5 Contoh Broadcast Acara WA yang Menarik, Auto Ikutan!

Suatu acara bisa meriah asalkan banyak audience atau penontonnya. Salah satu cara untuk menggaet audience adalah dengan melakukan broadcast. Broadcast tentu harus dibuat semenarik mungkin. Agar lebih mantap dalam membuatnya, kamu perlu tahu bagaimana contoh broadcast acara yang menarik untuk menggaet banyak audience.

Seringkali, banyak yang mengeluh karena pesan broadcastnya tidak dipedulikan. Bahkan ada yang sampai memblokir kontak walaupun pengirim broadcast adalah teman sendiri.

Saking menyebalkannya broadcast, metode ini jadi momok yang menakutkan bagi orang yang dalam kepanitiaan kebagian bidang media dan informasi. Kalau keseringan broadcast acara sembarangan, yakin banget akan langsung kehilangan banyak teman. 

Salah satu yang menjadi penyebab, bisa jadi gara-gara isi pesan broadcast yang kaku dan gitu-gitu saja. Di awali salam, tulisan kepanjangan, dan ya berisi ajakan untuk ikut seminar, acara, rapat, pertemuan, dan lain yang sejenisnya. 

Padahal, kamu bisa loh membuat pesan broadcast yang menarik dan membuat banyak orang tertarik. Penasaran? Gas aja cek beberapa contoh broadcast acara di bawah ini.

Contoh Broadcast Acara yang Menarik

Sebenarnya, hal yang penting untuk membuat broadcast adalah mengetahui siapa orang yang akan dituju. Ini tentu memengaruhi kalimat pada broadcast yang akan dibuat. 

Misalnya, dengan menggunakan contoh broadcast menarik untuk kalangan anak muda. Bahasanya bisa kok dibuat tidak kaku dan agak friendly:

“Hai, lagi sibuk atau nggak, nih? Kalau nggak, ayolah ikut acara Seminar Kebangsaan yang akan diadakan hari Senin, 17 Agustus 2021. Bayarnya murah kok, hanya Rp 50.000 saja.” 

Itu satu, ini ada lagi contohnya. 

“Halo, aku sama temen-temen organisasi lagi ngadain konsolidasi untuk aksi long march, nih. Tertarik nggak? Acaranya bakal dimulai jam 07.00 pagi. Mulainya dari bundaran tengah Universitas. Rutenya hanya sampai gedung DPR saja, kok. Kalau tertarik, hubungi kami agar disediakan kolom tanda tangan petisi, ya.”

Kamu bisa pakai broadcast yang begitu. Mengapa? Karena targetnya masih anak muda. Biasanya, anak muda itu jarang yang suka dengan bahasa formal, kaku, lagi membosankan. 

Pakai saja bahasa-bahasa santai yang tentu lebih mengena pada target broadcast kamu. Lagipula, kamu bisa menjelaskan lebih rinci saat ada respon dari penerima broadcast. 

Tapi, contoh broadcast acara seperti di atas, hanya bisa kamu gunakan untuk anak muda saja, loh, ya. Bukan untuk orang dewasa. Soalnya sudah beda lagi karakternya. 

Contoh Broadcast Acara Seminar

Contoh broadcast acara seminar bisa pakai bahasa sederhana saja, kok. Tapi harus kamu ingat, audience sekarang itu sepertinya sudah bosan dengan pemakaian kata maupun kalimat broadcast yang gitu-gitu saja. 

Begini contoh broadcast wa acara seminar:

“Kak, mau dapat ilmu gratis nggak? Kalau kakak mau, kebetulan kami lagi mengadakan Seminar Kewirausahaan hari Minggu, 29 Februari 2022. Pematerinya juga bagus banget. Si Mas Andre yang udah sukses itu loh. Kalau berminat, kakak bisa isi form di bawah ini untuk pendaftaran.”

Ada lagi, begini contohnya. 

“Harga seminar kok pada rata-rata mahal ya? Jarang banget ada seminar dengan harga murah. Kakak ngerasain juga nggak sih? Kalau iya, kita samaan. Sebenarnya sih ada satu seminar, kemarin aku nemu di media sosial. Diadakannya hari Rabu, 13 Januari 2021 dari jam 07.00-11.00 WIB. 

Harganya hanya Rp30.000. Udah free snack sama seminar kit. Murah banget nggak sih? Kalau kakak berminat, kabari aku, ya untuk melakukan pendaftaran.”

Contoh Undangan Kegiatan via WA

Contoh Broadcast Acara
Contoh Broadcast Acara yang Menarik

Contoh broadcast wa acara yang menarik seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hanya bisa digunakan untuk yang muda-muda saja loh ya. Dan lagi, seminar itu kan bukan acara yang formal banget, jadi masih bisa digunakan. 

Beda halnya jika kamu ingin broadcast untuk kegiatan penting. Harusnya, sedikit lebih formal dan pakailah campuran bahasa yang lumayan santai agar yang membacanya tidak bosan. Begini contoh broadcast acara via Whatsapp:

“Assalamualaikum wr.wb. 

Semoga kita semua tetap diberikan kesehatan dan selalu berada dalam lindungan-Nya. Berhubungan akan diadakannya kegiatan rapat tahunan anggota BEM, kami memohon kehadiran kehadiran seluruh Ormawa yang ada di Fakultas pada:

Hari : Senin, 19 Januari 2022

Waktu : 07.00-11.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas

Demikian surat ini dibuat. Kami semua memohon agar dua perwakilan dari masing-masing Ormawa bisa hadir dalam rapat tahunan yang akan diselenggarakan. Kehadiran teman-teman sekalian, sangat penting untuk perkembangan Fakultas ke depannya. Terimakasih.”

Gitu saja, simpel kok. Kalau memang mau pakai kop surat, terus kepada siapa pesan itu dikirimkan, bisa langsung ditambahkan sebelum salam pembuka.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Contoh Broadcast WA Lomba

Seminar sudah, kegiatan rapat juga sudah, undangan konsolidasi juga sudah dibuatkan contoh broadcast yang menarik. Sekarang, begini kalau kamu mau melakukan broadcast WA untuk acara lomba. Sederhana saja. Misalnya deh, saat mengadakan lomba agustusan untuk di desa.

Begini contoh broadcast acara selanjutnya:

“Selamat pagi rekan-rekan sekalian. 

Semoga tetap dilimpahi kesehatan dan rezeki yang melimpah. Pada hari bahagia kemerdekaan Indonesia besok, Kantor Desa Sigura-gura akan mengadakan lomba 17 Agustus 1945. 

Ada beberapa jenis lomba seperti tarik tambang, lari sprint, memukul dengan mata tertutup, memasukkan paku ke botol, lari bakiak, balapan eggrang, lomba makan kerupuk, lomba pidato kebangsaan, dan banyak lagi. 

Pemenangnya akan ditentukan pada malam hari setelah lomba dilaksanakan. Ada beragam doorprize yang bisa dibawa pulang, asalkan menang. 

Lomba 17 Agustus 1945 akan diselenggarakan pada:

Hari : Rabu 17 Agustus 2022

Waktu : 07.00 WIB – 12.00 WIB

Tempat : Halaman depan Kantor Kepala Desa Sigura-gura

Demikian pengumuman tentang kegiatan lomba 17 Agustus 1945 yang akan diselenggarakan. Dimohon partisipasinya agar ramai dan warga desa bisa semakin bahagia.”

Itulah beberapa contoh broadcast acara yang bisa digunakan. Itupun kalau kamu berkenan untuk menggunakannya, jika tidak, silakan untuk mengedit dan mengubahnya sesuai dengan keinginan kamu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar