Contoh Objektif dalam CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Kamu masih bingung mau mengisi objektif dalam CV lamaran kerja yang dimiliki? Mau mengisinya tapi masih ragu apakah yang ditulis sudah benar atau belum? Atau, sudah mengisinya tapi takut nggak dilirik oleh HRD? Tenang, saya akan memberikanmu tips dan contoh objektif dalam CV lamaran kerja yang akan membuat jalanmu melamar kerja jadi landai dan mulus.

Membuat objektif jangan dilakukan sembarangan. Sebelum mengisinya, lebih baik simak dulu penjelasan di bawah ini agar kamu lebih paham tentang objektif di CV.

Objective di CV itu Apa?

Objektif dalam CV merupakan bagian yang di dalamnya harus diisi dengan pemaparan singkat tentang dirimu secara menyeluruh.

Di dalamnya, harus ada informasi lengkap namun tidak bertele-tele tentang dirimu. Menarik namun tidak lebay. Masalah yang sering ditemui adalah ketika seseorang kebingungan dengan dirinya. Maka dari itu, mulai sekarang biasakan dan cobalah untuk mengenal diri kamu sendiri, ya!

Apa yang Harus Ditulis di Bio CV?

Dalam Bio CV, kamu harus mempertimbangkan impresi pertama yang merupakan pemicu ketertarikan HRD untuk mengenal dan mengetahuimu lebih dalam.

Caranya? Kamu tinggal menuliskan apa saja keahlian, keterampilan, kemampuan, kepribadian, serta karakter yang menonjol dalam dirimu. Ini bukan pamer atau sombong loh, ya. Tapi, upaya agar CV bisa lebih menarik dan memicu rasa penasaran HRD.

Jangan lupa, kamu juga harus memperhatikan kualifikasi pekerjaan. Bakat, keahlian, dan juga kepribadian yang kamu tuliskan, selain jujur juga harus memperhatikan kebutuhan perusahaan. Kalau yang dibutuhkan perusahaan adalah seseorang yang telaten, sabar, dan butuh ketelitian, kamu jangan menulis bio atau contoh objektif dalam cv lamaran kerja seperti ini, “Saya adalah orang yang penuh kreativitas, berapi-api dan selalu mempelajari hal baru.”

Kedua hal tersebut, sangat berlawanan. Saat perusahaan butuh orang yang telaten, sabar, dan teliti, kamu malah menulis selalu mempelajari hal baru yang menjadi indikasi bahwa kamu orang yang mudah bosan dan mudah berpindah dari satu hal ke hal lain. Kalau begini, siap-siap dicuekin saja. Jadi, hati-hati ya!

Ada beberapa hal lain yang perlu dicantumkan dalam Bio CV seperti; data pribadi, pengalaman kerja, dan riwayat pendidikan yang kamu miliki.

Agar tidak salah, sering-sering deh baca artikel tentang contoh objektif CV dalam lamaran kerja yang banyak tersebar. Dengan itu kamu akan punya banyak referensi dan lebih mudah dalam menuliskan CV.

Contoh Objektif dalam CV Lamaran Kerja

Saat ingin menulis CV, penting sekali untuk melihat contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar.

Berhubung kamu sudah mampir ke sini, lebih baik langsung saja saya berikan contoh objektif dalam lamaran kerja.

“Saya adalah orang yang kreatif dan selalu ingin belajar hal baru. Saya memiliki kemampuan menulis yang baik, terstruktur, sistematis, namun tidak kaku dan mampu menyelesaikan sebuah tulisan bermutu dalam waktu singkat. Hingga saat ini, saya masih aktif menjadi penulis lepas di beberapa platform media dan puluhan tulisan saya telah dimuat di beberapa media kenamaan.”

Contoh Objektif dalam CV Fresh Graduate

contoh objektif dalam cv lamaran kerja
contoh objektif dalam cv lamaran kerja

Contoh objektif dalam cv lamaran kerja untuk kamu yang fresh graduate, jangan berkecil hati. Saya akan memberikan contoh karir objektif fresh graduate yang bisa dijadikan referensi untuk ditulis pada CV milikmu.

“Saya adalah (nama kamu). Saya bersedia untuk ditempatkan bekerja di posisi manapun yang dibutuhkan perusahaan. Saya lulus dengan predikat cum laude dengan IPK 3,8. Sebagai seorang sarjana, saya punya komitmen, tanggung jawab, dan kemampuan untuk beradaptasi dalam situasi dan kondisi apapun. Saya tidak keberatan bekerja di bawah tekanan.”

Contoh CV lamaran kerja  yang bisa digunakan oleh kamu yang seorang fresh graduate. Di dalamnya, terdapat keunggulan, kejujuran, juga kerendahatian dari kamu yang menjadi poin plus saat masuk ke meja HRD.

Contoh Objektif dalam CV Lulusan SMK

Contoh objektif dalam CV lamaran kerja seorang lulusan SMK, tentu akan lebih mudah. Kamu tidak membutuhkan banyak referensi contoh mengisi objektif di CV lantaran keahlian yang sudah dimiliki saat sekolah sudah jelas dan bisa dideskripsikan secara langsung seperti :

“Saya memahami secara keseluruhan dan detail tentang alur kelistrikan dalam berbagai jenis motor; matic, gigi, dan kopling. Saya juga memahami struktur, cara kerja, dan bagaimana mengoptimalkan mesin motor sesuai dengan modal dan sesuai dengan permintaan. Saya juga memiliki kemampuan melakukan manajemen dalam bengkel kecil yang dibangun bersama teman-teman.”

Itulah contoh objektif dalam CV lamaran kerja, yang bisa digunakan oleh kamu yang seorang lulusan SMK. Kamu hanya perlu secara detail menjelaskan kemampuan yang dikuasai.

Contoh Objektif dalam CV Lulusan SMA

Contoh objektif dalam CV Lamaran Kerja bagi anak SMA sebaiknya memperhatikan contoh objektif dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebab anak SMA, masih dalam fase badung dan seringkali sembarangan. Simak contoh di bawah ini, ya!

“Nama saya (isi nama kamu). Saya tertarik dalam bidang kepenulisan. Saya pernah mengikuti program jurnalistik dan mendapatkan predikat siswa terbaik. Saya memiliki minat dalam dunia kepenulisan sejak kecil dan selalu mendapatkan dukungan dari orangtua untuk mengembangkannya. Saya bisa menulis untuk sebuah media jurnalistik milik sekolah.”

Untuk anak SMA, lebih baik ceritakan saja pengalaman, minat, dan keunggulanmu. Berhubung belum pernah ada pengalaman kerja, lebih baik itu dulu yang ditulis. Sekian tips dari saya, semoga contoh objektif dalam CV lamaran kerja ini bermanfaat! Semoga dapat pekerjaan!

Bagikan:

Tinggalkan komentar