Contoh Promosi Kesehatan Keluarga, Rumah Sakit, Sekolah

Kamu pasti pernah mendengar seseorang melakukan promosi kesehatan, bukan? Promosi kesehatan adalah pembelajaran untuk memberikan wawasan tentang kesehatan. Ada banyak contoh promosi kesehatan di berbagai tempat yang informasinya sangat bermanfaat untuk diketahui.

Petugas promosi kesehatan tentu hanya menjalankan tugas untuk mengingatkan pada masyarakat akan pentingnya hidup sehat. Kita pasti tidak ingin memiliki penyakit dan merasa sakit karena hal itu akan membuat tubuh merasa nyaman dan aktivitas harian menjadi terganggu.

Tapi, terkadang beberapa orang masih saja mengabaikan pesan dan informasi tentang kesehatan. Oleh sebab itu, promosi kesehatan di berbagai tempat masih perlu dilakukan untuk memotivasi masyarakat menjalankan hidup sehat dan bersih. 

Selain itu, kegiatan mempromosikan kesehatan dapat berpengaruh membuat perubahan yang lebih baik dalam kehidupan masyarakat. Berikut contoh promosi kesehatan di tempat umum.  

Contoh Promosi Kesehatan Pada Remaja

Masa remaja biasanya dimanfaatkan untuk melakukan hal yang mereka senangi. Menghabiskan waktu diluar bersama teman, mulai bersikap menonjolkan diri atau menutup diri, keluar dari zona nyaman, bahkan sering mencoba hal baru karena rasa penasaran.

Terkadang perilaku baik buruk mereka juga dipengaruhi oleh lingkungan dimana ia tumbuh dan berkembang.Karena diluar pengawasan orang tua, tidak heran banyak kasus remaja yang tidak diinginkan seperti mengalami gangguan kesehatan, gangguan mental, pergaulan jelek dan seks bebas. 

Dalam hal ini, promosi kesehatan pada remaja sangat penting untuk disosialisasikan. Adapun contoh tema promosi kesehatan pada remaja misalnya berkaitan dengan kesehatan reproduksi. 

Dengan mengetahui informasi akan kesehatan reproduksi diharapkan dapat menjaga kesehatan organ tersebut dan mencegah remaja melakukan hal yang berdampak merugikan. 

Biasanya bentuk promosi kesehatan pada remaja tidak jauh dari pemanfaatan teknologi. Jaman sekarang remaja selalu menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-harinya. Oleh sebab itu, petugas kesehatan dapat memanfaatkan media promosi yang menyesuaikan minat dan keinginan remaja dalam mengakses informasi kesehatan. Contohnya melalui internet dan social media.  

Contoh Promosi Kesehatan di Keluarga

Keluarga merupakan lingkungan utama yang harus saling memperkenalkan gaya hidup sehat kepada anggota keluarga terutama anak. Penerapan pola hidup sehat harus diterapkan sedini mungkin untuk menghindari masalah yang berkaitan dengan kesehatan.

Upaya yang dapat dilakukan sebagai contoh promosi kesehatan di lingkungan keluarga adalah menerapkan family quality time. Menghabiskan waktu bersama keluarga adalah hal terbaik untuk saling menjaga dan meningkatkan rasa saling memiliki. 

Menerapkan family quality time dapat dilakukan dengan berkumpul, makan bersama, olahraga bersama dan refreshing. Sesekali berikan edukasi terkait gaya hidup sehat dan bagaimana melindungi diri agar tetap sehat. Jangan lupa untuk biasakan sharing tentang apapun agar hubungan keluarga menjadi semakin erat. 

Contoh Promosi Kesehatan Sekolah

Contoh Promosi Kesehatan
Contoh Promosi Kesehatan

Sekolah adalah tempat belajar kedua setelah lingkungan keluarga. Ada baiknya di Sekolah juga perlu mempraktekkan gaya hidup sehat agar tidak mudah tertular penyakit. Apalagi siswa adalah aset generasi bangsa yang harus dijaga kesehatannya. Lalu, bagaimana cara pihak Sekolah mempromosikan kesehatan ?

  1. Memberikan pembelajaran mengenai kesehatan kepada siswa.
  2. Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah. 
  3. Mengevaluasi perkembangan kesehatan di lingkungan Sekolah.
  4. Memperbarui fasilitas sekolah yang mendukung kenyamanan belajar siswa.
  5. Memiliki ruangan medis.

Contoh Promosi Kesehatan di Rumah Sakit

Promosi kesehatan di Rumah Sakit merupakan salah satu pelayanan dari pihak Rumah Sakit sebagai upaya untuk mempercepat pemulihan kesehatan pasien. Selain itu, adanya promosi kesehatan ini bertujuan untuk mengembangkan perilaku sehat dan mencegah penyakit kambuh.

Tidak hanya untuk pasien, target atau sasaran dari promosi kesehatan di area Rumah Sakit  juba berlaku untuk pengunjung, petugas di Rumah Sakit, dan masyarakat di sekitar Rumah Sakit. Maka dari itu, promosi kesehatan juga penting diinformasikan kepada sasaran tadi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka. Contoh kegiatan promosi di Rumah Sakit antara lain:

  1. Mengadakan seminar atau talkshow materi tentang kesehatan.
  2. Memasang poster atau spanduk di area Rumah Sakit.
  3. Mengadakan penyuluhan kesehatan secara berkala.
  4. Memberikan informasi tentang menjaga kebersihan diri.
  5. Memberikan motivasi untuk selalu menjaga kesehatan.
  6. Mengkampanyekan gerakan masyarakat sehat.

Contoh Kegiatan Promosi Kesehatan di Tempat Kerja

Orang yang sedang bekerja harus selalu dalam kondisi sehat agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Apabila lingkungan tempat kerja nyaman dan bersih, maka produktivitas kerja karyawan pun akan meningkat. 

Upaya promosi di tempat kerja sangat bermanfaat untuk mengingatkan pekerja agar selalu menjaga kesehatan di tempat kerja. Dengan mempunyai pengetahuan seputar kesehatan yang dimiliki bisa memberikan pengaruh yang positif di tempat kerja. Adapun kegiatan promosi kesehatan di tempat kerja seperti :

  1. Selalu berperilaku hidup bersih.
  2. Mengkonsumsi makanan sehat di tempat kerja.
  3. Membiasakan membersihkan ruangan.
  4. Melakukan pemeriksaan kesehatan. 

Contoh Kegiatan Promosi Kesehatan di Puskesmas

Sama halnya Rumah Sakit, di setiap Puskesmas juga pasti mengadakan kegiatan khusus untuk mempromosikan kesehatan. Pada umumnya, contoh promosi alat kesehatan di Puskesmas berupa lembaran seperti brosur, poster, gambar-gambar yang berisi tentang informasi kesehatan.

Namun, terkadang petugas kesehatan juga memberikan kegiatan promosi secara langsung dengan meluangkan waktu untuk menjelaskan masalah kesehatan kepada pasien. Serta mengadakan penyuluhan kesehatan di desa-desa.  

Itu saja contoh promosi kesehatan di tempat umum sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran kita agar selalu menjaga tubuh tetap sehat. Untuk menjaga kesehatan tentu harus dimulai dari diri sendiri. Jika bukan kita yang menerapkan hidup sehat, lalu siapa lagi?

Bagikan:

Tinggalkan komentar