10+ Contoh Iklan Radio yang Bagus, Menarik dan Benar

Radio merupakan salah satu media elektronik yang bisa digunakan untuk mengiklankan produk, jasa, gagasan, ide ataupun kegiatan. Radio pernah hits pada jamannya, sebelum televisi berwarna saat ini hadir.

Walaupun demikian, radio masih hits hingga saat ini untuk mengisi waktu luang. Selain itu, radio juga suka diputar di mobil-mobil saat di perjalanan. Pembawaan penyiar radio yang khas, seakan-akan membuat banyak orang terbuai untuk menikmati acara-acaranya.

Mau tau contoh iklan radio ya? Kali ini Wong Cerdas akan bahas berbagai contoh iklan radio yang mungkin sedang kamu cari-cari.

Apa Contoh Iklan Radio?​

Jika kamu mencari contoh iklan untuk radio, itu ada banyak sekali contohnya mulai dari contoh iklan radio minuman, makanan, jasa, layanan masyarakat, promosi sekolah, iklan komersial, dan lain-lain.

Contoh kali ini ada beberapa format bagiannya seperti nama produk, waktu, isi iklan, harga, keunggulan, alamat dan nomor telepon. Yuk intip di tabel berikut ini sob!

1. Contoh Iklan Radio Minuman

PertanyaanJawaban
Merk produk/nama produkSusu Penambah Tinggi Badan
WaktuDurasi Iklan 60 detik (1 menit)
Isi iklanTidak pede karena tinggi badanmu? Pengen tinggi saja dan bisa menjangkau banyak hal. Yuk cobain susu penambah tinggi badan dengan suplemen ekstra. Kalsiumnya dua kali dari susu yang lain.
HargaRp79.000
KeunggulanSusu penambah tinggi badan ini kaya akan vitamin untuk tubuh. Kandungan kalsiumnya juga lebih banyak sehingga lebih cepat untuk merangsang tulang menjadi lebih kuat dan tinggi.
AlamatBerada di Jalan Soekarno-Hatta. Dan bisa dipesan secara online di wongcerdas.com
Nomor telepon085366xxxxxx
Contoh Iklan di Radio tentang Minuman

2. Contoh Iklan Radio Makanan

Contoh iklan radio yang menarik sesuai formatnya:

PertanyaanJawaban
Merk produk/nama produkRoti Aneka Isi
WaktuDurasi Iklan 60 detik (1 menit)
Isi iklanBunda tidak sempat masak di pagi hari? Roti Aneka isi siap menemani sarapan keluarga. Rasanya enak, gurih dan bernutrisi. Baik untuk pencernaan. Roti ini terbuat dari bahan-bahan pilihan dan tanpa pengawet makanan. Yuk sediakan roti aneka isi di rumah bunda,
HargaRp15.000
KeunggulanRoti mampu mengisi perut yang kosong. Kaya akan nutrisi dan punya banyak pilihan isi roti.
AlamatBerada di Jalan Imam Bonjol. Dan bisa dipesan secara online di wongcerdas.com
Nomor telepon085376xxxxxx
Contoh Iklan di Radio tentang Makanan

Sebutkan 3 Contoh Iklan di Radio dan Kata Kuncinya

Apakah kamu bertanya-tanya perihal iklan di radio beserta kata kuncinya? Berikut di bawah ini kami kasih kamu 3 contoh iklan radio. Yuk cek sampai habis ya.

1. Contoh Iklan Radio Obat Batuk

Uhuk uhuk uhuk…suara batuk si adik kecil

Ibu : Adik batuk ya?

Adik : Iya bu (uhuk uhuk batuk lagi)

Ibu : Sini adik minum obat batuk dulu.

Adik : Gak mau, pahittt.

Ibu : Gak pahit, ada rasa buahnya.

Adik : Mau mau bu (uhuk uhuk batuk lagi)

Suara Pengisi : Anak batuk? Solusinya minum obat batuk anak Anakonidin.

Kata Kunci Iklan

Batuk, obat batuk, anak

2. Contoh Iklan Radio Komersial

Naskah iklan di radio komersial produk deterjen “Dahsyat”

Ibu A : Jeng-jeng udah tau belum, ada produk deterjen terbaru lho…

Ibu B : Produk deterjen apa bun?

Ibu C : Ah paling sama aja dengan deterjen lainnya (dengan nada yang ketus)

Ibu A : Iih deterjen yang ini beda jeng, selain murah terbukti juga membuat baju kotor karena noda bandel cepat hilang, cek kucek langsung bersih deh. Terbukti Dahsyat. (Sambil menunjukkan deterjen Dahsyat)

Ibu B : Woah ini deterjennya bun?

Ibu C : Jadi penasaran pengen nyoba deh. Soalnya saya udah sering gonta-ganti deterjen rasanya ya sama aja.

Ibu A : Ini beda jeng, cobain aja deh “Deterjen Dahsyat” terbukti banget dahsyat ilangin noda bandel, dahsyat pula hematnya.

Kata Kunci Iklan

Deterjen, dahsyat, murah, noda bandel. 

3. Contoh Iklan Radio Minuman

Krek krekk punya lapar

Ayu : Duh laper…

Dodo : Laper neng? Minum nih sari kacang ijo dari Ultra Jaya.

Pengisi Suara : Sari Kacang Ijo, diproduksi secara higienis, tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan.

Bunyi orang sedang menyedot minuman

Ayu : Wuihh selain mengenyangkan, ternyata rasanya enak juga ya

Dodo : Tentu, Sari Kacang Ijo. Enak, bikin kenyang dan menyehatkan.

Kata Kunci Iklan

Sari Kacang Ijo, enak, mengenyangkan.

5 Contoh Iklan yang Ada di Televisi dan di Radio beserta Alasan Pemilihan Media

contoh iklan radio
contoh iklan radio
Gambar oleh: contoh iklan radio brainly
Nama IklanMedia Cetak / Elektronik (Radio atau Televisi)Alasan Pemilihan Media
Iklan ShampoTelevisiAda banyak iklan produk shampo yang ditayangkan di televisi. Alasan pemilihan media televisi karena dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan. Biar produk cepat dikenal banyak orang dan laku dijual.
Iklan Sabun Cuci/DeterjenTelevisiTelevisi adalah media yang banyak digunakan orang. Televisi cocok sekali untuk iklan yang perlu menampilkan video atau gambar visual. Pemilihan media televisi dipakai agar penjualan sabun cuci atau deterjen tersebut meningkat.
Iklan Lowongan PekerjaanMedia CetakMedia cetak yang biasa digunakan untuk iklan lowongan adalah koran. Koran merupakan media cetak yang tepat untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan.
Iklan Layanan MasyarakatRadioRadio dipilih sebagai media untuk iklan layanan masyarakat karena radio lebih enak untuk didengarkan tanpa perlu dibaca atau dilihat gambarnya. Iklan ini cocok untuk mereka yang kesulitan membaca seperti orang tua.
Iklan KesehatanRadioRadio juga cocok untuk digunakan sebagai media iklan kesehatan seperti pencegahan penyakit demam berdarah, ajakan hidup bersih dan sehat, ajakan ke posyandu untuk bayi atau ibu yang punya anak kecil.
Tabel contoh iklan radio

Contoh Iklan Elektronik (Iklan Radio, Televisi, Internet)

Iklan elektronik adalah iklan yang dipasang di media-media elektronik. Media elektronik tersebut terdiri dari media televisi, media radio, internet dan lain-lain. Ada banyak produk yang iklannya terus disiarkan di televisi, radio dan internet.

Beraneka macam iklan ditayangkan, mulai dari iklan makanan, minuman sampai iklan layanan masyarakat.

Berikut ini kami kasih contoh iklan elektronik termasuk iklan radio juga ya sob.

1. Contoh Iklan Radio Promosi Sekolah

Mau tau contoh iklan radio yang menarik untuk promosi sekolah? Coba deh intip skemanya di bawah ini:

Merek = SMAN 2 Unggul Kayangan

Media = Radio

Waktu = 60 Detik

Iklan

SMAN 2 Unggul Kayangan adalah sekolah negeri yang terakreditasi A. Punya fasilitas yang lengkap, bikin belajar jadi nyaman. Kali ini SMAN 2 Unggul Kayangan sedang membuka seleksi jalur prestasi dan non-prestasi. Yuk segera daftar.

Kesimpulan Isi Iklan

SMAN 2 Unggul Kayangan adalah sekolah unggulan yang bagus dengan fasilitas lengkap. Sekolah ini sedang membuka pendaftaran siswa baru.

Mau baca contoh promosi sekolah lainnya? Cek artikel contoh naskah iklan radio promosi sekolah.

2. Contoh Iklan Elektronik di Televisi

Merek: Sabun Lifebuoy

Media: Televisi

Waktu: 60 detik (1 menit)

Isi Iklan

Sabun mandi anti kuman mampu menjaga kesehatan keluarga dengan proteksi penuh terhadap bakteri. Lindungi keluarga dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun Lifebuoy.

Kesimpulan Isi Iklan

Kita harus rajin mencuci tangan dengan sabun anti-bakteri (lifebuoy) dan menjaga kebersihan agar terlindungi dari berbagai penyakit.

3. Contoh Iklan di Internet

Merek : Telkomsel

Media : Internet (Iklan di Youtube)

Waktu : 15 detik

Isi Iklan

Internet vaganza, internetan 24 jam di semua jaringan, semua jaringan, kuota berlimpah, jangkauan paling luas, 24 jam.

Kesimpulan

Telkomsel menawarkan paket internet baru bernama internet vaganza yang diklaim merupakan internet dengan jaringan terluas dan bisa dipakai selama 24 jam.

Contoh Iklan Radio Layanan Masyarakat

Contoh Iklan Radio
Contoh Iklan Radio yang Menarik

Contoh iklan yang ada di radio selanjutnya adalah iklan layanan masyarakat. Iklan layanan masyarakat merupakan iklan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat akan masalah yang dihadapi. Iklan layanan masyarakat bisa berupa iklan untuk peduli sesama, peduli lingkungan, kesehatan, dan kehidupan umum lainnya.

Contoh Iklan Media Radio Untuk Iklan Layanan Masyarakat

Adik : Wah ada makan nih. (Tangan mendekati makanan untuk diambil)

Ibu : Eittt, cuci tangan dulu adik. (Sambil mengambil makanan yang ada)

Adik : Yah, mau dong ibu,

Ibu : Iya, adik cuci tangan dulu ya.

Adik : Kan adik main di rumah aja, gak keluar rumah.

Ibu : Walaupun main di rumah, kita harus cuci tangan biar gak ada penyakit yang nempel dan ikut kemakan ya.

Adik : Oke siap ibu.

Bunyi air mencuci tangan…

Ibu : Nah, adik udah cuci tangan baru boleh makan ya.

Suara Pengisi: Ayo lakukan gerakan hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan sebelum makan.

Penutup

Contoh iklan radio ada banyak macamnya seperti iklan radio makanan, minuman, layanan masyarakat, komersial, jasa, produk dan lain-lain. Radio adalah media yang cukup efektif untuk digunakan sebagai iklan agar diketahui khalayak.

Demikian artikel mengenai contoh iklan di radio ini ya sobat Wong Cerdas. Semoga bisa membantu kamu untuk mempelajari berbagai jenisnya ya.

Baca juga contoh iklan dengan media lainnya:

Bagikan:

Tinggalkan komentar