Contoh Latar Belakang Proposal Usaha Makanan yang Bagus

Latar belakang dalam proposal suatu usaha sangat penting digarap dengan cermat. Pasalnya, proposal tersebut akan digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk membuat izin usaha.

Agar penulisannya tidak sering salah, maka sangat penting bagi kamu mengetahui contoh latar belakang proposal usaha makanan yang sedang ingin kamu buat.

Latar belakang berguna sebagai pembuka yang tentu pembuatannya harus menarik dan juga jelas. Tanpa adanya pembuka yang jelas, izin usahamu tentu akan dipersulit. Dan ini akan membuatmu sukar untuk menjalankan usaha makanan yang diidamkan.

Itu untuk izin. Apalagi untuk mengajukan proposal usahamu kepada orang yang mungkin berkenan untuk memberimu modal, latar belakang proposal tentu sangat dilihat. Misalnya, kenapa kamu bikin usaha makanan A, kenapa kok pilih usaha makanan? Apa yang menjadi dasar pembuatan usaha makanan? Dan bagaimana permintaan masyarakat terhadap jenis makananmu?

Untuk menjawab serangkaian pertanyaan tersebut, tentu ia harus tercantum dalam latar belakang usaha. Sebelum mengetahui bagaimana contoh latar belakang proposal usaha makanan yang akan kamu buat, agar lebih mudah, mari dipahami dulu penjelasan tentang apa itu latar belakang proposal usaha.

Pengertian Latar Belakang Proposal Usaha

Latar belakang suatu proposal merupakan pendahuluan yang menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana tujuan kamu. Penjelasan yang ada dalam latar belakang, berisi landasan atau dasar dari tujuan utamamu, yakni membuat usaha.

Selain itu, latar belakang adalah pendahuluan yang isinya profil dari usaha, profil pemilik, dan fakta pendukung lain untuk memperkuat penerimaan atas tujuanmu. Pentingnya membuat latar belakang proposal usaha dengan benar, agar nantinya kamu lebih mudah dalam mengajukan izin usaha.

Tak hanya izin usaha, kamu juga bisa menggunakannya sebagai rancangan dasar yang diajukan kepada orang-orang yang mungkin akan menjadi sponsor, bantuan, kerjasama, atau juga partisipasi dari pihak yang sangat kamu perlukan untuk mengembangkan usaha.

Apa Saja yang Perlu Dijelaskan di Latar Belakang Proposal Usaha?

Sebelum kita membahas mengenai contoh latar belakang proposal usaha makanan, yuk baca dulu beberapa hal penting yang perlu kamu masukkan dalam latar belakang usaha, misalnya :

  1. Menjelaskan mengapa usahamu penting untuk didirikan
  2. Menjelaskan seberapa besar permintaan pasar terhadap usaha yang ingin didirikan
  3. Prospek ke depan setelah usaha yang kamu miliki sudah berdiri
  4. Produk dari usaha yang ingin kamu buat
  5. Lokasi untuk mendirikan usaha
  6. Tingkat persaingan dengan usaha sejenis
  7. Probabilitas keunggulan usahamu dibandingkan dengan kompetitor
  8. Profil pemilik

Kesekian hal yang sudah disebutkan, tentu sangat penting ada dalam latar belakang usaha. Tugasnya, adalah untuk meyakinkan pihak manapun yang ingin kamu tuju dan butuhkan dalam proses pengembangan usaha.

Jika beberapa hal tersebut sudah menjadi bagian dari latar belakang usaha yang dimiliki, maka tinggal tunggu waktu saja usahamu akan lancar jaya.

Contoh Latar Belakang Proposal Usaha Makanan

Daripada tambah bingung, lebih baik langsung saja masuk pada contoh latar belakang proposal usaha makanan. Contoh latar belakang kuliner ini, bisa kamu jadikan referensi. Tapi ingat, jangan sama.

Soalnya ada sekian perbedaan yang harus kamu ubah seperti profil pemilik, jenis usaha, jenis makanan, kompetitor, dsb.  

1. Contoh Latar Belakang Proposal Usaha Makanan Ringan

contoh latar belakang proposal usaha makanan
contoh latar belakang proposal usaha makanan

Untuk contoh proposal usaha makanan kekinian yang biasanya produknya berupa makanan ringan, begini kira-kira latar belakang proposalnya :

“Usaha pada bidang makanan ringan, tentu sangat menggiurkan. Di samping usaha makanan pokok, makanan ringan selalu menemani masyarakat ketika bersantai dan ketika dalam waktu luang.

Produk yang dibuat juga tak kalah dengan makanan ringan yang telah lebih dulu terkenal di pasaran. Rasanya gurih, renyah, dan pengalaman asyik bisa didapatkan ketika mengunyahnya. Walaupun rasanya tak kalah, harga yang ditawarkan jauh berbeda dengan yang ada di pasaran.

Harga yang ditentukan, akan mempermudah segmen masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah. Seperti yang diketahui, kebanyakan tingkat ekonomi warga Indonesia, adalah tingkat menengah. Ini menjadi pasar yang sangat potensial untuk disasar dan menjadi target market dari produk makanan ringan yang kami buat.

Pendirian pabrik sebagai tempat produksi, akan didirikan di daerah yang jauh dari pemukiman warga dan masih memiliki akses yang baik untuk distribusi produk. Dengan ini, warga sekitar pabrik tidak akan terganggu saat proses produksi makanan ini dijalankan.

Pemilik dari usaha ini, adalah Pak Broto yang jauh sebelum punya keinginan mendirikan usaha makanan ringan, beliau sudah berkecimpung dalam bisnis makanan selama puluhan tahun. Dan ini tentu merupakan privilege bagi usaha makanan ini karena akan diurus oleh tangan yang sudah profesional dan keahliannya mumpuni. “

Nah, itulah contoh latar belakang proposal usaha makanan yang bisa kamu jadikan referensi, akan tetapi, di akhir berikan kesimpulan yang arahnya menuju pada penguatan untuk meminta izin usaha, pendirian pabrik, dan segera melakukan produksi.

2. Contoh Latar Belakang Proposal Usaha Makanan Tradisional

Begitu juga jika usaha yang kamu adalah usaha makanan tradisional. Contoh proposal usaha makanan lengkap, harus menjadi referensimu agar pihak yang menjadi tujuan proposalmu bisa mengiyakan dan makin mempermudah jalannya usaha yang ingin kamu dirikan. Contohnya begini:

“Hingga saat ini, pamor dari makanan tradisional tidak pernah turun. Masyarakat selalu menantikan kehadiran makanan tradisional yang mewakili rasa orisinal yang dibuat oleh pendahulunya. Dengan ini, kami hadir untuk menawarkan makanan tradisional dengan resep, pengolahan, metode, dan teknik yang telah diwariskan sejak dulu.

Dengan menggunakannya, rasa makanan tradisional akan menjadi sangat unik dan mewakili kerinduan masyarakat akan makanan masa lalu. Terkait usaha sejenis, biasanya hanya menawarkan makanan tradisional yang pembuatnya belum tentu mengetahui bagaimana rasa orisinal dari masakan tersebut.

Ini menjadikan usaha kami unggul karena telah memiliki koki yang sudah bertahun-tahun menjalani profesinya serta mendapatkan bumbu khas racikan pendahulunya yang nantinya akan menjadi resep rahasia dari usaha kami.”

Ya pokokya yang gitu-gitu lah, bikin saja semenarik mungkin agar orang yang membacanya juga mengiyakan dan sangat yakin akan kesungguhan usaha yang ingin dibuat.

Contoh latar belakang proposal usaha makanan di atas hanya bisa kamu jadikan referensi ya. Jangan blek-tumplek copy paste. Nanti hasilnya tidak menarik. Jadi, semoga contoh yang diberikan bisa bermanfaat bagimu!

Bagikan:

Tinggalkan komentar