50+ Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Terbaru Modal kecil

Di era yang modern ini membuat para pebisnis harus mampu berpikir kreatif dalam menghasilkan suatu produk. Salah satu jenis usaha yang saat ini cukup banyak digemari adalah bisnis makanan ringan. Terlebih lagi, masyarakat Indonesia terkenal memiliki hobi ngemil. Hal ini membuat contoh usaha makanan ringan unik sangat perlu untuk kamu coba. 

Pada dasarnya, memulai usaha makanan ringan sangat mudah untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan kamu bisa mendapatkan barang mentahnya di area sekitar ataupun pasar. Namun, hal yang menjadi sulit adalah mempraktikkannya. Kamu harus benar-benar mencoba agar makanan ringan yang dibuat memiliki citra rasa lezat serta unik.

Contoh Usaha Makanan Ringan Unik

Terdapat banyak contoh usaha untuk makanan ringan yang unik. Tentunya, usaha makanan ringan ini bisa kamu produksi secara langsung agar dapat dijual dan dikonsumsi oleh masyarakat. Tidak hanya itu, bahan baku utama yang diperlukan juga tergolong sangat mudah untuk didapatkan. 

1. Keripik Jamur

Keripik jamur menjadi contoh peluang usaha makanan ringan unik yang sangat menjanjikan. Pasalnya, produk makanan ini masih cukup jarang untuk ditemukan. Hal ini tentunya menjadikan olahan keripik jamur sangat layak untuk kamu coba. Proses pembuatannya juga tergolong cukup mudah dan kamu bisa menambahkan bumbu varian untuk menghasilkan rasa yang lebih nikmat.

2. Keripik Pisang Keju

Pisang merupakan tanaman yang memiliki buah dengan rasa yang enak. Dari buah ini juga bisa kamu manfaatkan untuk beragam olahan makanan ringan, seperti keripik, bolu, salai dan lain sebagainya. Umumnya, olahan pisang yang dipasarkan cuman terasa renyah serta manis.

Namun, di contoh usaha makanan ringan unik ini bisa kamu olah sebagai keripik pisang keju. Adanya rasa asin yang kuat dengan tekstur lembut serta dipadukan dengan rasa manis dari pisang membuat olahan ini sangat nikmat untuk dimakan dalam berbagai kondisi. 

3. Makaroni Gurih

Jika kamu ingin membuat usaha makanan yang bisa dititipkan di warung, maka jawabannya adalah makaroni gurih. Usaha makanan ini tergolong cukup baru untuk beberapa tempat di Indonesia. Kamu bisa mendapatkan bahan baku utama makaroni di pasar tradisional ataupun supermarket. Memiliki citra rasa dengan ciri khas gurih, membuat makanan ini disenangi oleh orang dewasa ataupun anak kecil. 

Tentunya ini menjadikan olahan makanan ringan makroni gurih cukup menjanjikan untuk kamu lakukan. Langkah pembuatan makan ini juga tergolong sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan makaroni dan bumbu balado untuk bahan baku utamanya.

4. Tahu Crispy

Contoh usaha makanan ringan unik lainnya yang bisa kamu coba adalah jualan tahu crispy. Makanan ringan ini terkenal sangat mudah untuk diproduksi dikarenakan bahan bakunya yang cukup berlimpah. Selain itu, potensi jualan tahu crispy tergolong cukup menjanjikan untuk kamu lakukan.

5. Susu Goreng

Susu goreng merupakan usaha makan ringan unik yang sangat lezat. Meski terdengar aneh, namun nyatanya usaha makan ringan ini cukup populer di negara Taiwan. Langkah utama untuk membuat makanan ini, yaitu kamu harus mengentalkan terlebih dahulu susu cair sehingga membentuk adonan kue yang siap untuk digoreng. 

Contoh Makanan Ringan yang Lagi Booming dan Unik

contoh usaha makanan ringan unik
Contoh Usaha Makanan Ringan Unik

Bisnis makanan ringan menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi, saat ini telah banyak produk makanan ringan yang populer dan unik di kalangan masyarakat. Di bawah ini beberapa contoh nama usaha makanan ringan unik dan booming yang bisa kamu lakukan.

  1. Makaroni
  2. Tahu Kremes
  3. Pizza Mini
  4. Singkong Keju
  5. Bakso Goreng
  6. Sosis Goreng
  7. Kerupuk Jengkol
  8. Piscok atau Pisang Coklat
  9. Rujak Cireng
  10. Donat Indomie
  11. Bola Ubi
  12. Churros
  13. Takoyaki
  14. Jasuke atau Jagung Susu Keju
  15. Keripik Pepaya

Contoh Makanan Ringan Modal Kecil

Apakah kamu ingin berbisnis makanan ringan, namun ingin mencari produk yang mudah dibuat? Jika iya, maka beberapa contoh usaha makanan ringan unik yang ada di bawah ini sangat layak untuk kamu coba. Tidak hanya itu, rasa yang dihasilkan juga tidak kalah enak dengan makanan ringan lainnya.

1. Singkong Keju

Daftar pertama untuk makanan ringan yang mudah dibuat adalah Singkong keju. Hadir sebagai cemilan bertema tradisional, membuat Singkong keju cukup unik untuk kamu coba. Selain itu, mudahnya proses pengolahan hingga dikombinasikan dengan taburan keju, membuat makanan yang sederhana ini terlihat lebih nikmat.

2. Kulit Ayam Krispy 

Ayam menjadi salah satu contoh nama usaha makanan ringan yang banyak disukai oleh berbagai kalangan. Hal ini tentunya membuat kamu bisa menjadikannya sebagai olahan makanan ringan. Cukup mengambil bagian kulit, lalu diselimuti dengan bumbu, maka kamu sudah bisa menggorengnya dan menjadikannya sebagai olahan makanan ringan.

3. Rokbar Keju

Rokbar keju atau dikenal sebagai roti bakar keju menjadi contoh usaha makanan ringan unik selanjutnya yang bisa kamu buat dengan sangat mudah. Berbekal dengan bahan utama roti dan keju, membuat makanan ringan ini memiliki modal yang sangat minim. Tidak hanya itu, jenis makanan ini juga banyak diminati oleh anak kecil.

4. Keripik Pisang

Contoh usaha makanan ringan berikutnya yang mudah dibuat adalah keripik pisang. Makanan yang satu ini masih tetap menjadi cemilan yang paling enak untuk dinikmati di setiap waktu. Rasanya yang gurih serta tekstur yang renyah ketika berada di dalam mulut, membuat makanan ini memiliki ciri khas tersendiri bagi lidah orang Indonesia.

5. Stick Talas

Stick Talas menjadi salah satu contoh usaha makanan ringan unik yang mudah untuk kamu buat. Usaha makanan ringan ini juga sangat bisa untuk kamu titipkan di warung-warung terdekat. Kamu bisa mencampurnya dengan berbagai varian bumbu, seperti balado ataupun keju untuk memberikan citra rasa yang lebih nikmat.

Contoh Usaha Makanan Ringan Serba 1000

Contoh Usaha Makanan Ringan Unik
Contoh Usaha Makanan Ringan Unik

Tidak hanya usaha makanan ringan serba 2000, saat ini makan ringan dengan harga 1000 juga masih banyak diminati oleh anak-anak. Harga yang murah ini menjadi pilihan bagi anak-anak yang memiliki uang jajan terbatas. Terdapat banyak olahan makanan ringan yang bisa kamu jual dengan harga 1000.

1. Aneka Olahan Keripik

Keripik menjadi salah satu contoh usaha makanan ringan unik yang bisa kamu produksi dengan harga murah. Apalagi jika bahan baku yang digunakan merupakan hasil dari kebun sendiri. Tentunya, biaya modal menjadi lebih minim. Kamu bisa membungkusnya dengan plastik lalu dititipkan ke warung terdekat.

2. Telur Gulung

Telur gulung menjadi makanan ringan selanjutnya yang bisa kamu jual dengan harga 1000 per tusuk. Pasalnya, dengan 1 telur saja bisa menghasilkan 10-20 tusuk telur gulung. Hal ini menjadikan modal yang dikeluarkan sangat minim sehingga kamu bisa menjualnya dengan harga Rp1000 untuk satu tusuknya.

Konon kabarnya, contoh usaha makanan ringan unik yang satu ini sangat menguntungkan sekaligus mudah laku kalau kamu jualnya di tempat-tempat strategis seperti area anak sekolahan.

3. Kue Sus Kering

Kue sus kering merupakan salah satu contoh usaha makanan ringan unik yang memiliki modal minim. Karakter kue sus kering yang manis dan dipadukan dengan gurihnya bagian luar menjadikan makanan ini sangat banyak diminati oleh anak-anak. Modal yang dikeluarkan untuk pembuatan kue ini juga tergolong sangat kecil. 

4. Aneka Cireng

Cireng merupakan salah satu makanan khas Bandung yang bisa kamu jual dengan harga murah. Terbuat dari bahan dasar aci yang kemudian digoreng, membuat makanan ringan ini bisa kamu jual dengan harga yang murah.

5. Martabak Mini

Contoh terakhir untuk makanan ringan dengan harga 1000 adalah martabak mini. Usaha makanan unik dengan modal kecil ini cukup banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Kamu juga bisa membuatnya dalam dua versi, yakni martabak mini manis dan martabak mini telur.

Contoh Makanan Ringan Kekinian yang Mudah Dibuat

Banyaknya makanan ringan kekinian serta unik tentunya bisa kamu tiru dan olah sendiri dari rumah. Terlebih lagi jika makanan ringan tersebut sangat mudah untuk kamu buat. Di bawah ini beberapa contoh usaha makanan ringan unik serta kekinian yang bisa kamu coba.

  1. Keripik Tempe
  2. Keripik Kentang
  3. Keripik Sukun
  4. Keripik Bayam
  5. Keripik Bawang
  6. Keripik Ayam
  7. Keripik Balado
  8. Kerupuk Seblak
  9. Basreng
  10. Mie Gepeng
  11. Mie Lidi
  12. Gurilem
  13. Kembang Goyang
  14. Stick Keju
  15. Siomai Kering
  16. Rempeyek Kacang
  17. Rempeyek Teri
  18. Rempeyek Rebon
  19. Usus Krispy
  20. Tahu Goreng

Banyaknya contoh usaha makanan ringan unik ini tentunya akan sangat berguna untuk kamu yang ingin terjun di dunia bisnis khususnya makanan ringan. Selain itu, hampir dari sebagian contoh makanan ringan di atas sangat mudah untuk kamu olah secara sendiri.

Bagikan:

Tinggalkan komentar