Contoh Proposal Usaha Barbershop yang Menarik

Barbershop menjadi usaha yang sedang berkembang saat ini. Kamu bisa menemukan jenis usaha ini di hampir setiap jalan. Menjamurnya usaha ini dipengaruhi oleh makin berkembangnya kebutuhan pria untuk tampil lebih modis  dalam hal tatanan rambut. Contoh proposal usaha  barbershop perlu disiapkan jika kamu ingin memulai usaha ini.

Deskripsi Usaha Barbershop

Usaha barbershop adalah usaha pangkas rambut yang dikhususkan untuk pria. Layanan yang diberikan barbershop meliputi cuci rambut, potong rambut, pijat, hingga perawatan rambut lain yang menjadi kebutuhan para pria. Usaha ini sangat tepat dijalankan di era sekarang.

Saat hendak membuka usaha ini, kamu perlu menyiapkan proposal yang lengkap untuk mengenalkan usahamu. Perhatikanlah berbagai komponen proposal agar dapat menarik perhatian. Simaklah ulasan mengenai contoh proposal usaha barbershop berikut ini:

Struktur Proposal Usaha Barbershop

Penyusunan proposal usaha barbershop tidak bisa dilakukan sembarangan. Kamu harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk menarik perhatian pihak yang dituju. Berikut Wong Cerdas sajikan beberapa bagian penting yang harus tercantum dalam proposal usaha barbershop yang akan kamu jalankan:

1. Profil Usaha

Profil usaha menjadi  bagian utama yang harus dicantumkan dalam proposal. Sertakanlah nama usaha, nama pemohon, deskripsi usaha, alamat, hingga kontak yang bisa dihubungi. Bagian ini merupakan pengenalan terhadap isi proposal.

2. Pendahuluan

Setelah mencantumkan profil usaha, selanjutnya kamu harus menuliskan pendahuluan dari usaha yang akan kamu jalankan. Pendahuluan biasanya berisi latar belakang proposal barbershop, tujuan, dan sasaran. Pendahuluan harus dijelaskan secara detail.

3. Struktur Organisasi

Contoh proposal usaha barbershop yang baik harus mencantumkan struktur organisasi. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan pemilih usaha hingga bagian staf yang terlibat. Kamu bisa membuatnya dalam bentuk bagan.

4. Penjelasan Usaha

Bagian dari proposal yang sangat penting adalah penjelasan usaha. Jelaskanlah jasa yang ditawarkan secara spesifik, seperti kelebihan, hambatan, dan sebagainya. Tulis bagian ini dengan jelas.

5. Pemasaran

Pemasaran ditujukan untuk menjelaskan strategi dalam mempromosikan usaha. Wong Cerdas akan memberikan contoh proposal usaha barbershop tentang target pasar, strategi, serta tarif yang akan dibandrol. Rencanakan bagian ini sedetail mungkin, ya.

6. Laporan Keuangan

Laporan keuangan memuat rencana pemasukan, peralatan yang akan digunakan, hingga estimasi biaya secara rinci. Bagian ini harus sangat diperhatikan. Susunlah laporan keuangan dengan teliti agar para investor tertarik.

7. Penutup

Bagian ini tentu sudah tidak asing lagi dalam pembuatan contoh proposal usaha barbershop. Tutup proposal dengan kalimat yang menarik dan meyakinkan isi dari proposal. Penutup juga berisikan kalimat persuasif bagi pembaca.

8. Lampiran

Kamu bisa melampirkan berbagai dokumen pendukung. Mulai dari biodata pemilik usaha, persuratan yang sudah dimiliki, hingga foto dari usaha barbershop yang akan dijalankan. Lampiran dibuat untuk menambah ketertarikan pembaca.

Baca juga:

Contoh Proposal Usaha Barbershop

contoh proposal usaha barbershop
Contoh Proposal Usaha Barbershop

Berikut Wong Cerdas sajikan contoh proposal untuk usaha barbershop yang bisa kamu jadikan rujukan untuk penyusunannya:

PROFIL USAHA

Profil usaha kami sebagai berikut:

1. Jenis Usaha : Barbershop

2. Nama Usaha : Handsome Barbershop

3. Lokasi Usaha : Jalan Kertanegara No 12 Jakarta

4. Kontak : 0871234567899

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Perkembangan budaya dan gaya berpenampilan memengaruhi setiap orang untuk memberikan tampilan terbaik di setiap suasana. Gaya berpenampilan yang menjadi sorotan adalah bagian rambut, khususnya bagi pria. Untuk itulah diperlukan suatu usaha yang memberikan jasa untuk merapikan tampilan rambut bagi pria agar dapat mengikuti mode yang sedang berkembang. Salah satu usaha yang dilakukan adalah usaha barbershop. Oleh karena itu, disusunlah contoh proposal usaha barbershop Handsome Barbershop”  sebagai cara mengembangkan usaha pangkas rambut yang akan dijalankan.

2. Tujuan dan Sasaran

Usaha barbershop ini bertujuan untuk mengembangkan tren gaya rambut bagi pria dengan maksud agar para kaum pria mendapat pelayanan rambut tanpa merasa malu jika mengunjungi salon umum yang bersamaan dengan wanita. Sasaran dari usaha ini adalah para pria khususnya remaja hingga usia dewasa.

STRUKTUR ORGANISASI

Struktur organisasi pada usaha barbershop kami terdiri dari:

1. Pemilik Usaha         : Ari Riyanto

2. Bagian  Administrasi  : Indah Lestari

3. Bagian Marketing    : Zuhri Ramadan

4. Bagian Perlengkapan : Irfan Ali

PENJELASAN USAHA

Usaha barbershop ini diberi nama “Handsome Barbershop” yang akan memberikan pelayanan khusus pria. Layanan kami meliputi potong rambut berbagai model. Keramas, semir rambut, dan hair threatment. Biaya yang dikenakan untuk setiap jasa berkisar Rp 15.000,00 hingga Rp 100.000,00.

PEMASARAN

Kami telah menyusun strategi pasar pada contoh proposal usaha barbershop sebagai berikut:

1. Target Pasar

Target pasar kami adalah kaum pria khususnya di daerah Jakarta Pusat.

2. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang dilakukan dalam usaha ini adalah dengan marketing mix yang terdiri dari 4 komponen, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat dan distribusi), dan promotion (promosi).

LAPORAN KEUANGAN

Usaha ini memerlukan modal awal sebesar Rp13.000.000,00 yang meliputi:

Alat cukur            : Rp 1.500.000,00

Aneka gunting         :Rp 330.000,00

Pisau cukur         : Rp 40.000,00

Aneka Sisir          : Rp 94.000,00

Alat pembersih        : Rp 230.000,00

Kain penutup badan : Rp 70.000,00

Kursi barbershop    : Rp 7.000.000,00

Kursi tunggu         : Rp 2.024.000,00

Cermin                      : Rp 600.000,00

Poster model rambut  : Rp 327.000,00

Bahan-bahan          : Rp 785.000,00     

PENUTUP

Demikianlah proposal usaha barbershop ini kami buat sebagai salah satu penjelasan dari usaha yang akan kami jalankan. Kami mengharap dukungan dari pihak Saudara demi terlaksananya usaha ini. Sekian dan terima kasih. 

Itulah contoh proposal usaha barbershop yang dapat Wong cerdas berikan. Makalah usaha barbershop ini diharapkan dapat membantu usahamu agar lebih berkembang. Terima kasih sudah menjadikan Wong Cerdas sebagai referensi dalam memenuhi keperluanmu. Selamat membaca artikel lainnya dari kamu, ya. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar