Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial | Materi Lengkap

Jika kamu seorang pengusaha ataupun mahasiswa di fakultas ekonomi, mau tidak mau kamu harus belajar mengenai etika bisnis dan tanggung jawab sosial. Pasalnya, materi atau ilmu ini memang sangat penting diketahui agar bisa menyeimbangkan antara kepentingan perusahaan dan juga kepentingan masyarakat.

Menjalankan suatu perusahaan, tak melulu soal cari untung dengan berbagai cara. Masih ada masyarakat yang ada di sekitar areal perusahaan, konsumen, dan segmen masyarakat lainnya. Perusahaan, memang dikenai tanggung jawab sosial yang merupakan salah satu bagian dari etika bisnis. 

Tanggung jawab sosial, yakni bisa berupa wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat. Secara lebih luas, tanggung jawab sosial perusahaan yakni kepada karyawan, pelanggan, dan bahkan kreditor. 

Kalau kamu masih asing dengan istilah tanggung jawab sosial, kamu pastinya sudah pernah mendengar tentang Corporate Social Responsibility (CSR), kan? Nah, tanggung jawab sosial itu hanya merupakan bahasa Indonesia dari CSR tersebut. 

Tapi sebenarnya, bagaimana sih etika bisnis dan tanggung jawab sosial itu? Bagaimana pengertian lengkap, contoh, sekaligus pertanyaan mengenainya?

Pengertian Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

Bagi kamu yang ingin mengetahui pengertian etika bisnis dan tanggung jawab sosial menurut para ahli berikut ini akan disediakan untuk kamu secara lengkap. Simak baik-baik, ya.

1. Velasquez (2005)

Etika bisnis merupakan studi yang khusus membahas mengenai moral benar dan salah. Studi ini memang fokus pada pembahasan mengenai standar moral seperti yang telah diterapkan pada institusi, pelaku bisnis, dan juga pada kebijakan. 

2. Hill dan Jones (1998)

Ada lagi definisi etika bisnis menurut Hill dan Jones (1998). Etika bisnis didefinisikan sebagai suatu nilai yang dipegang teguh agar bisa membedakan antara benar dan salah yang berguna untuk bekal pada tiap-tiap pemimpin perusahaan saat akan mengambil keputusan yang strategis.

Sederhananya, kamu bisa mendefinisikan etika bisnis sebagai suatu nilai yang memang dipegang teguh oleh pimpinan atau siapapun dalam perusahaan agar bisa menemukan dan membedakan mana moral yang benar atau salah ketika mereka mengambil keputusan. 

Etika bisnis dipertimbangkan pada setiap keputusan yang menyangkut moral lantaran akan ada dampak atas keputusan tersebut. Kesalahan pengambilan keputusan, bisa saja menguntungkan satu pihak namun di pihak lain bisa dirugikan—bisa dari sisi perusahaan maupun sisi masyarakat. 

Itu untuk definisi dari etika bisnis. Selanjutnya definisi dari tanggung jawab sosial menurut para ahli. Begini bunyinya, “tanggung jawab sosial merupakan suatu prinsip yang bisa mengharuskan perusahaan untuk bertanggung jawab pada efek dari keputusan yang diambil di dalam masyarakat dan juga lingkungan.” Frederik, et. al.

Sebenarnya, sederhana saja pengertiannya. Pokoknya perusahaan harus bertanggung jawab terhadap masyarakat dan juga lingkungan yang ada di sekitarnya dan juga terhadap siapapun yang berhubungan dengan perusahaan. 

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial
Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

Sekarang, saatnya kamu mengetahui etika perusahaan dan juga tanggung jawab sosial dalam bisnis lebih lanjut. Di sini, akan disebutkan mengenai tujuan, manfaat, dan juga prinsip dari etika bisnis. 

Tujuan Etika Bisnis

Ada beberapa tujuan diberlakukannya etika bisnis. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bisa meningkatkan kesadaran moral dari pelaku usaha.
  2. Membuat batasan bagi setiap pelaku usaha dalam membuat keputusan.
  3. Bisa meningkatkan relasi dengan stakeholder.
  4. Memberikan motivasi pada pelaku bisnis.

Manfaat Etika Bisnis untuk Perusahaan

Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan jika menerapkannya secara konsisten. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki reputasi atau citra perusahaan yang baik.
  2. Mendapatkan kepercayaan penuh dari konsumen atau pelanggan. 
  3. Meningkatkan nilai moral dalam perusahaan. 
  4. Bisa meningkatkan keuntungan perusahaan. 

Prinsip Etika Bisnis

Prinsip etika bisnis yang biasanya digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Prinsip kejujuran
  2. Prinsip integritas moral 
  3. Prinsip kesetiaan
  4. Prinsip otonomi
  5. Prinsip keadilan 
  6. Prinsip saling menguntungkan

Nah kalau kamu sudah tahu tujuan, manfaat, sekaligus prinsip yang dipegang dalam etika bisnis untuk perusahaan, sekarang kamu juga harus mengerti kepada siapa saja perusahaan harus bertanggung jawab. Atau bisa juga dikatakan siapa saja yang masuk dalam tanggung jawab sosial perusahaan. 

Berikut ini daftarnya:

  1. Tanggung jawab sosial perusahaan terhadap konsumen. 
  2. Tanggung jawab sosial perusahaan terhadap karyawan. 
  3. Tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kreditor.
  4. Tanggung jawab sosial perusahaan terhadap stakeholder atau pemegang saham.

Jadi, semua itu adalah lingkup tanggung jawab sosial perusahaan. Tentu saja, tanggung jawabnya berbeda-beda pada setiap ‘masyarakat’ sesuai yang telah disebutkan di atas. 

Contoh Kasus Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial
Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial | Materi Lengkap

Ada beberapa contoh sederhana dari etika bisnis dan tanggung jawab sosial. Sebaiknya, dimulai dulu dengan contoh kasus etika bisnis. 

Contoh Kasus Etika Bisnis

Lebih baik saya berikan saja contoh yang sederhana untuk contoh kasus etika bisnis. Salah satu yang menjadi contohnya adalah berusaha untuk mengingat nama siapapun yang ada dalam atau berada di luar perusahaan. Khususnya sih untuk karyawan yang ada dalam perusahaan. 

Kalau kamu mengingat nama-nama karyawanmu, biasanya kerjanya jadi asik dan hubungan jadi tidak kaku seperti hubungan antara atasan-bawahan yang membosankan itu. Walaupun tidak kaku, tapi tetap, ada perasaan saling menghargai di dalamnya. 

Ada juga contoh lain seperti membuat sikap tubuh yang baik ketika bertemu dengan siapapun, dan juga mengucapkan terimakasih jika ada siapapun yang membantumu untuk mengatasi suatu masalah, kecil atau besar. 

Contoh Kasus Tanggung Jawab Sosial

Gampang saja sih kalau contoh CSR. Kamu pernah lihat ada donasi khusus dari perusahaan terhadap panti asuhan? Nah, itu adalah salah satu contoh dari CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan. Ada juga pembagian gaji tepat waktu, insentif sesuai dengan kinerja, dan lain sebagainya. 

Pun juga pemberian deviden kepada para pemegang saham jika memang telah disetujui dan pokoknya banyak lagi. Tahu beasiswa dari PT Djarum, nggak? Itu juga salah satu bentuk CSR perusahaan. Jadi, benar kan kalau contohnya memang gampang banget? Sekarang kamu bisa cari contoh sendiri. 

Pertanyaan Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

Ada beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan untuk memperjelas mengenai etika bisnis dan tanggung jawab sosial, begini contohnya:

  1. Apa saja prinsip dalam etika bisnis?
  2. Bagaimana contoh tanggung jawab sosial perusahaan yang kamu ketahui? 
  3. Teori moral apa saja yang digunakan dalam etika bisnis?

Kami sudah membahas secara lengkap daftar pertanyaan lainnya. Baca juga pertanyaan tentang etika bisnis ini.

Dan beberapa pertanyaan sederhana lainnya. Bisa juga kamu kembangkan ke pertanyaan sulit, itupun jika memang kamu telah memahami keseluruhan materinya.

Demikian materi lengkap mengenai Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial. Semoga artikel ini bisa menambah pemahaman kamu ya sobat Wong Cerdas.

Bagikan:

Tinggalkan komentar