Contoh Usaha Agraris dan Ekstraktif + Daftar Perusahaannya

Ada berapa contoh usaha agraris dan ekstraktif yang seringkali kamu temui? Bagi masyarakat awam istilah agraris bisa jadi cukup akrab di telinga terutama bagi mereka yang kesehariannya bekerja sebagai petani.

Lalu, bagaimana dengan usaha ekstraktif? Pernahkah kamu mendengar atau melihat bidang usaha ini? Jika belum pernah mendengar mari baca artikel ini hingga tuntas ya sobat Wong Cerdas.

Contoh Usaha Agraris dan Ekstraktif

Dewasa ini, pilihan profesi atau bidang pekerjaan sangat banyak. Kamu bisa memilih menjadi apa saja sesuai passion dan keinginanmu seperti ahli IT, dokter, polisi, pemadam kebakaran atau guru.

Beda dari sekarang, zaman dahulu pilihan bidang pekerjaan jauh lebih sedikit. Nenek moyang kita dilahirkan dan tumbuh sebagai petani, peternak atau pedagang.

Mereka terbiasa memanfaatkan dan menggarap alam untuk bertahan hidup sehari-hari. Jenis pekerjaan yang nenek moyang kita lakukan tersebut dikenal sebagai usaha agraris.

Pada dasarnya, contoh usaha  agraris dan ekstraktif hampir sama yakni mengandalkan SDA. Yang membedakan antara keduanya adalah produk hasil pengelolaannya. Bila usaha agraris menghasilkan beras maka usaha ekstraktif menciptakan semen atau garam Himalaya.

Lebih jauh lagi, bidang usaha ekstraktif juga menggarap tanah atau lahan untuk menemukan SDA langka seperti minyak bumi. Tanpa perusahaan ekstraktif sulit bagi suatu negara untuk memenuhi kebutuhan warganya dengan baik.

Contoh Usaha Agraris

Sudah cukup akrab dengan contoh usaha agraris dan ekstraktif? Jika masih belum yuk tengok ciri-ciri bidang usaha agraris berikut:

1. Mengelola SDA

Perusahaan atau perorangan yang mengkhususkan diri pada usaha agraris bekerja sepenuhnya untuk mengelola SDA. Contoh konkretnya bisa kamu lihat dari petani gandum, petani beras hingga petani tebu (gula pasir).

2. Menjual Hasil Pengelolaan SDA ke Konsumen

Produk pengelolaan SDA nantinya akan dijual ke konsumen. Menariknya, produk yang dijual bukan dalam jumlah kecil melainkan skala besar. Contohnya hasil perkebunan yang biasanya dijual ke pabrik atau industri rumahan.

Secara garis besar, ada tiga jenis usaha agraris yang kegiatannya masih dilestarikan hingga sekarang. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

3. Pertanian

Indonesia punya banyak lahan subur untuk menanam benih berkualitas sebut saja Jawa Timur, Sulawesi Selatan atau Banten. Jenis tumbuhan yang ditanam pun sangat beragam mulai dari padi, kentang, sayuran hijau dan sebagainya.

4. Perkebunan

Tahukah kamu dari mana biji kakao berasal? Untuk mendapatkan cokelat berkualitas terbaik seseorang membutuhkan biji kakao ideal yang diperoleh dari hasil perkebunan. Selain biji kakao, hasil perkebunan lainnya yang laku di pasaran adalah daun teh, kelapa sawit anggur hingga kopi.

5. Peternakan

Penjelasan contoh usaha agraris dan ekstraktif tidak pernah ada habisnya karena banyak sekali informasi yang bisa kita bahas. Misalnya peternakan sebagai salah satu bidang usaha agraris.  Peternakan menjadi lapangan pekerjaan cukup ideal di Indonesia seperti peternakan sapi, kambing, ayam, kerbau sampai bebek.

Contoh Perusahaan Agraris di Indonesia

contoh usaha agraris dan ekstraktif
contoh usaha agraris dan ekstraktif

Banyaknya jenis SDA di tanah air mendorong banyak orang untuk membangun perusahaan agraris. Dari sekian banyak perusahaan, inilah beberapa perusahaan agraris terpopuler di tanah air:

1. PT Agri Makmur Pertiwi

Yang termasuk usaha agraris adalah usaha pertanian yang mengelola SDA seperti padi, jagung, sayur dan buah-buahan. Tahukah kamu jika PT Agri Makmur Pertiwi merupakan perusahaan agraris yang fokus pada bidang pembenihan bibit tanaman?

2. PT Great Giant Pineapple

Nanas merupakan salah satu buah menyegarkan yang banyak dijual di musim panas. Buah nanas bisa diolah menjadi jus, smoothie hingga rujak buah yang pedas. Tidak banyak yang tahu jika PT Great Giant Pineapple merupakan perusahaan agraris yang kesehariannya bekerja memproduksi buah nanas berkualitas.

3. PT Bakrie Sumatera Plantation

Perusahaan yang termasuk dalam contoh usaha agraris dan ekstraktif sangat banyak. Masih membahas tentang perusahaan agraris, pernahkah kamu mendengar tentang PT Bakrie Sumatera Plantation? Perusahaan ini dikenal sebagai produsen kelapa sawit.

Contoh Usaha Ekstraktif

Memasuki babak kedua, kami akan menjelaskan pada kamu apa itu contoh usaha ekstraktif. Bidang usaha ini ada dan berkembang untuk mengimbangi usaha agraris dan industri lainnya yang tumbuh di nusantara.

1. Penangkapan Ikan di Laut

Coba kamu bayangkan jika setiap hari kamu hanya disuguhi dengan daging merah atau sayur mayur saja? Tentunya sangat membosankan bukan? Demi menjawab permintaan pasar hadirlah bidang usaha ekstraktif yang meliputi penangkapan ikan di lautan.

2. Pertambangan

Di atas kami telah menerangkan contoh hasil usaha dari perkebunan adalah kelapa sawit, kopi dan sebagainya. Pada kesempatan kali ini, kami mengajak kamu untuk lebih memahami usaha pertambangan yang masuk dalam jajaran usaha ekstraktif.  Jenis pertambangannya sangat beragam mulai dari tambang minyak, batu bara dan sebagainya.

3. Penebangan Kayu

Pekerjaan yang berkaitan dengan penebangan kayu juga termasuk pada usaha ekstraktif. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan guna membuka lahan untuk kepentingan pembangunan jalan atau pemukiman.

4 Contoh Perusahaan Ekstraktif di Indonesia

contoh usaha agraris dan ekstraktif
contoh usaha agraris dan ekstraktif

Meskipun tingkat pekerjaannya sangat sulit, nyatanya masih banyak saja orang yang tertarik bekerja di bidang usaha ekstraktif. Lantas, apa saja jenis perusahaan ekstraktif populer tanah air?

1. PT Pertamina

Contoh usaha agraris dan ekstraktif punya perbedaan yang mencolok. Contohnya PT Pertamina yang setiap harinya bekerja untuk mendapatkan cadangan atau tambahan minyak bumi.

Minyak bumi ini dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan hajat hidup orang banyak. Misalnya kendaraan bermotor yang masih membutuhkan bensin sebagai bahan bakarnya.

2. PT Freeport Indonesia

Nama PT Freeport Indonesia mungkin sangat familiar bagi mereka yang ingin bekerja di perusahaan tambang terkenal di dunia. Perusahaan ini bukan hanya mengeksplorasi emas tapi juga memproses perak dan tembaga.

Sudah menjadi rahasia umum jika bebatuan seperti emas atau perak cukup berharga bahkan mahal harganya di pasaran. Tidak heran jika banyak pribumi atau pekerja asing yang ingin mengabdikan diri bekerja di PT Freeport Indonesia.

3. PT Bukit Asam

Mengenal contoh usaha agraris dan ekstraktif menjadi bekal kamu untuk memilih profesi apa di kemudian hari.  Kamu yang ingin bekerja pada perusahaan energi terkemuka pilihlah PT Bukit Asam ini. Perusahaan ini punya sejarah yang sangat panjang bahkan konon sudah ada sejak zaman kolonial Belanda.

4. PT Agincourt Resource

Jenis perusahaan ini hampir sama seperti PT Freeport Indonesia yang bergerak untuk memproses perak dan emas. Bagi kamu yang belum berhasil masuk ke Freeport mungkin bisa menjadikan perusahaan ini sebagai pilihan menarik lainnya.

Baik usaha agraris atau ekstraktif keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kamu hanya perlu menempatkan diri dengan baik sehingga dapat memberikan kontribusi maksimal untuk bangsa.

Apa pun bidang usaha ekstraktif atau agraris yang kamu pilih nantinya kerjakan dengan sebaik dan semaksimal mungkin. Bagaimanapun juga bidang usaha agraris dan ekstraktif memiliki kepentingan yang sama besarnya bagi bangsa maupun konsumen.

Ibratnya, manusia tidak bisa bertahan tanpa beras yang berasal dari usaha agraris. Tapi juga tidak bisa menampik keindahan emas dari bidang usaha ekstraktif. Contoh usaha agraris dan ekstraktif saling berkaitan dan bersinergi untuk membangun kehidupan sejahtera.

Bagikan:

Tinggalkan komentar