10+ Contoh Iklan Advertorial, Arti, Jenis, Format (LENGKAP)

Sudah menjadi hal umum yang patut diketahui oleh para pebisnis mengenai iklan advertorial. Contoh iklan advertorial pun banyak bertebaran untuk menjadi referensi manakala ingin membuat sebuah iklan.

Iklan berguna untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa agar diketahui khalayak ramai. Kali ini Wong Cerdas akan mengulas mengenai contoh iklan advertorial sebagai salah satu bentuk iklan yang biasa digunakan. Penasaran ingin melihat contoh iklannya? Baca sampai habis ya sobat.

Pengertian Iklan Advertorial

Berdasarkan kamus cambridge, Advertorial didefinisikan sebagai berikut:

an advertisement in a newspaper or magazine that is designed to look like an article by the writers of the magazine.

Advertorial diartikan sebagai sebuah iklan yang berada di dalam surat kabar atau majalah yang ditulis menyerupai sebuah artikel dari majalah.

Mari kita lihat juga pengertian Advertorial menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Menurut KBBI, advertorial merupakan iklan yang berupa berita (bukan berupa gambar atau poster).

Baca juga:

Definisi dari Advertorial sendiri disusun atas dua kata dalam Bahasa Inggris yaitu Advertising dan Editorial. Advertising adalah penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui media massa untuk mempromosikan produk, jasa atau gagasan.

Sedangkan, editorial adalah sikap resmi dari seorang editor mengenai pendapatnya. Jadi, advertorial punya nuansa editorial karena menghadirkan sebuah pandangan, padahal tujuannya untuk mempromosikan produk, jasa, gagasan atau kegiatan.

Berdasarkan definisi di atas, bisa kita artikan bahwa iklan advertorial sebagai berikut:

Iklan advertorial adalah bentuk iklan yang berisi informasi penawaran yang disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik.

Fungsi dan Tujuan Iklan Advertorial

Iklan advertorial bertujuan untuk memberikan penawaran atau memperkenalkan barang/jasa/gagasan dengan bahasa yang halus kepada orang banyak agar tertarik untuk melakukannya.

Masyarakat bahkan tanpa sadar membaca iklan advertorial ini karena redaksi atau penulisannya yang serupa dengan berita. Walaupun demikian, pihak redaktur membuat ciri pada iklan tersebut dengan menuliskan kode seperti adv ( advertorial) di bagian pojok kanan atau kiri bawah, atau bisa juga di bagian sudut atas.

Bentuk advertorial di tiap media massa akan berbeda-beda, tergantung gaya penulisan dan format yang diberlakukan di media masing-masing. Walaupun setiap media massa punya gayanya tersendiri, iklan advertorial tetap punya ciri khas dari segi bahasa jurnalistiknya.

Pada intinya tujuan dari iklan advertorial ini adalah memberikan pesan atau informasi kepada pembaca serta mampu meyakinkan pembaca. 

Apa Keuntungan bagi Media ?

Iklan advertorial bisa dikatakan sebagai saluran yang efektif bagi perusahaan agar bisa terhubung dengan konsumen. Melalui adanya iklan advertorial di media, maka kredibilitas atau kepercayaan media di masyarakat akan meningkat. Khalayak akan percaya dengan objektivitas dari iklan advertorial yang dimuat menyerupai sebuah berita.

Dibandingkan dengan jenis iklan lainnya, iklan advertorial lebih detail dan lengkap sehingga bisa membantu konsumen untuk lebih memahami produk dan mempercayainya. Oleh karena itu, media harus menjaga kepercayaan publik dengan bekerja sesuai etika jurnalistik.

Konten bisa ditulis oleh biro iklan atau klien (orang yang ingin beriklan) itu sendiri. Media kemudian akan memberikan ruang iklan baik di situs web, koran atau majalah untuk dimuat.

Jenis Iklan Advertorial

Sebelum membahas contoh iklan advertorial lebih lanjut, mari kenali dulu jenis-jenis iklannya di bawah ini:

1. Iklan Advertorial Produk

Jenis iklan advertorial yang pertama ini adalah jenis iklan yang menyajikan mengenai produk atau barang yang ingin dijual kepada masyarakat. Pembahasan yang diulas biasanya berupa merek, jenis, keunggulan, spesifikasi, kualitas, keberadaannya dan hal-hal lain yang berkaitan dengan produk.

2. Iklan Advertorial Jasa

Jenis iklan yang kedua adalah jenis iklan advertorial jasa. Bentuk iklan yang disajikan berupa jasa yang ingin ditawarkan kepada publik agar diketahui. Contoh iklan advertorial yang ada biasanya berkaitan dengan kualitas jasa yang ditawarkan, perusahaan jasa, dan lain-lain.

3. Iklan Advertorial Korporat

Jenis iklan selanjutnya ini cukup asing pastinya didengar oleh kamu. Iklan advertorial korporat menyajikan pembahasan mengenai keberadaan dan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Biasanya iklan jenis ini digunakan untuk branding kepada masyarakat agar dikenal luas. Misalnya, bakti sosial oleh perusahaan A kepada masyarakat kurang mampu.

4. Iklan Advertorial Pemerintahan

Jenis iklan advertorial pemerintahan hampir mirip dengan advertorial korporat, bedanya jenis iklan ini yang melakukan iklan adalah pihak pemerintah. Melalui iklan advertorial pemerintah berharap setiap aktivitas atau kegiatan yang dilakukan bisa diketahui masyarakat. Contoh iklan advertorial yang akan ditampilkan seperti potensi pariwisata yang dimiliki daerah setempat, keberhasilan program tertentu dan lain-lain.

Karakteristik Iklan Advertorial

Sementara itu, jika kita melihat karakteristik iklan advertorial maka akan ada 8 sifat yang akan kita temui.

Berikut ini Wong Cerdas sajikan karakteristik atau sifat iklan advertorial yang ada. Apa aja? Yuk cek di bawah ini:

1. Informatif

Iklan advertorial adalah jenis iklan yang sangat informatif ketimbang iklan display yang hanya menampilkan gambar atau video saja. Informatif di sini maksudnya adalah iklan mampu memberikan pengetahuan perihal produk, jasa atau gagasan yang ingin dipromosikan kepada masyarakat.

2. Eksplanatif

Tidak hanya informatif, tentu saja iklan advertorial juga bersifat eksplanatif. Artinya, iklan ini menjelaskan dan menguraikan suatu produk, jasa, gagasan dan kegiatan secara langsung dengan gaya bahasa jurnalistiknya yang khas.

3. Interpretatif

Iklan advertorial juga punya karakter interpretatif yang akan menjelaskan atau menginterpretasikan informasi atas produk, jasa, gagasan, dan kegiatan secara detail dilengkapi dengan keterangannya.

4. Persuasif

Sudah pasti sifatnya persuasif. Persuasif adalah upaya untuk meyakinkan dan membujuk khalayak untuk mengikuti apa yang dikehendaki oleh penulis/si pengiklan.

5. Influentif

Selaras dengan adanya sifat persuasif, tentu iklan advertorial punya sifat influentif. Artinya, iklan advertorial bersifat mendorong adanya aksi atau tindakan dari khalayak.

6. Memuji

Karakteristik iklan advertorial yang selanjutnya adalah memuji. Sifat yang satu ini punya maksud bahwa iklan advertorial juga memberikan pujian atas informasi agar masyarakat tertarik dengan apa yang dituliskan.

7. Argumentatif

Artinya iklan advertorial punya sifat ingin membuktikan sesuatu dengan menguraikan pendapat atau deskripsi analitis mengenai produk, jasa, kegiatan atau gagasan.

8. Eksploratif

Advertorial punya sifat untuk menggali informasi lebih dalam untuk diberikan kepada masyarakat. Iklan ini bersifat eksploratif lebih menjawab pertanyaan mengapa dan bagaimana suatu produk, jasa, kegiatan, program, gagasan itu terjadi.

Format Penulisan Iklan Advertorial

Layaknya seperti artikel berita pada umumnya, iklan advertorial juga punya format penulisan yang sama. Penulisan sebuah iklan advertorial juga mengikuti kaidah penulisan jurnalistik yaitu dengan menggunakan rumus 5W+1H.

Rumus 5W+1H digunakan untuk memperkaya informasi yang disampaikan guna meyakinkan pembaca.

Adapun format tulisan iklan advertorial adalah sebagai berikut:

1. Pembuka (Intro)

Pada bagian ini, iklan advertorial ditulis untuk menarik perhatian pembaca sehingga membuat pembaca punya keinginan untuk membacanya hingga habis. Penulisan pada kalimat pembuka ditulis dengan gaya bahasa naratif, deskriptif, pertanyaan, epigram, kutipan, atau sapaan.

2. Tubuh Karangan

Format yang selanjutnya adalah tubuh karangan. Tubuh karangan juga biasa dikenal dengan isi iklan. Pada bagian ini advertorial akan menjelaskan inti pokok dari iklan secara detail.

3. Penutup Karangan

Format tulisan iklan advertorial yang terakhir adalah penutup karangan. Bagian ini berupa kllimaks dari isi iklan advertorial. Klimaks bisa berbentuk kejutan, pertanyaan, pernyataan, atau kesimpulan yang menegaskan iklan tersebut.

Baca juga yuk artikel tentang Contoh Iklan Radio.

Struktur Penulisan Iklan Advertorial

Sebuah tulisan punya struktur, termasuk iklan advertorial. Adapun struktur yang bisa digunakan di dalam iklan advertorial adalah:

  1. Berbentuk piramida terbalik (poin pentingnya terletak pada bagian pembuka)
  2. Berbentuk piramida biasa (poin pentingnya terletak di akhir)
  3. Berbentuk struktur kronologis (ditulis berdasarkan urutan waktu)

Contoh Iklan Advertorial

Setelah kita mengulas mengenai iklan advertorial mulai dari pengertian iklan advertorial, tujuan iklan, keuntungan bagi media, jenis iklan advertorial, karakteristik dan format tulisan. Selanjutnya, kita akan memberikan sobat Wong Cerdas contoh iklan advertorial untuk bisa dipahami. Berikut ini adalah contohnya.

1. Contoh Iklan Advertorial Produk Makanan

contoh iklan advertorial produk makanan
contoh iklan advertorial produk makanan

2. Contoh Iklan Advertorial Minuman

Contoh Iklan Advertorial Minuman
Contoh Iklan Advertorial Minuman

3. Contoh Advertorial Pendidikan

contoh iklan advertorial pendidikan
Contoh iklan advertorial pendidikan
Sumber: Majalah Jendela Dikbud

4. Contoh Iklan Advertorial Jasa

contoh iklan advertorial
contoh iklan advertorial jasa bidang telekomunikasi

5. Contoh Iklan Advertorial Jasa Telekomunikasi

contoh iklan advertorial
contoh iklan advertorial jasa

Berdasarkan contoh iklan advertorial jasa di atas menjelaskan terkait layanan jasa SMS Buruh Migran. Iklan di atas berusaha ingin memberitahu kepada khalayak mengenai cara penggunaan layanan SMS ini.

6. Contoh Iklan Editorial atau Advetorial

ASUS berhasil menerobos pasar dengan peluncuran ponsel terbaru miliknya. Ialah ZenFone Max M2 Pro dan ZenFone Max M2. Dari segi spesifikasi Ponsel ini punya kapasitas baterai 4.000 mAh.

Dari segi desain, ZenFone Max M2 punya layar sebesar 6,26 inci. Tentu sangat luas sehingga bikin kamu puas menatap layar ketika memutar video dan berselancar bermain game.

Pada bagian belakang, ada dua kamera belakang yang tertanam pada bagian kiri atas. Sedangkan, pada bagian tengahnya kamu akan menemukan sensor sidik jari. Ya, gadget terbaru milik ASUS support fingerprint.

Meski memiliki baterai yang besar, ponsel ini tidak terasa sangat berat. Ia juga masih cukup tipis sehingga bisa dimasukkan ke dalam kantong.

ASUS memasang dua kamera pada ZenFone Max M2, yaitu lensa 13MP yang dipadankan dengan lensa 2MP. Kamera M2 memiliki aperture f/1.8. Pada siang hari dan pada ruangan yang cukup cahaya, ponsel pintar ini cukup bagus untuk menangkap gambar.

Sumber lengkap dari Medcom.id

7. Contoh Iklan Advertorial Makanan

contoh iklan advertorial makanan
contoh iklan advertorial makanan
Gambar oleh: Kuliner Magazine Community

8. Contoh Iklan Advertorial Produk

Palembang, WongCerdas.com-Anak kecil pasti suka mainan. Pernahkah Anda terpikir untuk membelikan mainan lokal khas Indonesia kepada anak Anda? Jika belum, cobalah sejenak untuk membeli produk lokal cinta daerah dari Wong Kito Group.

Wong Kito Group merupakan perusahaan furniture yang bergerak di bidang peralatan rumah tangga. Salah satu terobosan terbarunya kali ini adalah boneka kayu berbalut songket.

Songket dipilih karena ingin menonjolkan budaya lokal khas Sumatera Selatan. Selain pempek, tentu saja Songket produk lokal yang terkenal.

Boneka kayu ini cocok sekali untuk dijadikan mainan anak, pajangan di rumah, kado dan lain-lain. Harganya pun cukup terjangkau hanya Rp35.000 untuk boneka ukuran kecil, Rp50.000 untuk boneka ukuran sedang, dan Rp75.000 untuk ukuran besar.

Nah, jika penasaran dengan produk Wong Kito Group ini silakan main ke website resminya di wongkitopacak.net atau instagram miliknya @wongkitopacak. (kia)

Contoh Iklan Advertorial Produk, Hanya Contoh dari Penulis saja ya.

9. Contoh Iklan Advertorial Korporat

Contoh Iklan Advertorial
Contoh Iklan Advertorial Korporat

10. Contoh Iklan Advertorial Pemerintahan

contoh iklan advertorial pemerintah
contoh iklan advertorial pemerintah

11. Contoh Iklan Advertorial Jasa Layanan SMS

contoh iklan advertorial
contoh iklan advertorial jasa

Penutup

Iklan Advertorial merupakan iklan yang dikemas dengan bahasa jurnalistik. Tujuan dari iklan advertorial adalah menginformasikan kepada pembaca mengenai produk, jasa, gagasan, kegiatan dengan halus sehingga membuat mereka tertarik untuk melakukan apa yang dikehendaki oleh penulis.

Ada beragam jenis iklan advertorial seperti advertorial produk, jasa, korporat dan pemerintahan. Kami juga melengkapinya dengan contoh iklan advertorial yang banyak.

Demikian artikel yang membahas secara lengkap mulai dari contoh iklan advertorial, pengertian, tujuan, jenis, karakateristik dan format tulisan. Semoga bermanfaat ya.

Tunggu terus artikel dari Wong Cerdas mulai contoh iklan display, contoh iklan kolom, contoh kata-kata promosi dan lain-lain. Tetaplah bersama kami, Cerdas Bersama!

Bagikan:

Tinggalkan komentar