Contoh Iklan Propaganda, Pengertian, dan Tujuan

Pernahkah kamu melihat atau mendengar iklan propaganda di Indonesia? Tentunya pernah bukan. Iklan propaganda memang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu. Biasanya contoh iklan propaganda ada pada produk-produk susu, kosmetik hingga obat-obatan.

Iklan propaganda memiliki pengaruh yang besar pada suatu produk yang sedang diiklankan, sehingga dapat membuat produk tersebut laris dan dicari oleh banyak kalangan.

Pada artikel kali ini kami akan membagikan ilmu seputar iklan propaganda, mulai dari pengertian, ciri-ciri, hingga alasan mengapa iklan propaganda dibuat. Serta beberapa contoh kalimat iklan propaganda yang sering digunakan.

Apa Itu Propaganda?

Sebelum melangkah lebih dalam tentang iklan propaganda, alangkah baiknya jika kamu mengetahui apa itu kalimat propaganda. Propaganda sendiri merupakan salah satu dari ilmu sosial yang memiliki pengaruh besar dalam memberikan dorongan pada obyek yang dituju. Propaganda dapat diartikan provokasi.

Sebagaimana yang kamu tahu untuk memprovokasi orang lain dibutuhkan ilmu untuk mempengaruhi orang lain. Ilmu inilah yang dinamakan dengan propaganda.

Contoh iklan propaganda biasanya sengaja dilakukan oleh kelompok atau individu untuk mengontrol kelompok lain. Sehingga, kelompok tersebut benar-benar berada di bawah kendalinya meskipun harus melakukan modifikasi dalam komunikasi.

Iklan propaganda akan menggunakan media komunikasi maupun elektronik, seperti televisi, koran, majalah, hingga radio.

Cara propaganda yang dilakukan pada tiap media tentu berbeda, sesuai dengan  pengaruh yang dihasilkan. Contoh iklan propaganda ada yang dilakukan melalui suara, kata-kata, gambar, musik, video, atau bahkan melalui simbol-simbol tertentu.

Apa yang Dimaksud Kalimat Propaganda?

Bagaimana sobat, sampai sini sudah tidak asing lagi bukan dengan kalimat propaganda. Kalimat propaganda yang ada pada contoh iklan propaganda merupakan sebuah kalimat yang sengaja dibuat oleh komunikator untuk

Kalimat propaganda yang biasanya ada pada sebuah iklan merupakan sebuah gagasan, pemikiran, atau ide dan argumentasi, yang sengaja disebarluaskan dengan tujuan menjatuhkan atau menghancurkan satu buah pihak, sehingga subjek tidak memiliki pilihan lain, kecuali membeli atau menggunakan produk yang sedang di iklankan.

Pengertian Iklan Propaganda

contoh iklan propaganda
Gambar Iklan

Iklan propaganda memiliki kekuatan untuk mempengaruhi objeknya, sehingga tidak heran jika contoh iklan propaganda masih dipakai dan dikembangkan di Indonesia.

Secara tidak langsung iklan propaganda dapat memberikan pengaruh yang besar, hingga dapat merubah pola pikir dan tingkah laku dari objek sesuai dengan yang diinginkan oleh komunikator atau pembuat iklan.

Ciri khas dari propaganda adalah pertama adanya komunikator, baik itu individu atau lembaga yang memiliki wewenang untuk mengiklankan suatu hal atau pesan dengan tujuan tertentu. Kedua, adanya objek atau sasaran penerima iklan yang menjadi target. ketiga, adanya sebuah target yang ingin dicapai oleh komunikator.

Selain ciri-ciri diatas contoh iklan propaganda juga memiliki gaya tertentu yang membuatnya berbeda dari iklan lainnya, antara lain:

  • Teknik iklan propaganda membutuhkan sebuah riset yang harus dilakukan
  • Memiliki bahasa yang berbeda, dapat berupa opini yang dikemas dalam iklan, ataupun argumen dan gagasan
  • Memiliki gaya bahasa yang memikat, mempengaruhi, mendorong, hingga merekomendasikan.
  • Membutuhkan sebuah perencanaan yang matang
  • Memiliki sistematika dan prosedural
  • Memberikan pengaruh yang cukup besar pada perubahan sikap dalam masyarakat.
  • Memiliki rumusan pesan yang harus disampaikan agar tujuan tercapai
  • Memiliki sebuah gol yang besar, yaitu tercapainya sebuah tujuan
  • Teknik yang digunakan akan membuat objek tidak memiliki pilihan lain kecuali melakukan apa yang diperintahkan oleh si penulis iklan.

Tujuan Iklan Propaganda

Semua iklan memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mempengaruhi objek sasaran, dengan goal akan terbelinya produk secara besar-besaran.

Namun, berbeda dengan iklan propaganda, contoh iklan propaganda tidak hanya sekedar untuk mempengaruhi. Tetapi, membuat target sasaran melakukan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh komunikator.

Bagaimana sobat? Ternyata iklan propaganda jauh lebih mematikan dan sangat efektif untuk membangun sebuah bisnis menjadi besar.

Tentu saja membutuhkan sebuah usaha yang besar dalam menjalankannya. Hal ini terjadi karena retorika dalam mempengaruhi khalayak juga tidak mudah. Dibutuhkan sebuah riset, analisa, dan juga keberanian dalam mengambil resiko yang cukup besar. 

Meskipun iklan propaganda hanya memberikan manfaat pada satu pihak saja, akan tetapi pada produk barang yang bermanfaat tentu adanya iklan propaganda akan sangat membantu.

Baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, adanya iklan propaganda akan membuka cara pandang masyarakat lebih luas dalam melihat dan mendengar sesuatu.

Contoh Iklan Propaganda

contoh iklan propaganda
Contoh Iklan Propaganda Sepatu Nike

Tahukah kamu ternyata iklan propaganda tidak hanya digunakan untuk mempromosikan barang dan jasa, akan tetapi juga pada partai politik. Seperti contoh grey propaganda yang biasanya kamu lihat di televisi, terlihat beberapa partai politik yang mempromosikan calon pilihannya secara terbuka.

Adanya propaganda dalam hubungan internasional memiliki peran yang sangat penting. Salah satu contoh propaganda dalam hubungan internasional misalnya penggunaan propaganda saat adanya konflik antara dua negara. Keberadaan propaganda akan mempermudah penyelesaian konflik antara dua belah pihak, seperti halnya keberadaan diplomasi. 

Berikut ini beberapa contoh iklan propaganda barang atau poster, antara lain:

  • Iklan propaganda sepatu Nike

Anak milenial pasti pilih sepatu Nike, mau ke gunung, ke pantai, atau ke sekolah semua ada di Nike. Harga standart kualitas nomor 1, tampil beda, keren dan mewah.

  • Iklan propaganda tas Gucci

Belum lengkap perjalanan Anda jika belum pakai tas Gucci, bahan berkualitas, pasti awet, manis dan elegan.

Sebenarnya iklan propaganda memiliki manfaat yang sangat banyak, tentunya jika digunakan pada hal-hal yang positif, seperti contoh iklan propaganda di atas. Bagaimana sobat? Tertarik untuk menggunakan propaganda dalam memasarkan dan mempromosikan produk? Silahkan dicoba.

Bagikan:

Tinggalkan komentar