3+ Contoh Iklan Permintaan, Pengertian, Tujuan & Perbedaan

Semua orang sudah tak asing dengan yang namanya iklan, bukan? Biasanya iklan digunakan untuk memberikan sebuah informasi mengenai suatu produk atau jasa melalui pemasaran secara langsung ataupun media social. Akan tetapi, berbeda dengan iklan permintaan. Iklan permintaan yang cenderung kamu kenal dengan istilah lain seperti informasi yang membutuhkan timbal balik.

Mau tau contoh iklan permintaan beserta penjelasannya? Yuk, baca sampai habis ya sobat.

Pengertian Iklan Permintaan

Iklan sendiri merupakan sebuah komponen utama dalam penerapan strategi pemasaran sebuah produk yang berguna untuk menginformasikan sebuah produk untuk bisa lebih dikenal oleh masyarakat.

Sehingga, visi dan misi dari iklan tersebut dalam dicapai. Dalam bahasa pengiklanan pernyataan berupa ajakan permintaan dorongan atau larangan merupakan kaidah kebahasaan iklan yang bersifat imperatif.

Iklan permintaan masuk kedalam kategori jenis bersama iklan penawaran dan iklan pengumuman. Permintaan dan penawaran diciptakan untuk mewujudkan dan menjaga keseimbangan pasar. Jadi, kamu perlu melakukan riset atau penelitian terhadap dahulu terhadap kondisi pasar untuk memutuskan baik iklan permintaan atau iklan penawaran. 

Jadi, iklan permintaan adalah jenis iklan yang berisi sebuah ajakan kerjasama yang dilakukan oleh pengiklan atau pencari kepada seluruh pembaca untuk semua lapisan masyarakat. Dan sudah jelas kalau kerjasama tersebut bertujuan untuk saling memberikan keuntungan antara kedua belah pihak baik pengiklan maupun pembaca iklan.

Tujuan Iklan Permintaan

Secara jelas dan lugas bahwa tujuan membuat iklan permintaan bersifat persuasif artinya cenderung mengandung kalimat yang seolah-olah dapat membujuk masyarakat untuk melakukan apa yang tertulis pengiklan atau sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh pengiklan, dengan kata lain adalah sebuah kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak. 

1. Memberikan Informasi

Kamu pasti sudah sadar sejak lama bahwa memang tujuan iklan salah satunya memberikan sebuah informasi mengenai suatu hal. Karena itu merupakan fungsi pokok sebuah iklan dibuat. Termasuk dalam iklan permintaan yang cenderung ditayangkan untuk dapat dibaca dan dimengerti oleh semua lapisan masyarakat bahwa iklan tersebut memberikan peluang yang sangat besar.

Sehingga, untuk tujuan iklan permintaan ini dapat terpenuhi kamu harus mencarinya melalui media-media yang cocok untuk iklan permintaan seperti media internet yang kerap kali ikut andil dalam memeriahkan semua jenis iklan, media cetak yang tidak dapat ditinggalkan oleh pembaca setianya, dan media elektronik yang pasti kamu memilikinya. 

2. Mengajak Masyarakat

Selain bertujuan untuk memberikan informasi, pastinya iklan permintaan yang ditampilkan atau dipasang bertujuan untuk mengajak pembaca melakukan apa yang sudah tertulis dalam iklan permintaan. Sehingga, pengiklan diharuskan memasang iklan sesuai dengan yang mereka butuhkan dan pembaca iklan butuhkan agar tujuan mengajak ini dapat direalisasikan. 

Biasanya pula tujuan mengajak dalam iklan permintaan ini akan cenderung diperuntukan untuk umum atau public. Oleh karena itu, sebuah iklan dapat kamu buat dengan menggunakan gambar iklan permintaan yang menarik serta bahasa yang lugas dan jelas untuk dapat mudah dipahami khalayak umum.

3. Mewujudkan Kerjasama

Terakhir tujuan utama iklan permintaan adalah mewujudkan kerjasama. Iklan permintaan yang dipasang, kemudian pembaca mengikuti atau melakukan apa yang tertulis di iklan tersebut. Maka, pembaca dan pengiklan dalam melakukan kerjasama sesuai dengan kesepakatan yang dibuat oleh kedua belah pihak. Sehingga kerjasama tersebut dapat memberikan keuntungan yang akan berjalan terus-menerus. 

Perbedaan Iklan Permintaan dan Iklan Penawaran

Semua orang pasti memukul rata semua jenis iklan, terutama iklan permintaan dan iklan penawaran. Jelas kedua iklan ini sangat berbeda, walaupun media dalam pengiklan semua sama yaitu Koran, banner, poster yang berada di pinggir-pinggir jalan maupun tempat yang strategis lainnya. Atau bahkan yang lagi ngetrend adalah beriklan di media internet. 

1. Perbedaan Iklan Permintaan dan Penawaran Berdasarkan Pengertian

Kata dasar pada iklan permintaan memiliki arti minta yang berarti orang yang beriklan mengharapkan sesuatu pada orang yang melihat atau membaca iklan tersebut. Pengiklan bisa meminta barang, jasa maupun lainnya. Sedangkan dalam iklan penawaran, orang yang melakukan pengiklan memberikan sebuah jasa atau produk kepada orang yang melihat atau membaca iklan. 

Jadi, pada intinya iklan permintaan bertujuan untuk meminta sesuatu kepada orang lain dan iklan penawaran bertujuan untuk memberikan atau menawarkan sesuatu kepada orang lain.

2. Perbedaan Iklan Permintaan dan Penawaran Berdasarkan Contoh

Sebetulnya kamu dapat menjumpai contoh iklan ini dimana saja, dan kapan saja. Akan tetapi, membingungkan jika kamu kurang paham akan contoh iklan permintaan dan iklan penawaran. Iklan permintaan contohnya permintaan jasa pekerja, karyawan atau karyawati dan sebagainya. Sedangkan contoh iklan penawaran seperti menawarkan berbagai macam produk.

Iklan permintaan contohnya, “Dibutuhkan segera! Karyawan Toko Laksana berusia maksimal 25 tahun pendidikan SMA Sederajat untuk posisi administrasi.” Sedangkan iklan penawaran contohnya, “Dapatkan diskon 50% dengan pembelian Rp 100.000,- khusus di bulan Agustus.”

Contoh Iklan Permintaan

Setelah kamu mengetahui penjelasan mengenai iklan permintaan, selanjutnya Wong Cerdas akan memberikan kamu

1. Contoh Iklan Permintaan Tenaga Kerja 

Contoh iklan permintaan tenaga kerja ini biasanya kamu bisa dapatkan di berbagai media internet dengan mudah atau melalui website resmi dari pengelola usaha (perusahaan) yang bersangkutan. Karena iklan permintaan tenaga kerja ini biasanya sangat dibutuhkan dan paling banyak dicari, dengan kata lain iklan lowongan kerja. 

Dalam iklan permintaan tenaga kerja ini kamu dapat menerima informasi mengenai lowongan kerja di suatu lembaga atau instansi perusahaan. Maka dari itu, buat kamu yang sesuai spesifikasi iklan ini dapat melamar pekerjaan. 

contoh iklan permintaan
Contoh Iklan Permintaan
Sumber: Atmago.com

2. Contoh Iklan Permintaan Barang

Untuk contoh iklan permintaan barang kamu juga dapat mencarinya di berbagai macam media seperti cetak dan internet. Dalam iklan ini akan diberikan informasi mengenai permintaan barang yang dibutuhkan oleh pengiklan.

Sehingga, orang yang mengiklan bisa mencari barang kepada memiliki untuk dipindah kepemilikan atau hanya sekedar disewa,semua tergantung kepada kesepakatan kedua belah pihak.

contoh iklan permintaan
Contoh Iklan Permintaan
Sumber: Slidedoc

3. Contoh Iklan Permintaan Jasa

Iklan permintaan jasa ini memiliki arti yang sama dengan iklan permintaan tenaga kerja. Akan tetapi, terkadang perbedaannya terletak pada jika permintaan jasa dengan menggunakan waktu yang relatif singkat dan tenaga kerja menggunakan waktu yang cukup lama.

contoh iklan permintaan
Gambar Contoh Iklan Permintaan Jasa
Sumber: Eka Septyana on Fecebook

4. Contoh Iklan Permintaan Maaf

Berbeda dengan iklan permintaan lainnya, iklan yang satu ini mungkin jarang kamu jumpai atau temukan. Namun, pada dasarnya iklan jenis ini masuk dalam iklan permintaan golongan permohonan maaf.

Jelas iklan ini mengandung permintaan maaf dari pihak yang mengiklankan kepada pihak tertentu atas kesalahan yang diperbuat atau sejenisnya, dengan harapan mendapatkan maaf dari pihak tersebut.

contoh iklan permintaan
Contoh Iklan Permintaan Maaf
Sumber: Iklanpro.id

Nah, itulah sedikit ulasan artikel mengenai iklan permintaan mulai dari pengertian, tujuan, perbedaan serta contoh dari iklan permintaan yang dapat kamu jadikan informasi tambahan dalam memahami periklanan. Semoga bermanfaat dan membantu!

Penulis: Lala
Editor: Reskia

Bagikan:

Tinggalkan komentar