Contoh Iklan Institusi yang Baik untuk Citra Perusahaan

Bagi sebuah institusi komersil maupun tidak, adanya iklan tentu sangat penting. Sebagai penyampai pesan, iklan harus ada untuk memperkenalkan institusi tersebut.

Apalagi jika perannya sangat penting di masyarakat. Maka, pembuatan iklan perlu dilakukan dengan serius. Jika belum tahu bagaimana caranya, berikut ini akan saya berikan contoh iklan institusi.

Tapi sebelum itu, lebih baik dipahami dulu pengertian dasar dari iklan institusi.

Apa Itu Iklan Institusi?

Iklan institusi biasa dikenal dengan iklan yang dirancang khusus untuk melakukan promosi terhadap suatu citra sebuah institusi yang akan menambah minat serta permintaan produk yang ditawarkan. Ini bisa saja digunakan oleh institusi pemerintah maupun perusahaan.

Tujuan dibuatnya iklan ini biasanya untuk mengubah pemahaman publik tentang perusahaan atau institusi yang mengiklankannya. Kaitannya dengan keamanan dari produk, lingkungan perusahaan, dan beberapa masalah yang seringkali dihadapi dalam perusahaan.

Nah, kalau sudah ngiklan, biasanya pandangan masyarakat itu jadi bagus terhadap perusahaan. Misal nih, sewaktu-waktu perusahaan itu pernah dikabarkan membuat limbah di suatu daerah. Akhirnya, perusahaan merespon dengan membuat iklan dengan, “Kami berusaha semaksimal mungkin dalam pengembangan pengolahan limbah perusahaan,” dan yang sejenisnya lah.

Reputasi, citra, dan persepsi masyarakatlah yang disasar oleh iklan institusi.

Iklan institusi termasuk juga iklan non-komersil karena lebih menekankan pada branding atau upaya memperkenalkan tentang institusi tersebut. Iklan non-komersil selain iklan institusi, ada juga iklan keluarga, iklan personal selling, iklan lowongan kerja dan iklan public relation.

Setelah mengetahui pengertiannya, yuk lanjut saja pada contoh iklan institusi.

Contoh Iklan Institusi

Demi mengubah citra dan persepsi masyarakat tentang perusahaan maupun institusi lainnya, iklan insitusi bisa juga berupa iklan dukungan terhadap suatu program sosial.

Contoh Iklan Institusi untuk Program Sosial

Misalnya deh saat lagi ada program untuk bersih-bersih pantai dari organisasi non-profit pecinta alam. Perusahaan tertentu, nggak mau kesempatan tersebut disia-siakan. Langsung saja bikin iklan, bunyinya begini:

“Perusahaan kami menggunakan teknologi yang canggih dengan sistem penyaringan yang sempurna. Nantinya, sisa bahan olahan akan masuk ke dalam proses filterisasi agar tidak mengganggu lingkungan. Kami sangat mendukung upaya pembersihan lingkungan termasuk menjaga kebersihan pantai.”

Atau bisa juga:

“Sejuta pohon untuk masa depan anak-cucu yang lebih baik.”

Ya pokoknya yang gitu-gitu, biar citra perusahaan atau institusi kelihatan mendukung saja terhadap hal-hal yang baik atau jika nggak mendukung, iklannya berbentuk nilai-nilai baik yang ada dalam perusahaan. Jarang untuk mengiklankan produk secara langsung.

Contoh Iklan Institusional

contoh iklan institusi
Contoh Iklan Institusi

Kalau iklan institusional, itu bisa juga memakai contoh iklan pendidikan. Biasanya sih yang diutamakan adalah pesan yang terkandung. Terkadang juga berisi ajakan. Tujuannya, tak lain dan tak bukan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat. Atau minimal, memberi pengetahuan terhadap sesuatu.

Contoh Iklan Institusional dari Perusahaan Susu

Misalnya deh, iklan dari perusahaan susu anak. Itu mereka memberitahu dulu kalau ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kesuksesan anak di masa depan dan di akhir baru deh mereka bilang perusahaan mereka memproduksi susu untuk membuat masa depan anak yang lebih mantap. Contohnya begini :

“Tahukah, Bun. Anak-anak usia balita, sangat penting untuk dijaga nutrisinya. Dengan pemberian nutrisi dan gizi yang lengkap, perkembangan anak akan meningkat pesat. Berikan susu ABC untuk menjaga asupan nutrisinya. Anak aktif, orangtua bahagia, masa depan cerah!”

Begitu, awalnya itu memberi pengetahuan atau informasi terlebih dahulu. Kemudian baru deh masuk untuk mengiklankan perusahaannya.

Contoh Iklan Institusi dari Dinas Kesehatan

contoh iklan institusi
Contoh Iklan Institusi

Contoh iklan institusional tidak melulu soal komersial, tetapi iklan seperti ajakan di atas juga bisa. Apalagi jika iklan tersebut dilakukan oleh institusi terkait. Nah, ajakan untuk vaksinasi di atas juga tepat sekali karena langsung dari Dinas Kesahatan sehingga menambah kepercayaan masyarakat betapa pemerintah peduli dengan kesehatan.

Contoh Iklan Competitive Institusional

Sangat banyak contoh iklan corporate yang merupakan iklan competitive institusional. Contoh iklan institusi ini akan mengedepankan mutu dari perusahaan sendiri. Jarang ditemukan kalau iklan yang langsung mengarah pada produknya. Pokoknya segala yang baik dari perusahaan, itu langsung dijadikan konten di dalam iklan.

Apalagi jika perusahaan pembuat iklan memang memiliki keunggulan dari para kompetitornya. Maka sangat tepat untuk menggunakan iklan competitive institutional ini. Contohnya begini,

 “Garage Car Modification (GCM) telah dibuka untuk umum sejak tanggal 01 Agustus 2021. Kamu bisa memperbaiki mobil dan memodifikasinya sesuai dengan yang diinginkan. Dalam GCM, terdapat beragam jenis alat canggih untuk mendukung proses modifikasi. Mobilmu juga akan ditangani oleh dua puluh ahli modifikasi.

Sebelum melakukan modifikasi, pelanggan akan ditampilkan dengan gambaran ilustrasi yang disediakan oleh komputer canggih yang kami miliki. Pelanggan juga bebas untuk berkonsultasi sepuasnya tanpa dipungut biaya sepeserpun.”

Ya pokoknya yang berisi nilai-nilai, mutu, kualitas, atau apalah yang sejenis dengan itu dari perusahaan yang menggunakan iklan competitive institutional.

Itulah sekian penjelasan dan contoh iklan institusi yang mungkin bisa kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar