4 Contoh Usaha Jasa Profesi yang Banyak Dibutuhkan

Profesi merupakan pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus. Profesi juga diasosiasikan dengan sertifikasi, kode etik, atau juga lisensi pada suatu bidang. Sedangkan orang yang menguasai keahliannya disebut sebagai profesional. Ada beberapa contoh usaha jasa profesi yang sebenarnya banyak dibutuhkan.

Profesi memang dipengaruhi oleh pendidikan serta keahlian dalam kejuruan atau pendidikan. Kamu harus memahami serta menguasai teori yang diperlukan sebagai dasar praktik pekerjaan yang dijalani. Kamu tidak perlu ragu untuk menyediakan jasa profesi jika ingin menambah pemasukan. Cukup pahami keahlian yang dimiliki untuk mewujudkan mimpi sebagai penyedia jasa profesional.

Contoh Usaha Jasa Profesi yang Dibutuhkan

Ada banyak contoh bisnis jasa di Indonesia, seperti jasa penerjemah yang kini sedang populer, jasa penulisan artikel, jasa pembuatan website, jasa desain interior hingga jasa antar jemput sekolah. Semua jenis jasa tersebut masih jarang disediakan sedangkan zaman semakin berkembang, begitupun juga dengan kebutuhan masyarakat yang semakin membludak.

Saat memulai usaha, kamu dapat melakukannya sendiri. Kemudian kamu juga bisa mengajak rekan untuk turut bergabung jika usaha yang dirintis mulai berkembang, sehingga kamu tidak terbebani dengan biaya tambahan untuk upah harian. Jika kamu tidak berminat untuk menyediakan beberapa jasa tersebut, masih ada beberapa contoh usaha jasa profesional yang dapat kamu sediakan.

1. Jasa konsultasi

Salah satu profesi yang dapat menjadi usaha sampingan yakni dengan menjadi konsultan yang profesional. Jika kamu memiliki rekam jejak yang baik sebagai konsultan, pastinya banyak orang yang tertarik untuk menggunakan jasa yang telah kamu tawarkan.

Sebagai salah satu contohnya kamu dapat membantu klien untuk mengembangkan bisnis yang sedang mereka rintis.  Kamu bisa menawarkan diri untuk menemui klien secara langsung dengan mengunjungi kediaman mereka atau meminta mereka datang ke rumahmu.

Baca juga:

Selain itu, kamu juga perlu memasarkan diri sebagai konsultan yang profesional dalam bidang pembangunan dan pengembangan bisnis yang sukses. Dengan begitulah orang-orang yang ingin membangun usaha akan tertarik untuk mencoba jasa yang kamu tawarkan, terlebih karena penyedia jasa konsultan bisnis ini masih sangat jarang ditemui.

Jasa konsultasi menjadi contoh usaha jasa profesi pertama yang Wong Cerdas bagikan.

2. Guru bimbingan belajar

contoh usaha jasa profesi
Guru Bimbel adalah Contoh Usaha Jasa Profesi

Contoh usaha jasa profesi yang selanjutnya adalah guru bimbingan belajar. Jasa profesi adalah salah satu dari berbagai jenis layanan jasa yang ada. Pada umumnya jasa profesi ini dihasilkan dari satu pekerjaan tertentu yang dilakukan oleh seseorang, salah satunya yakni menjadi guru bimbingan belajar.

Kamu perlu mencari tahu keterampilan yang dimiliki sebagai penunjang untuk menyediakan jasa profesi sebagai guru bimbingan belajar. Misalnya dengan menawarkan keahlian mengaji Al-Qur’an, mengajar bahasa, mengajar membaca dan menulis, mengajarkan musik dan kesenian, atau dengan mengajarkan mata pelajaran tertentu sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar.

Keahlian tersebut bisa kamu ubah menjadi bisnis yang dapat menguntungkan bagimu dan juga bagi para penerimanya.

Mungkin kamu suka:
Contoh Usaha Keliling Pakai Motor
Contoh Peluang Usaha di Bidang Komputer
Peluang Usaha Es Krim Diamond

3. Jasa Foto

Salah satu contoh jasa keterampilan yang sangat sayang jika tidak dimanfaatkan yakni kemampuan fotografi. Apabila kamu memiliki keahlian dalam bidang ini, cobalah untuk memanfaatkannya dengan membuka layanan jasa fotografi untuk berbagai kepentingan, seperti foto pernikahan, foto paket sekolah, hingga foto kekinian yang sedang digandrungi para anak muda.

Usaha jasa yang satu ini sangat menjanjikan dalam menghasilkan pundi-pundi rupiah. Beberapa keperluan foto seperti yang telah disebutkan nyatanya gencar dicari oleh banyak kalangan untuk mengabadikan momen indah yang mereka miliki. Kamu dapat memberikan penawaran dengan harga murah agar mereka lebih tertarik untuk menggunakan jasa yang kamu miliki.

4. Desain interior dan arsitektur

Desain interior dan arsitektur menjadi contoh produk jasa profesi yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat perkotaan. Hal tersebut dikarenakan pekerjaan jasa yang satu ini memang banyak ditemui di perkotaan. Baik lembaga swasta maupun pemerintahan sangat membutuhkan jasa arsitektur ini untuk mengurus keperluan pembangunan yang mereka miliki.

Kamu dapat melakukan promosi melalui media sosial jika memang memiliki keahlian yang satu ini. Sebab kini jasa desain interior bisa dikerjakan secara online, walaupun untuk pengesahannya membutuhkan pertemuan antara dua belah pihak. Namun, hal tersebut tentunya sangat membantu jika kamu berada sedikit jauh dari perkotaan.

Untuk menawarkan contoh usaha jasa profesi yang satu ini kamu perlu memiliki perencanaan usaha jasa profesi yang cukup matang, beberapa di antaranya dengan menyiapkan contoh-contoh desain yang telah dimiliki dan laku di pasaran, menyiapkan budget untuk pertemuan, hingga mempersiapkan sejumlah dana yang dibutuhkan untuk menunjang keberlangsungan usaha.

Baca juga: Usaha Islami Modal Kecil

Beberapa contoh usaha jasa profesi ini memang masih jarang ditemukan mengingat tidak banyak orang yang memiliki keahlian khusus sebagai penunjangnya. Oleh karenanya, bila kamu memang memiliki beberapa keahlian tersebut, lebih baik manfaatkanlah agar bisa berguna untukmu dan para konsumen yang menggunakan jasa tersebut.

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar