25+ Contoh Kegiatan Ekonomi di Sekitarmu LENGKAP

Dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia, proses ekonomi tidak akan terelakkan. Setiap orang, pasti melakukan transaksi atau juga kegiatan ekonomi. Tapi apa sih kegiatan ekonomi dan apa saja kira-kira contoh kegiatan ekonomi di sekitarmu?

Secara sederhana, kegiatan ekonomi bisa didefinisikan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan barang ataupun jasa yang diinginkan. Cakupan dari kegiatan ekonomi–walaupun definisinya sederhana—cukup luas lho.

Kegiatan ekonomi itu mencakup kegiatan produksi, distribusi, dan juga konsumsi atas barang ataupun jasa. Jadi dari hulu ke hilir. Hulu produksi sampai pada hilir konsumsi. Seluruhnya masuk dalam kegiatan ekonomi.

Saat kamu membeli barang kebutuhan rumah tangga ke abang-abang yang jual Rp 10 ribu dapat tiga barang, itu kegiatan ekonomi. Kamu beli skincare biar glowing, itu kegiatan ekonomi. Kamu beli kopi untuk dinikmati saat senja berkumandang, itu juga kegiatan ekonomi.

Itu hanya beberapa contoh kegiatan ekonomi di sekitarmu. Masih banyak, loh kegiatan ekonomi lainnya. Apa saja contohnya? Yuk simak uraian berikut.

Contoh Kegiatan Ekonomi di Sekitar Tempat Tinggal

5 contoh kegiatan ekonomi selain yang telah disebutkan di atas, biasanya sih ada di sekitar tempat tinggal. Skalanya juga nggak gede-gede banget. Misalnya:

  1. Toko Kelontong
  2. Produksi beras
  3. Produksi biji kopi
  4. Pengrajin yang membuat batik
  5. Dan misalnya juga pengolahan hasil laut

Kelima contoh ini, biasanya ada di sekitar tempat tinggal kamu khususnya yang ada di desa. Kalau di kota, sepertinya toko kelontong, pengolahan hasil laut dan beberapa contoh lain yang disebutkan, sangat jarang bisa ditemukan.

Contoh Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Sekitar

Contoh kegiatan ekonomi di sekitar kita sebenarnya bisa ditemukan dengan mudah. Coba saja kamu keluar rumah lalu tengok tetangga di kanan-kiri kamu. Sangat mudah untuk menemukannya. Contohnya :

  1. Produksi gabah
  2. Pembuatan mebel rumahan
  3. Perusahaan kerupuk
  4. Perusahaan tahu
  5. Produksi tempe

Itu juga masuk ke dalam kegiatan ekonomi loh. Sebab seperti yang telah didefinisikan tadi. Cakupan kegiatan ekonomi itu bisa pada proses produksi, distribusi, maupun konsumsi. Intinya, kamu sedang melakukan kegiatan untuk mendapatkan suatu barang atau jasa.

Contoh Kegiatan Ekonomi di Sekitarmu

Kalau masih kurang, nih, saya beri 10 contoh kegiatan ekonomi yang ada di sekitar kamu. Dengan memberikan banyak contoh, mungkin kamu akan lebih mengerti tentang kegiatan ekonomi.

  1. Menggunakan jasa salon
  2. Memakai jasa potong rambut
  3. Membeli barang di toko kelontong
  4. Memesan makanan di warteg
  5. Beli kue ke produsennya
  6. Membuat kerajinan tangan untuk dijual
  7. Memasarkan hasil panen
  8. Membeli bahan pokok
  9. Membuat pupuk kandang untuk dijual
  10. Membeli sapu lidi kepada para pengrajinnya

Bagaimana? Sampai sini sudah cukup paham dengan kegiatan ekonomi? Seperti yang dikatakan tadi, ia mencakup kegiatan mulai dari produksi, distribusi, dan tentu juga konsumsi.

Kalau produksi, intinya tuh memproses barang dari bahan mentah menjadi barang jadi dan ada biaya produksinya. Entah skalanya sebesar perusahaan atau hanya perseorangan. Hal tersebut masuk dalam kegiatan ekonomi.

Distribusi, tentu merupakan proses untuk menyalurkan barang. Toko kelontong itu, merupakan salah satu contoh kegiatan ekonomi distribusi. Karena dia tidak membuat produknya sendiri. Tapi hanya sebagai penengah antara produsen suatu produk dengan para konsumennya.

Nah, selanjutnya adalah konsumsi. Jadi, kalau kegiatan ekonomi konsumsi itu, merupakan aktivitas yang dilakukan dalam rangka menghabiskan, mengurangi, atau juga memakai suatu barang dan jasa.

Contoh Kegiatan Ekonomi Konsumsi

contoh kegiatan ekonomi di sekitarmu
contoh kegiatan ekonomi di sekitarmu

Jenis kegiatan ekonomi konsumsi ini, seperti yang dikatakan sebelumnya. Kegiatan menghabiskan nilai kegunaan suatu barang. Contohnya sederhana saja. Kamu bisa ambil contoh kegiatan ekonomi di sekitarmu:

  1. Beli makan di restoran
  2. Beli nasi padang
  3. Beli pakaian di pusat perbelanjaan
  4. Membeli bumbu-bumbu dapur
  5. Dan juga membeli peralatan rumah tangga

Pokoknya yang beli-beli gitu deh. Dan nanti, barang-barang tersebut akan digunakan. Maka semakin lama, nilai gunanya akan berkurang. Itulah kegiatan ekonomi konsumsi.

Contoh Kegiatan Ekonomi Distribusi

Kalau distribusi, ini contoh kegiatan ekonomi di sekitarmu untuk distribusi:

  1. Memasarkan hasil kerajinan
  2. Menawarkan produk hasil olahan buah atau sayur
  3. Dan juga menjual hasil tangkap para nelayan

Itu semua masuk dalam kategori kegiatan ekonomi distribusi. Soalnya dia menyalurkan dari produsen hingga sampai ke tangan konsumen.

Itulah sekian contoh kegiatan ekonomi di sekitarmu yang mencakup proses produksi, distribusi, hingga konsumsi. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar