Contoh Deskripsi Diri dalam CV Sederhana tapi Menarik

Kebanyakan orang ingin sekali mendapatkan pekerjaan layak. Iya iya lah, mana ada orang yang enggak mau dapat kerja yang bagus. Tapi sebagian orang juga enggak tahu apa yang perlu dipersiapkan, terutama pada CV.

CV ini menjadi sesuatu yang penting dalam melamar kerja, tapi sayangnya tidak semua orang bisa membuat CV yang bagus, terutama di bagian deskripsi diri. Nah, sebelum kamu membuat CV, usahakan kamu cari tahu contoh deskripsi diri dalam CV yang menarik.

Saya kali ini akan membahas mengenai itu. Tapi sebelum saya berikan contoh deskripsi diri dalam CV, saya akan berikan tips-tips-nya terlebih dahulu. Bagaimana agar deskripsi diri di CV menjadi menarik dan tidak klise sebelum saya berikan contoh ringkasan profil diri. Bagaimana tips membuat deskripsi diri di CV?

Tips Membuat Deskripsi Diri dalam CV

Kamu perlu tahu kalau di dalam CV ada banyak bagian. Dan bagian pertama yang terkadang menjadi daya tarik dan pertama kali dibaca oleh recruiter adalah ringkasan atau deskripsi diri. Lantaran menjadi yang paling penting, maka kamu harus membuatnya semenarik mungkin. Bagaimana cara menulis deskripsi diri di CV agar menarik? Berikut ulasannya.

1. Singkat

Yes, benar sekali, agar CV kamu menarik dan dilirik HRD, bikinlah deskripsi diri yang singkat. Tidak usah panjang-panjang kayak bikin artikel aja. Singkat tapi padat. Terpenting di dalam deskripsi diri di CV kamu sudah cukup bisa untuk menggambarkan siapa sebenarnya diri kamu. Hal itu sangat memudahkan perekrut untuk mengetahui kemampuanmu dengan cepat.

2. Apa Adanya

Usahakan kalau kamu bikin deskripsi diri dalam CV, buat sejujur-jujurnya dan apa adanya, jangan ada apanya, hehe. Maksudnya kamu enggak usah pakai bohong segala. Selain itu juga enggak usah terlalu melebih-lebihkan dirimu. Ingat, yang kamu hadapi itu HRD atau perekrut, bukan redaktur media.

Jadi mereka enggak bakalan terbius dengan kata-kata indah yang kamu rangkai di dalam CV. Malah jika kamu melakukan itu, bisa berakibat fatal dengan membuat kesan yang buruk di awal. Jadi usahakan enggak usah berlebihan menjelaskan diri kamu ya. Yang penting apa adanya dan bener-bener kamu kuasai.

3. Fokus ke Pencapaianmu

Tentu ini bukan untuk menyombongkan diri ya. Tapi ini agar HRD itu tertarik untuk merekrut kamu. Mengapa? Karena dalam deskripsi diri, kamu sudah menjelaskan prestasi atau pencapaian kamu. Perekrut kemungkinan besar akan langsung tertarik. Sebab ia tahu bahwa calon pekerja yang di hadapannya adalah individu yang berkualitas dan tentu saja profesional.

4. Tentukan Apa yang Ingin Ditonjolkan

Ketika membuat CV kamu harus tahu apa yang ditonjolkan. Begitu pula kamu bisa menaruh skill atau kemampuan yang ingin kamu tonjolkan di deskripsi diri. Namun dengan catatan, kamu harus menyesuaikan dengan lowongan kerja yang kamu daftarkan itu. Jangan sampai lowongannya waiters tapi skill yang kamu tunjukkan malah editing video.

5. Utarakan Jenjang Karirmu

Mengutarakan jenjang karir yang kamu harapkan, tidak ada masalah. Kamu bisa tambahkan tujuan karir kamu. Misalnya nih, kamu mendaftar sebuah posisi di perusahaan, kamu bisa menambahkan tujuan sekaligus harapan kamu ketika kamu sudah bekerja di perusahaan tersebut. Semisal tujuannya adalah naik pangkat, ya sebutkan saja. Itu bisa jadi membuat HRD tertarik karena kamu sudah punya rencana ke depan.

6. Percaya Diri

Dalam menulis itu yang dibutuhkan adalah percaya diri. Kalau kita enggak percaya diri, ya enggak bakal jadi tuh tulisan. Sama halnya dengan menulis deskripsi diri di dalam CV. Kamu harus yakin dan percaya pada diri kamu sendiri. Bahwa apa yang kamu tulis itu sungguh-sungguh menggambarkan diri kamu. Bisa dengan memakai kalimatmu sendiri yang sesuai dengan kemampuan.

7. Koreksi

Ketika kamu sudah selesai bikin deskripsi diri dalam CV, periksa kembali deskripsi diri yang baru saja kamu tulisan. Karena tulisan itu sangat krusial. Jadi kamu harus mengoreksi tulisan kamu sendiri. Setidaknya usahakan tidak ada kata yang typo, kalimat yang ambigu, dan lain sebagainya. Enggak lucu kan kalau deskripsi diri di CV kamu justru typo semua? Hahaha.

Kami sudah membuat berbagai Contoh CV Lamaran Kerja yang baik dan benar. Baca sekarang yuk! Klik Contoh CV Lamaran Kerja.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV

Setelah kamu membaca tips membuat deskripsi diri di atas, berikutnya saya akan memberikan beberapa contoh deskripsi diri dalam CV. Kamu bisa meniru contoh deskripsi diri dalam CV berikut ini, atau kalau kamu merasa bisa bikin yang lebih baik, ya silakan. Deskripsi diri berikut ini hanyalah contoh.

Contoh deskripsi diri dalam CV

Customer Service Specialist yang berpengalaman selama lima tahun. Mempunyai keahlian komunikasi interpersonal, problem solving, dan kreatif. Mampu meningkatkan loyalitas pelanggan hingga 70%.  Saya sedang mencari posisi supervisor agar karir di bidang manajemen bisa diteruskan.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV untuk Fresh Graduate Kampus

contoh deskripsi diri dalam cv
contoh deskripsi diri dalam cv

Baru lulus kuliah? Maka kamu harus tahu bagaimana membuat CV yang menarik. Terutama membuat deskripsi diri di CV fresh graduate yang memikat HRD. Nah, berikut ini contoh deskripsi diri fresh graduate yang bisa kamu pakai. Let’s go!

Contoh deskripsi diri dalam CV untuk Fresh Graduate 1

Lulusan S1 Komunikasi yang berpengalaman di bidang kehumasan. Pernah magang menjadi public relation di kantor pemerintahan. Memiliki kemampuan negosiasi. Saya sedang mencari kesempatan kerja untuk bekerja di bidang public relation.

Contoh deskripsi diri dalam CV untuk Fresh Graduate 2

Lulusan S1 Bahasa dan Sastra Indonesia yang berpengalaman di bidang editor majalah. Pernah menjadi editor majalah mahasiswa dan magang di industri penerbitan majalah lokal. Memiliki keahlian menulis dan mengedit tulisan. Saya sedang mencari posisi editor.

Baca juga artikel lainnya tentang CV:

Contoh Deskripsi Diri dalam CV untuk Fresh Graduate SMK

Setelah membaca contoh deskripsi CV fresh graduate, buat yang baru lulus SMK, tenang. Kamu masih bisa bikin deskripsi diri yang menarik, lho. Jadi enggak usah takut bersaing, karena SMK juga sama prestisiusnya dalam melamar kerja. Nah berikut ini saya ada contoh deskripsi diri dalam CV khusus buat kamu yang lulusan SMK.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV untuk Fresh Graduate SMK 1

Saya adalah lulusan SMK yang hobi desain grafis dan mengedit video. Punya pengalaman menjadi editor video pernikahan. Saya sudah terbiasa dengan deadline, mampu berpikir cepat, dan kreatif. Saya sedang mencari posisi editor video agar mengembangkan hobi sekaligus kemampuan saya.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV untuk Fresh Graduate SMK 2

Saya lulusan SMK otomotif. Pernah magang di Astra selama satu semester. Berpengalaman di bengkel motor. Telaten dan punya semangat tinggi dalam bekerja. Saya sedang mencari posisi sebagai montir agar mampu mengembangan keilmuan saya di bidang otomotif.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV untuk Fresh Graduate SMA

contoh deskripsi diri dalam cv
Contoh deskripsi diri dalam cv untuk SMA SMK Kuliah

Setelah tadi saya bikinkan contoh deskripsi diri dalam CV untuk lulusan kampus dan SMk, berikutnya adalah untuk lulusan SMA. Nah mungkin buat yang masih bingung, bisa enggak sih lulusan SMA bekerja di posisi strategis? Ya bisa, coba saja deskripsi diri di CV kamu bagus.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV untuk Fresh Graduate SMA

Lulusan SMA yang punya kemampuan komunikasi interpersonal. Bisa meraih rangking 5 besar, dua kali berturut-turut. Hobi membaca dan menghitung. Saya sedang mencari posisi untuk bidang pendataan atau yang berhubungan dengan komunikasi.

Oke guys, mungkin sampai sini dulu pembahasan mengenai tips dan contoh deskripsi diri dalam CV. Mudah-mudahan ulasan saya ini membantu kamu, terutama yang lagi semangat-semangatnya mencari kerja. Sudah jelas kan contoh kata-kata tentang saya di CV? Semoga kalian mendapat pekerjaan yang kalian inginkan ya. Semangat!

Baca juga artikel lainnya tentang CV:

Bagikan:

Tinggalkan komentar