8 Contoh Keragaman Ekonomi yang Ada di Suatu Provinsi

Contoh keragaman ekonomi yang ada di suatu provinsi – Indonesia itu, yang beragam bukan hanya suku, ras, dan agama saja. Ada juga keragaman ekonomi. Indikator dari keragaman ekonomi ini adalah pada perbedaan dalam tingkat ekonomi setiap orang. Ini bisa dilihat dari beragamnya mata pencaharian yang digeluti oleh masyarakat Indonesia.

Coba deh lihat ke kanan-kirimu. Ada para petani, pedagang, nelayan, pengrajin, broker, blantik sapi, dan beragam jenis mata pencaharian lainnya. Hal ini, tentu dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya dipengaruhi oleh posisi geografisnya.

Misalnya deh, kalau ada orang-orang yang rumahnya di dekat laut, pada umumnya mereka akan bermata pencaharian sebagai nelayan. Kalau di dataran rendah, rata-rata akan jadi petani. Kalau di dataran tinggi, mereka biasanya bekerja di perkebunan.

Asyik ya melihat keragaman yang begini. Saking beragamnya, contoh keragaman ekonomi yang ada di suatu provinsi dengan provinsi lainnya di Indonesia pun juga punya perbedaan. Kaya banget ya, Indonesia. Tapi, kira-kira apa saja sih keragaman ekonomi yang ada di Indonesia?

Mengenal Keragaman Ekonomi yang Ada di Indonesia

Sebelum lebih mengerucut pada contoh keragaman ekonomi yang ada di suatu provinsi mending dibahas dulu yang lebih umum. Yakni di Indonesia sendiri agar nantinya, pengklasifikasian contoh bisa jadi lebih mudah. Tentang keragaman ekonomi yang ada di Indonesia, ini sudah disebutkan di situs resmi Kemendikbud, yaitu:

1. Pertanian

Sudah sering mendengar istilah negara Indonesia sebagai negara agraris, kan? Itu artinya, di Indonesia masih sangat banyak warganya yang berprofesi sebagai petani. Kontur, jenis tanah, musim, dan kelengkapan lain yang ada di Indonesia, sangat mendukung proses para petani untuk menanam beragam jenis tanaman.

Mulai dari tanaman yang dikonsumsi setiap hari seperti padi dan jagung, sampai pada tanaman yang dulu sering dibawa kabur oleh penjajah seperti cengkeh dan ragam rempah yang ada di Indonesia.

Dan, pada keragaman ekonomi pertanian ini, masuk ke salah satu contoh keragaman ekonomi yang ada di suatu provinsi dan banyak ditemukan sebagai kegiatan ekonomi di lingkungan wilayah provinsi.

2.  Perkebunan

Indonesia juga memiliki lahan perkebunan yang cukup luas. Jenisnya dibagi menjadi dua; perkebunan yang dikelola sendiri dan juga perkebunan yang dikelola oleh pemerintah. Perbedaannya ada pada fungsi perkebunan.

Jika dikelola sendiri, biasanya hasil perkebunan hanya akan diperjual-belikan ke para pedagang atau langsung dikonsumsi sendiri. Tapi jika dikelola pemerintah dan perkebunan yang skalanya besar, biasanya hasil perkebunan ditujukan untuk aktivitas ekspor.

Contohnya, banyak. Ada kebun kopi, kebun karet, kebun kelapa sawit, dan kebun lainnya.

3.  Peternakan

Keragaman ekonomi yang selanjutnya adalah peternakan. Ini bisa kamu lihat dari sangat banyaknya orang Indonesia yang profesinya sebagai peternak. Ada yang jadi peternak sapi, peternak kambing, peternak ayam, dan mungkin juga ada peternak kadal.

Memang, perkebungan hanya dibagi menjadi tiga kategori; hewan besar, hewan kecil, dan hewan unggas. Tapi sekarang banyak loh yang ternak kadal, ular, buaya, dan ternak hewan yang pada umumnya jarang ada yang mau memeliharanya.

4.  Perikanan

Kalau ini sepertinya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, ya. Negara kita, selain disebut dengan negara agrasis juga disebut sebagai negara maritim. Ini terjadi lantaran potensi lautnya yang sangat besar termasuk sektor perikanan. Dan inilah yang membuat masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai nelayan dan ada juga yang melakukan budidaya ikan, air asin maupun air tawar.

5.  Kehutanan

Potensi hutan di sini juga sangat besar. Itu lihat saja hutan pohon jati yang kayunya seringkali dipakai untuk membuat perabotan rumah tangga. Banyak banget kan yang pakai? Ini menjadikan masyarakat Indonesia ada yang berprofesi sebagai pengrajin mebel, bisnis furnitur, dan profesi sejenis lainnya.

6.   Pertambangan

Kalau ini sepertinya sudah banyak yang tahu. Pertambangan itu, merupakan aktivitas untuk mengambil, kemudian mengolah, untuk setelahnya akan memanfaatkan sumber daya yang ada. Kan banyak tuh perusahaan-perusahaan tambang. Hasil yang didapatkan yaitu, minyak bumi, gas alam, batu bara, dan lain sejenisnya.

7.    Industri

Industri ini merupakan kegiatan atau aktivitas untuk mengolah bahan mentah dan memprosesnya hingga menjadi barang jadi atau bisa juga hanya barang setengah jadi. Ada banyak, kok, contohnya. Misalnya, industri batik, industri tembakau, dlsb. Ini juga bisa sebagai salah satu contoh keragaman ekonomi yang ada di suatu provinsi.

Nanti akan dijelaskan lebih lanjut.

8.  Perdagangan

Perdagangan,merupakan aktivitas memasarkan suatu barang maupun jasa dari tangan produsen menuju pada tangan konsumen. Masyarakat Indonesia juga banyak yang profesinya sebagai pedangang. Ada yang jadi pedagang pakaian, pedagang sepeda motor, pedagang makanan, sampai pada pedagang asongan pun ada. Hebat nggak?

Contoh Keragaman Ekonomi yang Ada di Suatu Provinsi

contoh keragaman ekonomi yang ada di suatu provinsi
contoh keragaman ekonomi yang ada di suatu provinsi

Setelah kamu memahami apa saja keragaman ekonomi yang ada di Indonesia, sekarang, baru deh masuk ke contoh keragaman ekonomi yang ada di suatu provinsi.

Nah, sebenarnya, untuk keragaman ekonomi yang ada di Indonesia itu rata-rata memiliki kesamaan. Yang berbeda adalah pada kota metropolitannya saja. Keragamannya sangat banyak, ada yang jadi pegawai, bekerja sebagai petani, pekebun, pedagang, dan lain sebagainya.

1. Contoh Keragaman Ekonomi yang Ada di Suatu Provinsi di Jawa Timur

Misalnya deh di Jawa Timur. Untuk masyarakat yang bertempat tinggal di pesisir, mereka akan bekerja sebagai penjual ikan dan bisa juga seorang nelayan. Kalau agak ke areal perkotaan, maka akan banyak ditemukan beragam industri seperti industri furniture, industri pakaian, industri semen, dan yang sejenis.

2. Contoh Keragaman Ekonomi yang Ada di Suatu Provinsi Sumatera Selatan

Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Keragaman ekonomi yang ada di daerah ini mulai dari perkebunan karet, perkebunan sawit, sawah, penjual pempek, pengrajin songket, dan banyak lagi.

3. Contoh Keragaman Ekonomi yang Ada di Suatu Provinsi di Bali

Bali terkenal akan pariwisatanya. Bisa dibilang pariwisatalah yang membuat ekonomi di Bali menggeliat. Contoh keragaman ekonomi yang ada di Bali mulai dari pengarjin patung, pengrajin rotan, pengrajin kain Bali, penjual lukisan, pengrajin topeng, penjual oleh-oleh yang ada di sekitar tempat wisata, dan lain-lain.

Ada banyak deh pokoknya contoh keragaman ekonomi yang ada di suatu provinsi di Indonesia.

Hampir sama, mah, contoh keragaman ekonomi yang ada di suatu provinsi. Hanya tinggal menyesuaikan dengan kondisi geografis tempat masyarakatnya tinggal. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar