5+ Contoh Iklan Keluarga Lengkap Beserta Gambar Menarik

Kedatangan tamu undangan saat ada acara keluarga, merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi siapapun yang mengundangnya. Namun terkadang, masih ada yang belum bisa menggunakan jenis iklan satu ini dan acara keluarganya jadi sangat sepi lantaran tanpa iklan keluarga.

Saya akan berikan contoh iklan keluarga lengkap beserta dengan gambarnya untuk mempermudah pemahaman bagi kamu sobat Wong Cerdas.

Untuk merayakan sesuatu atau saat berduka cita, kehadiran keluarga terdekat tentu sangat penting adanya. Jika tidak, kegiatan bersenang-senang terasa kurang lengkap dan duka cita akan tambah parah karena tak ada yang mengisi kesepian. Maka dari itu, kehadiran iklan keluarga sangatlah penting.

Ia berguna untuk mengabari, menginformasikan, dan juga sekaligus mengundang ke dalam acara yang sedang diselenggarakan. Acaranya apa saja, bisa ulang tahun, acara lahiran, aqiqah, dan bahkan untuk berdoa bagi orang yang ditinggal mati anggota keluarga tersayangnya.

Kehadiran orang-orang akan melengkapi kebahagiaan sekaligus bisa meredakan sedih yang berlebihan. Untuk mendatangkan mereka, jalan paling jitu untuk mengajaknya adalah dengan menggunakan iklan keluarga.

Mengetahui pentingnya, lebih baik kamu mengetahui lebih dahulu tentang apa itu iklan keluarga dan segala serba-serbinya termasuk contoh iklan keluarga yang bisa kamu jadikan referensi jika ingin membuatnya. Berikut ini ulasannya.

Pengertian Iklan Keluarga

Iklan keluarga sendiri, bisa didefinisikan sebagai suatu iklan yang didalamnya berisikan ajakan dan juga berita tentang keluarga. Berita atau informasi di dalamnya bisa beragam seperti berita kematian, berita perceraian, informasi kelahiran, ulang tahun, dan juga kabar bahagia mengenai pertunangan maupun pernikahan.

Apa yang Dimaksud dengan Iklan Keluarga?

Iklan keluarga adalah penyampaian informasi maupun berita dari satu keluarga pada momen tertentu dan diberikan kepada keluarga lainnya yang sedang berjauhan.

Sederhananya, untuk mengabari bahwa ada suatu momen dimana keluarga pengirim atau pembuat iklan keluarga membutuhkan kehadiran anggota keluarga yang lagi ada di tempat terpisah. Tujuannya tak lain dan tak bukan, yakni untuk meminta dengan sangat kehadiran para siapa saja yang diundang.

Ciri-ciri Iklan Keluarga

contoh iklan keluarga
Contoh Iklan Keluarga

Ada yang berbeda dari iklan keluarga dan jenis iklan lainnya. Kalau pada umumnya iklan mengandalkan ilustrasi maupun gambar yang langsung menjelaskan informasi tanpa banyak kata, yang berlaku pada iklan keluarga adalah sebaliknya.

Pada iklan keluarga, ciri-ciri yang bisa diamati adalah hanya terdapat sedikit ilustrasi dan memberikan tempat lebih untuk kata-kata. Bahkan, kebanyakan hanya kata-kata saja tanpa memakai ilustrasi.

Ciri lainnya adalah pada iklan keluarga biasanya hanya ada pembuka singkat, isi, dan juga ditambahkan dengan penutup yang singkat. Di dalamnya berisi beberapa informasi yang langsung tertuju tanpa adanya tambahan kalimat yang tidak perlu.

Selain itu, bisa juga dilihat dari penutup iklan keluarga. Biasanya akan ditambahi tulisan hormat dari keluarga yang membuat iklan tersebut. Ini bisa kamu temui di beberapa kolom koran untuk lebih mengetahuinya.

Gambar Iklan Keluarga

contoh iklan keluarga
Gambar Iklan Keluarga

Pada gambar contoh iklan keluarga di atas, menjelaskan mengenai ajakan untuk ikut pelayanan KB gratis yang diadakan oleh pemerintah setempat. Ajakan untuk 2 anak cukup juga sudah sering dilakukan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) daerah setempat untuk menekan angka populasi penduduk Indonesia.

Beragam poster promosi atau iklan juga bermunculan yang harapannya masyarakat dapat melakukan apa yang disarankan pemerintah.

Baca juga: Contoh Iklan Institusi

Contoh Iklan Keluarga dan Penjelasannya

Contoh iklan keluarga adalah iklan yang fungsinya untuk memberitakan sesuatu atau juga untuk secara persuasif mempengaruhi hal-hal yang berhubungan dengan keluarga. Misalnya begini.

“Dukung terus tumbuh kembang anak dengan memberikan fasilitas lengkap yang akan membuatnya bisa mengembangkan minat dan bakat alamiah yang dimiliki. Anak berbakat, keluarga ceria.”

Itu juga masuk dalam kategori iklan keluarga, kok. Sebab tujuan atau sasaran utamanya adalah pada keluarga di luaran sana yang disarankan untuk mendukung tumbuh kembang buah hati dengan memberikan fasilitas untuk pengembangan minat dan bakatnya.

Nantinya, diharapkan jika setelah maksimal di dukung, para keluarga di luaran sana bisa bahagia karena memiliki buah hati yang penuh antusiasme dan memiliki bakat yang luar biasa.

Contoh Iklan Keluarga Berencana

contoh iklan keluarga
Contoh Iklan Keluarga

Jika kamu mendapatkan soal yang mengatakan begini, buatlah iklan tentang keluarga berencana, maka mudah saja, tinggal tuliskan saja begini :

“Anak-anak muda yang baik adalah yang berencana. Berencana menikah saat umur minimal 25 tahun bagi laki-laki dan berencana menikah saat umur minimal 21 tahun bagi perempuan. Keluarga berencana, cukup dua anak saja. Keluarga berencana, negara sejahtera.”

Ini bisa kamu jadikan contoh, tapi jangan dijiplak, ya. Di edit-edit dulu biar nggak sama dengan yang lainnya.

Contoh Iklan Keluarga Bahasa Jawa

Contoh iklan keluarga dalam bahasa Jawa berikut ini merupakan iklan yang mengabarkan pada anggota keluarga yang berjauhan bahwa ada anggota keluarga pembuat iklan yang akan menikah. Begini contohnya.

“Sesareng kalian serat meniko, kulo sakluwargi nyuwun kersane panjenengan sedoyo kanggo rawuh ning acara emah-emah putra kulo A kalih calon semahipun B ingkang ajeng didadosaken dina Senen 08 Agustus 2021 panggene ing Ballroom Hotel Merah Putih. Inggil dugi sadherek, kula sakluwargi ngaturaken matur suwun.”

Ya, kurang lebih begitu jika iklan keluarga dalam bahasa Jawa. Pastikan juga untuk membuat kalimat kromo inggil ya, agar iklannya memiliki tingkat kesopanan sekaligus menggugah hati para tamu undangan agar datang pada acara pernikahan.

Pastikan juga bahwa pembuatnya memang mengerti tentang bahasa kromo inggil bahasa Jawa agar tidak salah meletakkan kata dan menyusun kalimatnya.  

Contoh Iklan Keluarga Kelahiran

Contoh teks iklan keluarga untuk mengabarkan tentang kelahiran atau prosesi semacam selametan dalam lahiran, contoh teks iklannya adalah sebagai berikut :

“Sangat besar harapan kami sekeluarga pada saudara-saudara Bani Adam menyempatkan waktunya untuk hadir dalam acara tedhak siten putra kami yang bernama A. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada Hari (isi sendiri). Dengan ini, kami sekeluarga mengucapkan terima kasih.

Contoh Iklan Keluarga Pernikahan

Contoh membuat iklan keluarga jika kamu akan mengadakan pernikahan, sebisa mungkin kalimatnya dipersingkat saja dan langsung menyatakan perihal iklan tersebut. Namun jika bisa, tambahkanlah pengantar berupa sajak agar terlihat lebih estetis. Contohnya seperti ini.

“Burung merpati tak bisa hidup sendiri. Saat sendiri, dia akan merasa asing dan sepi. Dua burung merpati, lambang kesempurnaan kisah asmara. Termasuk juga untuk putra kami, yang sekarang akan menyempurnakan kisah cintanya. Ia telah menemukan pasangan sejatinya.

Pernikahan putra kami Agung Pamungkas dan putri Sabila Bunga Melati akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 19 Januari 2021 bertempat di One & Only Reethi Rah Resort, Maldives. Kehadiran saudara sekalian akan sangat bermakna bagi kami.”

Berhubung ini tulisan, jadi formatnya begitu dulu. Nanti, jika ingin dimasukkan ke dalam format iklan pernikahan, jangan lupa untuk mengatur tata letaknya, ya. Ini harus kamu lakukan agar iklan pernikahan jadi mudah dibaca dan enak dipandang.

Itulah sekian contoh iklan keluarga dari berbagai keperluan yang bisa kamu jadikan referensi. Ingat, hanya sebagai referensi loh, ya. Jangan maunya copy paste saja. Usahakan untuk mengedit dan menambahkan beberapa kalimat lain dan juga sesuaikan nama beserta tanggal acara kamu akan dilaksanakan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar