15 Contoh Usaha di Bidang Pariwisata di Berbagai Objek Wisata

Bisnis pariwisata adalah suatu usaha yang produknya berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan wisata atau rekreasi para wisatawan, baik wisatawan lokal, maupun internasional. Nah, buat kamu yang ingin mendirikan usaha bidang pariwisata, Wong Cerdas punya beberapa contoh usaha di bidang pariwisata yang bisa kamu lirik. Selamat membaca.

Contoh Usaha di Bidang Pariwisata

Analisa peluang usaha di bidang pariwisata sangat penting dilakukan sebelum memulai usaha. Hal tersebut dilakukan oleh pengusaha agar nantinya, usaha yang dijalankan tidak kalah saing dengan usaha yang sudah ada sebelumnya dan bisa terus berkembang. Analisa tersebut bisa dari segi politik, ekonomi, sosial, teknologi, lingkungan, maupun hukum yang berlaku di tempat kamu akan mendirikan usaha.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa usaha pariwisata ada 2 jenis, yaitu usaha pariwisata primer dan usaha pariwisata sekunder. Usaha pariwisata primer adalah usaha yang mengurus transportasi, akomodasi, makanan, dan minuman selama berwisata. Sedangkan usaha pariwisata sekunder adalah usaha yang menyediakan cinderamata, hiburan, asuransi, dan lain-lain. Usaha pariwisata sekunder juga tidak terlalu bergantung pada wisatawan, tapi juga masyarakat sekitar tempat wisata.

Berikut adalah beberapa contoh usaha di bidang pariwisata yang bisa kamu jalankan di berbagai objek wisata:

Contoh Usaha Jasa di Bidang Pariwisata

Jasa ini sangat mudah ditemukan di berbagai daerah sekitar objek wisata, seperti di pantai, pegunungan, candi, dan lain-lain. Berikut Wong Cerdas sebutkan usaha-usaha di bidang jasa pariwisata:

1. Menjadi Penerjemah dan Pemandu Wisata (Tour Guide)

Untuk menjadi penerjemah sekaligus pemandu wisata, kamu harus bisa bersikap ramah dan mahir berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan. Kamu juga harus menguasai objek pariwisata yang dituju wisatawan. Kamu bisa mempromosikan jasamu di website atau bekerja sama dengan tempat penyewaan mobil atau penginapan.

2. Menjadi Fotografer

contoh usaha di bidang pariwisata
contoh usaha di bidang pariwisata

Kamu harus memiliki skill fotografi beserta peralatannya, seperti kamera DSLR, kamera polaroid, tripod, hard disk, dan peralatan lain yang menunjang usahamu. Jika ada peralatan yang berlebih, kamu juga bisa membuka usaha penyewaan kamera beserta peralatannya kepada wisatawan tanpa kamu yang mengambilkan gambarnya. Atau bisa juga mengadakan short course untuk wisatawan yang mau berwisata sambil belajar fotografi.

Kamu juga perlu tau lho tentang Strategi Promosi Wisata yang Efektif di Masa Pemulihan COVID-19. Baca artikelnya disini: Strategi Promosi Wisata

3. Jasa Transportasi

Jasa transportasi merupakan salah satu contoh usaha di bidang pariwisata primer. Usaha ini bisa berupa penyewaan kendaraan, seperti sepeda listrik, mobil, mini bus, atau motor. Kamu juga bisa membuka usaha travel yang mengantarkan wisatawan ke tempat tujuannya.

4. Jasa Akomodasi

Contoh usaha di bidang pariwisata primer lainnya yaitu jasa akomodasi yang menyewakan tempat tinggal sementara untuk para wisatawan, seperti hotel, penginapan, wisma, villa, bahkan rumah pohon. Kamu akan memerlukan modal yang sangat besar untuk menjalankan usaha ini, mulai dari tempat yang akan dijadikan tempat tinggal, fasilitas di dalamnya, hingga pelayan untuk melayani tamu yang datang.

5. Bisnis Parkir

contoh usaha di bidang pariwisata
contoh usaha di bidang pariwisata

Tempat parkir adalah hal yang wajib ada di objek pariwisata. Kamu bisa menyewa atau membeli lahan di sekitar tempat wisata untuk dijadikan lahan parkir kendaraan para wisatawan yang berkunjung. Tidak hanya menyediakan lahan parkir, kamu juga harus bisa menjaga kendaraan agar aman. Biaya parkir tiap jenis kendaraan tentu berbeda dan biasanya dihitung per jam.

6. Penyewaan Peralatan

Usaha penyewaan peralatan wisata banyak ditemukan di tempat wisata alam. Kamu bisa menyewakan peralatan hiking, diving, papan selancar, atau peralatan lain sesuai lokasi wisata. Jika kamu punya keahlian khusus, kamu juga bisa membuka kursusnya. Misalnya menyewakan papan selancar sekaligus mengajarkan cara berselancar kepada wisatawan.

7. Jasa Laundry

Usaha ini memberikan pelayanan jasa pencucian pakaian dan setrika. Jenis laundry yang paling umum dan paling laris adalah laundry kiloan. Usaha ini sangat mudah ditemukan di mana saja, di sekitar tempat wisata, maupun tempat yang jauh dari objek wisata. Kalau kamu nggak mau menjalankan usaha laundry sendiri, kamu bisa bekerja sama dengan hotel atau tempat penginapan lainnya.

8. Blogger Topik Pariwisata

Contoh usaha di bidang pariwisata yang hanya butuh modal sedikit atau bahkan tanpa modal adalah menjadi blogger. Kamu bisa menuliskan informasi mengenai objek wisata di Indonesia atau luar negeri. Kamu juga bisa menawarkan jasamu kepada pemilik objek wisata untuk mempromosikan usahanya di dalam blogmu.

9. Jasa Boga

Jasa boga juga merupakan contoh usaha di bidang pariwisata primer. Jasa boga adalah jasa penyedia makanan yang dapat berupa warung, kedai kopi, restoran, atau katering. Usaha ini bisa berdiri sendiri atau menyatu dengan usaha lain, misalnya restoran dalam hotel.

10. Jasa Penitipan Anak

Sebelum wisatawan menaiki wahana yang berbahaya, wisatawan yang membawa anak kecil bisa menitipkan anaknya di penitipan anak. Penitipan anak ini menyediakan wahana bermain untuk anak-anak, bisa indoor atau outdoor. Biasanya, patokan harga penitipan anak adalah per jam.

Bagi kamu yang sedang membangun bisnis di bidang pariwisata, pasti butuh dengan laporan keuangan. Yuk baca artikelnya disini: Jasa Pembuatan Laporan Keuangan.

Contoh Usaha Barang di Bidang Pariwisata

Selain jasa, berikut Wong Cerdas beri contoh usaha di bidang pariwisata yang produknya berupa barang:

contoh usaha di bidang pariwisata
contoh usaha barang di bidang pariwisata

11. Pembuat Alat Transportasi Wisata

Di beberapa tempat wisata, kita sering menemukan kendaraan yang tidak ada di jalan raya, misalnya kereta mini, mobil kayuh, dan gokar. Kamu bisa membuka tempat pembuatan kendaraan tersebut, dan menjualnya ke orang yang membuka usaha penyewaan kendaraan wisata, atau bisa kamu sendiri yang membuka usaha penyewaan kendaraan tersebut.

12. Pengrajin Kerajinan Tangan

Menjadi pengrajin kerajinan tangan merupakan contoh usaha di bidang pariwisata yang memerlukan kreativitas dan keterampilan khusus. Usaha ini bisa dijalankan sesuai tempat wisata. Misal kamu tinggal di sekitar objek wisata religi, kamu bisa membuat tasbih, sarung tenun, peci rajut, dan sebagainya. Jika di sekitar pantai, kamu bisa membuat tas dari batok kelapa, kalung dari kerang, dan lain-lain.

13. Toko Pusat Oleh-Oleh

Toko pusat oleh-oleh sangat mudah ditemukan di setiap kota. Biasanya, toko pusat oleh-oleh ini menjual berbagai macam produk khas dari suatu daerah tertentu, bisa berupa makanan dan minuman khas, baju daerah, mainan anak tradisional, perhiasan, souvenir, dan barang-barang kerajinan karya warga setempat.

14. Toko Peralatan Wisata

Contoh usaha di bidang pariwisata lainnya adalah toko peralatan wisata. Kamu bisa membuka toko perlengkapan kegiatan outdoor, misalnya hiking atau pendakian. Tentu yang kamu jual adalah perlengkapan yang orang butuhkan untuk mendaki, seperti kompor portable, tenda, sleeping bag, tas carrier, headlamp, dan lain-lain.

15. Toko Aksesoris HP dan Counter

Menjual aksesoris HP dan counter merupakan contoh usaha pariwisata sekunder. Usaha ini bisa melayani wisatawan dan warga lokal yang kehabisan pulsa atau kuota saat berada di tempat wisata.

Demikian artikel tentang contoh usaha di bidang pariwisata yang Wong Cerdas persembahkan. Jadi, apa usaha yang akan kamu jalankan? Apa pun usahamu, tetap semangat dan semoga sukses!

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar