Yuk, Intip 3+ Contoh Peluang Usaha di Bidang Komputer

Peradaban manusia semakin modern, dan salah satu tandanya adalah meluasnya penggunaan teknologi di berbagai bidang kehidupan. Contohnya ialah bisnis dan usaha. Di Indonesia, fenomena ini bisa dibilang sudah bukan hal yang awam, sehingga pendirian usaha digital semakin mudah dilakukan. Nah, di artikel ini sobat Wong Cerdas akan disajikan informasi tentang contoh peluang usaha di bidang komputer, yang pastinya bisa kawan-kawan coba.

Kamu juga bisa baca artikel lain tentang bisnis seperti artikel contoh usaha keliling pakai motor ini ya.

Contoh Peluang Usaha di Bidang Komputer

Di zaman belum maraknya penggunaan komputer, masyarakat belum begitu akrab dengan usaha yang menjual produk perangkat serbaguna ini. Namun, kini kita dapat menjumpai komputer beserta pirantinya di mana-mana, bahkan sudah bukan hal yang mengejutkan apabila kita menjumpai satu atau lebih komputer di satu rumah.

Apalagi dengan kehadiran laptop maka pemanfaatan komputer dapat dilakukan dengan fleksibel, dan tentu akan lebih manis kalau ada koneksi internet, bukan?

Maka dari itu, tingginya kebutuhan masyarakat terhadap komputer baik untuk urusan pekerjaan, tugas akademik, maupun hiburan akan membuat peluang usaha di bidang komputer akan terus digandrungi. Langsung aja, yuk, kita lihat apa saja contoh peluang usaha perangkat komputer yang boleh banget sobat Wong Cerdas coba.

1. Penjualan Produk Perangkat Keras Komputer

Tentunya kamu tidak akan bisa menikmati manfaat komputer kalau tidak ada perangkat kerasnya, bukan?  Maka dari itu, perangkat keras merupakan faktor yang pertama kali wajib dimiliki oleh seseorang apabila ia ingin merasakan komputer pribadi. Sobat bisa menjual produk perangkat komputer rakitan, komputer jadi, atau laptop. 

Agar tidak kebingungan dalam menggeluti usaha penjualan perangkat keras, sobat harus terlebih dahulu belajar tentang siapa saja target pasarnya apa saja produk yang harus dijual, proses distribusi produk, kondisi pasar, dan lain – lain. Apakah sobat Wong Cerdas ingin berfokus pada penjualan produk – produk baru, produk bekas (secondhand), atau keduanya, itu terserah sobat. Hal terpenting adalah produk yang kamu jual punya kualitas terjamin.

Baca juga:

Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap komponen wajib ini, maka mencoba peluang usaha bidang perangkat keras komputer adalah salah satu cara yang paling efektif.

Baca juga:

2. Jasa Perbaikan Komputer

Contoh Peluang Usaha di Bidang Komputer
Contoh Peluang Usaha di Bidang Komputer

Dengan memiliki komputer, artinya sobat juga harus siap dengan konsekuensi komputer akan rusak atau membutuhkan servis rutin. Faktanya masih banyak masyarakat yang tidak begitu paham cara memperbaiki komputer, sehingga membutuhkan jasa servis. 

Nah, kalau sobat Wong Cerdas hobi utak – atik komputer, bisa banget nih untuk mencoba peluang usaha jasa komputer ini untuk mempermudah orang – orang komputernya sedang bermasalah atau sekadar ingin perawatan rutin. Terlebih kalau kamu anak teknik komputer dan jaringan (TKJ), peluang usaha ini bakal cocok banget sama passion kamu.

3. Mengembangkan Perangkat Lunak untuk Komputer

Bagi sobat Wong Cerdas yang menyukai coding dan pengembangan perangkat lunak, bisa banget nih contoh peluang usaha di bidang komputer ini. Misalnya, sobat membuat perangkat lunak untuk membantu kegiatan akademik seperti pemindai plagiasi.

Usaha pengembangan perangkat lunak untuk komputer ini juga bisa jadi ide yang bagus, lho. Kamu juga bisa mencoba peluang usaha di bidang multimedia, contoh umumnya seperti perangkat lunak pengedit audio, video, dan desain grafis. Jika sobat Wong Cerdas ingin membuat perangkat lunak berupa permainan video pun juga oke. Siapa tahu bisa menjadi tren di Indonesia, bukan?

4. Jasa Pengembang Situs Jejaring (Web Developer)

Contoh terakhir ini cocok banget kalau sobat Wong Cerdas suka mengutak – atik laman situs jejaring. Hobi ini bisa kamu kembangkan dengan cara mempromosikan keahlianmu kepada orang – orang yang butuh dibuatkan website. Apalagi kini banyak organisasi, usaha, atau yayasan yang membutuhkan website sebagai media informasi bagi masyarakat, sehingga bisnis di bidang teknologi-informasi ini oke banget jika ingin dicoba.

Nah, itu tadi adalah beberapa contoh peluang usaha di bidang komputer. Bagaimana? Apakah sobat Wong Cerdas sudah mendapat inspirasi untuk membuka peluang usaha di bidang ini? Semoga artikel ini bermanfaat, ya! Jangan lupa baca juga artikel – artikel lain di Wong Cerdas untuk mendapatkan lebih banyak informasi yang menarik.

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar