Contoh Usaha yang Bergerak di Bidang Keperawatan

Seorang lulusan keperawatan bisa saja memilih opsi untuk menggeluti bisnis atau usaha alih-alih mendaftar kerja di rumah sakit dan yang sejenis. Tapi masih banyak yang belum mengetahui contoh usaha yang bergerak di bidang keperawatan dan menjadikan langkah mereka terhenti. 

Langkah seorang lulusan keperawatan biasanya terhenti karena ketidaktahuan. Tapi, saya hadir di sini untuk mencairkan kebekuan yang ada dalam kepalamu. Berikut ini akan disediakan beberapa contoh usaha yang bisa kamu bangun dan kamu rintis jika memiliki dasar-dasar ilmu keperawatan. 

Tentu saja, beberapa usaha yang akan disarankan berikut ini, ada hubungannya dengan keperawatan. Jika tidak, ya berarti sia-sia dong belajar ilmu keperawatan lama banget tapi nggak ada bentuk aplikatifnya. 

Dengan kamu mengetahui usaha apa saja yang ada kaitannya dengan bidang keperawatan, kamu bisa sekaligus mengabdikan diri untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah bertahun-tahun telah kamu pelajari. 

Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lumayan besar jika bisnis atau usaha berikut ini laris manis di pasaran. Mengabdi untuk ilmu, banyak duit pula. Bukankah itu kehidupan yang sangat mantap untuk dijalani?

Sudah penasaran untuk mengetahui apa saja contoh usaha yang bergerak di bidang keperawatan? Silakan simak penjelasan berikut ini baik-baik, ya!

Contoh Usaha yang Bergerak di Bidang Keperawatan

Usaha yang bisa kamu geluti bisa sangat beragam. Mulai dari mengandalkan kemampuan sendiri untuk membantu orang lain sampai pada melatih orang lain agar memiliki kemampuan dan juga skill yang mumpuni. Apa saja contohnya? Gas aja simak ulasan di bawah ini. 

1. Membuka Praktik Home Care

Salah satu contoh usaha yang bergerak di bidang keperawatan adalah membuka praktik home care. Praktik ini berupa pelayanan kesehatan yang diberikan kepada klien secara pribadi atau juga keluarga. 

Pelayanan yang harus kamu berikan adalah melakukan beberapa hal untuk memulihkan kesehatan maupun mempertahankan kesehatan. Biasanya pelangganmu berasal dari mereka yang baru saja menjalani rawat inap di rumah sakit atau yang baru selesai sakit. 

Sederhananya, membantu mereka yang mungkin sedang rawat jalan dengan menyediakan berbagai kebutuhan seperti cairan infus, oksigen, vitamin, dan lain sebagainya. 

2. Jasa Sewa Alat Medis

Contoh usaha yang bergerak di bidang keperawatan ini merupakan peluang usaha dalam bidang keperawatan yang bisa kamu lakukan. Ini juga sangat dibutuhkan oleh mereka yang membutuhkan alat medis mahal namun tidak bisa membelinya sendiri. 

Kamu bisa memulai bisnis ini dengan menyediakan stok alat-alat medis yang dibutuhkan oleh banyak orang. Setelah itu, silakan untuk membuat papan pengumuman, banner, atau pamflet di media sosial yang memberitahukan bahwa kamu membuka jasa sewa alat medis. 

3. Mentor Keperawatan

contoh usaha yang bergerak di bidang keperawatan
Contoh usaha yang bergerak di bidang keperawatan

Usaha lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadi mentor keperawatan atau perawat. Kamu bisa menggaet pelanggan dari mereka yang mungkin butuh pengalaman serta ilmu tambahan sebelum menjadi perawat atau membuka praktik sesungguhnya. 

Jangan lupa untuk selalu update terhadap ilmu, teknik, dan juga hal lain yang berkaitan dengan keperawatan. Caranya, silakan untuk membuka semacam pelatihan, webinar, atau pendadaran dan semacamnya bagi para perawat yang mungkin ingin lebih mendalami lagi dunia keperawatan. 

4. Konsultan Karir

Jangan salah, sekarang banyak banget lulusan keperawatan yang bingung harus ke mana setelah lulus kuliah. Niatkan dirimu untuk membantu mereka dengan memberikan informasi mengenai bagaimana jenjang karir dan bagaimana cara memulai karir sebagai seorang perawat. 

Silakan untuk menambah ilmu pengetahuan kamu tentang manajemen sumber daya manusia dan melengkapi informasi tentang karir di bidang keperawatan seperti gaji, jabatan, posisi, fungsi, dan lain sebagainya. 

Dengan itu, kamu bisa menjadi rujukan bagi siapapun yang masih bingung akan ke mana hidupnya setelah lulus dari jurusan keperawatan. Yakin gak mau coba contoh usaha yang bergerak di bidang keperawatan?

5. Bikin Konten

Nah, kalau ini, merupakan salah satu contoh produk kreatif keperawatan dalam ranah digital. Jika kamu belum bisa membuat produk fisik, silakan untuk merambah pembuatan produk digital. Saat ini, produk keperawatan sudah banyak loh. 

Kamu juga bisa membuat website, blog, atau bahkan kanal YouTube dan media sosial lainnya yang khusus untuk membahas keluh-kesah, tutorial, tips, saran, rekomendasi, dan lain sebagainya yang pernah dirasakan atau harus dilakukan oleh seorang perawat. 

Dengan ini, kamu bisa mengedukasi masyarakat luas sekaligus mendapatkan keuntungan dari sana. Ilmu kamu juga tidak akan sia-sia karena tidak mengendap di kepala. 

Itulah beberapa contoh usaha yang bergerak di bidang keperawatan yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat~

Bagikan:

Tinggalkan komentar