7 Contoh Usaha Startup Mahasiswa Beserta Pengertian

Bagi seseorang yang sedang atau ingin terjun ke dunia bisnis, mungkin kamu tidak asing lagi dengan istilah startup. Mau tau lebih lanjut mengenai pengertian startup dan contoh usaha startup mahasiswa? Simak artikel ini hingga habis ya.

Pengertian Startup

Kata Startup adalah kata yang berasal dari serapan bahasa asing, bahasa Inggris. Startup dalam Bahasa Inggris memiliki arti bisnis yang baru saja dibangun atau dirintis.

Sederhananya, startup adalah perusahaan yang masih baru atau masih dalam fase pengembangan untuk menemukan pasar dan mengembangkan produk. Saat ini, startup lebih sering digunakan untuk menyebutkan perusahaan rintisan yang berbasis teknologi baik dari segi layanannya maupun produknya.

Peluang Usaha Startup Mahasiswa

Selama saya kuliah, saya kerap kali mengikuti berbagai ajang kompetisi keilmiahan. Kebanyakan dari teman-teman mahasiswa saya memberikan ide atau inovasi yang berbasis teknologi.

Teknologi yang semakin pesat perkembangannya mempunyai segudang manfaat termasuk dalam penciptaan sebuah karya untuk memudahkan segala aktivitas. Mahasiswa dengan pemikirannya yang inovatif mempunyai peluang yang besar untuk membangun usaha startup.

Itulah yang saya rasakan selama mengikuti kompetisi keilmiahan, mereka punya ide-ide yang segar siap untuk direalisasikan. Ide usaha startup mahasiswa bisa diperoleh dari berbagai hal, mulai dari pengembangan produk, pemasaran, hingga pelayanan.

Bidang yang ingin dikembangkan juga sangat luas mulai dari jasa, makanan, hotel, wisata, kesehatan, properti, pendidikan, dan masih banyak lagi. Besarnya peluang usaha startup mahasiswa ini, tentu saja perlu diiringi dengan skill khusus yang harus dimiliki untuk mengembangkan berbagai inovasi. Oleh karena itu, mahasiswa dinilai tepat dalam mengembangkan dan memulai bisnis startup ini.

Contoh Usaha Startup Mahasiswa

Saya paham betul karakter seorang mahasiswa, semangatnya yang menggebu-gebu dan kreatifitasnya tanpa batas. Ya, saya pernah melewati masa-masa tersebut untuk memikirkan berbagai ide yang inovatif. Nah, jika sobat Wong Cerdas ingin tahu contoh usaha startup mahasiswa, bisa simak di bawah ini.

1. Aplikasi Pencari Kos-kosan

Contoh usaha startup mahasiswa yang pertama adalah aplikasi pencari kos-kosan. Ini merupakan contoh nyata yang dulu pernah saya rasakan. Saat hendak mencari kos-kosan, salah seorang kakak tingkat menawarkan bantuan untuk mencari kos-kosan.

Nah, dari sini sudah terpikirkan usaha startupnya? Iya, kita bisa mengembangkan aplikasi pencari kos-kosan untuk membantu mereka mahasiswa baru, terutama mereka yang merupakan anak rantau. Tidak tau wilayah sekitar kampus, maka aplikasi ini bisa hadir membantu memberikan informasi lengkap seputar kosan dan memesannya secara online.

Keuntungan bisa diperoleh dari sharing fee bersama mitra, dalam hal ini pemilik kosan. Menarik, bukan?

2. Ojek Kampus

Ini juga menjadi salah satu contoh usaha startup mahasiswa yang tengah dijalani teman-teman saya di kampus. Kebanyakan dari mereka merupakan driver seorang mahasiswa. Jadi, bisnis ini bisa membangun ekosistem yang saling menguntungkan. Dari mahasiswa, untuk mahasiswa.

Apalagi bagi kampusnya yang tidak terjamah aplikasi ojek online yang ijo-ijo itu, peluang usaha ojek kampus tentu akan besar peluangnya.

3. Jasa Cleaning Service

Contoh Usaha Startup Mahasiswa
Contoh Usaha Startup Mahasiswa

Kosan atau kontrakan sudah lama ditinggal karena libur panjang? Lagi malas mau bersih-bersih kosan? Ya, begitulah latar belakang ide untuk contoh usaha startup mahasiswa ini muncul.

Contoh yang satu ini bisa dengan membuat layanan pesan jasa Cleaning Service secara online. Mahasiswa yang punya segudang kesibukan dan mahasiswa mageran akan terbantu dengan bisnis startup yang satu ini.

4. Jual Beli Barang Bekas

Bagi mahasiswa yang sudah lulus, punya dilema tersendiri untuk barang-barang yang selama ini ia beli di kosan. Apalagi bagi mahasiswa yang jelas-jelas tidak bisa mengangkut barang sebanyak itu ke dalam pesawat. Kecuali, kalau dia sewa mobil. tetap saja sih bakal capek.

Nah, jual beli barang bekas ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk mahasiswa yang sudah lulus. Mahasiswa baru juga bisa menekan biaya awal kuliah dengan membeli barang bekas dari seniornya. Maka dari itu, kamu bisa mengembangkan sebuah marketplace atau aplikasi untuk menghubungkan penjual dan pembeli tersebut.

5. Sewa Motor dan Mobil

Selama saya menjadi mahasiswa, pernah ada rasa pengen sewa motor untuk sekadar berkunjung ke tempat wisata. Namun, saya tidak tau mau sewa ke mana. Kalau mau pinjam motor teman ada rasa tidak enak, itupun kalau teman saya ada motor sih hahaha.

Ini bisa menjadi contoh usaha startup mahasiswa yang bisa kamu kembangkan. Usaha yang satu ini punya peluang yang besar terutama di kota-kota besar. Namun, resiko bisnis ini juga tinggi. Kalau tidak punya sistem yang bagus, bisa-bisa kamu kehilangan motor atau mobil tersebut. 

Kamu perlu mengembangkan alat pelacak semacam chip untuk GPS yang dipasang ke motor atau mobil. Dengan cara ini bisa membantu kamu untuk mengurangi resiko kehilangan kendaraan yang disewakan.

Baca juga:

6. Sewa Alat Camping

Contoh Usaha Startup Mahasiswa
Contoh Usaha Startup Mahasiswa

Kebanyakan teman-teman saya semasa kuliah itu mempunyai hobi mendaki gunung. Sering kali saya lihat mereka kesusahan mencari peralatan camping untuk dipinjam. Nah, biasanya anak-anak Mapala (Mahasiswa Pecintan Alam) yang punya barang tersebut, lalu memberikan pinjaman.

Ini bisa menjadi ide bisnis startup yang menarik bukan? Kamu bisa membuat sebuah aplikasi atau website untuk sewa alat camping. Bisnis seperti ini akan laku, terutama di daerah yang memang banyak gunung untuk didaki.

7. Sewa Peralatan Kampus

Bagi seorang mahasiswa yang aktif berorganisasi, kadang kala kita butuh peralatan yang bisa menunjang aktivitas seperti speaker, lcd proyektor, kamera, dan lain-lain. Tidak hanya organisator saja, mahasiswa pada umumnya yang punya kegiatan untuk mendukung jalannya kuliah juga pasti perlu peralatan seperti itu.

Sewa peralatan kampus bisa menjadi solusi untuk peminjaman peralatan untuk mahasiswa. Terutama peralatan yang memang hanya dipakai sesekali saja, sayang sekali kalau beli barang tersebut. Lebih baik sewa saja kan?

Sebenarnya masih ada banyak lagi contoh usaha startup mahasiswa yang bisa saya jabarkan seperti jasa penerjemah, jasa tulis artikel, aplikasi pinjam buku, pengembangan website dan aplikasi, serta ide-ide lainnya.

Bagi kamu yang serius ingin mengembangkan bisnis startup bisa mendaftar program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yaitu Startup Studio Indonesia atau SSI.

SSI bertujuan untuk memberdayakan bisnis rintisan atau startup dengan berfokus melakukan akselerasi produk dan tim, validasi strategi marketing, assisting technology development, dan business skill. Jika tertarik, silakan kunjungi website https://startupstudio.id/ untuk info lebih lengkap.

Demikian artikel mengenai pengertian dan contoh usaha startup mahasiswa, semoga bisnis kamu makin berkembang ya!

Bagikan:

Tinggalkan komentar