5 Contoh Usaha di Bidang Jasa Akomodasi Pasti Tajir

Ketika membahas mengenai contoh usaha di bidang jasa akomodasi pasti yang ada dalam pikiranmu adalah “Hotel” namun sebenarnya yang dimaksud dengan contoh dari jasa akomodasi bukan hanya hotel saja loh!

Tetapi kamu tidak perlu berkecil hati pendapatmu tentang hotel tidak sepenuhnya salah kok. Ditinjau dari kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) sendiri kata akomodasi memiliki beberapa arti. 

Akomodasi secara umum dapat diartikan sebagai “Sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan, misalnya tempat menginap atau tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergian.” Melihat dari artinya sendiri dapat di sebutkan contoh usaha jasa ini, dapat dipergunakan sebagai penunjang kebutuhan untuk orang – orang yang akan bepergian atau berlibur.

Mengingat banyaknya contoh usaha jasa akomodasi yang berada di Indonesia kita tentu tidak perlu repot lagi,  jika akan bepergian atau liburan ke suatu tempat. Apakah kamu sendiri pernah mendapatkan tawaran jasa akomodasi terbaik, ketika akan berlibur? Sejauh ini yang dapat kita ketahui organisasi yang bergerak di bidang akomodasi adalah Traveloka, Mister aladin,Red doorz dan lain sebagainya. 

Traveloka sendiri selalu menawarkan atau memberitahukan penginapan – penginapan terbaik kepada orang – orang yang akan melakukan liburan pada ruang aplikasinya. Selain itu masih banyak juga kok organisasi offline yang bergerak di jasa akomodasi. Terlepas dari semua itu, istilah akomodasi memang sering sekali terdengar di bidang pendidikan, psikologi, kesehatan, komunikasi. 

Melihat dari hal itu, tentunya kita tidak akan mungkin berbicara bahwa akomodasi adalah penginapan untuk orang liburan saja. Meski dalam konteks umum akomodasi merujuk pada tempat tinggal, namun pada konteks sosial akomodasi adalah penyesuaian sosial pada interaksi pribadi dan juga sebuah kelompok manusia untuk meredakan adanya sebuah pertentangan. 

Kamu perlu memperhatikan penggunaan kata akomodasi dalam bidang apa, agar tidak terjadi kesalahpahaman ketika membicarakan soal akomodasi. Di sebutkan contoh usaha di bidang industri akomodasi sendiri memperoleh keuntungan yang fantastis mulai dari pembukaan bisnisnya di indonesia di tahun 8 maret 2012 dimana seorang pebisnis terkenal bernama Paul Dubrule salah satu pendiri AccorHotels dan Gerard Pelisson pendiri accor group. 

Mendirikan merek jaringan hotel bernama “Ibis” yang dimiliki oleh grup perhotelan Perancis, “Accor hotel” yang sudah tersebar di seluruh dunia telah memperoleh keuntungan dari hasil usahanya di bidang jasa akomodasi. Berkat portofolio brand yang beragam, berbagai tujuan di Indonesia dan program menarik untuk menjelajahi Indonesia. Accor berhasil menarik lebih banyak pelanggan pada jaringan hotel accor yang berada di Indonesia. 

Kamu tentu ingin bukan, memiliki bisnis seperti mereka? Pada kesempatan kali ini Wong Cerdas, akan memberitahu kamu seputar usaha – usaha di bidang akomodasi yang di sebutkan contoh usaha di bidang jasa akomodasi ini sangat menguntungkan mu loh!

Contoh Usaha di Bidang Jasa Akomodasi

Daripada kesana kemari tidak jelas ingin membahas apa? Bagaimana kalau langsung saja ke 5 contoh usaha di bidang jasa akomodasi yang membuat kamu tajir melintir. Lalu apa saja sih, usaha – usahanya? Makin penasaran bukan? Yuk! Langsung saja simak artikel dibawah ini.

Contoh Usaha di Bidang Jasa Akomodasi
Contoh Usaha di Bidang Jasa Akomodasi

1.Villa

Villa adalah tempat tinggal sementara, yang bisanya terletak di daerah yang hawanya sejuk seperti di pegunungan, daerah puncak dan pantai. Berbeda dengan hotel yang hanya bisa menyewa satu atau dua kamar. Ketika menyewa villa pengunjung perlu menyewa seluruh bangunan, selain itu villa ini dapat dijadikan tempat untuk liburan juga loh. Jasa akomodasi ini sangat cocok terutama jika kamu mempunyai rumah di dataran tinggi.

2. Hotel

Hotel adalah akomodasi bangunan yang memiliki banyak kamar untuk disewakan. Terdapat pelayanan penginapan beserta fasilitas seperti restoran, taman, spa, bahkan  sampai tempat laundry. 

Banyaknya bisnis hotel di luar sana, membuat para pembisnisnya harus banyak memutar otak. Namun jangan khawatir selama kamu membuat tempat singgah sementara ini mempunyai eksistensi yang bagus, maka akan semakin banyak pula orang yang berkunjung. Itu sebabnya kamu harus membuat hotel dengan konsep yang unik agar menarik para pengunjung.  

3. Kost

Usaha akomodasi kost termasuk usaha yang dianggap paling menjanjikan oleh beberapa kalangan. Karena biasanya pekerja atau mahasiswa akan lebih memilih menyewa kost yang jaraknya dekat dengan lokasi ia bekerja ataupun berkuliah di karenakan rumah mereka jauh letaknya dari lokasi yang sering dikunjungi. Daripada menghamburkan uang untuk ongkos lebih baik menyewa kos. 

Tentunya, contoh usaha di bidang jasa akomodasi ini memiliki keuntungan modal yang dapat diperoleh dalam jangka panjang loh. Bagi kamu yang rumahnya dekat kampus maupun pabrik. Bisa banget nih! Memanfaatkan peluang ini menjadi pundi – pundi rupiah. Apalagi jika rumahmu memiliki kamar yang kosong. Selain itu kamu bisa juga menambah sewa bulanan nya jika makan sudah disediakan olehmu. 

4. Apartemen

Contoh Usaha di Bidang Jasa Akomodasi
Apartemen adalah Contoh Usaha di Bidang Jasa Akomodasi

Akomodasi apartemen memiliki jangka inap cukup lama. Sehingga cocok untuk kamu yang ingin memiliki usaha jangka panjang sama halnya dengan kost. Akomodasi ini berbentuk rumah yang tergolong mewah dengan berbagai fasilitas seperti pusat kebugaran, kolam renang, halaman luas yang hijau, dan lain sebagainya. Bentuk apartemen sendiri adalah bangunan yang bertingkat.

5. Kontrakan

Contoh usaha di bidang jasa akomodasi yang terakhir adalah kontrakan. Ketika harga rumah di perkotaan masih cukup tinggi, sementara pengeluaran lebih besar pasak daripada tiang.

Apalagi pemutusan kerja yang sudah marak dimana – mana, membuat orang, terutama yang sudah berkeluarga memilih menunda untuk membeli rumah dahulu. Sembari menunggu dana terkumpul. Mereka tentunya membutuhkan sebuah hunian yang layak pakai. Dan mengontrak adalah opsi yang paling sering dipilih. 

Ini adalah kesempatan bagus, untuk kamu memperoleh keuntungan. Dan tentunya kamu telah membantu memberikan keringanan keluarga menengah untuk mengumpulkan dana agar dapat lebih cepat membeli rumah.

Gimana sobat? Sudah memilih mana contoh usaha di bidang jasa akomodasi yang akan kamu jadikan bisnis? Semoga apa yang sudah Wong Cerdas sampaikan dapat bermanfaat, terimakasih telah membaca artikel yang sudah kami sajikan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar