70+ Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK

Mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan juga masuk dalam kurikulum SMK. Ini dilakukan agar lulusan SMK bisa kreatif. Namun, namanya sekolah, pasti banyak diberikan tugas  merepotkan. Misalnya disuruh untuk mencari contoh produk kreatif dan kewirausahaan SMK dan menjadikannya referensi untuk membuat produk sendiri.

Yakin banget kalau sekarang kamu lagi kebingungan buat nyari contoh. Di Google pun kebanyakan website dari sekolahan dan jurnal-jurnal yang untuk membacanya pun amat membosankan. Tapi tenang saja, di sini, kamu akan menemukan apa yang kamu cari. 

Mau tahu apa saja produk kreatif dan kewirausahaan SMK? Simak penjelasannya berikut ini. 

Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Akuntansi

Contoh produk kreatif dan kewirausahaan kelas 11 maupun kelas 12 SMK yang bisa kamu buat, harusnya berdasarkan dengan jurusan. Kalau kamu berasal dari jurusan Akuntansi di SMK, artinya produk yang harus kamu buat harus ada bau-bau akuntansinya. 

Ya pokoknya yang ada hitung-hitungan gitulah. Terus jangan lupa juga untuk memasukkan tabel-tabel khas akuntansi di dalamnya. Biasanya kan disuruh memilah antara debit-kredit, utang-piutang, arus kas, dan lainnya. Nah kamu bikinlah beberapa produk kreatifnya. Contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Membuat nota
  2. Membuat faktur
  3. Membuat aplikasi khusus akuntansi
  4. Menjual buku  Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK)

Tapi bisa juga kok kamu membuat contoh produk kreatif dan kewirausahaan SMK yang tidak terbatas pada bidang yang kamu geluti. Kreatif kok dibatasi, ya jangan dong. Contohnya produknya adalah sebagai berikut.

  1. Pot tanaman
  2. Hampers
  3. Celengan
  4. Bros dari kain perca
  5. Gantungan kunci

Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Farmasi

Nah, khusus kamu yang sekolah di SMK jurusan Farmasi, biasanya sangat erat kaitannya dengan obat. Berhubung belum menempuh kuliah khusus dan dipercaya memiliki kapasitas untuk bikin obat dalam, lebih baik cari jalan aman saja, yakni bikin obat luar saja atau cari yang alami saja. Contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Obat panu
  2. Madu
  3. Jamu
  4. Jus herbal
  5. Yogurt
  6. Salep kurap
  7. Bubuk iritasi
  8. Lotion biar glowing
  9. Krim gatal-gatal
  10. Koyo salep atau tempel
  11. Inhaler

Cari yang aman-aman saja seperti beberapa obat di atas. Kalau obat penyakit dalam, takutnya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Jadi, itulah beberapa contoh produk kreatif dan kewirausahaan SMK untuk jurusan farmasi yang bisa kamu gunakan. 

Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan Otomotif

Kalau materi produk kreatif dan kewirausahaan SMK kelas xii menyuruh kamu bikin suatu usaha atau produk, artinya bagi kamu yang dari jurusan otomotif, produknya jangan jauh-jauh dari hal perkakas atau boleh juga jasa yang ada hubungannya dengan otomotif. Berikut ini contohnya. 

  1. Bikin ban mobil
  2. Ban motor
  3. Ban pesawat
  4. Ban truk
  5. Bikin sepeda listrik
  6. Motor listrik
  7. Mobil listrik
  8. Mobil ramah lingkungan
  9. Motor ramah lingkungan
  10. Mesin parut kelapa
  11. Mesin gabah
  12. Mesin panen
  13. Mesin serut tebu
  14. Mesin penggiling rempah dan produk konsumsi lainnya
  15. Miniatur motor dari onderdil bekas
  16. Jam dinding dari rantai dan gear bekas
  17. Jam dinding dari jari-jari sepeda bekas

Udah banyak banget kan contohnya? Sekarang, kamu hanya perlu mengembangkannya menjadi lebih baik lagi. Misalnya, modif dikit-dikit untuk mendapatkan warna dan desain yang lebih menarik. 

Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan TKJ

Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK
Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK

Nah, sekarang waktunya bagi kamu yang membutuhkan contoh produk kreatif dan kewirausahaan SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Kalau ini sepertinya bisa banyak banget, sih. Sebab hubungannya dengan jaringan. Bisa saja kamu bikin banyak barang elektronik yang berguna untuk rumah tangga. Begini contohnya:

  1. Membuat lampu belajar
  2. Lampu tidur
  3. Tempat pensil dan alat sekolah dari keyboard bekas
  4. Charger HP tanpa listrik dengan DVD player bekas
  5. Printer 3D
  6. Warnet tenaga surya
  7. Panel surya
  8. Mesin pemanen padi
  9. Alat mematikan motor otomatis saat akan terjadi pencurian
  10. Mobil mainan dari tetikus/mouse bekas
  11. Kipas dari kabel USB bekas
  12. Gantungan kunci dari sendok bekas
  13. Membuat robot sederhana
  14. Membuat robot canggih—asal ada biaya dan dukungan. 
  15. Membuat smoke alarm
  16. Membuat air compressor
  17. Sandal akupuntur dari keyboard bekas
  18. Perakitan hardware komputer
  19. Speaker 

Udah tuh contohnya banyak banget. Kamu hanya perlu memilih salah satunya saja. 

Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan Multimedia

Khusus kamu yang sekarang lagi ada di jurusan Multimedia, produk yang kamu hasilkan bisa berupa software saja. Biasanya sih jarang yang mengeluarkan produk hardware karena pekerjaanmu didominasi oleh penggunaan komputer dan alat-alat sejenisnya. Untuk produknya adalah sebagai berikut

  1. Desain grafis 
  2. Desain banner
  3. Desain iklan produk
  4. Game developer
  5. Membuat film dan sinema
  6. Membuat animasi 2D dan juga 3D
  7. Infografis
  8. Software komputer atau laptop
  9. Game di android iOS
  10. Aplikasi di android dan iOS

Gimana? Keren-keren kan contohnya? Kalau produkmu bagus, udah pasti banyak yang beli dan banyak yang minat menggunakan jasamu. 

Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Jurusan Lainnya

Nah, sekarang baru deh contoh produk kreatif dan kewirausahaan SMK yang agak bebas. Berikut ini contohnya:

  1. Kerajinan tangan dari kaset bekas
  2. Bingkai kaca dari pecahan kaca yang tidak digunakan
  3. Hiasan dinding dari kaset bekas
  4. Lampu hias
  5. Meja kaca hias
  6. Tas 
  7. Tempat tisu
  8. Hiasan dinding tutup botol
  9. Lampu hias botol bekas
  10. Pagar rumah dari susunan botol bekas
  11. Tempat perhiasan 
  12. Dan banyak lagi pokoknya

Sepertinya, dengan beberapa contoh di atas, kamu sudah mulai bisa membuat kerajinan yang diinginkan sekarang juga. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar