3+ Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan Berbagai Sektor

Di masa kini menyebarluaskan kuesioner kepuasan pelanggan semakin mudah. Para pelaku usaha dapat menjalankannya secara online dengan berbagai cara. Apabila sobat masih bingung dengan bentuk kuesioner kepuasan pelanggan, maka artikel contoh kuesioner kepuasan pelanggan kali ini cocok buat sobat.

Contoh format kuesioner kepuasan pelanggan mungkin sudah sering sobat jumpai di internet. Nah, di artikel ini akan kami rangkum kembali contoh angket kepuasan pelanggan untuk empat jenis usaha, yakni toko online, usaha produk makanan, restoran, dan layanan aplikasi.

Namun sebelum masuk ke keempat contohnya, sobat bisa baca terlebih dahulu sedikit intermezzo tentang aspek apa saja yang umumnya masuk dalam kuesioner kepuasan pelanggan.

Aspek Penting Kuesioner Kepuasan Pelanggan

Adanya kuesioner kepuasan pelanggan membuat para pelaku usaha dapat mengetahui kritik, saran, dan respons lainnya dari konsumen terkait produk mereka. Biasanya, orang-orang akan mempelajari beberapa contoh kuesioner kepuasan pelanggan terlebih dahulu sebelum membuat milik mereka sendiri.

Model kuesioner kepuasan pelanggan sendiri bisa dibuat sekreatif mungkin. Unsur-unsur dalam kuesioner kepuasan pelanggan umumnya meliputi beberapa pertanyaan atau pernyataan dari penjual yang diikuti oleh kolom jawaban untuk para konsumen.

Tak jarang juga penjual memberikan satu pertanyaan berupa kritik atau saran dari konsumen, sehingga mereka dapat memberikan uneg-uneg tertentu terkait produk yang dipasarkan. Dengan demikian, proses timbal balik pun akan  lebih interaktif.

Kolom jawaban sendiri bisa berupa isian di mana konsumen bebas mengetik jawaban apapun yang relevan dengan pertanyaan yang diajukan, pilihan ya atau tidak, pilihan setuju atau tidak setuju, hingga model skala atau rate yang umumnya dalam rentang 1-10.

Survey kepuasan pelanggan bisa sobat buat dengan fitur Google Form. Bahkan mungkin sobat sekalian sudah sering menjumpai contoh kuesioner kepuasan pelanggan Google Form, bukan?

Oh iya, sobat yang ingin membuat kuesioner kepuasan pelanggan juga bebas untuk menentukan wajib tidaknya pengisi memasukkan identitas tertentu seperti nama, nomor telepon, dan email. Bahkan, sobat bisa memberikan promo menggiurkan bagi para pengisi yang beruntung!

Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan Belanja Online

Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan
Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan Lengkap

Kita mulai contoh kuesioner untuk kepuasan pelanggan dengan jenis usaha belanja online.

Beberapa elemen penting untuk kuesioner kepuasan pelanggan jenis belanja online bisa meliputi harga barang, kualitas barang, tingkat keramahan penjual (termasuk kesigapan dalam merespons pembeli), dan tingkat keamanan paket saat sampai ke tangan pembeli.

Contoh kuesioner survey pelanggan belanja online bisa sobat simak di bawah ini, berikut dengan saran model jawabannya.

  1. Apakah harga yang ditawarkan toko kami sebanding dengan kualitas barang? (Jawaban: ya/tidak).
  2. Toko Kita selalu menyediakan barang-barang original dengan kualitas terbaik (Jawaban: setuju/tidak setuju).
  3. Narahubung Toko Kita cepat dan tanggap dalam melayani chat para konsumen (Jawaban bisa berupa skala 1-10, yang mana semakin besar skalanya maka semakin menarik).
  4. Seberapa menarik promo-promo yang sering dirilis oleh toko kami? (Jawaban: setuju/tidak setuju/ragu-ragu).
  5. Toko Kita memberikan pelayanan yang jujur dan memuaskan (Jawaban: setuju/tidak setuju/ragu-ragu).
  6. Apakah Anda setuju apabila Toko Kita membuka program kartu membership? Pelanggan akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan kartu ini (Jawaban: setuju/tidak setuju/tidak tahu).

Banyak sekali toko online yang rutin mengadakan survey semacam ini, karena mungkin rating dan ulasan bagus saja masih belum cukup untuk memajukan usaha mereka.

Contoh Kuesioner Kepuasan Konsumen terhadap Produk Makanan

Contoh kuesioner kepuasan pelanggan selanjutnya untuk jenis usaha produk makanan.

Beberapa elemen yang penting untuk dimasukkan antara lain harga makanan, tingkat rasa (apakah sebanding dengan harga yang ditentukan), variasi rasa, kerapian dan seberapa menarik kemasannya, keramahan penjual, dan masih banyak lagi.

Contoh survey beserta model jawabannya bisa langsung sobat perhatikan di bawah ini.

  1. Kemasan dari produk makanan Saji menarik perhatian konsumen dan rapi (Jawaban: setuju/tidak setuju/ragu-ragu).
  2. Harga yang dipatok terjangkau dan sebanding dengan rasanya (Jawaban: setuju/tidak setuju/ragu-ragu).
  3. Saji memiliki variasi rasa yang beragam dan enak (Jawaban: setuju/tidak setuju/ragu-ragu).
  4. Pelayanan di Toko Saji cepat, ramah, dan memuaskan (Jawaban: setuju/tidak setuju/ragu-ragu).
  5. Toko Saji menyediakan pemesanan jarak jauh dengan kualitas yang baik (Jawaban: setuju/tidak setuju/tidak tahu).
  6. Apakah Anda akan merekomendasikan produk kami kepada orang lain? (Jawaban: sangat merekomendasikan/tidak merekomendasikan/ragu-ragu).

Contoh kuesioner pelanggan terhadap suatu produk yang barusan kami tunjukkan di atas bisa banget jadi referensi sobat, khususnya yang saat ini sedang menjalankan usaha terkait.

Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan Restoran

Selanjutnya akan kami tampilkan contoh kuesioner kepuasan pelanggan untuk jenis usaha restoran. Pada bagian ini, unsur-unsur penting yang dapat dimasukkan ke kuesioner pelanggan restoran bisa meliputi tingkat harga, rasa hidangan, kualitas pelayanan restoran, kebersihan tempat, variasi menu, dan sebagainya.

Contoh angket kepuasan pelanggan restoran bisa sobat lihat di bawah ini.

  1. Apakah Anda puas dengan pelayanan di Restoran Lezat? (Jawaban: puas/tidak puas/ragu-ragu).
  2. Apakah harga menu kami sebanding dengan kualitas rasa? (Jawaban: ya/tidak/netral).
  3. Varian menu di Restoran Lezat sangat beragam (Jawaban: setuju/tidak setuju/ragu-ragu).
  4. Restoran Lezat memiliki tempat yang bersih, nyaman, dan membuat konsumen betah (Jawaban: setuju/tidak setuju/ragu-ragu).
  5. Menurut Anda, apa keunggulan Restoran Lezat dibandingkan restoran sejenis lainnya? (Jawaban berupa isian bebas).
  6. Apa ada kritik dan saran untuk Restoran Lezat? (Jawaban berupa isian bebas).
  7. Seberapa mungkin Anda akan merekomendasikan orang-orang untuk menyantap sajian makanan kami? (Jawaban bisa dalam bentuk skala 1-10, yang mana semakin tinggi skalanya berarti semakin besar kemungkinan konsumen akan merekomendasikan restoran tersebut).

Masih banyak lagi contoh format kuesioner kepuasan pelanggan restoran yang bisa sobat temui di mana-mana. Namun kira-kira seperti itulah isi dari survey jenis ini.

Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan Aplikasi

Artikel contoh kuesioner kepuasan pelanggan kali ini akan ditutup dengan contoh kuesioner survey usaha pengembangan aplikasi. Untuk jenis usaha ini, pengembang bisa membuat kuesioner yang meliputi kelengkapan fitur yang ditawarkan, kemudahan penggunaan aplikasi, kesigapan bagian “Bantuan/Help”, kerapian UI (user interface), dan lain-lain.

Katakanlah sobat membuat aplikasi layanan logistik dan pengiriman, maka sobat dapat mengintip 6 contoh survey di bawah ini.

  1. Aplikasi ini mudah dipelajari oleh siapa saja (Jawaban: setuju/tidak setuju).
  2. Tampilan user interface di aplikasi ini mudah dipahami dan tidak membingungkan (Jawaban: setuju/tidak setuju).
  3. Apakah aplikasi ini semakin memudahkan Anda dalam mengirim atau menerima barang kiriman? (Jawaban: ya/tidak).
  4. Seberapa besar kemungkinan Anda merekomendasikan aplikasi ini? (Jawaban bisa dalam bentuk skala 1-10, yang mana semakin tinggi skalanya berarti semakin besar kemungkinan konsumen akan merekomendasikan aplikasi tersebut).
  5. Menurut Anda, apa keunggulan layanan logistik dan pengiriman kami dibandingkan yang lain? (Jawaban berupa isian bebas).
  6. Apakah ada kritik dan saran untuk aplikasi kami? (Jawaban berupa isian bebas).

Contoh angket kepuasan pelanggan di atas membuat pelaku usaha logistik dan pengiriman tersebut dapat memantau bagaimana penerimaan masyarakat terhadap aplikasi mereka,

Dengan demikian ke depannya pelaku usaha dapat mengevaluasi dan mengembangkan aplikasi mereka menjadi lebih baik lagi.

Sekian dulu 4 contoh kuesioner kepuasan pelanggan kali ini. Semoga bisa menjadi inspirasi buat sobat sekalian, ya! Artikel menarik lainnya bisa sobat baca terus di Wong Cerdas!

Bagikan:

Tinggalkan komentar