Contoh Promosi Diri Fresh Graduate SMK yang Bagus

Kamu lulusan baru atau fresh graduate SMK? Sedang mencari kerja? Mantab! Kamu berada di artikel yang tepat, hehe. Kamu nggak perlu bingung bagaimana cara agar kamu dilirik oleh HRD perusahaan. Hari ini, Wong Cerdas akan membagikan beberapa contoh promosi diri fresh graduate SMK di JobStreet, LinkedIn, dan CV.

Contoh Promosi Diri Fresh Graduate SMK

Fresh graduate jangan sampai nggak kenal dengan situs pencari kerja seperti JobStreet dan LinkedIn. Untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan secara online via JobStreet, pasti sudah nggak asing lagi dengan kolom “Promosikan diri Anda!” Sebelum kamu mengajukan lamaran pekerjaan ke suatu perusahaan, ada baiknya kamu mengisi kolom tersebut dengan perkenalan diri secara singkat. 

Di JobStreet, kamu hanya dibatasi 300 karakter untuk mempromosikan dirimu semenarik mungkin. Berikut adalah contoh kalimat mempromosikan diri dalam melamar pekerjaan untuk fresh graduate di JobStreet:

“Fresh graduate SMK Jurusan Jurnalistik. Menguasai teknik penulisan berita dan etika jurnalistik. Mengerti teknik fotografi dasar. Mampu berbahasa Inggris aktif. Pengalaman magang sebagai jurnalis di Wong Cerdas selama 3 bulan.”

Untuk cara mempromosikan diri di media sosial di LinkedIn, kamu bisa menuliskannya di summary/ringkasan atau feed/postingan. Pada LinkedIn, kamu bisa menulis summary hingga 2.000 karakter sehingga kamu bisa menjelaskan profilmu lebih rinci. Biasanya, summary LinkedIn berisi 3-5 paragraf.

Kenali yuk contoh promosi jabatan di perusahaan.

Contoh Promosi Diri untuk Fresh Graduate SMK di Summary LinkedIn

contoh promosi diri fresh graduate SMK
Summary contoh promosi diri fresh graduate SMK

Berikut adalah contoh promosi diri fresh graduate SMK di summary LinkedIn:

“Saya adalah seorang fresh graduate SMK Jurusan Pemasaran. Saya mempunyai pengalaman magang Divisi Marketing di Wong Cerdas selama 3 bulan. Dengan kemampuan public speaking dan teknik closing yang saya kuasai, saya bisa mempromosikan produk perusahaan dengan mudah dan sesuai target. Saya juga bisa bekerja dengan tim maupun secara individu.

Selain mengikuti pelajaran di sekolah, saya juga mengikuti beberapa pelatihan mengenai marketing, yaitu Pelatihan Digital Marketing dan Pelatihan Sales Leadership. Saya pernah menjadi Juara 2 dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Nasional bidang Marketing Online di Surabaya pada tahun 2020.

Saat ini saya mencari lowongan pekerjaan untuk posisi Staf Marketing di area Jawa Timur. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk posisi lain, seperti Copywriter, Social Media Marketing, Public Relation, dan sejenisnya.”

Contoh Promosi Diri Fresh Graduate SMK Bahasa Inggris

Promosi diri juga bisa ditulis menggunakan bahasa Inggris yang biasanya akan menambah nilai plus di mata HRD. Namun, pastikan bahwa bahasa Inggris yang kamu tulis sudah benar. Berikut contoh promosi diri fresh graduate SMK dengan bahasa Inggris:

“I graduated from Office Administration SMK Maju Jaya. Have an internship experience as an Administration at Wong Cerdas for 4 months. Attended the training and certification of Office Administration.”

Selain di platform pencari kerja dan media sosial, kamu juga bisa mencantumkan promosi diri singkat di Curriculum Vitae (CV) pada bagian “Tentang Saya” atau “About Me” (jika ada), seperti contoh kalimat perkenalan diri di CV berikut ini:

“Saya seorang fresh graduate Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang memiliki kemampuan merakit komputer atau laptop, pemrograman web, serta pengadministrasian komputer server. Saya mahir dalam mengoperasikan software Cisco Packet Tracer dan XAMPP.”

Baca juga nih aplikasi buat promosi iklan.

Tips Menulis Promosi Diri Fresh Graduate SMK

Dari contoh promosi diri fresh graduate SMK di atas, yang perlu kamu perhatikan dalam menulis promosi diri adalah sebagai berikut:

  1. Memperkenalkan diri dengan bahasa yang baik
  2. Menyesuaikan dengan skill posisi yang dibutuhkan
  3. Hindari kalimat yang bersifat umum, seperti “pekerja keras” dan “besar harapan saya untuk bisa diterima di perusahaan ini”
  4. Cantumkan pengalaman magang maupun freelance yang masih ada hubungannya dengan posisi yang kamu lamar
  5. Jika masih muat, kamu juga bisa cantumkan pengalaman organisasi atau prestasi yang kamu raih semasa SMK

Nah, itu dia beberapa contoh promosi diri fresh graduate SMK yang bisa Wong Cerdas bagikan. Jangan lupa untuk selalu perhatikan kriteria dan job description yang diberikan perusahaan, ya. Semangat para jobseeker! Semoga cepat dapat kabar baik dari perusahaan yang kamu inginkan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar