Contoh Jasa Atestasi Beserta QnA Seputar Jasa Atestasi

Jika kamu pernah mengetahui informasi mengenai profesi akuntan publik, pasti tidak asing dengan istilah jasa atestasi termasuk contoh jasa atestasi terkait. Profesi akuntan publik tidak terikat dengan perusahaan lain. 

Seseorang yang berprofesi sebagai akuntan publik biasanya mendirikan kantor sendiri dan bekerja dengan bebas. Masyarakat yang ingin bekerja sama dan tertarik untuk menyewa jasanya diarahkan untuk menghubungi kantornya langsung 

Selain memberikan konsultasi terkait manajemen perusahaan, tugas akuntan publik juga dapat memberikan berbagai jasa kepada masyarakat. Jasa akuntan publik yang paling dibutuhkan adalah jasa atestasi. 

Jasa atestasi inilah yang menerbitkan laporan tertulis terkait pertimbangan mereka atas suatu permasalahan atau pernyataan sebagai pihak yang independen. Jasa atestasi merupakan salah satu jasa assurance yang merupakan jasa penjamin. 

Jasa atestasi umumnya dibutuhkan oleh perusahaan maupun entitas lainnya untuk pengambilan keputusan bisnis. Jasa atestasi melakukan evaluasi dan memberikan informasi terkait keandalan laporan keuangan. Lalu, jasa atestasi meliputi apa saja?

Contoh Jasa Atestasi 

Contoh jasa atestasi sendiri ada empat kategori yaitu audit laporan keuangan, review atau pemeriksaan laporan keuangan, kompilasi, dan jasa atestasi lainnya. Jasa atestasi tersebut dilakukan guna memberikan kepercayaan kepada pihak ketiga mengenai kinerja perusahaan melalui laporan keuangan. 

Kamu harus mengetahui beberapa contoh jasa atestasi. Mari kita bahas masing-masing dari contoh jasa atestasi. 

1. Audit Laporan Keuangan

Jasa audit keuangan adalah pemeriksaan secara menyeluruh yang dilakukan oleh auditor atas catatan keuangan perusahaan dimana isi laporan tersebut harus akurat dan telah dinyatakan wajar. Hal ini bertujuan agar laporan keuangan yang disajikan terbukti kredibilitasnya. 

Dengan begitu, klien menjadi yakin dan percaya dengan kinerja serta posisi keuangan perusahaan tersebut. Audit merupakan jasa atestasi yang paling umum di kantor akuntansi publik. Tingkat kepastian audit dalam memberikan pernyataan kewajaran atas laporan keuangan bisa dikatakan tinggi.    

2. Reviu

Sama seperti audit laporan keuangan, reviu juga melakukan pemeriksaan atas catatan keuangan. Bedanya, reviu hanya memberikan informasi catatan keuangan tanpa bukti yang detail seperti audit. Tinjauan atau  atas laporan keuangan memberikan tingkat keyakinan atau kepastian dengan tingkat moderat. 

Akuntan hanya melakukan evaluasi laporan keuangan berdasarkan prosedur analisis tertentu dengan jaminan terbatas. Kemudian laporan keuangan tersebut dianggap wajar sehingga tidak memerlukan modifikasi material. Meskipun begitu, banyak perusahaan non publik yang memilih jasa atestasi ini karena pertimbangan biaya.  

3. Kompilasi

Untuk jasa ini, akuntan tidak melakukan pemeriksaan lanjutan terkait kebenaran data keuangan. Bisa dikatakan kompilasi merupakan jasa akuntan yang terbatas hanya menerima informasi data laporan keuangan tersebut tanpa memberikan jaminan. 

Catatan laporan keuangan tersebut dibuat sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku serta tidak memerlukan bukti. Oleh karenanya, biaya jasa atestasi kompilasi adalah paling murah dari jenis jasa atestasi lain di atas. 

4. Jasa Atestasi Lain

Selain contoh di atas, akuntan publik juga memberikan jasa atestasi lain yang dapat diterapkan pada berbagai permasalahan. Jasa atestasi lain merupakan perluasan dari audit laporan keuangan yang membutuhkan kepastian independen.

Contoh  jasa atestasi lain adalah keputusan investasi untuk identifikasi risiko investasi, mystery shopping dengan melakukan pembelian anonim untuk tujuan tertentu, penilaian tindakan ilegal dan risiko kecurangan, serta jasa atestasi lainnya. 

QnA Seputar Jasa Atestasi

Contoh Jasa Atestasi
QnA Seputar Contoh Jasa Atestasi

Bagaimana sobat? Sudah paham terkait jasa atestasi? Jika belum, beberapa pertanyaan tentang jasa atestasi berikut mungkin bisa mengatasi kebingunganmu. Yuk disimak QnA seputar jasa atestasi di bawah ini.

Apa Saja yang Termasuk Jasa Atestasi?

Jasa atestasi terbagi menjadi empat kategori. Jasa yang termasuk jasa atestasi diantaranya ada audit, review atas laporan keuangan, kompilasi, dan jasa atestasi lain yang dapat diterapkan untuk berbagai permasalahan.

Apa Perbedaan Jasa Atestasi dengan Jasa Assurance?

Jasa atestasi merupakan salah satu kategori dari jasa assurance dimana akuntan publik memberikan pernyataan pendapat atau pertimbangan terkait reliabilitas laporan keuangan kepada pihak lain.

Sedangkan jasa assurance merupakan jasa independen yang memberikan jaminan kualitas informasi keuangan sebagai pertimbangan untuk para pengambil keputusan. Jasa assurance dapat dilakukan oleh akuntan publik maupun jasa profesional lainnya yang kompeten.  

Apa Saja yang Termasuk Audit?

Aktivitas utama audit terbagi menjadi 4 jenis, diantaranya adalah audit laporan keuangan, audit ketaatan atau kepatuhan, audit operasional, dan audit pengendalian internal. Keempat jenis audit tersebut tentu mempunyai layanan dan tujuan yang berbeda.

Apa yang Dimaksud dengan Atestasi?

Atestasi berarti memberikan pernyataan berisi kesimpulan atau hasil laporan tertulis suatu entitas yang menyatakan bahwa asersi entitas tersebut telah sesuai dengan standar yang ditetapkan. 

Itulah informasi terkait contoh jasa atestasi beserta QnA. Barangkali kamu ingin menyewa jasa atestasi, ada beberapa hal yang perlu dipastikan sebelum menyewa seorang akuntan. Seperti pengalaman, sertifikasi serta service yang diberikan, dan yang paling penting adalah biaya penagihan yang ditetapkan oleh akuntan publik.

Bagikan:

Tinggalkan komentar