3 Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Beserta Penjelasan!

Contoh analisis SWOT usaha makanan sangat beragam dan beberapa di antaranya dapat kamu pahami dengan gampang.

Memahami analisis SWOT sebelum memulai usaha merupakan hal yang diperlukan. Pengertian analisis SWOT yakni sebagai metode perencanaan yang digunakan untuk mengevaluasi Strengths (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman) terhadap usaha yang akan kamu jalankan. Keempat strategi tersebut jika disingkat maka akan menjadi SWOT.

Pada umumnya, analisis tersebut digunakan untuk menetapkan strategi bisnis yang tepat sehingga dapat mendukung kemajuan usaha yang sedang dibangun. Meskipun analisis SWOT dapat menunjang berkembangnya usaha, tetapi kamu juga harus mengimbanginya dengan melakukan promosi sehingga konsumen dapat tertarik. Adanya contoh analisis SWOT juga sangat membantu dalam merealisasikan tujuan dibangunnya usaha.

Melakukan analisis bersama tim memang sangat diperlukan untuk mengetahui gelombang pasar yang sedang terjadi. Kamu juga perlu memahami kekuatan serta kelemahan terhadap bisnis yang dimiliki sehingga dapat menentukan solusi terbaik guna menyiasati perkembangan bisnis yang sedang dijalankan.

Bagaimanapun juga sudah banyak contoh analisis SWOT yang dapat dijadikan pembelajaran untuk menganalisis kelebihan serta kelemahan usahamu melalui kondisi internal usaha. Sehingga kamu juga dapat mengetahui ancaman maupun peluang yang ada melalui kondisi eksternal.

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan yang Super Mudah

Karena perkembangan industri semakin berkembang, persaingan usaha di bidang kuliner juga akan semakin meningkat. Oleh karena itulah kamu perlu memanfaatkan contoh analisis SWOT usaha kuliner yang ada sebaik mungkin. Hal tersebut berguna untuk mempertahankan bisnis yang sedang dijalani serta untuk meraih target pasar dengan sangat baik. Berikut ini beberapa contoh mudah yang dapat kamu lakukan dari berbagai jenis usaha makanan.

1. Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Bakso

Penerapan contoh analisis SWOT untuk usaha makanan ternyata tidak terlalu sulit. Cobalah pahami beberapa penjabaran berikut ini!

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Bakso
Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan

Strengths atau Kekuatan

Untuk menerapkan analisis SWOT kamu perlu menerapkan teori yang pertama yakni menggunakan strengths atau kekuatan dalam menganalisis usaha. Kamu dapat menerapkan sistem SWOT untuk usaha makanan bakso ini dengan memperhatikan kesukaan warga sekitar yang mungkin lebih dominan menyukai makanan berkuah.

Selain itu kamu juga dapat merancang konsep menarik sebagai salah satu kekuatan utama agar gampang menarik konsumen. Salah satunya dengan menyediakan spot foto yang instagramable atau dengan menyediakan wifi gratis yang kini digandrungi banyak kalangan. Berikan harga yang ringan di kantong sehingga warung bakso yang kamu miliki dapat diakses oleh semua kalangan bahkan anak muda.

Contoh analisis swot usaha makanan bakso khususnya untuk Strengths adalah:

  • Bakso memiliki rasa yang khas dari nenek moyang zaman dulu.
  • Bakso punya aneka macam isian mulai dari bakso sapi, bakso ayam, bakso sosis, hingga bakso untuk vegetarian.
  • Bakso punya kelebihan dari sisi pelengkapnya seperti pangsit dan aneka kerupuk.
  • Warung bakso didesain modern dengan dilengkapi fasilitas wifi gratis dan spot foto yang kekinian.

Weakness atau Kelemahan

Untuk weakness dalam usaha warung bakso ini kamu harus mampu melihat dengan jeli bagaimana persaingan yang ada dalam lingkungan tempat usaha tersebut dijalankan. Kamu juga harus memperhatikan brand yang dimiliki karena usaha yang baru dijalani masih belum memiliki nama di hadapan banyak orang. Selain itu juga kamu perlu menghitung keperluan modal yang ternyata tidak sedikit.

Beberapa hal tersebut merupakan beberapa kelemahan yang semestinya segera kamu pikirkan. Tentukan solusi jitu sehingga ketika usaha berjalan, kamu tidak akan merasa kesulitan. Salah satu cara mudahnya yakni dengan menjadikan pesaing usaha tersebut sebagai motivasi agar kamu dapat melakukan persaingan dengan sehat dan wajar.

Untuk mengatasi brand kamu dapat menciptakan variasi bakso yang unik sehingga konsumen dapat tertarik untuk mencoba kuliner yang kamu tawarkan. Sebab saat ini berinovasi merupakan salah satu kunci utama untuk meraih kepercayaan publik, walaupun untuk menemukan inovasi bukanlah perkara yang gampang.

Contoh analisis swot usaha makanan bakso untuk Weakness adalah:

  • Pembuatan bakso masih cukup lama karena dibuat dengan cara tradisional.
  • Bakso hanya tersedia di warung, belum tersedia pemesanan secara online.
  • Bumbu kuah bakso hanya bisa dibuat oleh satu-dua orang yang mengetahui resep utamanya.
  • Harga lebih tinggi dari pasaran.

Opportunities atau Peluang

Selain hal tersebut, salah satu contoh analisis SWOT usaha makanan bakso yakni kesempatan atau opportunities. Kamu harus menggunakan peluang yang telah dikantongi. Dengan adanya kreativitas serta inovasi yang dimiliki dapat membuatmu menguasai pasar dengan sangat gampang.

Karena saat ini banyak publik yang lebih mengutamakan kenyamanan saat menikmati kuliner, kamu bisa menggunakan wifi gratis lengkap dengan tempat nongkrong para pemuda sebagai media untuk menawarkan usahamu. Apalagi jika ada spot foto yang menarik, hal tersebut pastinya dapat mengundang ketertarikan para pengunjung.

Contoh analisis swot usaha makanan bakso untuk Opportunities adalah:

  • Bakso sudah melekat di hati masyarakat Indonesia, semua kalangan bisa menikmatinya.
  • Bisa dikembangkan lebih besar lagi dengan menambah variasi bakso atau makanan sejenis bakso.

Threats atau Ancaman

Pahami pula ancaman yang ada dalam menjalankan usaha tersebut. Threats dalam contoh analisis SWOT usaha makanan dapat diterapkan dalam semua bidang, termasuk dengan usaha warung bakso. Salah satunya terletak pada penyediaan wifi yang kerap kali mengalami gangguan. Selain itu juga, bahan baku dalam pembuatan bakso mudah meningkat dalam kurun waktu yang tidak terduga.

Oleh karena itulah kamu perlu memberikan solusi dan mencari jalan keluar yang tepat agar bisnis yang sedang dirintis tidak lekas gulung tikar. Meskipun tidak mudah, tetapi kamu harus bersikeras untuk menemukan jalan keluar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Contoh analisis swot usaha makanan bakso untuk Threats adalah:

  • Kompetitor yang menjual bakso juga sudah banyak melakukan peningkatan kualitas.
  • Kompetitor yang menjual hargo bakso dengan harga yang lebih rendah.
  • Kompetitor yang sudah mengikuti perkembangan jaman.

2. Contoh Analisis SWOT Usaha Kue

Sebelum menjalankan usaha kue, kamu juga perlu memperhatikan analisis SWOT yang semestinya diterapkan. Meskipun usaha yang sedang kamu rintis ini belum terlalu besar. Berikut penerapan yang sangat mudah dilakukan!

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Kue
Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan

Strengths atau Kekuatan

Analisis yang pertama akan tetap sama dengan penerapan strengths atau kekuatan pada umumnya. Kamu harus memiliki keunggulan pada produk yang akan ditawarkan. Beberapa di antaranya yakni memiliki beragam rasa yang berbeda daripada usaha kue pada umumnya, menawarkan bentuk kreasi unik, dan memberikan harga jual yang relatif murah dan tetap berkualitas.

Kamu juga perlu melakukan pemasaran pada seluruh kalangan masyarakat karena peluang keberhasilan akan sangat besar jika mampu merangkul seluruh kalangan. Dengan demikian, usaha yang kamu jalankan dapat terus berkembang.

Weakness atau Kelemahan

Contoh analisis produk makanan ringan yang tidak boleh terlewati yakni memahami kelemahan, diantaranya yakni waktu layak konsumsi atau kedaluwarsa. Kamu harus memastikan kerusakan kue yang ditawarkan beserta ketahanan yang dimiliki: perhatikan tekstur kue apakah mudah menjamur atau tidak. Banyak juga para peminat usaha yang menggunakan kue sebagai produk jualan.

Selain itu, warna kue juga dapat dengan mudah memudar saat terpapar sinar matahari. Dan harga bahan pokok pun dapat berubah secara otomatis yang mengakibatkan kenaikan harga kue yang kamu pasarkan.

Opportunities atau Peluang

Menggunakan kesempatan merupakan salah satu penerapan contoh analisis SWOT usaha makanan yang harus dimaksimalkan. Di antaranya yakni memanfaatkan momen sebagai sumber penghasilan seperti mendapatkan orderan pada acara-acara tertentu. Atau bisa dengan menyediakan promo untuk paket parsel hingga persiapan kue lebaran.

Threats atau Ancaman

Kemudian kamu juga perlu memperhatikan ancaman dalam menjalankan usaha kue ini. Di luar sana banyak yang juga memasarkan produk kue dengan harga yang merakyat sehingga barang mudah laku. Banyak produk kue yang menggunakan bahan pengawet agar produk dapat bertahan lebih lama.

Salah satu penerapan analisis SWOT usaha makanan yang banyak orang lakukan dengan mengedarkan produk secara berkeliling. Serta variasi produk yang mereka tawarkan lebih bervariasi. Beberapa hal tersebut harus segera kamu siasati agar perhatian konsumen bisa lebih condong kepada produk yang kamu tawarkan.

Baca juga: Franchise Makanan Korea Murah

3. Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Keripik Pisang

Penerapan analisis SWOT memang dibutuhkan pada setiap usaha yang didirikan, seperti pada pembangunan usaha makanan keripik pisang. Berikut bisa dicontoh mengenai penerapan analisis yang semestinya.

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Keripik Pisang
Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan

Strengths atau Kekuatan

Penerapan Strengths (S) atau kekuatan yang dimiliki produk. Di antaranya yakni tercukupinya modal atau modal terjangkau, bahan baku mudah didapatkan, tahan lama walaupun tidak menggunakan pengawet, serta harga jual yang murah. Keripik pisang juga dapat divariasi menggunakan banyak rasa sehingga konsumen merasa tertarik untuk mencicipinya.

Weakness atau Kelemahan

Weakness (W) atau kelemahan yang terdapat pada produk keripik pisang seperti mudah hancur, pengemasan yang kurang tertata rapi, mudah berbau tengik saat sudah lama atau bisa menjadi alot saat terkena angin.

Opportunities atau Peluang

Penerapan analisis SWOT usaha makanan yang ketiga yakni peluang atau opportunity (O). Pahami bagaimana peminat yang terdapat di pasaran, menyediakan jasa reseller atau dengan menjajakan secara keliling. Kamu juga dapat menitipkan keripik pisang kemasan pada warung-warung sekitar hingga menjualnya secara online.

Threats atau Ancaman

Yang terakhir yakni adanya hambatan atau threats (T). Beberapa di antaranya yakni banyaknya persaingan penjual keripik pisang, konsumen mudah merasa bosan, bahkan banyak penjual makanan ringan yang memiliki teknik pemasaran serta variasi yang lebih menarik sehingga keripik pisang jadi terbengkalai.

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Ringan

Apakah kamu sedang mencari contoh analisis swot produk makanan ringan? Tenang saja karena di Wong Cerdas kami akan membahasnya.

1. Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Ringan Keripik Pangsit

Yuk, intip contoh analisis swot usaha makanan ringan keripik pangsit di bawah ini:

Strengths atau Kekuatan

  • Produk Pangsit yang berkualitas.
  • Bahan utama tepung yang dipilih yang terbaik, sehingga lebih renyah dan tidak keras.
  • Punya varian rasa yang banyak.
  • Harga yang lebih murah.

Weakness atau Kelemahan

  • Kemasan masih seadanya berupa plastik putih bening.
  • Produksi keripik pangsit masih terbatas.
  • Kurangnya tenaga kerja yang hanya masih terbatas 1-2 orang.

Opportunities atau Peluang

  • Bahan baku yang selalu tersedia.
  • Pemerintah sudah membuka fasilitas bantuan untuk bisnis kecil dan menengah.
  • Keripik pangsit disukai oleh berbagai kalangan.

Threats atau Ancaman

  • Kompetitor dengan kemasan yang lebih menarik.
  • Keadaan ekonomi yang tidak stabil, kadang naik dan turun sehingga mempengaruhi harga bahan baku terutama tepung.
  • Kompetitor yang sudah mengikuti perkembangan jaman dengan menerapkan penjualan online.

2. Contoh Analisis Usaha Makanan Ringan Kerupuk Jengkol

Bagi kamu yang sedang mencari contoh analisis swot usaha makanan ringan, berikut ini kami kasih:

Strengths atau Kekuatan

  • Produk Kerupuk Jengkol berkualitas terbaik dengan rasa jengkol yang terasa.
  • Harga yang murah dan isi yang lebih banyak.
  • Sudah tersedia di beberapa warung.

Weakness atau Kelemahan

  • Kemasan masih seadanya berupa plastik putih bening.
  • Produksi kerupuk jengkol masih terbatas.
  • Kurangnya variasi rasa.

Opportunities atau Peluang

  • Bisa lebih besar lagi dengan menerapkan penjualan secara online.
  • Rasa jengkol yang unik pada kerupuk.
  • Masih minim pesaing.

Threats atau Ancaman

  • Persediaan jengkol yang sewaktu-waktu bisa langka.
  • Kompetitor dengan makanan yang lebih unik dan enak.

Melakukan analisis terhadap usaha makanan yang akan dijalani bukan suatu hal yang mudah. Akan tetapi bukan berarti kamu tidak mampu melakukannya. Dengan menerapkan beberapa contoh analisis SWOT usaha makanan ini semoga kamu dapat membangun dan mengembangkan usaha yang dirintis dengan sangat baik. Selamat mencoba!

Editor: Reskia
Diperbarui 27 Agustus 2021

Bagikan:

Tinggalkan komentar