Contoh Proposal Usaha Distro yang Bisa Kamu Gunakan

Perencanaan merupakan hal utama yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha. Jika kamu berencana melakukan usaha distro, kamu perlu menyusun rencana usaha  secara jelas dan sistematis agar usaha yang dijalankan lebih terarah.

Rencana usaha ini disusun dalam bentuk proposal usaha. Pahamilah contoh proposal usaha distro sebelum memulai usahamu.

Distro menjadi usaha yang bergerak di bidang fashion kekinian. Kamu perlu memperhatikan berbagai hal saat akan memulai usaha ini. Pastikan bahwa proposal yang disusun sudah dapat menggambarkan usaha yang akan kamu jalankan. Berikut contoh proposal yang bisa kamu gunakan untuk memulai usaha distromu:

Contoh Proposal Usaha Distro

Penyusunan proposal perlu memperhatikan elemen-elemen penting yang harus dicantumkan. Persiapkanlah jenis usaha dan segala detail dari usaha distromu agar dapat tergambarkan dengan jelas melalui proposal. Perhatikan susunan proposal berikut sebagai gambaranmu:

1. Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME ataas karuniaNya sehingga proposal usaha distro ini dapat tersusun dengan baik. Proposal ini merupakan “Proposal Usaha Distro” yang bertujuan untuk memberikan gambaran usaha fashion yang akan kami jalankan.

Tujuan dari disusunnya proposal ini adalah untuk memberikan gambaran usaha distro yang akan dijalankan. Usaha ini merupakan jenis usaha modern yang menjual berbagai gaya fashion. Kami berharap penyusunan proposal ini dapat memberikan penjelasan dari usaha yang akan kami jalankan.

Kami menyadari bahwa penyusunan proposal usaha clothing ini masih terdapat banyak kekurangan. Itulah sebabnya kami sangat membutuhkan kritik dan saran yang membangun. Atas perhatian berbagai pihak terkait, kami sampaikan terima kasih

Baca juga:  Analisis SWOT Pempek, Sari Roti, Seblak, Lumpia, Nasi Goreng

2. Pendahuluan

Usaha Distro adalah jenis usaha kekinian yang saat ini sedang berkembang seiring perkembangan dalam dunia fashion khususnya bagi remaja. Distro atau Distribution Store merupakan jenis usaha yang menjual berbagai produk dengan jumlah yang terbatas. Mengingat jumlahnya yang terbatas, maka barang yang dijual juga tidak sama dengan barang yang beredar di pasaran.

Contoh proposal usaha distro ini disusun untuk memberi gambaran mengenai usaha distro yang akan didirikan. Adapun barang yang dijual meliputi pakaian, sepatu, celana, dan berbagai aksesoris kekinian yang banyak dicari oleh para remaja. Desain dan kualitas dari produk yang dijual menjadi elemen utama yang kami tonjolkan dibandingkan usaha lain.

Kreativitas dan inovasi terus kami kembangkan untuk memberikan produk terbaik kepada para konsumen. Kami menghasilkan produk dengan kualitas terbaik dan model yang bervariasi. Target pasar menjadi indikator utama kami dalam memberikan barang terbaik.

Proposal ini disusun untuk memberikan gambaran terhadap masyarakat. Kami berharap usaha Distro ini dapat menjadi tempat belanja ternyaman dan favorit bagi para remaja. Kami meyakini hal tersebut karena produk yang kami sajikan tidak sekadar kuantitas, tetapi kualitas.

3. Tujuan Usaha

contoh proposal usaha distro
contoh proposal usaha distro

Tujuan dari didirikannya usaha Distro ini, antara lain:

  1. Memberikan peran aktif dalam dunia bisnis.
  2. Memenuhi kebutuhan fashion kekinian bagi masyarakat.
  3. Menjalin relasi yang baik dengan sesama pengusaha dan pelanggan.
  4. Mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.

4. Profil Perusahaan

  • Nama Usaha            : Translator Distro
  • Jenis Usaha             : Distro di bidang fashion kekinian
  • Alamat Usaha : Jalan Pahlawan No 23 Jakarta Pusat
  • Nama Pemilik : Andreas Tandara
  • No. Telepon            : 089112345678
  • Alamat Pemilik      : Jalan Siliwangi No 15 Jakarta Pusat
  • Waktu Operasional : Pukul 10.00-22.00 WIB
Baca juga:  10 Jenis-jenis Jamur yang Menguntungkan dan Merugikan

5. Produk Usaha

Jenis produk yang kami buat dari contoh proposal usaha distro ini adalah fashion kekinian bagi masyarakat khususnya remaja. Produk yang dibuat meliputi pakaian, kaos, jaket, celana, hingga berbagai aksesoris penunjang penampilan. Bahan yang kami gunakan berasal dari supplier dari berbagai konveksi yang telah terbukti kualitasnya.

Contoh proposal usaha kaos ini akan menjelaskan keunggulan dari produk yang dipasarkan. Keunggulan yang dihasilkan antara lain:

  1. Memiliki kualitas yang tinggi
  2. Memiliki berbagai ukuran, model, hingga desain.
  3. Harga yang dibandrol terjangkau
  4. Produk disesuaikan dengan selera konsumen.

6. Konsep Promosi

Promosi yang dilakukan melalui berbagai media, baik online maupun offline. Media online menggunakan media sosial seperti Whatsapp, Instagram, Tiktok, dan sebagainya. Promosi offline dilakukan dengan penyebaran brosur

7. Target Pelanggan

Target pelanggan dari usaha ini adalah usia remaja yang masif menggunakan fashion kekinian. Pelanggan yang diharapkan ini dapat ditemui di berbagai tempat selama promosi yang dijalankan maksimal. Tak hanya remaja, target pelanggan juga dapat menjangkau masyarakat umum lainnya.

8. Analisis SWOT

contoh proposal usaha distro
contoh proposal usaha distro

Adapun analisis SWOT untuk rencana usaha kami adalah sebagai berikut:

a. Kekuatan (Strength)

Harga yang dibandrol oleh Translator Distro terbilang relatif. Harga ditetapkan tidak terlalu murah ataupun mahal, sehingga dapat dijangkau oleh pelanggan. Distro ini juga memiliki tempat yang strategis dan mudah dijangkau. Translator Distro juga menyediakan berbagai variasi produk.

b. Kelemahan (Weakness)

Produk yang disediakan dapat mengalami penurunan jika terjadi cuaca yang buruk. Harga bahan dari produk juga cenderung fluktuatif, sehingga dapat memengaruhi permintaan konsumen. Hal ini dapat menjadi kelemahan dari usaha yang dijalankan.

c. Peluang (Opportunity)

Banyaknya kebutuhan masyarakat terhadap fashion kekinian menjadi faktor yang akan mendukung berkembangnya usaha ini. Distro kami juga menyediakan berbagai produk yang beragam sesuai kebutuhan konsumen. Tak hanya itu, kami juga memberikan pelayanan yang optimal kepada para konsumen.

Baca juga:  50+ Peluang Usaha di Jogja Terbaru yang Menjanjikan

d. Ancaman (Threat)

Translator Distro juga memiliki beberapa risiko usaha distro. Desain atau model yang disediakan memiliki kemungkinan untuk mudah ditiru. Selain itu, banyaknya usaha sejenis juga dapat memengaruhi keberjalanan usaha ini.

9. Penetapan Harga Produk

Translator Distro memiliki harga produk sebagai berikut:

  1. Kemeja lengan pendek: > Rp 90.000
  2. Kemeja lengan panjang: > Rp 120.000
  3. Celana jeans panjang: > Rp 130.000
  4. Celana pendek: > Rp 90.000
  5. Jaket: > Rp 180.000
  6. Kaos lengan pendek: > Rp 80.000
  7. Kaos lengan panjang: > Rp 160.000
  8. Sepatu: > Rp 180.000
  9. Aksesoris: mulai dari Rp 20.000

10. Skema Permodalan

Modal yang digunakan dalam usaha Distro ini berasal dari pemilik distro. Adapun rincian pengeluaran yang digunakan sebagai berikut:

Desain Interior dan renovasiRp 20.000.000
Pembelian baju grosir Rp 500.000.000
Soft opening dan promosiRp 5.000.000
Gaji karyawanRp 30.000.000
ListrikRp 10.000.000
TransportasiRp 6.000.000
Administrasi Rp 5.000.000
Pemeliharaan fasilitas     Rp 6.000.000
JumlahRp 582.000.000

11. Penutup

Demikianlah contoh proposal kaos distro ini kami susun sebagai gambaran dari usaha yang akan kami jalankan. Semoga proposal ini dapat menjelaskan mengenai tujuan usaha dan konsep secara jelas dan sistematis. Atas perhatian dan kerja sama yang diberikan oleh semua pihak, kami mengucapkan terima kasih.

Itulah contoh proposal usaha distro yang bisa Wong Cerdas paparkan. Pahamilah gambaran usaha kamu dengan menjelaskannya secara rinci dan sistematis dalam bentuk proposal usaha. Hal ini penting dilakukan untuk menarik perhatian konsumen dan investor terhadap usahamu. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya!

Bagikan:

Tinggalkan komentar