Contoh Peluang Usaha Muncul Karena Diciptakan

Di era serba maju seperti hari ini, manusia tentu juga kian berkembang. Kita dituntut kreatif apabila kita tidak mau ketinggalan dengan zaman. Orang lain di luar kita juga begitu. Jadi kalau kita tidak bisa kreatif bukan tidak mungkin kita bakal kalah saing. Begitu pula soal usaha atau berbisnis.

Sekarang ini eranya adalah menciptakan, bukan lagi mencari. Untuk itu, saya akan berikan contoh peluang usaha muncul karena diciptakan. Nah, sebelum itu, perlu diketahui dulu, bahwa banyak orang yang memilih mencari peluang usaha. Padahal di era disruptif seperti sekarang, kita semua mau tidak mau harus responsif dan kreatif, terutama dalam menciptakan peluang usaha.

Berikut ini akan adalah contoh peluang usaha muncul karena diciptakan, versi saya, tentu saja.

Apa Itu Peluang Usaha dan Contohnya?

Sebelum saya membahas mengenai contoh peluang usaha muncul karena diciptakan, saya akan jelaskan dulu apa itu peluang usaha. Ya, mungkin, bagi sebagian orang definisi itu tidak penting. Namun, bagi saya, dan boleh jadi kamu yang baca, definisi peluang usaha itu juga sama pentingnya dengan usaha itu sendiri.

Karena begini, dengan mengetahui apa yang dimaksud dengan peluang usaha, kita bisa dengan mudah mencari tahu peluang usaha. Selain itu, kita juga bisa memperhitungkan mengenai peluang usaha itu sendiri. Nah, kira-kira apa sih yang disebut peluang usaha?

Dari dua katanya sudah jelas kalau peluang sendiri bisa diartikan ruang gerak yang konkret. Sedangkan usaha adalah kegiatan yang berkaitan dengan perdagangan. Maka, peluang usaha adalah gerakan yang konkret atau nyata yang berkaitan dengan perdagangan.

Atau jika dilansir dari Law Insider, peluang usaha yaitu semua perencanaan, prospek, ide bisnis, maupun kesempatan untuk suatu usaha atau bisnis yang tengah dikembangkan. Contoh peluang usaha itu bisa beraneka ragam. Misalnya, peluang usaha dalam bidang makanan, ritel, pakaian, dan masih banyak lagi.

Jenis Usaha Apa yang Cocok Buat Pemula?

Disamping saya akan memberikan contoh peluang usaha muncul karena diciptakan, saya akan memberitahumu jenis-jenis usaha apa saja yang cocok buat pemula. Nah, boleh jadi usaha-usaha berikut ini juga termasuk contoh peluang usaha muncul karena diciptakan. Lantas, apa saja ya, kira-kira usaha yang cocok buat pemula?

1. Agen Pulsa dan Paket Data

Meski bukan termasuk contoh peluang usaha muncul karena diciptakan, setidaknya kehadiran telepon pintar membuat peluang usaha terbuka. Yup, peluang usaha tersebut adalah berjualan pulsa dan paket data. Mengingat, kita semua tahu bahwa dua hal itu sangat dibutuhkan di era sekarang.

Bahkan nih ya, konon orang cenderung memilih lebih baik tidak makan daripada tidak punya paket data. Nah untuk memulai usaha agen pulsa dan paket data sekarang sangat mudah dan murah. Bahkan hanya modal Rp 100 ribu pun bisa. Apalagi banyak aplikasi-aplikasi yang memiliki layanan untuk itu.

Jadi gampangnya, kamu tinggal isi saldo alias top up di aplikasi tersebut. Kemudian kamu bisa langsung berjualan pulsa dan paket data. Selain menggunakan aplikasi seperti dana, ovo, dan lain sebagainya, kamu bisa menjadi agen pulsa lewat jalur konvensional.

Biasanya konter-konter sering membuka pendaftaran agen pulsa. Kamu tinggal datangin saja tuh konter, bilang mau jualan pulsa dan paket data. Nah, setelah itu deposit deh, dan kamu bisa langsung jualan pulsa dan paket data.

2. Jualan Masker

Di era pandemi, bisnis jualan masker sangat menjanjikan. Sekarang kebutuhan banyak orang tidak hanya makan dan minum, dan paket data, tapi ditambah satu lagi: masker. Masker juga kini menjadi gaya hidup yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat selama pandemi.

Maka dari itu, peluang untuk jualan masker sangat terbuka lebar. Banyak toko-toko kini juga berjualan masker, tak peduli toko itu adalah toko material atau tempat pengisian galon air. Berjualan masker juga modalnya enggak perlu banyak-banyak. Hal itulah yang membuat jualan masker kini menjadi peluang bisnis yang dilakukan banyak orang, termasuk para pemula.

3. Berjualan Makanan

Berjualan makanan bisa menjadi salah satu contoh peluang usaha muncul karena diciptakan. Hebatnya, jualan makanan ini bisa disesuaikan dengan kemampuan para calon pebisnis. Sehingga usaha makanan ini tak jarang juga dibidik oleh para pebisnis-pebisnis pemula.

Apalagi target marketnya jelas, penjualan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Makanan yang dijual pun bisa apa saja. Misalnya, bergantung pada tren di lingkungan sekitar. Misalnya, lagi ngetren seblak, ya wis tinggal mulai jualan seblak. Perkara nanti saingannya banyak bisa diurus belakangan. Betul enggak?

Baca juga: contoh peluang usaha muncul dari masalah.

Contoh Peluang Usaha Muncul Karena Diciptakan

Contoh Peluang Usaha Muncul Karena Diciptakan
Contoh Peluang Usaha Muncul Karena Diciptakan

Selain usaha-usaha tadi yang cocok untuk pemula, saya akan memberikan contoh peluang usaha muncul karena diciptakan. Tentu di luar dari yang sudah saya sebutkan di atas. Nah, langsung saja, kira-kira apa saja ya, contoh peluang usaha muncul karena diciptakan?

1. Jasa Pengetikan

Meskipun sekarang laptop dan komputer gampang ditemukan, dan harganya sudah murah setengah mati. Namun ada saja orang yang masih males buat ngetik. Nah dari situ kamu bisa menciptakan peluang usaha berupa jasa pengetikan.

Contoh peluang usaha muncul karena diciptakan yang satu ini bisa kamu praktikkan langsung. Kamu perlu jeli melihat sekitarmu, biasanya ini mahasiswa. Masih banyak mahasiswa yang males buat ngetik tugas-tugasnya, dan kamu bisa masuk menawarkan jasa pengetikan. Bagaimana?

2. Content Creator

Tidak dapat ditampik bahwa content creator adalah contoh peluang usaha muncul karena diciptakan. Dulu, hampir tidak ada yang berpikiran menjadi seorang content creator. Gajinya seberapa sih? Paling enggak lebih banyak dari gaji PNS? Namun sekarang, zaman sudah berubah.

Kreator konten bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Apalagi pundi-pundi rupiah yang diperoleh bisa sangat banyak dan kini bahkan bisa jadi melebihi gaji PNS. Namun, jangan salah, menjadi content creator banyak sekali tantangannya. Dan kalau kamu pengin menjadi content creator, kamu harus siap akan hal itu.

3. Menulis di Blog

Mungkin bagi sebagian dari kamu, ini usaha yang sama dengan jasa pengetikan. Tapi sebenarnya beda lho, meski secara praktik sama, sama-sama mengetik. Hanya saja ini untuk media digital seperti blog. Menulis di blog adalah contoh peluang usaha muncul karena diciptakan.

Sebab menulis di blog ini pekerjaan yang ada tapi tidak banyak. Ini mungkin karena orang cenderung berpikir kalau yang menulis di blog adalah pemilik blog tersebut. Padahal mah, tidak saudara-saudara. Buktinya banyak blog yang suwung alias tidak pernah update.

Banyak pula manusia-manusia malas tapi gegayaan bikin blog. Nah, mereka biasanya memperkerjakan para penulis blog. Ini kamu jangan berpikiran kalau untuk menulis blog ini harus orang terkenal. Tidak sama sekali.

Siapa saja bisa, asalkan punya kemampuan untuk itu. Kalau soal menjanjikan, mungkin menulis di blog jauh lebih potensial ketimbang bikin video Youtube yang sudah tentu saingannya sekelas Rans, AHHA, sampai Om Deddy Corbuzier. Sementara, menulis di blog memang ada saingannya sih, tapi kalau cuma nulis kan enggak ngurusin hal-hal semacam itu.

Itulah tadi contoh peluang usaha muncul karena diciptakan dan definisi peluang usaha itu sendiri. Kira-kira dari usaha-usaha yang sudah saya sebutkan kamu tertarik yang mana nih? Yuk, dimulai dari yang paling mudah boleh kok. Hehe.

Bagikan:

Tinggalkan komentar