Contoh Hard Skill dalam CV serta Pengertian dan Fungsi

Ada beragam syarat yang perlu kamu penuhi saat menulis CV untuk melamar pekerjaan dalam suatu perasaan. Salah satu yang dibutuhkan adalah hard skill. Nah, apa itu hard skill? Apa fungsi dari hard skill? Dan bagaimana contoh hard skill dalam CV yang baik dan benar?

Saya mulai dari pengertiannya dulu, ya. Ini berguna buatmu agar lebih paham tentang hard skill. Secara sederhana, hard skill dapat diartikan sebagai suatu kemampuan yang bisa diperoleh dengan latihan, repetisi, dan juga dari jalur pendidikan. Biasanya sih, hard skill ini merujuk pada kemampuan teknis dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Katakanlah seperti kemampuan menggunakan photoshop, word, power point, adobe illustrator, programming, dan beberapa skill yang sejenis. Kemampuan ini seiring berjalannya waktu bisa dikembangkan lagi dengan cara latihan dan juga repetisi setiap harinya.

Hard skill ini, merupakan suatu hal yang penting dimasukkan ke dalam CV. Hard skill yang dimiliki, tentu merupakan kemampuan yang paling dibutuhkan oleh perusahaan. Terkait hard skill yang dibutuhkan 2020 dan 2021, biasanya tidak jauh-jauh dari seputar keahlian promosi, programming, manajemen proyek dan beberapa jenis keahlian yang ada hubungannya dengan perkembangan teknologi.

Sedangkan, fungsi dari hard skill sendiri adalah agar suatu pekerjaan diselesaikan dengan baik oleh orang yang memiliki kemampuan terkait. Jika sesuai dengan kemampuan, maka hasil kerja yang didapatkan bisa semakin baik.

Mau lihat Contoh CV yang baik dan benar? Kami sudah merangkumnya di artikel ini. Klik Contoh CV Lamaran Kerja yang baik dan benar.

Yuk, tanpa panjang lebar silakan baca contoh hard skill dalam cv di bawah ini.

Contoh Hard Skill dalam CV

Contoh macam-macam skill sebenarnya hanya ada dua jenis, yakni soft skill dan hard skill. Namun kali ini, yang akan dijelaskan hanya contoh hard skill dalam CV saja. Khusus soft skill, akan dijelaskan di kesempatan lainnya.  

Hard skill yang dibutuhkan perusahaan saat ini tak pernah jauh-jauh dari manajemen, komputer, dan juga teknologi. Jika hingga saat ini kamu masih kebingungan mau mendalami keahlian apa, artikel ini sangat pas untuk kamu baca sebagai referensi keahlian yang akan kamu geluti.

Hard skill yang bisa kamu pelajari adalah penggunaan alat yang ada di dalam komputer. Saat ini, sangat banyak perusahaan yang membutuhkannya. Hard skill yang bisa kamu pelajari adalah microsoft office, manajemen sosial media, programming, mengerti tabel analisis, dan yang sejenis.

Kamu bisa mempelajari analisis data mining, manajemen resources, data engineering, data mining, dan semua jenis pengolahan data yang dibutuhkan untuk mengambil suatu keputusan.

Kamu juga bisa belajar tentang bagaimana manajemen proyek, pemasaran dengan SEO, SEM, Google Analytics, dan yang sejenis, desain UI/UX, Adobe, dan desain produk, dan banyak hard skill lainnya.

Contoh Hard Skill dalam Organisasi

contoh hard skill dalam cv
contoh hard skill dalam cv

Kadang juga perusahaan membutuhkan hard skill dalam organisasi. Yang bisa kamu pelajari tentu tidak jauh-jauh dari proses pembuatan struktur organisasi, manajemen jenjang karir, penentuan insentif, rekrutmen, mengadakan pelatihan, memotivasi, diplomasi dan beberapa hard skill lainnya.

Contoh keterampilan hard skill dalam CV ini akan membawa nilai plus bagi kamu di mata HRD. Tapi beberapa hard skill tersebut tidak bisa kamu miliki secara instan. Perlu serangkaian latihan yang keras dan juga belajar secara konsisten untuk bisa mendapatkannya.

Baca juga artikel lainnya tentang CV:

Contoh Hard Skill Administrasi

Contoh hard skill dalam CV jika kamu ingin menduduki posisi seorang administrator adalah kamu harus memiliki pemahaman mendalam terhadap beberapa program bikinan microsoft office seperti word, excel, dan juga power point. 

Ini berguna untukmu jika diberikan tugas untuk membuat laporan, merinci pengeluaran dan pemasukan perusahaan, dan juga menyiapkan presentasi di depan klien.

Kamu juga butuh keahlian dalam komunikasi. Dengan demikian, kamu bisa mengkoordinir teman sekantor agar bisa bekerja lebih jelas dan tentu lebih tepat saat pengerjaannya. Ini penting jika kamu diharuskan menyampaikan informasi terhadap orang-orang yang dibutuhkan untuk proyek tertentu dalam perusahaan.

Terakhir, kamu perlu memiliki manajemen waktu yang baik. Bagi seorang administrator, tentu mengatur waktu adalah salah satu tugas yang harus dilaksanakan. Mulai dari mengatur waktu pribadi hingga mengatur waktu rapat dan sejenisnya. Dengan ini, kamu tidak akan menyia-nyiakan waktu serta penggunaan waktu yang semakin efektif.

Semoga kamu paham ya yang kami maksudkan untuk contoh hard skill dalam cv.

Contoh Hard Skill Guru

contoh hard skill dalam cv
contoh hard skill dalam cv

Bagi kamu yang mungkin bercita-cita mulia menjadi guru pengajar di suatu sekolah, tentunya hard skill yang perlu dikuasai adalah materi pembelajaran yang akan diajarkan. Kamu harus menguasai serta mendalaminya agar ketika menjelaskan tidak berbelit-belit dan siswa sukar untuk mengerti.

Kamu juga harus belajar ilmu komunikasi agar ketika menyampaikan mata pelajaran, kamu tidak terlalu sering menggunakan bahasa-bahasa yang asing di telinga para murid yang kamu ajar. Dengan adanya skill komunikasi, kamu bisa loh menjadi guru favorit dari para murid.

Penguasaan kemampuan menganalisis assesment untuk mengembangkan proses belajar-mengajar juga penting untuk kamu pelajari. Jika pemberian metode belajar-mengajar memiliki ketepatan, maka para siswa dan murid akan lebih betah saat sekolah karena menguasai apa saja yang diajarkan.

Seorang guru juga harus memiliki skill manajemen dan juga perencanaan. Ini sama fungsinya, yakni agar perencanaan proses belajar-mengajar sampai pada tahap follow-up bisa dilakukan dengan cara yang efektif. Dan, ini semua adalah contoh hard skill dalam CV yang bisa kamu gunakan jika kamu bercita-cita ataupun jika kamu sudah menjadi seorang guru.

Baca juga artikel lainnya tentang CV:

Dengan diketahuinya contoh hard skill dalam CV, saya berharap kamu bisa mengembangkan dan memiliki ataupun mempelajari beragam hard skill yang banyak dibutuhkan saat ini. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar