9 Contoh Asuransi Syariah dalam Kehidupan Sehari hari

Contoh Asuransi Syariah dalam Kehidupan Sehari hari – Asuransi konvensional merupakan sebuah produk yang berasal dari Babylonia, yang terus berkembang sampai menjadi sebuah praktik perjanjian di Yunani. Lama kelamaan, asuransi konvensional ini terus berkembang hingga menyebar ke berbagai Negara. Lalu, sistem ini kemudian diadopsi Islam. Hal ini karena asuransi dianggap bisa menjadi sumbangan bagi keselamatan banyak orang, bisa mengurangi beban orang lain, dan sebagainya.

Sampai saat ini, di Indonesia sendiri masih sangat banyak masyarakatnya yang tidak mempunyai ketertarikan terhadap asuransi, entah dikarenakan tidak berkenan atau malah karena tidak memahami asuransi dengan baik. Dan biasanya, masyarakat hanya akan mulai sadar tatkala terjadi berbagai bencana. 

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Gorden

Asuransi berbasis syariah di Indonesia mulai ramai di tahun 2000 an yang diawali masifnya pemasaran produk yang dilakukan oleh Bank Muamalat, Syariah Mandiri, dan bank-bank syariah yang lainnya. Kenapa harus berasuransi di asuransi syariah? Hal ini dikarenakan banyaknya pendapat bahwa asuransi merupakan sebuah perbuatan haram, sehingga untuk menawarkan solusi, di hadirkanlah produk asuransi syariah ini yang ternyata mendapat sambutan hangat oleh umat Muslim.

So, jangan sampai kamu juga termasuk orang yang baru akan berasuransi ketika nasi sudah menjadi bubur ya.

Contoh Asuransi Syariah dalam Kehidupan Sehari hari

Jika kamu ingin mulai berasuransi di syariah, maka berikut ini beberapa informasi singkat dari Wong Cerdas mengenai contoh asuransi syariah dalam kehidupan sehari hari.

Contoh Asuransi Syariah dalam Kehidupan Sehari hari
Contoh Asuransi Syariah dalam Kehidupan Sehari hari

Sun Life

Asuransi syariah yang pertama adalah Sun Life. Asuransi Sun Life menawarkan banyak produk kepada kamu dan keluarga. Produk yang ditawarkan ada brilliance hasanah fortune, brilliance hasanah protection plus, brilliance hasanah sejahtera, dan brilliance amanah.

Prudential Syariah

Asuransi satu ini mempunyai berbagai produk yang bisa kamu gunakan pribadi ataupun sekeluarga. Prudential syariah menawarkan delapan asuransi untuk kamu. Dan yang jelas, prudential syariah memastikan bahwa sistem yang diterapkan di prudential adalah prinsip syariah.

Kedelapan produk tersebut adalah, kesehatan, pendidikan, kritis, proteksi, investasi, dana investasi, wakaf, dan sebagainya.

Asuransi Adira

Tentu, asuransi satu ini sudah sangat tidak asing. Ia kan? Mungkin selama ini kamu hanya tahu, bahwa asuransi Adira bergerak umum, padahal sebenarnya Adira juga mempunyai produk syariahnya loh. 

Sampai detik ini, asuransi syariah di Adira banyak digunakan untuk asuransi mobil, asuransi rumah, asuransi motor, dan asuransi travel haji dan umrah.

Asuransi Takaful

Takaful menawarkan berbagai produk yang menarik bagi kamu, misalnya Takaful Korporat, Takaful Personal, Asuransi haji, dan Takaful Bancassurance. Produk keren satu ini bisa membantu kamu dalam rangka merencanakan keuangan. 

Asuransi Sinar Mas Syariah

contoh asuransi syariah dalam kehidupan sehari hari selanjutnya adalah Asuransi Sinar Mas Syariah. Seperti produk asuransi lainnya, Asuransi Sinar Mas Syariah juga memberikan penawaran produk menjadi delapan bagian, dan telah didesain sedemikian rupa. 

Asuransi Allianz Syariah

Asuransi memberikan dua penawaran produk bagi kamu yang ingin menggunakannya, yaitu asuransi jiwa dan kesehatan. Produk ini memang ditawarkan untuk melindungi kesehatan kamu dan juga keluarga.

Asuransi Astra Syariah

Jika selama ini kamu hanya tau Asuransi Astra mempunyai produk konvensional saja itu adalah salah, karena asuransi Astra syariah juga mempunyai asuransi syariahnya. Dan Asuransi Astra syariah telah memastikan bahwa produk yang ditawarkannya jelas mengikuti kaidah syariah yang telah ditentukan.

Perbedaan antara asuransi biasa dengan syariah berasal dari akad dan pengelolaannya. Hal ini karena asuransi yang berbasis syariah pasti berupaya bersikap adil, menentramkan, dan juga menguntungkan.

AIA Syariah

AIA merupakan produk asuransi yang siap memberikan proteksi, tabungan, maupun investasi untuk kamu, yang akan dikelola benar-benar sesuai prinsip dalam Islam. 

Asuransi Panin Dai-ichi Life Syariah 

Asuransi lainnya yang menawarkan pengelolaan sesuai prinsip Islam adalah PaninDai. Produk satu ini bertujuan untuk melindungi kamu dan keluargamu dengan menawarkan berbagai manfaat bagi 5 anggota keluarga kamu. Semua produk yang ditawarkan di Panin Dai adalah produk yang sudah dijamin berbasis syariah, dengan pengelolaan yang berprinsip iuran.

Demikian beberapa contoh asuransi syariah dalam kehidupan sehari hari yang bisa kamu coba. Sudah waktunya kita beralih ke sistem syariah ya, termasuk asuransinya. Mulailah berasuransi dari sekarang. 

Seluruh asuransi syariah di atas sudah menerapkan sistem syariah di dalam setiap transaksinya ya, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi. Sekian, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Bagikan:

Tinggalkan komentar