3 Contoh Analisis SWOT Usaha Kue Kering yang Sederhana

Pada umumnya dalam menjalankan usaha, seseorang akan menganalisis terlebih dahulu aspek SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dari suatu hal yang akan mereka jadikan usaha. Terutama dengan bisnis kue kering yang sedang digemari masyarakat, maka tak ada salahnya jika kita cari tahu contoh analisis SWOT usaha kue kering.

Meski usaha kue kering dapat dikatakan menjanjikan dan diminati masyarakat di Indonesia, tentu sobat Wong Cerdas tidak disarankan untuk langsung menjalankan usaha tanpa pertimbangan dan visi yang matang. Nah, maka dari itu, kali ini Wong Cerdas akan membantu sobat sekalian dengan menampilkan contoh analisis SWOT usaha kue kering. Yuk, kita simak bersama!

Contoh Analisis SWOT Usaha Kue Kering

Barangkali sobat Wong Cerdas sudah sering mendengar istilah SWOT, terutama jika menyangkut wirausaha. SWOT merupakan analisis yang mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman dari suatu objek atau perencanaan. Di mana – mana kita mungkin kerap menjumpai contoh analisis SWOT usaha makanan.

Dengan semakin menjamurnya usaha kue kering di masyarakat, maka contoh analisis SWOT usaha kue kering perlu dipelajari dan dibagikan kepada banyak orang sebagai referensi untuk mengatur strategi. Hal ini dilakukan agar sobat Wong Cerdas yang berniat membuka usaha kue kering dapat meminimalisir kekeliruan langkah dan tidak mudah kaget dengan situasi yang dinamis.

Pertama, kami akan menerangkan apa saja yang umumnya dianalisis dari masing – masing SWOT.

1. Strength

Aspek ini merupakan kelebihan atau kekuatan yang dimiliki oleh sobat, misalnya keahlian membuat kue kering, memiliki banyak kenalan yang bisa direkrut sebagai karyawan, memiliki modal yang cukup, atau pengalaman menjadi koki di suatu toko kue kering.

2. Weakness

Selanjutnya, weakness adalah kekurangan atau kelemahan yang sedang sobat alami, misalnya belum cukup modal, sulit mencari kenalan yang bisa diajak berbisnis, atau masih belum berpengalaman dalam membuat kue kering.

3. Opportunity

Opportunity adalah kesempatan bagus yang datang dari luar, misal maraknya pasar bagi jenis kue yang akan sobat jual, tren yang bertahan lama, atau kemudahan izin mendirikan usaha di kota sobat.

4. Threat

Terakhir, threat adalah ancaman atau kesulitan yang akan dihadapi sobat ke depannya, misal izin usaha yang sulit, tren yang cenderung cepat surut, atau banyaknya usaha kue kering serupa di kota sobat.

Dari keempat aspek tersebut, tugas sobat selanjutnya adalah menentukan mana yang akan sobat prioritaskan dan mana yang menurut sobat bisa diurus belakangan.

Misalnya, sobat merasa harus mengumpulkan modal yang cukup dan mencari kenalan yang mau diajak berbisnis, sedangkan masalah perizinan usaha bisa diurus nanti.

Contoh Analisis SWOT Kue Kering Produk Kue Nastar

Nah, selanjutnya kami akan menunjukkan beberapa contoh produk yang bisa sobat jual beserta contoh analisis SWOT kue kering.

Kita gunakan kue nastar sebagai pembukaan dari contoh analisis SWOT usaha kue kering ini. Salah satu kue kering paling ngetren ini kerap dijual oleh masyarakat karena permintaannya yang tinggi, khususnya saat menjelang hari raya Idul Fitri setiap tahunnya. Nah, sekarang yuk kita coba analisis SWOT-nya terlebih dahulu.

1. Strength

Kekuatan yang sobat miliki yakni pengetahuan sobat tentang resep kue nastar yang enak serta kemampuan sobat untuk membuat kreasi yang berbeda untuk menarik konsumen, dukungan keluarga untuk membantu usaha sobat, dan adanya gawai sebagai sarana promosi.

2. Weakness

Sayangnya, sobat belum cukup modal untuk membuka usaha kue nastar dan belum memiliki pengetahuan yang luas tentang wirausaha.

3. Opportunity

Kue nastar selalu memiliki pasar yang besar di Indonesia, sehingga jangkauannya sangat luas. Apalagi, nastar umumnya disukai oleh semua umur.

4. Threat

Usaha kue nastar yang sudah sangat mainstream membuat sobat memiliki banyak saingan, lalu situasi COVID-19 memungkinkan bisnis sobat akan terhambat, serta tren kue nastar yang lebih populer saat Idul Fitri.

Dari aspek – aspek contoh analisis swot usaha kue kering di atas, sobat Wong Cerdas bisa memprioritaskan kedua weakness yang dimiliki karena modal usaha dan pengetahuan tentang wirausaha merupakan beberapa unsur dasar yang wajib dipenuhi sebelum membuka usaha.

Contoh Analisis SWOT Kue Kering Produk Kue Sagu

Contoh Analisis SWOT Usaha Kue Kering
Contoh Analisis SWOT Usaha Kue Kering

Contoh analisis SWOT usaha kue kering selanjutnya akan diisi dengan kue sagu. Kue kering yang tak kalah populer dengan nastar ini juga menjadi salah satu bidang yang menjanjikan.

1. Strength

Sobat memiliki gawai yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi, modal yang cukup untuk membeli peralatan, bahan baku, dan perlengkapan lainnya untuk membuka usaha kue kering, dan pengetahuan sobat tentang wirausaha terbilang tinggi.

2. Weakness

Sobat belum pernah membuat kue sagu sebelumnya sehingga tidak begitu mengerti resepnya, serta kenalan sobat yang sulit diajak untuk ikut usaha.

3. Opportunity

Memiliki rasa yang manis dan enak, kue sagu memiliki pasar yang luas, serta usaha kue sagu di kota sobat cenderung belum begitu banyak.

4. Threat

Toko bahan kue di sekitar tempat tinggal sobat tidak banyak, sehingga aksesnya jauh dan membutuhkan biaya ekstra.

Dari contoh analisis swot usaha kue kering di atas, sobat memiliki keuntungan di bagian strength di mana modal yang dimiliki tergolong cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan usaha, sehingga masalah biaya tambahan untuk pembelian di toko bahan kue dapat diatasi.

Contoh Analisis SWOT Kue Kering Produk Choco Chips

Contoh analisis SWOT produk makanan ringan mungkin sudah sering sobat temukan di internet. Kue choco chips sebagai salah satu makanan ringan paling populer di berbagai negara, dapat menjadi kesempatan yang bagus buat sobat sekalian.

Berikut ini contoh analisis swot usaha kue kering untuk Choco Chips :

1. Strength

Sobat memiliki strength berupa pengalaman membuat kue choco chips, gawai yang memadai untuk promosi dan komunikasi, modal yang cukup, dan pengetahuan wirausaha yang tinggi.

2. Weakness

Kelemahan yang sobat miliki yakni minimnya orang yang bisa diajak untuk ikut usaha sobat.

3. Opportunity

Kue choco chips sedang digandrungi masyarakat, khususnya anak muda, sehingga sobat bisa memanfaatkan ini sebagai kesempatan.

4. Threat

Di kota tempat tinggal sobat sudah banyak gerai kue choco chips terkenal dengan harga murah, rasa enak, rajin memberikan promosi menarik, dan mudah dijangkau.

Contoh tersebut menunjukkan bahwa secara internal sobat berada dalam kondisi yang cukup menguntungkan, karena apa yang harus dilakukan sobat adalah mencari orang yang bisa diajak usaha. Bahkan, sobat sebenarnya bisa melakukannya sendiri apabila mampu.

Akan tetapi, aspek threat perlu dipertimbangkan lebih dalam, sehingga apabila sobat berencana tetap membuka usaha kue choco chips, sobat dapat mengatur strategi yang kreatif dan matang agar tidak kalah saing.

Nah, sekian dulu untuk artikel contoh analisis SWOT usaha kue kering yang bisa sobat jadikan referensi. Semoga dapat menambah pengetahuan sobat, ya! Nantikan terus artikel menarik Wong Cerdas lainnya!

Bagikan:

Tinggalkan komentar