Contoh Iklan Korporat, Pengertian, Fungsi, dan Jenis

Sebuah produk pasti membutuhkan iklan untuk membantu promosi. Semakin gencar perusahaan melakukan promosi, maka produk dapat dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga, kerap kali kamu pasti akan menjumpai berbagai macam jenis iklan. Jenis iklan tersebut pun memberikan tembakan yang berbeda-beda. Seperti contoh iklan korporat yang akan secara langsung mengenalkan citra perusahaan.

Seperti yang dipaparkan sebelumnya bahwa berdasarkan tujuannya iklan tersebut merupakan iklan yang bersanding dengan jenis iklan komersial dan iklan non komersial. Lantas, apa itu iklan korporat?

Pengertian Iklan Korporat

Iklan korporat adalah iklan yang secara langsung yang akan memberikan keuntungan untuk membangun citra positif suatu perusahaan dengan cara mempromosikan produk atau jasa yang dikelola oleh perusahaan tersebut. Sehingga, contoh iklan korporat ini lebih efektif berjalan atau digunakan apabila didukung oleh fakta-fakta yang kuat dan sesuai dari perusahaan dengan harapan masyarakat.

Iklan korporat dapat juga dikatakan sebuah bentuk kampanye perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai-nilai positif yang dimiliki oleh perusahaan kepada masyarakat. Karena iklan korporat akan lebih menginformasikan sebuah kegiatan informasi yang berhubungan pada kepentingan masyarakat.

Iklan korporat juga lebih dikenal dengan istilah pencitraan merek dalam hal positif, contoh iklan korporat yang mencakup komitmen perusahaan pada kualitas produk yang ditawarkan, peluncuran merek dagang atau logo perusahaan yang akan memberikan informasi kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar.

Fungsi Iklan Korporat

Secara garis besar pasti kamu sudah tahu kalau fungsi iklan adalah informing, persuading, reminding, adding value, membangun awareness konsumen dan reposisi merek dengan dapat merubah perilaku atau persepsi.

Akan tetapi, iklan korporat memiliki fungsi sampai pada tahap akhir. Iklan korporat ditunjukkan dengan kegiatan seperti memperkenalkan nama baru perusahaan atau produk yang dimilikinya, perubahan personal, ataupun mendukung program pemerintah.

Fungsi Iklan Korporat dirancang untuk memenuhi tujuan akhir periklanan, yakni :

1. Mengkomunikasikan sudut pandang organisasi perusahaan terhadap berbagai hal, mulai dari bisnisnya, social serta permasalahan lingkungan.

2. Membangun dan menciptakan citra positif bagi perusahaan

Lebih khususnya fungsi iklan korporat akan diaplikasi dengan sebagai berikut :

  1. Memperkenalkan identitas perusahaan induk yang besar dari sekedar bersandar pada nama-nama produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut saja
  2. Membantu mengurai ketidakpahaman atau kebingungan para konsumen, serta dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan penanaman modal terhadap sistem perusahaan tersebut
  3. Mendorong motivasi kerja karyawan serta menaikkan atau mempererat hubungan perusahaan dengan tenaga kerja
  4. Membantu dalam mengadakan pembedaan perusahaan yang berdiri

Sehingga, lebih jelasnya akan melibatkan promosi organisasi yangs sesuai dengan maksud yang telah dimiliki oleh contoh iklan korporat tersebut bahwa fungsi iklan korporat lebih mengindikasikan terhadap dua sasaran yaitu public internal perusahaannya, serta public eksternal.

Jenis-Jenis Iklan Korporat

Iklan korporat yang merupakan alat public relation atau corporate communications yang berada dibalik layar ini, memiliki tiga jenis iklan korporat yaitu :

1. Cause – Related Advertising (Iklan Berorientasi Sosial)

Contoh Iklan Korporat
Contoh Iklan Korporat Lawan Korupsi
Sumber: Twitter Kementerian ATR/BPN

Berorientasi pada sistem pemasaran  sebuah perusahaan yang disebut dengan cause- related advertising. Cause advertising sendiri memiliki konsep marketing bahwa donatur non-profit dari perusahaan sebagai ganti penggunaan nama perusahaan yang berhubungan dengan kampanye promosi pada kegiatan social.

Sehingga, contoh iklan korporat jenis ini akan menunjukkan hubungan perusahaan dengan kegiatan- kegiatan sosial seperti mengekang penyalahgunaan obat-obat terlarang, memberantas kemiskinan, serta memberantas korupsi dan lain sebagainya. Dengan begitu dapat menaikkan citra perusahaan dan membantu pemerintah.

Salah satu bentuk contoh iklan korporat untuk jenis ini adalah iklan untuk ajakan melawan tindak korupsi. Contoh iklan bisa kamu lihat di atas tadi yang bertuliskan, “Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju” dari Kementerian ATR/BPN.

 2. Corporate Image Advertising (Iklan Citra Korporat)

Iklan citra korporat yang akan bertujuan akhir pada fungsi menaikkan citra perusahaan baik di mata public internal maupun eksternal. Sehingga, ketika perusahaan sudah mampu menaikkan citra maka konsumen dengan sendirinya akan memiliki kecenderungan pada produk-produk perusahaan tersebut.

 Akan tetapi iklan citra korporat ini tidak dapat dirancang untuk secara langsung dan dalam waktu yang singkat dapat mempengaruhi pilihan konsumen tersebut, karena iklan citra  korporat membutuhkan waktu yang panjang untuk bisa dapat meraup keuntungan yang besar bagi perusahaan.

 3. Advocacy Advertising (Iklan Pembelaan atau Sokongan)

Berbeda dengan dua jenis iklan di atas, iklan pembelaan ini memiliki misi untuk berusaha menciptakan atau mempertahankan posisi organisasi perusahaan pada suatu permasalah politik, sosial, dan lingkungan yang sangat penting oleh perusahaan. Sekaligus, dibuat untuk mempengaruhi opini public yerhadap permasalahan-permasalahan yang menjadi perhatian perusahaan.

Contoh Iklan Korporat

Contoh Iklan Korporat
Contoh Iklan Korporat

Berikut ini kami berikan beberapa contoh iklan korporat yang bisa kamu pelajari.

1. Contoh Iklan Korporat dalam Humas

Pada umumnya semua jenis iklan berperan penting dalam tugas humas yaitu public relation. Sehingga, diharapkan iklan korporat dalam humas ini dapat membangun hubungan komunikasi yang baik antar semua line baik secara internal maupun eksternal.

Karena iklan perusahaan harus memberikan kontribusi yang positif kepada public, baik itu iklan produk maupun korporat keduanya harus sama-sama diperhatikan untuk membangun citra brand perusahaan yang baik.

Contoh iklan korporat dalam humas yaitu pada iklan Perusahaan BCA “Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada BCA. Selamat Hari Pelanggan!”

2. Contoh Iklan Citra Korporat

Strategi iklan citra korporat ini jelas bertujuan untuk menaikkan citra perusahaan, jadi tidak langsung menjual produknya. Akan, tetapi lebih memperkenalkan nama baru perusahaan, mensosialisasikan merger, akuisisi ataupun menjalin hubungan baik dengan public.

Contoh iklan korporat jenis citra korporat yaitu dalam pembuatan logo baru, seperti Citibank dan Standard Chartered Bank pada 2002 tahun lalu yang menganggap bahwa perubahan logo baru lebih luwes dan mudah untuk diingat oleh nasabahnya.

3. Contoh Iklan Korporat Sosial

Iklan jenis ini akan memberikan edukasi atau informasi terkait hal umum yang telah terjadi di masyarakat. Contohnya iklan yang dilakukan oleh Aqua Lestari untuk menunjukkan penggunaan daur ulang limbah plastic yang diakibatkan oleh bekas botol minuman.

Inilah, contoh iklan korporat beserta pengertian, fungsi dan jenisnya yang dapat kamu jadikan referensi bacaan untuk menambah wawasan. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar