Contoh CV Lamaran Kerja Menarik & Benar GRATIS Word Pdf

Melihat contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar perlu kamu lakukan sebelum membuat CV untuk melamar pekerjaan. Kamu gak mau kan, kalo CV yang dibuat ternyata gak sesuai yang diharapkan HRD? Nah, karena alasan itulah kami berbagi tips paling lengkap dan paling benar buat sobat Wong Cerdas.

Curriculum Vitae atau dikenal juga dengan CV merupakan gerbang pertama saat HRD menilai seseorang. Candra Gani salah seorang Founder dan CEO dari GoGoCourse bercerita perihal CV, katanya CV ini diibaratkan trailer dari sebuah film. Dengan trailer kita pasti memutar otak, bagaimana caranya orang bisa menilai suatu film itu bagus hanya dengan cuplikan video singkatnya saja.

Begitu juga dengan CV, kita berpikir mengenai cara agar orang membuat kesimpulan betapa kerennya kapasitas kita hanya dalam satu atau dua lembar kertas. Oleh karena itu, kami dari Wong Cerdas hadir untuk menjawab kebingungan kamu perihal contoh CV yang menarik dan benar.

Ingat sobat, menarik saja tidak cukup jika CV yang kamu buat itu salah. Lebih baik tampil sederhana, tetapi informasi yang disajikan di dalam CV itu benar. Kalau bisa sih dua-duanya dapet hehe. Nanti kami kasih contoh cv lamaran kerja yang baik dan benar ya. So, jangan skip skip aja artikel ini sob!

Daftar isi:

Pengertian Curriculum Vitae atau CV

Curriculum Vitae atau CV merupakan dokumen penting untuk melamar sesuatu baik itu pekerjaan, taaruf/menikah, beasiswa, organisasi, dana hibah, program penelitian, peran dalam dunia akademis dan lainnya. CV biasanya menjelaskan daftar riwayat hidup yang berupa data diri, pengalaman, prestasi, pelatihan yang diikuti, kegiatan ekstrakurikuler (minat, hobi) dan lain-lain.

Di banyak negara CV menjadi hal penting ketika mendaftar pekerjaan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi calon pemberi kerja (HRD) saat menyeleksi kandidat untuk tahap selanjutnya seperti wawancara kerja.

Ketika ingin mengirimkan CV dan dokumen lamaran lainnya, perusahaan biasanya punya cara masing-masing. Bisa dikirimkan dalam bentuk fisik melalui pos atau langsung ke perusahaan yang dituju, bisa juga melalui email. Bahkan saat ini beberapa perusahaan terbantu dengan adanya platform lowongan pekerjaan seperti Jobstreet, Linkedin, Karir, dan lain-lain.

Mungkin kamu pernah mendengar resume yang bisa dikatakan mirip CV. Tetapi, resume biasanya lebih ringkas dari CV. Perbedaan yang paling mencolok adalah dari jumlah halamannya. Dilansir dari Zippia, di Amerika Serikat mereka punya ketentuan bahwa resume hanya 1 halaman saja untuk menggambarkan keterampilan, pengalaman kerja dan referensi.

Sedangkan, contoh CV lamaran kerja umumnya bisa lebih panjang antara 1 hingga 2 halaman. Namun, jarang menemui halaman CV lebih dari itu. Walaupun demikian, CV sendiri tidak memiliki batasan jumlah halaman.

Orang Amerika lebih menyukai resume ketimbang CV. Kalau di Indonesia, perusahaan lebih banyak meminta CV sebagai dokumen lamaran pekerjaan ketimbang resume.

Mau tau lebih lanjut apa bedanya CV dan resume? Baca di artikel perbedaan cv dan resume ini.

Siapa yang Membutuhkan Curriculum Vitae atau CV?

Ternyata tidak hanya seseorang yang melamar pekerjaan saja yang perlu CV, ada beberapa profesi atau status lainnya yang perlu menggunakan CV. Seperti yang telah disebutkan di pengertian CV, dokumen satu ini penting karena meringkas tentang diri kita hanya dalam beberapa lembar saja.

Berikut daftar bidang atau profesi yang memerlukan CV dalam melamarnya:

1. Mahasiswa

Sewaktu saya duduk di bangku kuliah, beberapa kali pernah mengikuti suatu perlombaan yang mensyaratkan CV sebagai dokumen pendukung. Biasanya lomba karya ilmiah ada yang meminta CV untuk dilampirkan di belakang karya. Selain itu, CV juga sering digunakan untuk kebutuhan penelitian, pertukaran pelajar, organisasi dan sejenisnya.

2. Dosen, Peneliti, Profesor, dan Profesi Akademis Lainnya

Bagi para akademisi seperti dosen, peneliti, profesor dan sejenisnya, CV sudah menjadi bagian penting yang perlu dilampirkan. Biasanya CV yang mereka isi berupa penelitian yang pernah dilakukan, di mana penelitian tersebut dipresentasikan, pelatihan terbaru, pembicara, dan lain-lain. CV kerap digunakan untuk memperoleh dana penelitian, event ilmiah, dan hal lain seputar akademik.

3. Kedokteran

Umumnya CV dibutuhkan bagi orang yang ingin melamar pekerjaan, ternyata di bidang kedokteran juga butuh CV. Entah kamu seorang dokter yang sudah lama meniti karir atau dokter yang baru memulai, CV masih menjadi bagian penting untuk merekam perjalanan seseorang. Tidak hanya untuk dokter, seorang perawat atau asisten medis juga membutuhkan CV. Ini banyak juga lho contohnya yang perlu kamu ketahui nanti di bagian pembahasan contoh CV lamaran kerja di bawah ini.

4. Pelamar Program Magang, Beasiswa atau Dana Hibah

Beberapa instansi tertentu mensyaratkan CV untuk mendaftar program magang. Begitu juga dengan program beasiswa atau dana hibah. CV bisa menjadi tolak ukur pertama kali untuk menyeleksi calon pelamar yang sesuai kriteria yang diinginkan sebelum lanjut ke tahap berikutnya.

5. Hukum

Bagi seorang pengacara yang bekerja di bidang akademis, CV itu penting untuk merekam catatan akademisnya seperti kapan menerbitkannya, melakukan presentasi atau mengajar. Semua hal itu direkam dalam CV.

6. Job Seeker

Job Seeker atau pencari kerja sudah pasti memerlukan CV. Namun, perlu dilihat kembali ketentuan dari perusahaan yang akan dilamar. Apakah memerlukan CV atau resume, karena dua dokumen tersebut memiliki format yang berbeda.

7. Taaruf

Terakhir, mungkin kamu pernah mendengar yang namanya cv taaruf. Iya, curriculum vitae juga dibutuhkan bagi seseorang yang ingin mencari jodohnya. Taaruf berasal dari bahasa arab Ta’arafa – yata’arafu yang artinya saling mengenal sebelum menuju jenjang pernikahan. Contoh CV taaruf biasanya jauh lebih panjang ketimbang CV untuk melamar pekerjaan karena informasi tentang diri kita ditulis secara lengkap.

Apa yang Harus Saya Cantumkan ke dalam CV?

Informasi yang akan disajikan di CV antara satu pelamar dengan pelamar lainnya bisa saja berbeda-beda. Kamu bisa menyajikan informasi yang relevan sesuai pekerjaan yang ingin dilamar. Namun, beberapa pelamar kadang suka memasukkan semua apa yang ia capai.

Sebelum menulis sebuah CV, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah merenung. Iya, sebelum menulis CV alangkah baiknya kita merenung terlebih dahulu untuk mengenal lebih dalam tentang diri kita. Tanyakan ke diri sendiri, branding saya ini arahnya kemana? Kelebihan saya apa? Saya ingin dikenal menjadi sosok yang bagaimana? Dari sini kita bisa menarik sebuah kesimpulan tentang diri kita.

Lalu, setelah merenung kamu perlu menyesuaikan dengan posisi yang ingin dilamar. Banyak orang yang terlalu serakah ingin memasukkan semua prestasi yang pernah ia punya, mulai dari lomba catur, lomba volly, lomba menulis, dan lain-lain. Padahal yang ingin dilamar adalah posisi Graphic Designer (Desainer Grafis). Nah, hal inilah yang membuat CV kita gak nyambung (tidak jelas dan informatif).

Beberapa contoh CV lamaran kerja yang terkesan “gado-gado” ada banyak! Mereka beranggapan bahwa semakin banyak yang bisa dilampirkan maka semakin bagus, Big No ya gaesss. Teman-teman bisa masukin aja poin-poin yang selinier dengan posisi yang dilamar. 

Jika sobat Wong Cerdas sudah yakin akan menggunakan Curriculum Vitae sebagai salah satu dokumen lamaran pekerjaan, maka tak perlu risau nanti bisa baca contoh CV lamaran kerja yang akan kami sajikan. Sebelum itu, mari dibaca dulu poin-poin apa saja yang harus dicantumkan ke dalam CV.

Penasaran bagaimana poin-poin pada contoh cv yang benar ? Ini kami kasih bocorannya.

1. Personal Information

Personal Information atau informasi pribadi salah satu poin penting yang harus kamu masukkan ke dalam CV. Peletakkan yang tepat untuk Personal Information berada di bagian atas. Umumnya, personal information terdiri dari nama lengkap dan informasi kontak seperti nomor telepon, dan alamat email.

Tujuannya apa? Supaya kita bisa dengan mudah untuk dihubungi oleh pihak HRD atau orang yang membaca CV kita ingin mencari kita. Nah ada baiknya juga, kalau CV kita lebih dari 1 halaman, personal information ini kita jadikan header halaman, sehingga jika CV kita tercecer bisa dengan mudah disatukan kembali.

Jika ada ketentuan khusus untuk melengkapi beberapa detail lainnya, kamu bisa memasukkannya seperti informasi lengkap tentang diri anda baik nama lengkap, gender, tanggal lahir/usia, nomor kependudukan, status perkawinan, agama, ras, kebangsaan dan lain-lain. Kamu bisa menuliskannya jika hal tersebut diminta oleh pihak HRD. Namun, perlu diingatkan sekali lagi, kalau tidak diminta ya nggak usah dimasukin.

contoh cv lamaran kerja
contoh cv lamaran kerja bagian personal information

Coba deh sobat lihat contoh CV lamaran kerja di atas. Kesalahan yang kerap dilakukan dan dianggap umum di bagian personal information adalah mencantumkan foto. Jika tidak ada request khusus untuk mencantumkan foto, maka tidak perlu dicantumkan. Samuel Ray salah seorang youtuber yang telah 8 tahun lebih berkarir sebagai HRD, menyebutkan bahwa gak perlu nyantumin foto di CV.

Biasanya yang ada ketentuan untuk mencantumkan foto itu, jika mendaftar sebagai teller bank, model, sales promotion dan lain-lain. Namun, kalau tidak diminta sebaiknya tidak usah, karena itu akan menyebabkan subjektifitas dan menjadi bias pada penilaian CV. Balik lagi, CV itu bersifat objektif.

Sekali lagi, saya ingin menekankan bahwa ini adalah format secara umum yang baik dan benar. Rujukan dari pemateri HRD langsung dan beberapa sumber website luar seperti CVPlaza, Zippia, CVonline, dan lainnya. Jika nanti ada dari sobat Wong Cerdas yang mendaftar kerja/sekolah yang format CV-nya sudah disediakan oleh lembaga tersebut ya diikuti saja.

2. Summary

Summary atau ringkasan tentang diri kita. Bagian ini dikenal juga dengan deskripsi diri. Summary biasanya diisi dengan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, skill yang dimiliki atau konsen kamu di bidang apa.

Sobat bisa lihat summary pada contoh CV lamaran kerja di artikel ini:

Poin penting yang perlu kamu tekankan di summary ini adalah hal-hal yang positif dengan narasi tulisan yang objektif. Summary inilah bagian yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan diri kamu kepada HRD. Pastikan sobat menuliskannya secara ringkas dan tepat serta tidak bertele-tele.

Beberapa HRD kadang tidak mempermasalahkan kalau gak ditulis bagian ini. Saya rasa bagian ini bisa dikatakan opsional. Kalo dipakai bagus, gak dipakai juga gapapa.

Kak Candra Gani dari GoGoCourse dalam pembahasan Bedah CV, ia pribadi tidak menyarankan teman-teman untuk menulisnya karena 3 hal, yaitu:

  • Kita suka mengulang informasi yang sudah dituliskan di CV, seperti pendidikan, pengalaman, skill dll yang terkesan pemborosan dan menuh-menuhin CV aja.
  • Sebaiknya memang tidak perlu dituliskan karena berkas lamaran kerja tidak hanya CV, biasanya bareng dengan berkas lainnya seperti Cover Letter yang akan menjelaskan mengenai detail ketertarikan kita, pendidikan, pengalaman, alasan kenapa memilih posisi pekerjaan tersebut dan lainnya.
  • Bagian ini cenderung bersifat subjektif dan self claimed karena kita menjelaskan tentang diri kita kepada orang lain.

3. Education

Education atau Pendidikan merupakan salah satu bagian yang penting untuk dicantumkan. Bagian ini menjadi fokus pertama saat dilihat oleh HRD. Mereka akan melihat kesesuaian pendidikan kita dengan posisi yang kita lamar.

Misalnya, kita ingin mendaftar posisi Akuntan, jika latar belakang pendidikan sobat dari Jurusan Akuntansi maka tingkat kecocokannya tinggi. Alias nyambung gitu lho sob.

Namun, coba bayangkan kalau posisi yang dilamar adalah Desainer Grafis sedangkan latar belakang pendidikan dari Jurusan Akuntansi. Kalau seperti itu tidak nyambung, hanya saja jika si pelamar punya skill yang mumpuni dan pengalaman di bidang tersebut ya gak jadi masalah.

Saya bukan menakut-nakuti sobat untuk tidak mengambil pekerjaan di luar latar belakang pendidikan, gak ya hihi. Di sini saya hanya menggambarkan bagaimana HRD memandang pendidikan dan posisi kerja, apakah sinkron atau tidak. Tho ya memang saat ini banyak orang yang bekerja di luar jalurnya (latar belakang pendidikan yang ia tempuh).

format pendidikan di cv lamaran kerja
Format pendidikan di contoh cv lamaran kerja

Terlepas dari latar belakang yang berbeda dengan posisi yang diambil, jangan sampai lupa deh mencantumkan bagian ini ya sob!

Adapun pokok penting saat menuliskan pendidikan di CV adalah sebagai berikut:

  • Tidak perlu menuliskan semua jenjang pendidikan sobat dari TK, SD, SMP, SMK/SMA, S1, S2, S3, dan S lainnya. Cukup tuliskan 2 riwayat pendidikan terakhir. Ingat ya sob, 2 riwayat pendidikan yang terbaru! Khusus yang hanya lulusan SMA/SMK, teman-teman cukup lampirkan SMA/SMK saja tidak perlu SMP.
  • Bagi yang sedang kuliah atau lulusan perguruan tinggi/universitas, bisa lampirkan 2 riwayat pendidikan terakhir yaitu universitas dan SMA/Sederajat. Ditulis dari yang terbaru terlebih dahulu.
  • Nama universitas atau lembaga pendidikan kamu. Bagi lulusan SMA/SMK/MA bisa cantumkan nama sekolahnya.
  • Jenjang pendidikan yang diambil, misalnya D3, S1, S2 dll.
  • Jurusan atau bidang yang diambil.
  • Tahun kuliah atau sekolah. Ditulis dari tahun awal masuk hingga lulus.
  • Bisa jelaskan deskripsi diri kamu selama menempuh pendidikan di jenjang tersebut. Misalnya lulusan terbaik, pernah mendapatkan beasiswa, dan lainnya. (Jika pernah memperoleh beasiswa lebih dari satu, saya sarankan untuk membuat bagian khusus untuk beasiswa).
  • Beberapa HRD juga menyarankan untuk mencantumkan judul skripsi, disertasi, tugas akhir dan sejenisnya. Contohnya seperti contoh cv lamaran kerja yang dilansir di situs luar negeri Zippia. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan HRD jika skripsi/disertasi yang kamu cantumkan sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.
  • Nilai Ujian Akhir atau UN bagi lulusan SMA/Sederajat. IPK untuk lulusan perguruan tinggi.

4. Experience

Poin penting selanjutnya yang perlu sobat masukkan ke dalam CV adalah experience atau pengalaman. Banyak contoh cv lamaran kerja yang asal-asalan membuat bagian ini. Ada yang hanya menuliskan nama perusahaan tempat ia bekerja, tidak mencantumkan tahun, penjabaran posisi serta penjelasan mengenai pekerjaan yang ia lakukan.

Experience harus ditulis secara lengkap untuk memudahkan HRD dalam menilai diri kamu. Ingat sobat Wong Cerdas, HRD itu bukan dukun yang bisa menebak-nebak posisi apa yang kamu ambil sewaktu bekerja dulu, tahun berapa kamu bekerja, dan detail pekerjaan yang kamu lakukan. Yup, HRD bukan dukun yang tahu segalanya tentang kamu.

Bisa-bisa ia akan langsung skip cv lamaran kerja kamu. Gak mau kan terjadi seperti itu? Nah, oleh karena itu kamu bisa menuliskannya seperti gambar contoh cv lamaran kerja bagian pengalaman ini.

format pengalaman kerja di cv lamaran kerja
Format pengalaman kerja di cv lamaran kerja

Adapun cara menulis pengalaman kerja di CV lamaran kerja adalah sebagai berikut:

  • Pengalaman dibagi menjadi beberapa bagian yaitu pengalaman kerja, pengalaman organisasi, pengalaman magang, pengalaman kesukarelawanan dan lain-lain.
  • Penulisan seluruh pengalaman yang kamu miliki bisa digabung menjadi satu bagian yaitu pengalaman.
  • Penulisan pengalaman bisa dibuat sendiri-sendiri, misalnya kolom pengalaman kerja ada 3 pengalaman, kolom pengalaman organisasi ada 3 pengalaman dll.
  • Bagi kamu yang sebelumnya pernah bekerja, bisa cantumkan pengalaman kerja karena biasanya ini menjadi poin plus.
  • Bagi kamu seorang fresh graduated yang belum memiliki pengalaman kerja bisa cantumkan pengalaman magang dan pengalaman organisasi.
  • Jika kamu seorang fresh graduated yang belum pernah bekerja dan magang, bisa cantumkan pengalaman organisasi atau pengalam kesukarelawanan dan lainnya. Apapun itu terkait pengalaman yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.
  • Tidak perlu banyak-banyak, cukup 3 pengalaman terbaru saja yang kamu lampirkan. Pilih pengalaman yang paling baru, paling bagus menurutmu, dan paling relevan dengan posisi yang ingin dilamar.
  • Penulisan pengalaman yang benar cantumkan secara lengkap meliputi nama tempat kamu bekerja/organisasi, jabatan, tahun, deskripsi pekerjaan/organisasi yang kamu lakukan.
  • Penulisan pengalaman dari tahun yang paling up to date (terbaru).

Poin-poin di atas saya dapatkan dari diskusi Bedah CV lamaran kerja bersama GoGoCourse. Menurut Kak Candra Gani, ada 3 poin penting yang perlu sobat ingat. Berikut ini kutipan penjelasannya:

“Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis pengalaman ini adalah : (1) Pilih 3 saja pengalaman yang paling keren, relevan, dan up to date. Jangan terlalu banyak, karena si pembaca CV justru akan bingung dan tidak bisa menangkap inti pengalaman tema-teman karena kebanyakan.

(2) Berikan poin out, dijelaskan prestasi teman-teman di pengalaman tersebut. Misal, berhasil membesarkan sebuah start up dari valuasi 100.000 dollar menjadi 1.000.000 dollar dalam waktu 3 bulan. Atau berhasil meluncurkan satu produk baru di pasaran dan mendapatkan pelanggan sebanyak 1,5 juta pelanggan dalam waktu 1 tahun, atau berhasil mengadakan pertandingan basket yang diikuti oleh 30 SMA se-Kabupaten Musi Banyuasin, dll. Supaya si pembaca CV paham betul, skill dan pengetahuan apa yang kita punya di dalam pengalaman tersebut.

Dan (3) jangan lupa mencantumkan tahun, ditulis dari yang paling up to date.”

Kak Candra Gani – GoGoCourse

5. Skills

Skills atau kemampuan perlu kamu lampirkan sebagai pendukung untuk menguatkan posisi yang ingin kamu lamar. Simpelnya, bagian skill ingin mengatakan bahwa “Ini lho yang gue bisa.”

Dalam mencantumkan skill, perlu dilegitimasi dengan lembaga yang bisa dipercaya. Misalnya kamu punya kemampuan untuk mengoperasikan aplikasi Microsoft Office, nah kamu perlu menuliskannya di sini. Tidak hanya ditulis Microsoft Office saja, tetapi kamu perlu menuliskan lulus dari lembaga mana.

format kemampuan di cv lamaran kerja
format kemampuan di cv lamaran kerja

Contoh Skill yang bisa dilampirkan:

Content Marketing Certified, HubSpot Academy 2021

CIM, The Chartered Institute of Marketing 2020

MCSE, CISCO and Office365 Certifications 2019

Kamu juga bisa melampirkan keterampilan bahasa. Jika ingin melampirkan skill Bahasa Inggris harus dijelaskan nilai ITP dan dikeluarkan oleh ETS. Namun, jika kemampuan bahasa yang kamu miliki banyak, bisa dibuatkan bagian khusus kemampuan bahasa.

Pada bagian skill ini usahakan untuk tidak menuliskannya dengan angka persentase yang kita buat sendiri seperti 80% untuk Bahasa Inggris, 70% untuk skill pemrograman, 60% kemampuan untuk mengoperasikan Microsoft Office dan lainnya.

Begitu juga skill yang diukur dengan bintang-bintang, bulatan, garis, yang kita buat-buat sendiri. HRD akan sulit mengukurnya, parameter 80% itu seperti apa. Atau 4 bintang dari 5 bintang untuk Microsoft Office Word ini maksudnya apa? Lebih baik jelaskan bahwa skill yang kamu miliki diperoleh dari hasil kursus di lembaga yang telah memperoleh kepercayaan.

Jika sekarang kamu masih kuliah atau baru lulus kuliah, cobalah untuk mengambil kursus agar kemampuan yang kamu miliki terukur dengan sertifikat yang kamu miliki. Sudah kerja tapi udah resign? Gak ada salahnya untuk menambah kemampuan agar CV lebih kaya dan berbobot hehe.

Lalu untuk skill seperti teamwork, leadership, communication, creativity dan lain-lain tidak perlu kamu tulis di sini. Lho, kenapa gitu kak?

Semua kemampuan yang kamu tulis tersebut tidak bisa dilegitimasi oleh lembaga yang terjamin kredibilitasnya. Simpelnya, tidak ada ukuran yang jelas untuk ini. Solusinya gimana biar HRD tau kita itu punya skill yang seperti itu?

Kemampuan tersebut sudah tercermin dari pengalaman organisasi, pengalaman kerja, background pendidikan, dan lain-lain. Oleh karena itu, penting sekali untuk teman-teman menjelaskan detailnya.

Contohnya, kamu pernah menjabat sebagai Ketua BEM jelaskan pencapaian apa saja yang kamu peroleh dari sana, misalnya memimpin kepengurusan sebanyak 80 orang, berhasil mengadakan program bakti desa dll. Dari sana sudah tergambar skill leadership, teamwork dan lainnya.

Poin yang perlu kamu tuliskan di bagian skill atau kemampuan ini:

  • Tuliskan sertifikat yang kamu peroleh.
  • Cantumkan nama lembaga tempat kamu memperoleh sertifikat tersebut.
  • Cantumkan nilai jika ada ukuran nilai seperti nilai Toefl, ITP, IELTS, JLPT dll.
  • Jangan lupa untuk menuliskan tahun kamu memperoleh sertifikat tersebut.
  • Pastikan skill yang dicantumkan relevan dengan posisi yang ingin dilamar.

Baca contoh hard skill dalam cv juga yuk!

6. Professional Certifications

Selanjutnya yang bisa kamu lampirkan di CV lamaran kerja yaitu Professional Certifications atau Sertifikasi Profesional. Sertifikasi profesional menjadi poin plus jika yang kamu masukkan relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Misalnya, lamaran pekerjaan untuk posisi Akuntan. Nah, jika kamu punya sertifikat profesional bisa menjadi bukti bahwa kamu ahli atau mumpuni di bidang tersebut. Mengingat untuk lulus uji sertifikasi saja sangat susah.

Contoh Professional Certifications yang bisa dilampirkan untuk pelamar posisi Akuntan adalah Certified Public Accountant (CPA), Certified Internal Auditor (CIA), Certified Management Accountant (CMA), Chartered Management Accountant (CMA), Certified Professional Management Accountant (CPMA), Certified Information System Auditor (CISA), dan banyak lagi.

Ini hanya contoh saja, biasanya jenis pekerjaan di bidang jasa yang banyak memerlukan sertifikat bukti profesional. Sertifikasi profesi juga bisa dicantumkan bagi kamu yang ingin berprofesi sebagai dokter, apoteker, akuntan, pegawai pajak, digital marketer dan lain-lain.

7. Additional Training or Continuing Education

Pelatihan atau Pendidikan Lanjutan ini juga penting untuk dicantumkan. Terlebih lagi jika di tempat kerja yang sebelumnya, kamu sudah pernah memperoleh training atau pelatihan maka akan menjadi poin yang bagus untuk dicantumkan di sini. Dengan catatan additional training dan Continuing Education ini sesuai dengan posisi yang ingin dilamar.

Bagi pegawai lama, tambahan pelatihan seperti ini bisa membuka peluang untuk dipromosikan, naik jabatan, meningkatkan gaji, dan menambah kapasitas keilmuan.

Seminar yang pernah kamu ikuti juga bisa dicantumkan di sini. Bisa juga dimasukkan pendidikan informal di bagian ini. Ingat, jika berupa lembaga sertifikasi maka bisa cantumkan di bagian skills saja. Jadi, gak ada double informasi ya.

8. Honors and Awards

Bagi sebagian besar orang, prestasi merupakan hal yang membanggakan bagi diri sendiri. Ada dua jenis prestasi yaitu Honors and Awards. Maksudnya di sini prestasi itu bisa seperti memenangkan suatu perlombaan atau memperoleh penganugerahan.

Contoh prestasi untuk menang lomba seperti Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah, Juara 1 Lomba Essay, Juara 1 Lomba Video dan lain-lain. Sedangkan, penganugerahan bisa seperti Duta Perpustakaan Universitas, Duta Lalu Lintas, Puteri Indonesia, Mahasiswa Berprestasi dan sejenisnya.

Kalau lulus dengan predikat Cumlaude bisa taruh di sini? Bisa saja, tapi jangan menuliskannya dua kali di pendidikan atau di penghargaan. Saran saya kalau lulus dengan predikat, sebaiknya taruh di deskripsi penjelasan pendidikan di bagian yang kamu peroleh predikatnya.

Poin penting saat menuliskan Honors and Awards adalah:

  • Kamu perlu selalu menuliskan nama penghargaan, tahun perolehannya, tingkat atau cakupan wilayah lomba dan institusi tempat penghargaan itu diperoleh.
  • Sebaiknya, kamu juga harus menulis deskripsi singkat tentang prestasi yang kamu peroleh tersebut. Mungkin saja prestasi atau penghargaan tersebut tidak akrab didengar oleh HRD, jadi kamu perlu menjelaskannya secara singkat dengan memasukkan poin penting dari pencapaian tersebut.
  • Tulis prestasi yang memang secara langsung relevan dengan posisi yang kamu lamar. Usahakan untuk tidak menuliskan prestasi yang jauh dari posisi yang ingin dilamar.
  • Masukkan prestasi terbaru yang kamu miliki. Jika kamu adalah lulusan universitas, masukkanlah prestasi di ranah universitas saja. Tidak perlu menuliskan prestasi di jaman sekolah dulu.
  • Kamu juga bisa memasukkan jenis penghargaan ketika kerja di tempat kamu terdahulu seperti karyawan terbaik.

9. Publications and Presentations

Bagi kamu yang ingin berkarir sebagai dosen, peneliti, atau bekerja sebagai akademisi perlu melampirkan publikasi ilmiah dan presenter (mempresentasikan karya ilmiahnya) jika ada. 

Selain itu, melengkapi CV dengan berbagai karya ilmiah yang diterbitkan penting dilakukan ketika ingin memperoleh dana dari pemerintah. Biasanya para dosen yang perlu membuat CV seperti itu untuk dana penelitian dan lain sebagainya.

Kamu bisa menuliskan makalah akademis, jurnal ilmiah, karya ilmiah yang telah diterbitkan di bagian ini. Bisa tuliskan judul makalah publikasi yang kamu tulis sendiri atau ditulis bersama orang lain. Cantumkan nama makalah, tahun penerbitan, dan nama rekan penulis, jika ada.

Selain makalah yang telah dipublikasikan, sertakan juga makalah ilmiah yang telah dipresentasikan dalam konferensi atau pertemuan. Bisa sebutkan nama makalah yang dipresentasikan, nama agenda konferensi, dan tanggal makalah dipresentasikan. Dengan melampirkan ini, bisa menjadi poin plus jika kamu melamar di posisi akademik misalnya dosen.

10. Conference Attendance

Jika di poin sebelumnya mengenai publikasi dan presentasi karya milikmu, nah Conference Attendance ini adalah bagian yang memungkinkan kamu untuk menuliskan agenda konferensi yang pernah diikuti.

Hanya ikut sebagai partisipan saja, bukan sebagai orang yang mengisi agenda. Bisa dikatakan ini sebagai keikutsertaan dalam seminar. Kehadiran konferensi yang berkaitan dengan ilmu yang kamu tekuni itu penting sekali, bagian ini bisa menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa kamu selalu ingin update tentang pengetahuan.

11. Membership in Professional Organizations

Beberapa lowongan pekerjaan kadang meminta pelamar untuk ikut serta ke dalam organisasi profesi yang sesuai. Contohnya Akuntan bisa ikut serta ke dalam badan profesional IAI (Ikatan Akuntan Indonesia).

Bagian ini sebagian besar berlaku untuk posisi tertentu seperti akuntan, insinyur, surveyor, profesional TI, dan lain-lain. Kamu bisa membuat daftar semua badan atau asosiasi profesional yang kamu ikuti dan jelaskan status keanggotaanmu.

12. Grants or Funding

Hibah atau Pendanaan bisa dicantumkan di bagian khusus. Misalnya pernah memperoleh pendanaan untuk usaha dari pemerintah, memperoleh beasiswa dari pemerintah atau swasta dan lain sebagainya. Pastikan kamu menyertakan nama hibah atau pendanaan yang diperoleh serta tahun pemberiannya.

13. Language Skills

Bagian ini sebenarnya bisa digabungkan menjadi satu bagian umum di Skills. Namun, kamu bisa memisahkan ke bagian khusus Language Skills jika kemampuan bahasa yang dimiliki lebih dari dua.

Misalnya kamu sudah mampu Bahasa Inggris ternyata mampu juga bahasa asing lainnya, maka bisa tambahkan ke bagian khusus ini biar tidak bertumpuk di kolom Skills saja. Sertakan nama bahasa yang kamu mampu dan sertifikat yang kamu peroleh, misalnya Bahasa Inggris dibuktikan dari nilai ITP, TOEFL, IELTS dan lainnya.

14. References

Reference adalah orang yang mereferensikan atau menjamin bahwa memang benar kita ini memiliki kualitas yang bagus. Biasanya mereka adalah orang-orang yang siap dihubungi dan siap sedia untuk memberikan kita endorsement (pengakuan).

Misalnya, kita hendak melamar beasiswa ke Universitas Tokyo, nah dosen kita ketika S1 bersedia menjadi reference. Bisa juga ketika kita ingin mencari kerja dan bos kita sebelumnya bersedia memberikan endorsement bahwa kita pernah bekerja bersama beliau dan performanya bagus.

Singkatnya, bos di posisi pekerjaan kita sebelumnya ini bisa membuat kita lebih mudah mendapat pekerjaan baru karena bersedia dihubungi dan memberikan pengakuan tentang performa kita.

Pertanyaannya: Apakah Reference ini perlu dicantumkan di CV? Tentu saja opsional, kamu boleh memasukkannya agar menambah kepercayaan recruiter kepada kita. Selain itu, kamu juga bisa melihat format CV yang diberikan jika membutuhkan reference maka cantumkan reference. Jika tidak perlu, ya enggak usah dimasukkin deh, spacenya bisa diisi dengan hal lain.

Sebelum kamu mencantumkan bagian ini, hubungi terlebih dahulu orang yang akan siap menjadi reference. Mintalah izin kepada mereka karena biasanya mereka yang menjadi reference adalah orang yang sibuk. 

Poin apa saja yang bisa kamu tuliskan di bagian reference? Beberapa poin penting yang perlu dicantumkan seperti nama si pemberi referensi, jabatan, alamat, nomor telepon dan email. Contoh penulisan reference bisa dilihat di bawah ini:

contoh cv lamaran kerja bagian reference
contoh cv lamaran kerja bagian reference
Gambar: CVPlaza

15. Extracurricular Activities (Hobbies and Interests)

Aktivitas ekstrakurikuler atau bisa disebut juga sebagai hobi dan ketertarikan akan suatu aktivitas. Minat atau hobi bisa menjadi poin pendukung untuk CV kita. HRD bisa menilai apakah hobi yang kamu miliki sejalan dengan posisi yang ingin kamu lamar.

Contoh 1, kamu ingin melamar posisi sebagai Creative Designer. Setidaknya kamu punya hobi yang bisa memunculkan ide-ide kreatif khususnya di bidang desain. Misalnya hobi yang sejalan dengan posisi tersebut adalah:

Saya memiliki hobi untuk membuat desain one day one post tentang hikmah yang saya peroleh di hari itu. Saya akan membagikannya di feed instagram. Ketertarikan saya ini sudah berlangsung hingga tiga tahun terakhir. 

Setiap akhir tahun saya selalu merancang desain Calendar Planner untuk tahun berikutnya. Rancangan desain tersebut saya bagikan secara gratis dalam bentuk PDF agar mudah dicetak.

Contoh 2, kamu ingin melamar posisi content writer di salah satu media online terkemuka. Setidaknya hobi yang bisa sobat cantumkan bisa seperti ini:

Saya memiliki website pribadi dan sudah dimonetisasi. Setiap hari saya selalu menyempatkan diri untuk menulis topik bisnis dan teknologi di website.

Dilansir dari cvonline.me, berikut ini tips saat menuliskan hobi dan minat yang perlu kamu perhatikan:

  • Jangan menuliskan hobi atau minat yang sangat umum yang sering dilakukan oleh banyak orang seperti membaca, menonton, mendengarkan musik dan lain sebagainya. Kegiatan ini sangat umum dilakukan, sulit untuk HRD membedakan poin plus diri kamu dengan orang lain.
  • Kamu bisa mencantumkan hobi yang bukan suatu kegiatan umum yang dilakukan oleh banyak orang. Hobi yang bisa dicantumkan seperti membangun sebuah website, berkemah, bermain bola, ikut serta dalam kegiatan kepemudaan atau kesukarelawan dan lain-lain.
  • Maksimal cantumkan 2 saja hobi yang kamu miliki. Pastikan hobi tersebut punya poin plus agar HRD jatuh hati sama kamu *ehh.
  • Jangan hanya mencantumkan hobi atau minat saja. Kamu bisa jelaskan bagaimana kegiatan ekstrakurikuler ini mampu membentuk diri kamu atau menguntungkan bagi kamu dalam kehidupan sehari-hari.
  • Coba ukur hobi yang kamu miliki dengan angka seperti: Berapa tahun kamu mengikuti kegiatan ini? Berapa kali dalam seminggu kamu terlibat dalam kegiatan ini? Berapa banyak anggota tim yang kamu latih/pimpin? Berapa jarak yang telah kamu tempuh (bersepeda, berlari, memanjat, mendaki)?, dll.
  • Kamu bisa gunakan ikon untuk hobi dan minat agar lebih menarik untuk dilihat secara visual.
  • Terakhir, sobat perlu banget menimbang lagi apakah hobi yang dicantumkan ini mampu membantu kamu dalam memberikan informasi bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Jangan sampai bagian hobi dan minat ini hanya menjadi pemanis CV lamaran kerja saja.

Baiklah, saya sudah menjelaskan berbagai aspek yang bisa kamu cantumkan ke dalam CV lamaran kerja. Tidak semua poin-poin tersebut perlu kamu masukkan, yang paling penting adalah informasi yang disajikan relevan dengan posisi yang ingin kamu lamar.

Tidak ada salahnya jika satu orang punya banyak CV, misalnya kamu ahli sebagai programmer maka kamu bisa membuat CV khusus pengalaman kamu di bidang tersebut. Atau kamu punya keahlian juga di bidang kepenulisan, bisa juga membuat CV khusus untuk pengalaman-pengalaman yang relevan mengenai kepenulisan.

Saya juga punya dua pengalaman yang bisa saya buat dua CV; CV saya di bidang kepenulisan dan CV saya di bidang desain grafis. Ya gak jadi masalah sob, kamu bisa apply CV yang sesuai lowongan kerja.

Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Setelah sobat Wong Cerdas mengetahui poin-poin apa saja yang perlu dicantumkan ke dalam CV lamaran kerja, selanjutnya kamu bisa pelajari cara menulis cv lamaran kerja yang baik dan benar.

Ada banyak sekali contoh cv lamaran kerja yang beredar di internet, apakah contoh cv tersebut benar? Tentu saja tidak. Ada contoh cv yang asal jadi saja dan ada pula contoh cv yang memang ditulis secara baik dan benar.

Lalu, pertanyaannya seperti apa contoh cv lamaran kerja yang baik dan benar ?

CV lamaran kerja yang baik dan benar adalah cv yang berisikan informasi yang lengkap, relevan, dan tidak bersifat subjektif. Tujuan pembuatan cv adalah memberikan informasi yang jelas tentang diri kamu, “Ini lho saya, ini pengalaman dan kemampuan saya…”

Bagi sobat yang bingung cara menulis CV lamaran kerja yang baik dan benar, bisa ikuti panduan di bawah ini:

1. Gunakan Kertas Putih Polos

Kertas putih polos penting sekali untuk kamu pilih sebagai kertas untuk mencetak CV kamu nantinya. Warna putih yang polos akan mempu menyerap warna desain CV yang telah sobat buat. Selain itu, warna putih pada kertas dipilih karena akan memberikan hasil cetak yang lebih terlihat jelas.

Kertas yang bisa kamu gunakan untuk membuat CV lamaran kerja adalah kertas A4 80 gram agar memiliki kualitas yang lebih bagus untuk hasil cetaknya nanti.

2. Pilih Warna Desain CV yang Sederhana

Mungkin kebanyakan orang berpikir semakin berwarna sebuah CV maka semakin menarik. Dibuatlah CV-nya menjadi warna-warni dengan warna yang mencolok mata pula. No, ini bukan kontes membuat poster kawan! Ini adalah CV lamaran kerja yang memuat informasi tentang data diri kamu.

Usahakan pilih warna desain yang sederhana dan enak dipandang mata. Jangan membuat desain CV dengan warna mencolok seperti warna merah menyala, terus fontnya warna putih duhh jangan beb.

Pilihlah warna dominan putih sebagai latarnya, kemudian bisa dipadupadankan untuk warna lain sebagai penegasan per bagiannya. Kamu bisa menggunakan warna yang cenderung enak dipandang mata seperti warna biru, hijau tua, merah maroon/merah hati, dan warna lainnya sebagai warna untuk memisahkan antar bagian (bukan warna dominan).

3. Buat CV Lamaran Kerja antara 1-2 Halaman Saja

Mungkin kamu punya banyak materi yang bisa dimasukkan di CV seperti pengalaman organisasi, pengalaman kerja, magang, prestasi, pendidikan, kemampuan dan sebagainya. Jangan salah kaprah ya sob, nanti kamu mikirnya “Semakin panjang CV, maka semakin bagus”. TIDAK, pemikiranmu itu salah sob.

Beberapa HRD ada yang menyebutkan CV untuk fresh graduate tanpa pengalaman sebaiknya dibuak 1 halaman saja. Bagi kamu yang sudah punya banyak pengalaman, bisa membuat CV hingga 2 halaman. Cukup 1-2 halaman saja ya, jangan melebih-lebihkan. HRD hanya cuman punya beberapa menit untuk memandang CV milik kalian. Oleh karena itu, buatlah CV seringkas dan seinformatif mungkin.

4. Berikan Informasi yang Paling Relevan dengan Posisi yang Kamu Lamar

Cara membuat cv lamaran kerja selanjutnya adalah memberikan informasi di CV yang relevan dengan posisi yang ingin kamu lamar. Semakin relevan isi CV kamu dengan posisi yang dilamar, maka semakin besar peluang kamu untuk bisa lolos seleksi HRD.

Misalnya, kamu ingin melamar sebagai Content Writer di salah satu perusahaan Agency Jasa Tulis Artikel. Nah, berikanlah informasi yang relevan mengenai pekerjaan tersebut. Kamu punya pengalaman organisasi di komunitas menulis, pernah menang lomba menulis artikel, punya sertifikat Microsoft Office, punya hobi menulis artikel di blog pribadi, dan lain-lain.

Semakin spesifik informasi yang kamu berikan, maka CV tersebut semakin jelas sekali arahnya mau ke mana.

5. Usahakan Selalu Memberikan Informasi secara Kronologis

Banyak sekali contoh cv lamaran kerja yang salah bertebaran di internet. Sekali lagi saya ingin menginformasikan kepada sobat Wong Cerdas untuk jangan meniru contoh yang salah tersebut.

Emangnya salah bagian yang mana ya?

Kebanyakan contoh cv menyajikan informasi dari jaman lama, misalnya menyajikan informasi mengenai pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, hingga kuliah. JANGAN, ITU SALAH GAESS.

Berikanlah informasi dari yang terbaru, mulai dari pendidikan terakhir yang kamu ambil. Misalnya, berikanlah informasi dari tahun 2021, tahun 2020 dan seterusnya.

Tidak hanya menuliskan pendidikan yang dimulai dari tahun terbaru, tetapi begitu juga untuk bagian lainnya seperti pengalaman, prestasi, sertifikasi dan lainnya.

6. Perhatikan Ukuran Font dan Jenis Font

Cara membuat cv yang baik dan benar selanjutnya adalah memilih ukuran dan jenis font yang tepat. Font atau huruf menjadi faktor penting juga untuk memikat hati HRD.

Ukuran font yang sebaiknya kamu gunakan adalah ukuran 12 untuk isi CV dan 14-16 untuk Judulnya. Jangan sampai kamu abai dalam mengatur ukuran font ya sobat. Jangan terlalu kecil dan juga jangan terlalu besar, yang sedang-sedang sajaa hehe.

Lalu, jenis font apa yang bagus untuk digunakan di CV lamaran pekerjaan? Kamu bisa gunakan jenis font Calibri, Cambria, Arial, Lato, Helvetica, Avenir dan Georgia.

Menurut Glints, salah satu platform lowongan kerja, font-font tersebut bagus untuk digunakan dan membuat informasi yang disajikan terlihat lebih jelas.

Usahakan jangan menggunakan jenis font Times New Roman ya sob! Lho kenapa kak? Jenis font tersebut sudah banyak sekali digunakan sehingga membuat CV-mu kurang menonjol, alias biasa aja gitu lho.

7. Berikan Penegasan untuk Judul di Setiap Bagian

Ini salah satu trik untuk memikat hati HRD yaitu upayakan untuk judul diberi penegasan. Judul yang saya maksud tersebut seperti Personal Information, Education, Experiences, Skills, dan lain-lain.

Kamu bisa menegaskan setiap bagian CV dengan judul yang lebih menonjol. Cara membuat judul lebih menonjol bisa dengan menggunakan huruf KAPITAL, menebalkan hurufnya, memberikan garis bawah atau dimiringkan. Berikan warna yang berbeda untuk judul ini. Sedangkan, bagian isi usahakan menggunakan warna font hitam saja.

8. Gunakan Tata Bahasa dan Ejaan yang Benar

Salah satu cara membuat cv yang baik dan benar adalah dengan menggunakan tata bahasa dan ejaan yang benar. Hal ini dilakukan agar informasi yang disajikan di dalam cv bisa dimengerti dengan mudah oleh HRD atau tim recruiter. Gunakanlah bahasa yang formal agar memberikan kesan bahwa kamu punya pemikiran yang intelek.

Jangan mencampuradukkan bahasa di dalam cv. Kalau kamu mau menggunakan bahasa Indonesia, maka gunakanlah bahasa tersebut secara menyeluruh mulai dari judul dan isi CV. Begitu juga jika kamu ingin menggunakan bahasa Inggris, gunakanlah bahasa tersebut semuanya.

Oiya, tips penggunaan bahasa Inggris di CV dari Kak Candra Gani dari GoGoCourse, beliau menyarankan untuk CV gunakanlah Past Tense karena informasi di CV sudah pernah terjadi.

9.  Gaya Eksplisit Lebih Baik untuk Digunakan

CV bukanlah suatu karya puisi yang memungkinkan kamu untuk menuliskan kata demi kata dengan bahasa kiasan. CV harus kamu terangkan secara jelas dengan menggunakan kalimat yang baik dan benar. Penggunaan bahasa yang jelas bisa menghindari pemahaman yang tidak dimengerti oleh HRD.

Satu lagi, ketika sobat menuliskan isi di CV pastikan bahasa yang sobat tulis tersebut dapat dimengerti oleh HRD. Gunakanlah deskripsi penjelas, barang kali HRD tidak tau tentang hal tersebut.

10. Pilih Format yang Tepat (Doc atau PDF)

Terakhir, pastikan kamu memilih format cv lamaran kerja yang sesuai. Kamu perhatikan dulu pengumuman lowongan kerja yang diberikan, apakah diminta untuk mengirimkan cv format Doc atau PDF. Jika ada permintaan khusus, maka ikuti apa yang perusahaan minta ya sob.

Format cv lamaran kerja yang umum digunakan di Indonesia adalah format PDF. Namun, sobat Wong Cerdas juga perlu memperhatikan lagi apakah perusahaan menggunakan sistem ATS.

ATS atau (Applicant Tracking System) adalah sistem pelacakan pelamar kerja yang secara otomatis menyeleksi CV atau resume. Biasanya perusahaan multinasional yang menggunakan software ATS ini. Alasan mereka menggunakan ATS jelas saja karena para pelamar perusahaan tersebut sudah lebih dari seribuan.

Nah, jika sobat melamar ke perusahaan multinasional (perusahaan yang beroperasi di banyak negara) maka perlu mempertimbangkan untuk membuat CV yang ATS Friendly. Biasanya file berbentuk Doc atau Docx yang ramah ATS.

Jika kamu menerapkan 10 tips spektakuler mengenai cara membuat cv yang baik dan benar di atas, saya yakin CV yang kamu buat bisa memikat hati HRD. Dengan catatan, kualifikasi diri kamu sudah sesuai dengan harapan perusahaan.

Q&A Seputar Curriculum Vitae atau CV Lamaran Kerja

Masih bingung dan mau tanya-tanya? Kami sudah merangkum berbagai pertanyaan para pelamar kerja perihal CV yang baik dan benar. Berikut ini tanya jawabnya.

1. Bahasa apa yang bagus digunakan di dalam CV lamaran kerja?

Bisa gunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Kedua bahasa tersebut bagus digunakan. Sebaiknya gunakan bahasa Inggris untuk perusahaan internasional. Kalau perusahaan skala nasional atau regional, pakai bahasa Indonesia juga bagus. Poin penting adalah konsisten dalam menggunakan bahasa.

2. Biasanya saya melihat contoh CV lamaran kerja itu banyak yang didesign, mana yang lebih baik kak? CV yang didesign atau tidak ?

Tergantung permintaan dan kita ada di industri apa. Kalau ada permintaan khusus untuk di design, maka boleh didesign CV-nya sekreatif mungkin.

Selain itu, pertimbangan lainnya untuk melakukan design pada CV jika berada di industri kreatif. Biasanya industri kreatif seperti digital printing, content marketing, pekerjaan sebagai graphic designer, creative designer dan sejenisnya yang menuntut design yang atraktif dan kreatif. ya di design.

Namun secara umum, yang terpenting adalah CV kita mudah dibaca dalam waktu sepersekian menit, karena HRD atau recruiter CV tidak memiliki banyak waktu. Selama CV terlihat rapi, informatif dan fokus, itu sudah sangat baik.

3. Perlu ngga sih kita punya CV digital seperti di LinkedIn?

Tentu saja perlu, karena LinkedIn adalah platform media sosial yang menguhubungkan antara pemberi pekerjaan dengan pencari pekerjaan. Bisa kita sebut sebagar pasar tenaga kerja online terbesar. Kamu bisa membuat CV digital lebih mudah di LinkedIn dan mendaftar lowongan pekerjaan hanya klak klik saja.

4. Apakah tanda tangan di CV perlu?

Tidak perlu, karena CV bukan surat lamaran kerja.

5. Desain CV yang berwarna-warna mengurangi penilaian tidak ya?

Tergantung. Bisa disesuaikan dengan industri yang kamu lamar. Saran saya sebaiknya bikin cv yang sederhana saja karena sudah banyak perusahaan yang menggunakan ATS (Sistem Penyaring CV Pelamar)

6. Misalnya jurnal saya sedang masuk di editor untuk dipublikasi, perlu dimasukkan juga tidak ya di CV?

Sebaiknya masukkan jurnal yang memang sudah dipublikasi.

7. Apakah sekolah informal bisa digabungkan dengan sekolah formal?

Iya bisa digabungkan saja, jika sekolah informalnya hanya satu. Jika lebih dari satu bisa dipisahkan ya. Usahakan untuk memasukkan informasi yang relevan dengan posisi yang ingin dilamar.

8. Pengalaman kerja sosial atau volunter perlu dimasukkan tidak kak?

Boleh dimasukkan karena pengalaman secara umum bisa mencakup pengalaman kerja, pengalaman organisasi, pengalaman magang, dan pengalaman sebagai volunter.

9. Misalkan kalau saya tidak punya pengalaman kerja, organisasi, award, itu bagaimana kak? Apa tulis pendidikan dari SD saja?

Paling tidak harus ada yang menonjol banget yang bisa kamu cantumkan. Kalau tidak ada pengalaman kerja, bisa pengalaman organisasi, kalau tidak ada bisa prestasi atau pengalaman kesukarelaan. Bisa juga karya yang sudah diterbitkan seperti tulisan artikel di website, buku solo, bahkan buku antologi sekali pun tak masalah.

Kalau tidak ada juga? Hemm, sepertinya kita perlu meluangkan waktu untuk menambah pengalaman dan kemampuan diri. Karena sejatinya CV adalah gerbang pertama bagi recruiter untuk menilai diri kita.

Jangan ya menulis CV dari jaman baheulak seperti itu. Cukup tulis pendidikan sebanyak 2 saja yang paling terbaru.

10. Terus kalo seperti hobi sama sosial media itu perlu dicantumkan tidak kak?

Hobi boleh dimasukkan asal memang punya power atau relevansi dengan posisi yang kamu lamar. Intinya sih, kamu harus mikir apakah jika saya memasukkan hobi di CV ini bisa membuat HRD jadi lebih suka sama saya.

Media sosial boleh banget dimasukkan di CV asalakn media sosial tersebut menjadi tempat branding diri kamu. Misalnya, memasukkan LinkedInd atau Instagram. Namun, jangan masukkin media sosial yang masih sifatnya pribadi, suka curhat, dll.

11. Untuk lamaran kerja itu apa saja ya kak yg dicantumkan?

Untuk CV melamar kerja, apa yg ditulis di CV tersebut disesuaikan dengan posisi yg akan dilamar ya. Misal kita melamar menjadi developer android di Gojek, di CVnya lebih banyak mencantumkan prestasi2 kita di IT, dll.

12. Untuk CV beasiswa perbedaan nya apa aja ya kak dengan CV melamar kerja?

Pun untuk mendaftar beasiswa, disesuaikan dengan jurusan yg kita ambil…

sehingga potensi apa yg kita punya dan tulis di CV itu sesuai dengan kebutuhan mereka…

13. Apakah perbedaan CV & Portofolio ka?

Kalau CV itu menceritakan diri kita dari berbagai aspek, mulai dari latar belakang pendidikan, prestasi, pengalaman kerja sampai dengan skill yg dimiliki. Kalau portofolio itu rangkuman proyek kerja yang pernah kita kerjakan. Misalnya, kita seorang designer, nah nanti di portofolio itu isinya adalah rangkuman proyek-proyek design yang pernah kita kerjakan.

14. Jika kita akan mengikuti suatu kompetisi, misalnya Tenaga Kependidikan Berprestasi, yang disusun sebagai bahan lampiran tsb berupa CV atau Portofolio yah kak?

Kalau terkait ini, sebaiknya ditanyakan kepada panitia penyelenggara. Mereka membutuhkan yang mana.

15. Apakah kakak ada saran bikin cv yang mudah itu di mana?

Pakai canva saja, mudah banget deh. Teknisnya di jelaskan di bawah ini hehe.

Uuuh udah lengkap bangetkan materi+QnA di atas? Jika sobat Wong Cerdas juga punya pertanyaan, silakan ajukan di kolom komentar ya! QnA ini saya peroleh dari hasil diskusi dari GoGoCourse dan ada tambahan dari saya juga.

500+ Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik di Canva

Contoh CV Lamaran Kerja
Contoh CV Lamaran Kerja Menarik di Canva

Sengaja hanya saya tulis contoh cv lamaran kerja yang menarik saja, karena cv yang menarik belum tentu benar dan lengkap penyajian isinya. Namun, kita perlu berbahagia karena platform bernama Canva hadir membantu kita.

Apa itu Canva? Canva adalah alat bantu desain yang membantu seseorang dalam memudahkan pekerjaannya di bidang desain. Keunggulan Canva yang paling digemari oleh orang-orang yaitu Canva mampu membuat desain tanpa mengenal waktu dan bisa diterbitkan kapanpun.

Platform alat bantu desain ini sudah diluncurkan sejak tahun 2013, hingga saat ini sudah ada 15 juta pengguna aktif bulanan. Kehadiran Canva adalah kabar gembira bagi sebagian besar orang, terkhusus bagi mereka yang kurang ahli dalam membuat desain.

Canva sangat mudah untuk digunakan dalam pembuatan desain seperti undangan, CV lamaran kerja, kartu ucapan, poster, desain pamflet media sosial, dan banyak lagi.

Saya sudah menghitung ada lebih dari 500 desain contoh CV lamaran kerja di Canva yang siap untuk kamu edit. Ini yang baru saya hitung, ketika scroll ke bawah ternyata masih banyak lagi coyy.

Namun, ada hal penting yang perlu saya sampaikan. CV lamaran kerja yang menarik saja belum cukup untuk menggaet hati HRD, kamu perlu membuat CV secara baik dan benar seperti yang sudah saya jelaskan di paragraf Sebelumnya.

Bagi sobat yang bingung cara edit di Canva sini saya kasih tau caranya. Berikut ini langkah-langkah mendesain di aplikasi membuat CV lamaran kerja dari Canva:

  1. Silakan membuat akun canva terlebih dahulu. Canva bisa menggunakan HP dengan mendownload aplikasi canva terlebih dahulu di Playstore. Canva juga bisa diakses melalui laptop dengan mengunjungi website canva.com.
  2. Agar lebih leluasa dalam mengedit CV, sebaiknya gunakan laptop dan edit melalui website canva.
  3. Pendaftaran akun bisa menggunakan facebook maupun akun google. Saya sarankan untuk mendaftar akun canva dengan login google saja biar lebih mudah masuknya nanti.
  4. Jika sudah mendaftar, silakan pergi ke halaman https://www.canva.com/id_id/resume/contoh/ ini.
  5. Pilih salah satu template desain CV lamaran kerja yang menarik.
  6. Klik “Sesuaikan template ini” untuk mengedit desain CV dengan susunan yang baik dan benar.
  7. Jika sudah selesai mengedit desain CV, selanjutnya kamu bisa mengklik ikon unduh yang ada di bagian atas pojok kanan (Ada ikon tanda panah ke bawah).
  8. Pilih jenis file yang diinginkan, biasanya format PDF untuk CV lamaran kerja yang baik.
  9. Terakhir, klik unduh dan CV lamaran kerja kamu siap untuk digunakan secara cuma-cuma tanpa bayar.

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk mengedit CV di canva? Gampanglah hehe.

⚠️PERHATIAN⚠️

Bagi kamu yang merasa tidak tahu cara edit desain cv di canva, tidak punya waktu untuk membuat cv, tidak mengerti format cv yang baik dan benar, dan masalah lainnya. Tenang sob, kami membuka JASA EDIT DESAIN CV LAMARAN KERJA yang Baik dan Benar.

Khusus pengunjung website Wong Cerdas, kami kasih diskon 50%. Hanya dengan Rp50.000 kamu sudah bisa memperoleh CV yang kamu inginkan. Tentu saja ini lebih murah dan bisa menghemat waktu kamu. Silakan Hubungi kami di 085357595362 (WA/HP).

Bedah Contoh CV Lamaran Kerja yang Benar dan Salah

Setelah mengetahui poin penting yang perlu dimasukkan dan cara penulisannya yang benar, maka kami Wong Cerdas akan berusaha membedah contoh cv lamaran kerja ini.

Ada banyak sekali website di luar sana yang membahas topik contoh cv lamaran kerja ini. Bahkan mereka mengklaim artikel mereka paling benar dengan contoh cv yang diberikan. Namun, saya yakin kamu pasti bingung apakah contoh cv tersebut benar seperti itu format yang diinginkan HRD.

Tenang sob, Wong Cerdas akan membantu kebingunganmu. Kami juga menyampaikan saran yang paling valid langsung dari HRD.

Sebelum kami memberikan contoh cv lamaran kerja yang benar, yuk dilihat dulu bedah cv yang salah di bawah ini.

Contoh CV Lamaran Kerja yang Salah 1

contoh cv lamaran kerja
Contoh cv lamaran kerja yang salah
Sumber: bergaya.id

Mari kita bedah contoh cv lamaran kerja yang pertama ini. Sekilas seperti contoh cv yang umum dipakai oleh orang-orang ya kan sob? Ada yang salah gak sih menurutmu contoh cv di atas? Bagaimana ada yang salah gak nih hehe.

Ya, banyak sekali yang salah. Wong Cerdas akan merumuskan beberapa poin kesalahan yang ada pada CV tersebut. Berikut ini poin kesalahan pada contoh cv lamaran kerja yang pertama:

  1. Tidak perlu menuliskan kata “Curriculum Vitae”. Btw, HRD itu pinter lho. Gak perlu dikasih tau kalo ini CV, mereka sudah tahu sendiri.
  2. Tidak perlu menampilkan foto, kecuali jika diminta oleh perusahaan. Namun, memang beberapa HRD tidak mempermasalahkan hal ini. Ada juga HRD yang menentang untuk dimasukkan foto. Cari aman saja, gak perlu untuk dicantumkan. Balik lagi, tujuan CV adalah membuat daftar tentang diri kita seobjektif mungkin.
  3. Sebaiknya penulisan kata “Biodata Pribadi” diubah menjadi Informasi Pribadi.
  4. Tidak semua tentang personal information perlu dicantumkan. Di bagian ini sebenarnya sudah cukup untuk mencantumkan nama, alamat, email, nomor hp, dan link akun linkedin (opsional).
  5. Pada contoh cv lamaran kerja tersebut, ia mencantumkan seluruh riwayat pendidikan yang dimiliki dari TK hingga kuliah. SALAH CUY. Cukup kasih 2 riwayat pendidikan terakhir saja yaitu SMA dan Kuliah.
  6. Contoh cv di atas pada kolom pendidikan, ada informasi yang kurang. Bagian lulusan SMA, harap cantumkan jurusan dan tuliskan nilai ujian akhir/UN. Bagian universitas sudah dituliskan jurusannya, namun IPK tidak dicantumkan. Harusnya contoh cv lamaran kerja yang baik dan benar itu perlu dicantumkan IPK/Nilai yang kamu peroleh.
  7. Pengalaman Organisasi sudah oke ada nama organisasi, tahun dan jabatan, namun masih kurang penjelasan pencapaian apa yang kamu lakukan di organisasi tersebut.
  8. Contoh CV di atas salah dalam penyusunan pendidikan dan pengalaman organisasi. CV yang baik dan benar ditulis dimulai dari tahun yang paling terbaru. Kalau pendidikan tulis yang lulusan universitas dulu, baru SMA. Begitu juga pengalaman organisasi, tulis yang paling baru dulu.

Contoh CV Lamaran Kerja yang Salah 2

contoh cv lamaran kerja
Contoh cv lamaran kerja yang salah
Sumber: gasbanter.com

Bagaimana dengan bedah contoh cv yang pertama tadi? Masih belum puas ya sob? Ini nih kami bakal lanjut bedah contoh CV dari website sebelah.

Ingat ya sobatku, contoh cv lamaran kerja yang menarik saja tidak cukup! Poin pertama yang perlu dilakukan adalah menyusun isi dari cv secara baik dan benar. Siapa tahu dari awal penyusunan CV secara benar bisa membuat HRD jadi suka sama kemampuan yang kamu miliki.

Tanpa panjangnya basa-basi lagi, yuk deh kita bedah contoh cv yang selanjutnya.

Berikut beberapa kesalahan yang ada pada contoh cv lamaran kerja kedua serta saran perbaikan:

  1. Tidak perlu menuliskan Curriculum Vitae.
  2. Tidak perlu mencantumkan foto, kecuali jika diminta.
  3. Tidak perlu menuliskan kalimat “Yang bertanda tangan di bawah ini…”. Itu maksudnya apa sih nulis kayak gituan? Wkwkwk maaf ya yang punya CV, entah beneran CV atau contoh CV asal buat, pokoknya maaf. Biasanya penulisan seperti itu sering digunakan untuk menuliskan surat pernyataan dan sebagainya, bukan ditulis di CV.
  4. Tidak semua tentang personal information perlu kamu cantumkan. Cukup cantumkan nama, alamat, email, nomor hp, dan link akun LinkedIn (opsional) atau akun profil sosialmu yang menunjukkan personal branding.
  5. Riwayat pendidikan ya tidak semuanya ditulis, cukup 2 riwayat pendidikan terbaru saja. Ini kesalahannya samalah kayak contoh cv lamaran kerja yang pertama tadi. Semoga teman-teman makin paham yah.
  6. Riwayat pendidikan harus ditulis dari tahun terbaru.
  7. Tulis jurusan apa yang kamu ambil saat SMA dan kuliah. Ingat, HRD bukan peramal.
  8. SMA cantumkan nilai ujian akhir/UN. Kuliah cantumkan IPK. Sekali lagi ingat sobat, HRD bukan peramal yang hobi nebak-nebak. Peramal aja belum tentu teruji kebenarannya wkwkwk.
  9. Pendidikan informal juga begitu, kasih tau nilainya agar bisa menjadi tolak ukur bagi HRD.
  10. Boleh dipisah pengalaman kerja dan pengalaman magang.
  11. Penulisan pengalaman ditulis dari tahun yang terbaru, bukan dari tahun jaman baheulak.
  12. Kurang detail apa saja yang kamu lakukan saat bekerja dan magang. Bisa paparkan poin-poin pencapaian yang diperoleh.

Contoh CV Lamaran Kerja yang Benar 1

Contoh CV Lamaran Kerja
Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Silakan teman-teman perhatikan susunan format CV lamaran kerja di atas. Sudah sesuai dengan kemauan HRD, bukan? Yup, betul sekali. Beginilah contoh cv yang baik dan benar serta disukai HRD. Walau terlihat sederhana, isi dari CV itu yang menjadi perhatian.

Usahakan untuk membuat CV kamu seperti format dan cara penulisan poin-poin yang sudah saya berikan di paragraf sebelumnya. Oiya, khusus bagian referensi itu tidak harus dicantumkan. Jika tidak diperbolehkan mencantumkan referensi, maka tidak perlu dimasukkan ya.

Ada beberapa alasan kenapa contoh cv lamaran kerja tersebut benar, berikut penjelasannya:

  • Personal Information sudah benar, cukup mencantumkan nama, alamat, email, nomor HP, media sosial sebagai branding diri (opsional).
  • Profil diri atau summary ini meringkas tentang diri, kemampuan diri, dan pengalaman yang ia miliki di bidang tersebut sudah benar.
  • Penulisan pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, kualifikasi dan kemampuan, sudah ditulis dengan benar. Hal ini ditandai dengan menuliskannya secara kronologi mulai dari yang terbaru.
  • Hobi dan ketertarikan yang ia cantumkan juga memberikan value atau nilai lebih atas dirinya terkait posisi yang ia lamar. Tentu saja melihat keseluruhan isi CV tersebut, kita tahu bahwa Reskia Ekasari ini ingin mendaftar di posisi Content Writer.
  • Referensi sifatnya opsional, lebih bagus dicantumkan ketika perusahaan memintanya.

Nah, bagaiman sobat Wong Cerdas? Begitulah kira-kira contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar.

Contoh CV Lamaran Kerja yang Benar 2

Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh CV lamaran kerja yang benar selanjutnya juga sudah menerapkan cara membuat cv yang baik dan benar. Tentu kalau kamu sudah membaca artikel ini dari atas, pasti sudah paham dengan apa yang saya maksudkan.

Sekali lagi, bagian pendidikan cukup riwayat pendidikan untuk dua tahun terakhir saja. Jangan sampai salah seperti cv yang sebelumnya ya sob!

Contoh CV lamaran kerja yang kedua ini bisa kita katakan benar secara penyajian isinya. Kenapa benar? Begini alasannya:

  • Ada nama si pelamar kerja. Ia melabelkan dirinya sebagai pengembang software. Hal ini bisa dikatakan benar jika itu yang ia lakukan yakni dalam pembuatan dan pengembang software. Cocok bagi perusahaan yang ingin mencari jasa yang jelas sudah menekuni bidang tersebut.
  • Profil diri sudah benar, ada penjelasan tentang “power” yang ia miliki dan berapa lama ia menekuni bidang tersebut.
  • Sertifikat pelatihan sudah benar, bisa juga diubah dengan menggunakan kata-kata “Pengalaman Pelatihan Kerja”.
  • Informasi pribadi hanya mencantumkan alamat, email, dan website sebagai portofolio (jika ada). Ini bisa ditaruh di atas, namun di bawah juga tidak jadi masalah.
  • Jika kamu sudah mempunya pengalaman kerja, bisa taruh di bagian atas sebelum pendidikan. Hal ini dimaksudkan bahwa kamu ingin recruiter melihat pengalaman kerjanya terlebih dahulu. Penulisan pengalaman kerja dan pendidikan sudah benar, baik dari segi penyajian informasi dan urutan kronologinya.
  • Personal Information sudah benar, cukup mencantumkan nama, alamat, email, nomor HP, media sosial sebagai branding diri (opsional).
  • Profil diri atau summary ini meringkas tentang diri, kemampuan diri, dan pengalaman yang ia miliki di bidang tersebut sudah benar.
  • Penulisan pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, kualifikasi dan kemampuan, sudah ditulis dengan benar. Hal ini ditandai dengan menuliskannya secara kronologi mulai dari yang terbaru.
  • Hobi dan ketertarikan yang ia cantumkan juga memberikan value atau nilai lebih atas dirinya terkait posisi yang ia lamar. Tentu saja melihat keseluruhan isi CV tersebut, kita tahu bahwa Reskia Ekasari ini ingin mendaftar di posisi Content Writer.
  • Referensi sifatnya opsional, lebih bagus dicantumkan ketika perusahaan memintanya.

Sudah ada dua nih contoh cv lamaran kerja yang baik dan benar. Semoga kamu makin paham ya bagaimana menyajikan informasi di CV secara baik dan benar.

Tonton Video Bedah CV langsung dari HRD!

Contoh CV Lamaran Kerja Berdasarkan Jenis dan Media

Jika sobat sudah paham mengenai cv yang baik dan benar, berikut ini kami kasih beberapa contoh cv dan penjelasannya. Bagian pertama ini kami membagi contoh cv berdasarkan jenis dan media yang digunakan.

1. Contoh CV Lamaran Kerja Tulis Tangan

Sebenarnya ada banyak contoh cv untuk lamaran kerja yang tulis tangan sendiri. Namun, apakah dibolehkan menulisnya sendiri? Masih banyak pertentangan soal ini, apalagi sistem seleksi di perusahaan kian canggih.

Saat ini sistem seleksi di perusahaan besar sudah banyak yang memakai sistem ATS. ATS atau Applicant Tracking System merupakan sistem penyaringan CV, resume, biodata pelamar yang memudahkan bagi HRD untuk memperoleh kandidat yang mereka inginkan.

Bayangkan sob, setiap pembukaan lowongan kerja akan ada ribuan CV yang mendaftar ke perusahaan tersebut. HRD ya kesulitan jika harus mengeceknya satu per satu. Hadirlah sistem yang dikenal dengan ATS ini untuk menyaring ribuan CV tersebut.

CV yang ditulis tangan tidak akan terbaca oleh sistem karena ATS ini sifatnya memblok tulisan. Sedangkan, tulisan tangan tidak bisa diblok oleh ATS. Saran saya, silakan ikuti perkembangan jaman dengan membuat cv yang bisa dicetak berbentuk PDF dan bisa diblok setiap katanya.

2. Contoh CV Lamaran Kerja Online

Contoh cv untuk lamaran kerja secara online emang ada? Ada lho. CV berbentuk online yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah linkedin. Fitur yang disediakan di linkedin mencakup keseluruhan poin-poin yang sudah saya utarakan.

Bahkan di linkedin kamu bisa mendaftarkan diri pada lowongan kerja yang dibuka di platform tersebut. Kamu tinggal klik melamar pekerjaan, nanti recruiter yang akan menilai cv online (akun linkedin) milikmu.

Silakan isi lengkap seluruh biodata yang ada di linkedin mulai dari data diri, pengalaman kerja, sertifikasi, prestasi, ketertarikan, referensi dan lain-lain.

3. Contoh CV Lamaran Kerja via Email

Pernah gak sih lihat lowongan kerja yang kata-katanya begini, “Silakan kirimkan CV dan Surat Lamaran ke email lowongankerja@ptwongcerdas.com” Pernah lihat yang begitu?

Jika kamu pernah melihat info lowongan kerja yang harus membuatmu mengirimkan CV melalui email, itu berarti kamu perlu mengikuti apa yang diinginkannya. Bukan berarti kamu menulis biodata diri di badan email, bukan ya. Pengumuman tersebut hanya memintamu untuk mengirimkan CV via email.

Pelajari cara mengirim CV lewat email dan penggunaan kata-kata yang baik saat mengirim lewat email.

4. Contoh CV Lamaran Kerja Sederhana

Model CV lamaran kerja yang banyak digunakan oleh orang-orang dan disukai oleh HRD adalah CV lamaran kerja yang sederhana.

CV yang sederhana itu yang seperti apa? CV yang didesain dengan tampilan yang sederhana tanpa banyak warna. CV seperti ini lebih disukai HRD karena tampilannya yang sederhana membuat informasi terlihat lebih jelas.

Kamu bisa gunakan paduan warna putih yang dominan serta warna hitam atau biru tua untuk membedakan antar bagian. Paduan warna ini akan memberikan kesan sederhana tetapi tetap menarik untuk dilihat. Hindari warna-warna cerah yang bisa membuat informasi tidak terlihat jelas.

Nanti di akhir postingan kami akan kasih contoh CV lamaran kerja sederhana yang bisa kamu gunakan dengan mudah melalui microsoft word.

5. Contoh CV Lamaran Kerja Formal

Sebenarnya semua jenis CV itu digunakan untuk keperluan formal. Kamu mau daftar kerja ke perusahaan tentu saja perlu dengan bahasa yang ditulis secara formal.

Nah, contoh CV lamaran kerja formal ini umum digunakan untuk keperluan lamaran pekerjaan, seleksi beasiswa, seleksi hibah dan pendanaan, serta keperluan lainnya. Contoh cv yang non-formal biasanya hanya digunakan sebagai CV untuk portofolio yang bisa kamu buat sendiri seperti CV yang ditaruh di website pribadi.

6. Contoh CV Lamaran Kerja Kreatif

Kebalikan dari contoh cv lamaran kerja formal, contoh yang selanjutnya ini memungkinkan kamu untuk berkreasi lebih bebas lagi. Biasanya CV dengan desain yang kreatif ditujukan untuk lowongan kerja posisi Creative Designer, Graphic Designer, Photography, Web Developer, dan sejenisnya.

Dengan mendesain CV sekreatif mungkin bisa menunjukkan bahwa kamu memang benar-benar mampu di bidang industri kreatif tersebut. CV yang seperti ini tidak bisa hanya mengandalkan microsoft word, kamu perlu membuatnya di aplikasi desain grafis seperti coreldraw, photoshop, adobe illustrator dan lain-lain.

Contoh CV Lamaran Kerja Berdasarkan Bahasa

CV jika dilihat dari bahasanya terbagi menjadi dua yaitu CV lamaran kerja Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Ini merupakan kategori umum yang ada di Indonesia. Kalau skala internasional, sudah jelas bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris.

Bagi sobat Wong Cerdas yang penasaran bagaimana contoh CV bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, berikut ini kami bocorkan!

1. Contoh CV Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Ada banyak contoh CV bahasa Inggris fresh graduate atau berpengalaman yang bisa menjadi acuan bagi kamu untuk mencoba membuat sebuah CV.

Umumnya untuk contoh CV Bahasa Inggris fresh graduate itu hanya 1 halaman jika pengalaman yang kamu miliki belum banyak. Sebagaimana seorang fresh graduate yang baru lulus dan belum kerja, jadi sebaiknya buat CV yang sederhana saja.

Contoh CV Bahasa Inggris Bagi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja

RESKIA EKASARI

Palembang, Sumatera Selatan | 0853-0126-XXX | reski@gmail.com

EDUCATION

Sriwijaya University | 2017 – 2021

Bachelor of Economics, Economics and Development Studies

  • Undergraduate Thesis: Revenue Cycle Accounting Information System Design in the Regional Government of Palembang City
  • GPA : 3.78 of 4.00

HONORS AND AWARDS

  • 1st Winner International Accounting Weeks (2021)
    Chicago University | International Competition
  • Author “Simposium Nasional Akuntansi XXIII” (2020)
    Universitas Banyubiru | National Competition
  • 3rd Award Business Plan Competition (2020)
    Universitas Indonesia | National Competition

MEMBERSHIPS

Ikatan Akuntansi Indonesia

Masyarakat Ilmuan dan Teknologi Indonesia

SKILLS

  • TOEFL-ITP 640 out of 677, ETS 2021
  • CIM, The Chartered Institute of Marketing 2020
  • MCSE, CISCO and Office365 Certifications 2019

HOBBIES AND INTERESTS

In my spare time, I enjoy meeting up with my friends and family, and I currently volunteer for my local paper, The Daily Reskia. I also enjoy reading business and economics magazines such as the Economist and Financial Times.

REFERENCE

Prof. Dr. Ir. Aladin Mansyur
Senior Lecture Dept of Economics Sriwijaya University
Address: Jalan Jakabaring Sport City, Palembang
Telp: 0823 3521 5425
Email: aladin.mansyur@yahoo.com

2. Contoh CV Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

Setelah melihat contoh cv lamaran kerja bahasa Inggris, yuk lihat juga contoh cv bahasa Indonesia yang akan saya berikan di bawah ini ya.

CV bahasa Indonesia umum digunakan untuk perusahaan nasional atau regional yang cakupan pangsa pasarnya masih di Indonesia. Kenapa boleh bahasa Indonesia saja? Karena perusahaan ini biasanya tidak dominan menggunakan bahasa asing di tempat kerja. Namun, memang ada beberapa profesi yang mengharuskan kamu perlu aktif bisa berbahasa asing.

Biasanya profesi yang langsung berhubungan dengan klien luar negeri yang perlu aktif bisa berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

Yuk, tanpa panjang kali lebar lagi deh. Simak contoh cv lamaran kerja bahasa Indonesia yang baik dan benar dari Wong Cerdas!

Contoh CV lamaran kerja bahasa Indonesia yang baik dan benar

RESKIA EKASARI

Palembang, Sumatera Selatan | 0853-0126-XXX | reskia.ekasari@gmail.com

PENDIDIKAN

S1 Akuntansi | 2017-2020
Universitas Sriwijaya
Skripsi: Desain Sistem Informasi Akuntansi Siklus Produksi Pada PT Wong Cerdas Bersama
Berhasil lulus dengan baik di jurusan Akuntansi Universitas Sriwijaya, IPK 3.70

PENGALAMAN KERJA

Akuntan Internal | 2021
PT Aku Pintar Palembang
Menyusun sistem akuntansi perusahaan, menyusun laporan keuangan untuk eksternal, menyusun anggaran perusahaan dan menangani masalah pajak untuk perusahaan

PRESTASI

  • Juara 1 Karya Tulis Ilmiah Ekonomi Islam – Temu Ilmiah Nasional 2020
    Penyelenggara: Forum Ekonomi Islam | Tingkat: Nasional
  • Juara 3 Business Plan Competition – Pekan Mahasiswa Wirausaha 2019
    Penyelenggara: Universitas Indonesia | Tingkat: Nasional
  • Peserta Simposium Nasional Akuntansi XXIII – Pekan Ilmiah Akuntansi 2019
    Penyelenggara: Universitas Banyubiru | Tingkat: Nasional

KEMAMPUAN

  • TOEFL-ITP 640 dari 677, ETS 2021
  • CIM, The Chartered Institute of Marketing 2020
  • MCSE, CISCO and Office365 Certifications 2019

SERTIFIKAT PROFESIONAL

  • Certified Public Accountant (CPA) Level Professional, IAPI 2021
  • Certified Financial Planner (CFP) Level 1, FPSB 2020

REFERENSI

Dr. Muhammad Luthfi, MBA, Ph.D., CA, CPMA
Manager Keuangan, PT Aku Pintar Palembang
Alamat: Jalan Jakabaring Sport City, Palembang
Telepon: 0823 3521 5425
Email: muhammad-Luthfi@yahoo.com

Contoh CV Lamaran Kerja Berdasarkan Lulusan

Ada banyak sekali contoh cv yang bisa kamu ikuti. Kali ini Wong Cerdas akan memberikan contoh cv lamaran kerja berdasarkan lulusan. Mungkin saja kamu bingung ya gimana cara membuat cv yang baik? Nih, gak perlu bingung lagi deh! Langsung comot contohnya di bawah ini sob.

1. Contoh CV Lamaran Kerja Lulusan SMA

Banyak di antara kamu yang mencari contoh cv fresh graduate SMA atau contoh cv lulusan SMA. Emang apa aja sih yang bisa dicantumkan untuk lulusan SMA? Banyak deh, tergantung bagaimana pengalamanmu saat sekolah dulu. Cek yuk contohnya di bawah ini:

RESKIA EKASARI

Kerinci, Jambi | 0853-0126-XXX | reskia.ekasari@gmail.com

PENDIDIKAN

Jurusan IPS | 2014-2017
SMAN 1 Sungai Penuh
Berhasil lulus dengan baik di jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Nilai rata-rata UN 89

PENGALAMAN MAGANG

Customer Service | Januari-Maret 2018
PT Prima Sentosa
Melayani pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan, membantu menyelesaikan masalah pelanggan, menjelaskan dan menginformasikan ketersediaan produk, melakukan pencatatan administrasi penjualan

Tenaga Kerja Pembantu | November-Desember 2017
CV Maju Hayati Nusantara
Melakukan kegiatan sortir, gading, hingga packing, melakukan pemasaran produk dan menganalisis strategi pemasaran produk

PRESTASI

  • Juara 2 Business Plan Competition – Pekan Mahasiswa Wirausaha 2017
    Penyelenggara: Universitas Indonesia | Tingkat: Nasional
  • Penerima Manfaat Program Wirausahawan Muda – Pekan Wirausaha Jambi 2016
    Penyelenggara: Komite ekonomi kreatif Jambi | Tingkat: Provinsi

SERTIFIKAT KEAHLIAN

  • MCSE, CISCO and Office365 Certifications 2018
  • Business English Programme – Business Introduction, Udemy 2017

HOBI DAN MINAT

Saya memiliki ketertarikan di bidang bisnis yang tinggi. Sejak kecil saya sudah suka berjualan. Saat ini saya menggeluti usaha isi ulang pulsa, paket internet, dan token listrik. Saya juga rutin membaca mengenai perkembangan teknologi terkini.

2. Contoh CV Lamaran Kerja Lulusan SMK

Jenjang sekolah menengah atas memang tidak hanya anak SMA saja, tetapi ada juga dari SMK dan MA. SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sekolah yang dibuat khusus untuk siswa yang ingin langsung mempelajari ilmu secara lebih spesifik.

Berbeda dengan SMA, SMK tidak mempelajari materi secara general lagi. Mereka akan spesifik mempelajari ilmu di jurusan yang mereka ambil.

Pada bagian ini, Wong Cerdas akan berusaha memberikan contoh CV lamaran kerja lulusan SMK jurusan Teknik Otomotif.

BAMBANG BUDI UTOMO

Sekayu, Sumatera Selatan
0853-0126-XXX
bambang.budi@gmail.com

PENDIDIKAN

Jurusan Teknik Otomotif | 2014-2017
SMKN 1 Sumatera Selatan
Berhasil lulus dengan baik di jurusan Teknik Otomotif, Nilai rata-rata UN 85

PENGALAMAN MAGANG

Mekanik | Januari-April 2018
Pahlawan MotoCorp
Memperbaiki kendaraan mobil dan motor seperti body repair, service kendaraan mobil atau motor, bongkar pasang mesin, dan mengurus kelistrikan kendaraan

PRESTASI

  • Juara 3 Lomba Otomatif Bongkar Mesin – Mechanical Fair 2017
    Penyelenggara: Universitas Gadjah Mada | Tingkat: Nasional
  • Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Teknologi – Sumatera Techno Fest 2016
    Penyelenggara: Yamaha Indonesia Motor | Tingkat: Provinsi

SERTIFIKAT KEAHLIAN

  • KKNI level II, LSP-TOP Indonesia 2017

HOBI DAN MINAT

Saya memiliki ketertarikan di bidang teknologi sejak kecil. Setiap hari minggu saya membuka jasa perbaikan mesin di rumah secara gratis kepada tetangga saya. Saya juga membuat klub otomotif yang berisi 15 orang yang memiliki hobi yang sama.

3. Contoh CV Fresh Graduate yang Baik dan Benar

Contoh CV untuk fresh graduate yang baik dan benar adalah CV yang ditulis dengan mengikuti format yang telah saya berikan di atas tadi. Selain itu, kamu perlu menuliskan CV yang sesuai dengan posisi lamaran pekerjaan.

Inti dari CV yang disukai oleh HRD adalah relevan, mulai dari pendidikan, pengalaman, prestasi, dan sebagainya. Lalu, kalau tidak relevan apakah jadi masalah? Ya gak juga jadi masalah, hanya saja kemungkinan untuk diterima itu kecil sekali.

Saran saya, bagi sobat yang baru lulus dari sekolah atau kuliah yang belum punya pengalaman sama sekali, bisa coba ikut magang dulu. Bisa juga daftar jadi relawan yang sesuai posisi pekerjaan nantinya. Bisa juga ikut pelatihan dan lainnya.

Nanti jika semua pengalaman telah dikumpulkan dengan baik, silakan angkat bahu dan lamar pekerjaan! Kamu siap bekerja secara profesional. Ini trik jika kamu tidak ingin memperoleh penolakan hanya karena belum ada pengalaman sama sekali.

4. Contoh CV Menarik untuk Fresh Graduate

CV yang menarik saja tidak cukup untuk menarik hati HRD. Perlu sobat ingat, bahwa HRD menaruh desain CV ke nomor kesekian. Poin yang paling besar adalah isi dari CV tersebut. Apakah CV kamu menyajikan informasi yang diinginkan oleh HRD atau tidak.

Sekali lagi, kamu boleh membuat CV yang menarik tapi isi dari CV yang punya peran besar akan diterima atau tidaknya.

5. Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Doc

Fresh Graduate identik dengan mereka yang baru lulus tanpa pengalaman kerja. Sebenarnya bisa diakali dengan memberikan pengalaman organisasi, pengalaman magang, prestasi, kepanitiaan, kesukarelaan, dan lain-lain.

Jadi, pastikan CV kamu tidak sepi ya hehe.

Oiya, format Doc untuk contoh CV bisa kamu peroleh di lampiran paling bawah di artikel ini. Sebelum itu, pastikan sobat membaca semua tips yang saya berikan di atas ya!

Contoh CV Lamaran Kerja Berdasarkan Profesi dan Instansi

contoh cv lamaran kerja
Contoh CV Lamaran Kerja Terlengkap

Setelah banyak membahas mengenai tips cara membuat cv yang baik dan benar, format cv, contoh cv yang benar dan lain-lain. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai contoh cv lamaran kerja berdasarkan profesi atau instansi yang dituju.

Ingat sobat, cv yang menarik saja tidak cukup untuk disukai HRD. Kamu perlu mengisi cv dengan informasi yang relevan. Informasi yang relevan adalah informasi yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

Mau kerja sebagai penulis artikel? Berarti kamu perlu mencantumkan pengalaman di bidang menulis, bukan malah mencantumkan pengalaman bermain musik. Ingat ya sob, kamu boleh banyak pengalaman, tetapi gak semua informasi pengalaman tersebut kamu cantumkan.

Berikut ini tips-tips kami sajikan untuk kamu yang ingin tahu mengenai contoh cv lamaran kerja yang baik dan benar berdasarkan profesi serta instansi.

1. Contoh CV Lamaran Kerja di Hotel

Apakah kamu ingin tahu contoh membuat cv untuk lamaran pekerjaan di hotel? Jika iya, saya akan sedikit memberikan tips untuk kamu.

Secara umum cara membuat cv sudah saya jelaskan di paragraf sebelumnya. Poin-poin yang bisa kamu masukkan juga sudah saya jelaskan. Nah, khusus kamu yang tertarik bekerja di hotel perlu memasukkan informasi yang relevan.

Posisi sebagai resepsionis biasanya perlu menyertakan foto diri. Silakan sertakan foto diri kamu di CV karena menurut saya ini relevan untuk dimasukkan. Apalagi jika di informasi syarat lowongan pekerjaan meminta kamu untuk menambahkan foto, maka lakukanlah.

Selain itu, poin apa yang perlu kamu masukkan untuk lamaran pekerjaan hotel yaitu pengalaman magang, pengalaman kerja (jika pernah bekerja), prestasi (jika ada), dan lain-lain.

Bagi sobat yang lulusan dari jurusan pariwisata atau perhotelan, maka cocok sekali (relevan) untuk melamar pekerjaan di hotel.

2. Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah

Contoh CV mahasiswa yang masih aktif kuliah juga tidak jauh berbeda dengan format yang telah saya berikan di atas. Kamu bisa memasukkan informasi tersebut jika memang kamu sudah melakukannya.

Khusus di bagian pendidikan, silakan cantumkan pendidikan dari SMA/SMK dan universitas saat ini.

Kamu bisa membuatnya seperti contoh cv lamaran kerja ini:

PENDIDIKAN

Jurusan Teknik Mesin | 2017-Sekarang
Universitas Sriwijaya
Mahasiswa aktif di jurusan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya, IPK 3.58 (Semester 5)

Jurusan Teknik Otomotif | 2014-2017
SMKN 1 Sumatera Selatan
Berhasil lulus dengan baik di jurusan Teknik Otomotif, Nilai rata-rata UN 85

Nah, seperti itu kira-kira cara mencantumkan pendidikan di cv jika kamu masih berstatus sebagai mahasiswa aktif. Kamu juga bisa mencantumkan pengalaman kerja (jika ada), pengalaman organisasi, prestasi, publikasi dan lainnya.

3. Contoh CV untuk Dosen

Apakah dosen perlu membuat cv? Iya, perlu. Tidak hanya orang yang mencari pekerjaan, seorang dosen juga perlu membuat cv. Biasanya cv yang mereka buat ditujukan untuk kelengkapan berkas dalam pengajuan hibah/dana penelitian. Bisa juga diajukan saat ingin menjadi speaker di suatu acara.

Apa yang akan dicantumkan? CV seorang dosen atau tokoh untuk suatu acara tidak terbatas hanya 2 halaman saja. Bisa cantumkan seluruh pengalaman yang ia punya. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepercayaan bagi dirinya bahwa dia ahli di bidang tersebut.

Kebanyakan para dosen akan mengisi CV mereka dengan hasil publikasi karya ilmiah, pembicara suatu agenda, dan sejenisnya. Soalnya saya pernah lihat cv dosen saya hehehe.

4. Contoh CV untuk PNS

Bagi kamu yang ingin mendaftar sebagai PNS atau Pegawai Negeri Sipil, perlu melengkapi beberapa syarat yang dibutuhkan. Setiap tahun mungkin saja akan ada perubahan. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mendaftar harus update dengan informasi terkini.

Silakan pantau website resmi calon ASN atau PNS dari pemerintah. Ikuti semua syarat yang diminta. Jika ada syarat yang meminta kamu untuk membuat daftar riwayat hidup atau CV, maka silakan dibuat. Oiya, perlu dicatat dengan baik-baik, jika ada format yang sudah diberikan maka kamu tinggal ikuti saja.

Jangan mengubah format yang telah diberikan, itu bisa membuatmu gagal masuk dalam seleksi. Jika disuruh mengisi daftar riwayat hidup selengkap mungkin, iya ikuti saja. Semangat ya bro sist!

5. Contoh CV untuk Profesional

Kata profesional merujuk pada seseorang yang ahli di bidangnya. Jadi, saya rasa tidak ada perbedaan yang mencolok dengan contoh cv pada umumnya. Namun, biasanya contoh cv untuk profesional akan lebih kaya informasi. Apalagi informasi di kolom pengalaman kerja yang pernah ia miliki.

Perbedaan contoh cv untuk profesional dengan contoh cv fresh graduate biasanya terlihat dari jumlah halamannya. CV untuk fresh graduate tanpa pengalaman biasanya hanya 1 halaman. Hal ini dikarenakan pengalaman atau kompetensi yang ia miliki masih sedikit.

Sedangkan, cv untuk profesional biasanya ditandai dengan jumlah halaman yang lebih banyak yaitu 2 halaman.

6. Contoh CV Lamaran Kerja di Bank

Mau bekerja di bidang perbankan? Bingung contoh cv lamaran kerjanya? Hem, jangan bingung lagi deh. Poin-poin penting yang bisa kamu cantumkan sudah saya paparkan di paragraf di atas.

Biasanya HRD akan melirik pelamar yang punya informasi relevan dengan posisi yang dilamar.

Paling tidak kamu harus berasa dari jurusan yang membahas tentang keuangan seperti jurusan akuntansi, jurusan perbankan syariah, dan sejenisnya.

Jika pernah magang di bagian keuangan, maka silakan cantumkan pengalaman magang tersebut. Begitu juga dengan organisasi, jika dulu pernah jadi bendahara umum uhh itu cocok sekali dengan posisi yang kamu lamar.

Lagi-lagi saya ingin berkata, bahwa HRD suka dengan informasi yang relevan. Lalu, kalau tidak punya gimana? Kan ada tuh yang bekerja tidak sesuai jurusan. Balik lagi bro, memang saat ini orang suka bekerja tidak sesuai dengan jurusan yang ia ambil. Namun, alangkah baiknya jika kita mendaftar pekerjaan yang sesuai dengan pengalaman kita.

7. Contoh CV Lamaran Kerja Perawat

Kalau mau kerja jadi perawat apa aja yang dicantumkan ke dalam cv lamaran kerjanya nanti?

Ouh ya jelas, sebaiknya kamu punya latar pendidikan di bidang kesehatan. Contohnya, pernah kuliah di jurusan keperawatan. Selain itu, kamu juga boleh mencantumkan pengalaman magang atau praktek, organisasi, prestasi, skill, dan lain-lain.

8. Contoh CV Lamaran Kerja Bidan

Contoh cv dokter umum, bidan, perawat, apoteker semuanya harus sesuai dengan ilmu yang dulu pernah ia geluti.

Jika lulusan jurusan kedokteran umum, ya cocoknya bikin cv untuk lamaran dokter umum.

Jika lulusan dari jurusan keperawatan, maka posisi yang ingin dilamar ya sebagai perawat.

Apoteker juga begitu bisa dari jurusan farmasi.

Tidak perlu bingung apa yang mau dicantumkan di cv lamaran kerjamu nanti ya. Jika pernah tergabung ke dalam organisasi PMR atau PMI silakan dimasukkan karena ini bisa menjadi poin plus untuk kamu.

Pernah KKN, KKL, atau praktek di rumah sakit kampus juga boleh dicantumkan karena informasinya masih relevan dengan yang ingin kamu lamar. Pernah ikut pelatihan di bidang kesehatan? Yuhuu langsung masukin aja deh, itu masih cocok/relevan.

9. Contoh CV untuk Presentasi Seminar

Contoh cv yang mungkin akan kamu cari selanjutnya adalah contoh cv untuk presentasi seminar. Seminar merupakan kegiatan yang biasanya akan menghadirkan seorang ahli untuk bisa berbagi pengetahuannya.

Orang yang ahli di bidangnya ini bisa siapa saja seperti tokoh masyarakat, motivator, dosen, pejabat daerah, polisi, mahasiswa, dan lain-lain.

Seseorang yang akan menjadi pembicara di agenda seminar nantinya akan diminta cv dirinya untuk dibacakan kepada audiens. Kebanyakan contoh cv yang dibacakan adalah cv yang jumlah halamannya lebih dari 1. Yup, mereka adalah orang yang telah berpengalaman di bidangnya.

Jika sobat tengah diminta untuk membuat cv untuk agenda seminar, silakan masukan saja pengalaman yang kamu miliki. Pilihlah yang paling keren menurutmu dan paling sesuai dengan tema seminar atau materi yang akan kamu bawakan.

10. Contoh CV Lamaran Kerja Marketing

Contoh cv selanjutnya yang akan kamu cari adalah contoh cv lamaran kerja marketing. Ada banyak sekali jurusan yang bisa mendaftar di posisi yang satu ini. Sebaiknya memang mereka yang dari jurusan management karena sudah belajar marketing secara spesifik. Namun, tidak menutup kemungkinan orang yang di luar jurusan tersebut bisa mendaftarkan diri.

Terlebih lagi jika diri kamu punya pengalaman di bidang ini. Misalnya, sudah pernah mendapatkan program mahasiswa wirausaha, pernah ikut lomba bussiness plan, pernah bekerja di koperasi, pernah melakukan bisnis kecil-kecilan dan lain-lain.

Kamu bisa memasukkan segala hal yang berkaitan dengan dunia marketing di cv lamaran kerja.

11. Contoh CV Lamaran Kerja Barista

Beberapa informasi yang saya dapatkan, kamu bisa menjadi seorang barista dengan mengikuti kelas pelatihan barista. Atau mungkin kamu juga bisa kuliah di jurusan tata boga. Walaupun tidak spesifik bahas kopi, dengan kamu kuliah di tata boga setidaknya sudah memperoleh ilmu seorang koki.

Paling tidak ada ilmu “dapur” yang bisa kamu andalkan untuk dicantumkan di cv lamaran kerja.

12. Contoh CV Lamaran Kerja Satpam

Bingung mau mencantumkan apa di cv lamaran kerja untuk satpam? Satpam dituntut bisa menjadi orang yang siap siaga menjaga keamanan, entah dapat shift siang atau shift malam. Paling penting kamu harus jago menindak kejahatan di tempat yang kamu jaga.

Pada cv lamaran kerja nantinya kamu boleh mencantumkan foto sebegaia kelengkapan. Kemudian, kemampuan apa yang bisa dicantumkan di cv lamaran kerja satpam? Pastinya kemampuan beladiri yang diutamakan. Entah itu pencak silat, karate, taekwondo dan sejenisnya.

Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan hal lainnya yang bisa menonjolkan kemampuan pertahanan diri kamu. Pertimbangkanlah untuk memasukkan pengalaman yang berkaitan dengan power/kekuatan. Apapun jurusannya, bisa diterima jadi satpam asalkan itu tadi kamu harus berjiwa petarung! Ini mau main adu tanco atau gimana sih wkwk

13. Contoh CV Lamaran Kerja di Alfamart

Mendaftar di minimarket seperti Alfamart tidak jauh berbeda dengan mendaftar di tempat lainnya. Perlu CV lamaran kerja dan surat lamaran kerja. Jika di Alfamart sudah menyediakan format CV lamaran kerja, maka kamu bisa ikuti format tersebut.

Namun, jika tidak ada format yang diberikan, bisa ikuti poin-poin yang sudah saya jelaskan. Bisa tulis informasi pribadi seperti nama, alamat, email, dan nomor HP. Di bagian pendidikan masukkan minimal SMA/SMK karena Alfamart biasanya menerima pelamar dari jenjang tersebut.

Ingat sobat, cukup pendidikan terakhir aja yang dicantumkan ya. Jangan menulisakan pendidikan dari jaman TK atau SD, cukup tulis SMA/SMK aja.

Jika pernah bekerja sebelumnya, kamu juga bisa mencantumkan pengalaman kerja di cv. Pengalaman organisasi saat sekolah dulu atau lomba juga bisa dimasukkan.

14. Contoh CV Lamaran Kerja di Indomaret

Sama halnya dengan Alfamart, kakak beradik yang satu ini tidak akan jauh berbeda. Indomaret juga memberikan syarat kepada calon pelamar minimal dari lulusan SMA/SMK.

Alfamart maupun Indomaret, keduanya tidak mempermasalahkan jurusan. Jadi, mau jurusan apa saja diterima di sini asalkan sesuai dengan keinginan mereka. Dari pantauan saya, rata-raya yang diterima adalah mereka yang bisa menyapa konsumen dengan ramah, ringan senyumnya, good looking bisa dipolehlah kalo udah masuk nanti.

Kata teman saya kalau sudah lulus ada praktek tata rias. So, jangan takut deh untuk mencoba melamar di sini. Lalu, informasi apa yang bisa dicantumkan di cv lamaran kerja Indomaret? Kamu bisa menyesuaikan dengan format yang mereka berikan.

Jika tidak ada format khusus, maka bisa ikuti cara membuat CV dan poin-poin yang bisa dimasukkan yang telah saya bahas sebelumnya di atas tadi hehe.

15. Contoh CV Lamaran Kerja Guru

Mungkin kamu bertanya-tanya tentang contoh cv lamaran kerja guru itu seperti apa ya? Ouh tenang, tak perlu risau. Jika sobat telah membaca artikel ini dari atas hingga akhir, saya jamin kamu langsung bisa buat cv secara mandiri.

Pada dasarnya susunan cv untuk berbagai posisi yang dilamar itu sama aja. Silakan sobat masukkan informasi pribadi, pendidikan, pengalaman kerj, magang, sertifikat pelatihan, prestasi, dan lain-lain.

16. Contoh CV Lamaran Kerja Akuntansi

Apakah kamu bingung bagaiaman cv lamaran kerja untuk jurusan Akuntansi? Berikut ini saya telah membuat contoh cv dengan menggunakan desain dari Canva.

Contoh CV Lamaran Kerja
Contoh CV Lamaran Kerja Akuntansi

Kok sederhana sekali? Pahamilah, saat ini HRD tidak meminta kamu untuk mendesain CV secara atraktif, kkhususnya bagi yang ingin melamar di bidang akuntansi. Hal ini dikarenakan bidang akuntansi bukanlah industri kreatif yang perlu skill desain.

Paling penting adalah isi cv yang kamu cantumkan relevan dengan posisi yang ingin dilamar.

17. Contoh CV Lamaran Kerja Apoteker

Jika kamu lulusan farmasi, maka latar pendidikan dengan posisi yang dilamar sangat relevan sebagai apoteker. Lalu, apa saja yang perlu dicantumkan kalau mau melamar kerja jadi apoteker?

Pastinya pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman magang, praktek, pelatihan, prestasi, dan lain-lain. Bekerja sebagai apoteker juga ada sertifikasi keahliannya, jangan sampai kamu melewatkannya ya. Pastikan kamu sudah memiliki kemampuan untuk bekerja sebagai apoteker.

18. Contoh CV Desain Grafis

Desainer grafis tidak telalu memikirkan latar belakang pendidikanmu, jika pengalaman dan skill yang kamu miliki sudah mumpuni di bidangnya. Namun, sebaiknya memang orang-orang yang dari jurusan DKV, jurusan yang berbau seni untuk bisa mencantumkan pendidikan agar relevan dengan posisi yang dilamar.

Bagi kamu yang punya pendidikan yang berbeda dengan posisi yang dilamar, tidak perlu khawatir jika sudah punya pengalaman kerja di bidang desain grafis.

Kamu bisa memposisikan pengalaman kerja di atas pendidikan, karena kamu ingin mengunggulkannya. Jika pendidikan kamu sesuai dengan posisi yang dilamar, alangkah baiknya taruh pendidikan dulu baru pengalaman.

Sebenarnya tidak ada format baku, kecuali format yang sudah diberikan dari pihak perusahaan.

19. Contoh CV Pelaut

Apakah seorang pelaut butuh CV? Ya, butuh jika memang syaratnya perlu membuat CV. Ikuti saja syarat yang mereka buat. Paling tidak seorang pelaut ini punya skill berenang dan kuat.

Bagaimana mengukur seseorang punya skill tersebut? Jika kamu pernah memenangkan ajang lomba berenang, ya masukkin aja itu bisa menjadi alat ukur bahwa kamu punya skill renang.

Kalau kuat? Bisa dengan memaparkan kalau kamu ikut organisasi atau komunitas bela diri, misalnya.

20. Contoh CV Programmer

Contoh CV lamaran kerja selanjutnya yang mungkin ingin kamu lihat adalah contoh cv Programmer. Gimana sih contoh cv yang baik dan benar kalau mau melamar jadi seorang programmer?

Sama seperti format yang telah saya jelaskan di bagian atas. Pastikan bahwa kamu selalu membuat informasi secara kronologis dari tahun terbaru.

Pendidikan yang kamu miliki haruslah relevan seperti lulusan dari jurusan Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan sejenisnya. Pengalaman magang dan kerja juga begitu, haruslah relevan misalnya pernah menjadi web developer di suatu instansi.

Pretasi, kemampuan, hobi dan lainnya juga harus punya relevansi dengan posisi yang ingin dilamar.

Contoh CV Lamaran Kerja Berdasarkan Format File

Biasanya lowongan kerja membuka kesempatan kepada pelamar untuk mendaftar dengan syarat dan ketentuan yang sudah diberikan.

Kamu bisa perhatikan dengan jeli setiap syarat dan ketentuan yang diberikan. Jika menyertakan format file, maka ikuti format tersebut. Jika tidak ada silakan ikuti yang umum dilakukan saja.

1. Contoh CV Lamaran Kerja PDF

Contoh CV lamaran kerja yang ingin kamu cari pastilah yang berformat pdf. Format PDF ini adalah format yang umum diminta oleh perusahaan untuk berkas lamaran kerja.

Format pdf dipilih karena bisa dibuka oleh berbagai komputer dengan software atau bantuan ekstensi browser yang mendukungnya. Kelebihan penggunaan format pdf salah satunya adalah file yang diubah ke format pdf tidak akan rusak tata letaknya.

Format PDF ini bisa kamu dapatkan melalui aplikasi Microsoft Office Word, kemudian ekspor dalam bentuk pdf. Bisa juga melakukan pengeditan di canva dengan simpan dokumen bentuk pdf.

2. Contoh CV Lamaran Kerja DOC

Mau download contoh cv bahasa Inggris doc ya? Atau ,au download cv bahasa Indonesia? Ada, tenang kok bakal kami kasih. Sebelumnya di atas sudah kami berikan tips membuat cv yang baik dan benar beserta contohnya juga.

So, dibaca sampai habis ya artikel ini.

Format Doc atau Docx biasanya digunakan untuk format file dari Microsoft Word. Kedua format tersebut jarang digunakan oleh perusahaan karena sering terjadi eror atau kerusakan pada isi file. Biasanya hal itu terjadi jika versi software yang digunakan berbeda.

3. Contoh CV Lamaran Kerja Word

Sama penjelasannya dengan nomor 2 tadi, format word itu adalah format file yang dihasilkan oleh aplikasi Microsoft Word dan sejenisnya.

Kamu bisa gunakan jenis doc atau docx dari Microsoft Word jika memang dari pihak perusahaan memintamu menggunakan format tersebut.

4. Contoh CV Lamaran Kerja Canva

Lagi mau cari desain template cv di canva? Ada banyak sekali contoh cv lamaran kerja yang ada di canva dengan desain yang menarik.

Namun, seperti yang sudah beberapa kali saya katakan bahwa desain yang menarik saja tidak cukup jika penyajian isi cv kamu salah. Berapa banyak desain cv di canva? Woah ada banyak dong, yang saya hitung sekitar 500+ desain template cv. Itu yang baru saya hitung, kemungkinan desain cv dari kiriman desainer di seluruh dunia bisa ribuan deh.

Bingung edit desain di canva? Gak punya akun premium? Jangan ragu untuk menghubungi saya ya gaes. Mumpung murah jasa edit desain cv di canva hehe.

5. Contoh CV Lamaran Kerja Format Cdr

Mau juga contoh cv lamaran kerja format Crd ya bro? Ouh tenang saya punya juga. Sebelumnya udah tau belum sama format Cdr? Bagi kamu yang tidak tahu, Cdr adalah format file dari aplikasi desain seperti Corel Draw.

Biasanya format Cdr digunakan untuk mengedit desain di Corel Draw. Crd tidak pernah diminta sebagai format CV lamaran kerja. Hanya digunakan untuk meminta desain template cv saja.

Kamu bisa mengunduh desain cv format cdr di situs desain seperti Freepik. Lisensi yang diberikan biasanya hanya sebatas personal lisensi untuk versi yang gratis. Artinya, kamu tidak boleh mengkomersilkan desain yang ada di CV. Kecuali, jika kamu sudah membeli lisensi tersebut.

Download Contoh CV Lamaran Kerja

Jika kamu sudah benar-benar paham dengan yang sudah saya tulis di atas, sudah saatnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan.

Saya mengapresiasi semangat kamu sobat dalam mencari pekerjaan, semoga diberi kelancaran. Ini sedikit oleh-oleh dari Wong Cerdas untuk kamu yang sedang berjuang mencari pekerjaan. Silakan download contoh cv lamaran kerja pdf, word, canva, cdr, doc, dan sejenisnya.

Download segera dengan menekan tombol ini sob!

Penutup

Curriculum Vitae atau CV merupakan dokumen penting untuk melamar sesuatu baik itu pekerjaan, taaruf/menikah, beasiswa, organisasi, dana hibah, program penelitian, peran dalam dunia akademis dan lainnya. CV biasanya menjelaskan daftar riwayat hidup yang berupa data diri, pengalaman, prestasi, pelatihan yang diikuti, kegiatan ekstrakurikuler (minat, hobi) dan lain-lain.

Ada banyak sekali contoh CV lamaran kerja yang bertebaran di internet. Namun, apakah semuanya sudah sesuai yang diinginkan oleh HRD? Kamu mungkin sekarang sudah tau jawaban mengenai contoh cv yang baik dan benar itu seperti apa.

Semoga artikel yang telah Wong Cerdas sajikan kali ini bermanfaat. Semangat mencari pekerjaan, semoga diberi kelancaran ya sobat!

Bagikan:

Satu pemikiran pada “Contoh CV Lamaran Kerja Menarik & Benar GRATIS Word Pdf”

  1. Terima kasih informasi contoh cv yang diberikan bermanfaat sekali. Ada beberapa informasi lain mengenai tips membuat cv yang menarik lainnya seperti yang disebutkan oleh Kak Leo, Head of Sales di ZipHR, pembuatan CV bisa dibagi menjadi tiga bagian tubuh. Pada bagian atas itu bisa ditulisakan nama lengkap dan nama panggilan. Biar lebih akrab saat dipanggil untuk interview.

    Balas

Tinggalkan komentar