Penerbitan (Opportunity & Threats)

Selanjutnya, faktor eksternal yang menjadi contoh kali ini adalah:

Opportunity

  1. Menjadi satu-satunya penerbit buku dengan harga murah
  2. Memberikan kesempatan para penulis baru untuk menerbitkan bukunya

Threats

  1. Perkembangan teknologi membuat masyarakat berpindah pada e-book
  2. Buku belum masuk pada kebutuhan wajib masyarakat
  3. Minat baca tidak terlalu tinggi
  4. Ekonomi morat-marit yang tentu mempengaruhi tingkat pembelian konsumen terhadap buku

Sebenarnya, faktor internal dan eksternal analisis SWOT bisa diketahui dengan cara sebagaimana analisis SWOT yang biasa saja. Hanya saja, kamu lebih merinci lagi. Misalnya, dengan merinci penentuan harga, sumber daya manusia di dalam perusahaan, atau juga bisa keuangan dalam perusahaan.

Faktor internal dan eksternal analisis SWOT juga penting dilakukan dengan merinci faktor luar seperti teknologi, kondisi ekonomi negara, politik, atau bahkan undang-undang dan peraturan yang ada dalam suatu negara. Karena secara tidak langsung, hal tersebut juga berpengaruh terhadap suatu bisnis.

Diketahuinya faktor internal dan eksternal analisis SWOT tentu akan berdampak baik pada usahamu. Jadi, selamat menganalisis dan semoga makin cuan!

Bagikan:

Tinggalkan komentar