Contoh Usaha Ekonomi Produktif Karang Taruna yang Bisa Dicoba

Karang taruna adalah semacam organisasi kepemudaan di Indonesia. Umumnya ada di pedesaan, walaupun kota juga ada sih. Karang taruna juga sebagai wadah untuk mengembangkan generasi muda. Salah satunya ada usaha ekonomi produktif. Nah berikut ini saya berikan beberapa contoh usaha ekonomi produktif karang taruna yang bisa dicoba.

Contoh Usaha Ekonomi Produktif Karang Taruna

Sebelumnya kamu mestilah tahu terlebih dahulu apa itu usaha ekonomi produktif. Yup, boleh dikatakan usaha ekonomi produktif adalah sebuah kegiatan yang memiliki tujuan peningkatan secara ekonomi secara produktif. Nah kalau ditambah frasa karang taruna di belakangnya, itu artinya kegiatan peningkatan ekonomi secara produktif oleh karang taruna.

Bentuk usaha ekonomi produktif yang kerap dijalankan berupa program Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Jadi ini semacam program yang dijalankan oleh sekelompok orang, antara 10-20 orang. KUBE ini cocok untuk pemuda karang taruna yang ingin produktif sekaligus membantu perekonomian.

Karena selain bergerak di ranah sosial, karang taruna juga membutuhkan semacam usaha lain untuk menghidupi para anggotanya. Paling tidak untuk membuka peluang kerja bagi setiap anggotanya. Lantas apa saja sih contoh usaha ekonomi produktif karang taruna? Berikut ini saya berikan contoh-contohnya.

1. Usaha Produksi

Usaha ekonomi produktif yang bisa dilakukan karang taruna pertama adalah usaha di bidang produksi. Bidang produksi ini beraneka macam jenisnya. Misalkan satu kelompok karang taruna membikin KUBE yang membuat berbagai macam kerajinan, contoh tas dari bahan bekas. Lalu hasil produksi itu bisa dijual ke masyarakat luas.

Selain bikin usaha produksi kerajinan tertentu, karang taruna juga bisa membikin usaha produksi makanan. Contohnya seperti yang dilakukan Karang Taruna Jiwo Suto di Desa Ujungpangkah Gresik. Karang taruna ini bikin KUBE yang menyediakan segala macam olahan makanan ringan, termasuk makanan khas daerah setempat.

2. Usaha Perdagangan

contoh usaha ekonomi produktif karang taruna
Contoh usaha ekonomi produktif karang taruna

Selain produksi, karang taruna juga bisa menjual berbagai macam barang. Misalnya dengan cara menjadi agen barang tertentu secara berkelompok tentu saja. Ambil contoh misalnya karang taruna bisa buka toko batik. Karang taruna membentuk KUBE tadi yang kemudian istilahnya kulakan barang untuk dijual kembali. Saya rasa usaha perdagangan ini cukup mudah dilakukan.

Apakah ini yang kamu cari? Cek cara mendapatkan dana untuk karang taruna

3. Usaha Jasa

Contoh usaha karang taruna yang bisa dijalankan adalah dengan menjual jasa. Kelompok karang taruna tertentu bisa memetakan kemampuan dan keahlian masing-masing anggotanya. Kira-kira kemampuan apa yang bisa kemudian dikonversi menjadi peluang usaha jasa.

Misalnya, karang taruna bisa membuka usaha ekonomi produktif dengan menawarkan jasa percetakan dan sablon. Jadi setiap anggotanya gotong royong untuk membangun KUBE yang bergerak di bidang jasa sablon tersebut. Kalau mau yang lain juga bisa, seperti salon ataupun jasa pembayaran kolektif yang sekarang ini lagi ramai.

4. Simpan Pinjam

Simpan pinjam menjadi salah satu contoh usaha ekonomi produktif karang taruna. Usaha ini membutuhkan kolektifitas para anggotanya, dan karang taruna saya rasa mempunyai jiwa kolektif semacam itu. Usaha simpan pinjam yang bisa dilakukan antara lain membuka koperasi, arisan, dan iuran remaja.

Usaha ekonomi produktif simpan pinjam ini sudah dilakukan oleh beberapa karang taruna di Indonesia. Salah satunya adalah Karang Taruna Sibolga. Mereka membuka koperasi simpan pinjam yang hingga kini menjadi tumpuan untuk meningkatkan ekonomi kreatif warga Sibolga. Gimana keren, bukan?

Baca lebih lengkap: kegiatan karang taruna yang menghasilkan uang

5. Usaha Pertanian

Contoh usaha ekonomi produktif karang taruna yang bisa dilakukan karang taruna adalah membuka lahan pertanian. Para anggota karang taruna bisa bercocok tanam segala jenis tanaman. Mulai dari palawija, cabe, buah-buahan, tanaman hias dan masih banyak lagi. Lalu hasil pertanian ini nantinya bisa dijual ke orang lain. Atau bisa juga melalui distributor.

6. Usaha Peternakan

Disamping pertanian, salah satu usaha ekonomi produktif dan kebetulan terakhir yang bisa dilakukan karang taruna adalah membuka peternakan. Para anggota karang taruna bisa saling bahu membahu untuk mengurus peternakan unggas, hewan peliharaan, ikan, dan masih banyak lagi. Tentu hasil peternakan ini bisa mereka jual dan uangnya bisa untuk menghidupi masing-masing anggota.

Demikian macam-macam usaha ekonomi produktif yang bisa dilakukan oleh karang taruna. Ya mungkin saja dari yang sudah saya sebutkan itu masih ada lagi peluang usaha ekonomi produktif buat karang taruna. Tapi yang jelas di antara contoh usaha ekonomi produktif karang taruna tersebut mestilah ada satu yang fokus dan berjalan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar