10 Contoh Iklan Display, Pengertian, Tujuan, dan Jenis

Saat ini perkembangan jaman semakin berkembang dengan pesat. Salah satu perkembangan yang dirasakan adalah adanya banyak pilihan untuk membuat iklan. Iklan yang bisa dibuat juga tidak terbatas iklan yang tampil di TV, tetapi lebih dari itu.

Dunia periklanan seakan dibuat semakin mudah dengan adanya pilihan untuk beriklan seperti mudahnya menjumpai contoh iklan display, iklan advertorial, iklan media cetak, iklan media elektronik, iklan internet, iklan luar ruangan dan lain-lain.

Jenis iklan pun ada banyak macamnya. Jika dilihat berdasarkan bentuk dan ruang, menurut Joko Briyandewo dalam tugas akhirnya “Jenis-jenis Iklan dan Teknik Persuasi dalam Tiga Puluh Iklan Surat Kabar Kompas Periode 2015-2017”, ada empat jenis yaitu iklan baris, iklan kolom, iklan display, dan iklan advertorial.

Sebelumnya Wong Cerdas telah membahas pengertian iklan advertorial beserta contohnya, nah kali ini kami akan berusaha menjelaskan mengenai iklan display. So, baca sampai habis artikel ini ya sobat.

Pengertian Iklan Display

Iklan display adalah jenis iklan yang tidak memiliki batasan dalam ruang dan lebih mengutamakan tampilan secara non-verbal seperti ilustrasi, grafis, gambar maupun foto untuk menarik pembaca.

Berbanding terbalik dengan iklan advertorial yang lebih banyak menggunakan sajian secara verbal atau ditulis dengan gaya editorial (jurnalistik). Biasanya iklan advertorial akan lebih banyak menyajikan data-data hasil riset, statistik, referensi ilmiah dan sejenisnya.

Iklan display lebih hemat soal penggunaan kata-kata karena memang yang ditonjolkan adalah dari sisi penampilan visual. Sedangkan penggunaan pesan non-verbal biasanya hanya sebagai penunjang dari iklan display tersebut.

Tujuan Iklan Display

Iklan display memiliki tujuan yaitu memberikan penawaran atau memperkenalkan suatu barang/jasa/gagasan dengan menonjolkan sisi visual agar banyak orang tertarik untuk melakukannya.

Dalam dunia bisnis, iklan display bertujuan untuk menyampaikan pesan agar pembeli tertarik untuk membeli produk atau jasa yang dijual.

Iklan display biasanya secara terang-terangan untuk menawarkan sesuatu, sedangkan iklan advertorial menggunakan promosi secara halus.

Bahkan iklan display dipercaya lebih mudah menggaet pembeli karena bentuknya yang menarik. Pengiklan biasanya akan membuat iklan display dengan desain yang kreatif dan menarik baik dari sisi ukuran, konten dan warnanya.

Jenis Iklan Display

Iklan display sebenarnya ada banyak jenisnya. Jika dilihat berdasarkan bentuknya, iklan display terbagi menjadi tiga yaitu iklan display persegi, iklan display vertikal dan iklan display horizontol.

Selain itu, jika dilihat dari medianya, iklan display akan banyak sekali jenisnya seperti media cetak, media elektronik, internet, luar ruangan, dan lain-lain.

Pada artikel kali ini Wong Cerdas akan menjelaskan jenis iklan display berdasarkan bentuknya.

1. Iklan Display Persegi

Sesuai namanya, jenis iklan display yang satu ini berbentuk persegi. Iklan display persegi adalah jenis iklan display yang biasanya berbentu kotak atau memiliki rasio desain 1:1. Umumnya, iklan display jenis ini digunakan sebagai poster, pamflet media sosial, selebaran dan sejenisnya.

2. Iklan Display Vertikal

Selain jenis persegi, iklan display juga memiliki bentuk vertikal (tegak ke atas). Dengan bentuknya yang memanjang ke atas, iklan ini umumnya mengambil space atau ruang yang lebih lebar ketimbang iklan display persegi. Iklan display vertikal biasanya akan mudah dijumpai di dalam media cetak seperti koran dan majalah.

Selain itu, iklan display vertikal juga umum digunakan untuk jenis iklan banner, x-banner, mini-banner, umbul-umbul dan lainnya.

3. Iklan Display Horizontal

Jika ada iklan display ukuran vertikal, tentu saja ada juga jenis iklan display horizontal. Iklan display horizontal adalah jenis iklan display yang memanjang ke kanan dan kiri (melebar ke samping). Iklan jenis ini mudah dijumpai di jalan raya dengan media iklan luar ruangan.

Ada banyak jenis iklan media luar ruangan yang menggunakan jenis iklan display horizontal yaitu baliho, banner, spanduk, dan sejenisnya. Pernahkah kamu melihat iklan display berbentuk horizontal di jalan raya? Iklan apakah itu? Sepertinya iklan yang sering kita jumpai di jalan raya adalah iklan politik, iklan properti dan iklan lalu lintas.

Sebelum membahas contoh iklan display lebih lanjut, sampai paragraf ini apakah sudah cukup jelas? Saya rasa sobat Wong Cerdas ini memang pada cerdas deh, pasti udah paham ya hehe.

Contoh Iklan Display

Iklan display bisa dibilang sebagai iklan yang sering digunakan oleh para pengiklan. Walaupun cukup mahal, tetapi iklan ini punya value yang besar untuk menarik calon pembeli.

Bagi kamu yang ingin mencari tahu bagaimana sih contoh iklan display itu, Wong Cerdas akan menyajikannya di bawah ini.

1. Contoh Iklan Display Makanan

contoh iklan display
Gambar Iklan Display Makanan
Sumber: Belanga Food Magazine by bcomm_publications

Contoh iklan display makanan yang pertama ini menonjolkan sisi gambar ayam goreng yang begitu menggoda. Penggunaan teks di sisi kirinya hanya sebatas pelengkapnya saja bahwa lagi ada promo dengan menggunakan kode promo yang tertera.

2. Contoh Iklan Display Minuman

Contoh Iklan Display
Contoh Iklan Display Minuman Herbal

Contoh iklan jenis display yang selanjutnya adalah iklan minuman herbal yang muncul di website. Jenis iklan ini merupakan iklan adsense atau pengiklan yang bekerja sama dengan Google. Iklan display yang membahas mengenai minuman herbal tersebut disajikan dengan lebih menonjolkan pada gambar, sedangkan teks hanya menjadi tambahan pemikat bagi pembaca.

3. Contoh Iklan Display di Koran

contoh iklan display di koran
Gambar Iklan Display di Koran
Sumber: ebooks.gramedia.com

Contoh iklan display yang selanjutnya adalah iklan berbentuk horizontal yang tampil di koran. Seperti contoh di atas, mungkin kamu sudah bisa menebak di mana lokasi ruang iklan yang disediakan. Yup, betul sekali contoh iklan yang ditayangkan seperti minuman Hi Calcium yang pertama di Indonesia tersebut.

4. Contoh Iklan Display LED

contoh iklan display
Gambar Iklan Display LED
Sumber: htldisplay.com

Pernahkah kamu menonton pertandingan sepak bola? Biasanya pertandingan seperti itu banyak disponsori oleh berbagai brand. Nah, salah satu bentuk kerja samanya adalah dengan menampilkan iklan display di pinggir-pinggir lapangan. Contoh iklan LED display bisa kamu lihat pada contoh gambar di atas.

5. Iklan Display dan Contohnya Produk Elektronik

contoh iklan display Elektronik
Gambar Iklan Display Elektronik
Sumber: Penayangan Google Adsense

Jenis iklan display pada contoh di atas adalah iklan display vertikal. Iklan yang ditampilkan memanjang ke atas. Seperti yang sudah dijelaskan, iklan display menonjolkan sisi visualnya di mana tampak lebih menonojol gambar laptop. Teks yang ada lebih sebagai pelengkap untuk mendorong seseorang untuk membeli produk tersebut.

6. Contoh Gambar Iklan Display Properti

gambar iklan display properti
Gambar Iklan Display Properti
Sumber: Penayangan Google Adsense

Rumah memang bisa dikatakan sebagai kebutuhan utama bagi manusia selain makanan. Rumah penting untuk menjadi tempat kita makan, tidur, beristirahat dan beraktivitas lainnya. Nah, contoh iklan display di atas adalah contoh iklan properti dengan model display atau iklan yang lebih menonjolkan visualnya.

7. Contoh Iklan Display Layanan Publik

contoh iklan display
Contoh Iklan Display
Sumber: Magazine on issue.com

Ini bisa dikatakan sebagai iklan display untuk jenis iklan layanan publik atau bisa juga iklan institusi. Dikatakan sebagai iklan untuk layanan publik karena transportasi KAI (Kereta Api Indonesia) adalah BUMN milik pemerintah. Dikatakan iklan institusi karena iklan ini ingin memperkenalkan layanan yang ada di KAI tersebut.

Kenapa disebut sebagai iklan display? Jawabannya adalah iklan ini porsi gambarnya juga lebih menonjol dan dikemas dengan menarik, ya walaupun ada beberapa teks sebagai penjelas.

8. Iklan Display Produk Kecantikan

gambar iklan display
Gambar Iklan Display Menarik
Sumber: IG @metmalbekasi

Rasanya iklan untuk produk kecantikan ini ada di mana saja, entah di media sosial, media cetak, televisi dan lain-lain. Pada contoh gambar iklan display di atas, saya peroleh dari instagram @metmalbekasi yang memang isinya banyak promosi atau iklan. Kenapa masuk sebagai iklan display? Saya rasa sobat Wong Cerdas sudah tau jawabannya ya hehe.

9. Iklan Display Bimbel

contoh iklan display
Contoh Iklan Display untuk Bimbel
Sumber: Penayangan Google Adsense

Saat ini bimbel memang naik daun, apa-apa butuh asupan tambahan. Entah emang karena di kelas guru kurang menjelaskan secara detail atau memang muridnya yang gak nangkep apa yang diutarakan oleh guru. Salah satu bentuk iklan pendidikan yang dikemas dengan jenis iklan display adalah iklan bimbel di atas.

10. Iklan Display Politik

contoh iklan display
Contoh Iklan Display
Sumber: tribunnews.com

Apakah mencetak banner termasuk iklan display? Iya betul. Dikatakan sebagai iklan display karena teks yang ditampilkan tidak banyak dan dipadu dengan gambar. Sampai sini saya rasa kamu sudah paham banget ya sama contoh iklan display.

Penutup

Iklan display adalah iklan yang tidak terbatas pada ruang dan lebih mengutamakan tampilan. Tampilan di sini lebih menonjolkan pada sisi non-verbal seperti ilustrasi, grafis, dan gambar yang menarik. Sedangkan, teks biasanya sebagai pelengkap agar dapat mendorong aksi seseorang agar mau melakukan apa yang diinginkan.

Demikian artikel mengenai contoh iklan display, pengertian, tujuan, jenisnya. Semoga bermanfaat ya sobat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar