Contoh About Me di CV yang Bisa Kamu Gunakan

Salah satu hal yang harus dimasukkan ke dalam CV yang kamu gunakan untuk melamar kerja adalah tentang diri kamu atau about me. Disana, berisi serangkaian data yang perlu kamu lengkapi. Untuk mengisinya, kamu perlu mencari beragam referensi contoh about me di CV agar penulisannya benar dan tentu menarik di mata HRD.

About me di dalam CV, biasanya berisi penjelasan dan rincian yang jelas tentang diri kamu. Kamu bisa menuliskan beberapa hal yang merupakan keahlian, prestasi, ataupun capaian-capaian yang pernah kamu raih. Dengan menuliskannya, besar kesempatan yang kamu miliki untuk bisa diterima di perusahaan tempat kamu melamar.

Meskipun terlihat mudah, tapi kamu harus tetap memperhatikan beberapa hal yang terkadang luput dari perhatian. Misalnya, penulisan skill, keahlian, kemampuan, dan yang sejenis harus sesuai dengan kualifikasi atau requirements dari posisi di perusahaan yang ingin kamu tempati.

Walaupun skill dan keahlian yang kamu tulis harus disesuaikan dengan kebutuhan di suatu perusahaan, tapi kamu harus tetap menulisnya dengan cara jujur. Percayalah, bahwa kejujuran akan membawa kemujuran bagi kehidupanmu. Sesuatu yang dimulai dengan kebohongan, akan membuat hati kamu tidak tenang dan kamu akan sering melakukan kebohongan lain untuk menutupi kebohongan awal yang kamu buat.

Penulisan about me tidak bisa dilakukan sembarangan. Agar lebih tepat, lebih baik kamu banyak membaca artikel contoh about me di CV atau bisa juga langsung bertanya kepada temanmu yang telah berhasil diterima bekerja lantaran CV yang digunakan.

Dalam menulisnya, kamu harus memastikan kalau seorang HRD bisa tertarik. Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Tips Menulis dan Contoh About Me di CV

Contoh About Me di CV
Tips dan Contoh About Me di CV

Bagian ‘tentang saya’ ataupun ‘about me’ di dalam CV harus memperhatikan beberapa hal. Kamu harus bisa menuliskannya secara akurat, singkat, padat, jelas, dan juga harus menarik. Agar lebih mengerti, perhatikan beberapa hal seperti :

1. Kamu Tidak Perlu Menuliskan Kota Asal atau Domisili

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kamu menyebutkan tempat atau domisili tempat kamu bermukim. Sebab jarang ada HRD yang mempertimbangkan tempat asal pelamar kerja. Dan juga sepertinya tidak ada poin plus jika kamu menuliskannya di ‘about me’ dari CV yang kamu miliki.

Contoh kata-kata tentang saya di CV yang akan diberikan setelah ini, perlu kamu teliti agar nantinya, kamu bisa tepat dalam menuliskan di CV yang dimiliki. Kembali lagi ke saran awal, kamu perlu banyak membaca referensi contoh about me di CV agar lebih mantap dalam menuliskannya.

Selain memperhatikan beberapa hal yang dituliskan disini, kamu juga perlu untuk mencari referensi tentang contoh deskripsi diri yang menarik. Tentunya ini bertujuan untuk memancing rasa penasaran HRD terhadap diri kamu. Jika HRD penasaran, kesempatan kamu diundang interview akan lebih besar.

Baca juga artikel lainnya tentang CV:

2. Jangan Menuliskan Janji, Harapan, dan Angan-angan

CV, bukan tempat untuk kamu menuliskan mimpi-mimpi yang tertunda. CV adalah tempatmu menjelaskan apa saja yang telah dilakukan, diraih, dan juga dicapai oleh dirimu saat kamu belum melamar pekerjaan. Penulisan janji, harapan, dan juga angan-angan di dalam CV, hanya akan membuatmu dianggap seorang pemimpi di siang bolong.

Be realistic! Tuliskan apa saja yang memang benar-benar kamu kuasai, prestasimu, dan juga capaian yang telah kamu raih untuk meraih hati HRD. Jika kamu butuh tempat untuk menuliskan janji, harapan, maupun angan-angan, silakan bikin folder diary ataupun bikin blog untuk tempat curhatmu.

3. Tulis Kemampuan yang Benar-benar Kamu Miliki Sesuai Kualifikasi Posisi

Hal ini harus saya ingatkan kembali, bahwa kamu harus benar-benar menuliskan keahlian dan kemampuan yang dimiliki. Dan juga, penulisannya harus sesuai dengan posisi yang dilamar. Jika berbeda, silakan menghilangkan harapan kamu untuk diterima di dalam perusahaan tempatmu melamar.

Selain itu jangan lupa, kejujuran adalah yang utama. Walaupun ada kebutuhan menulis kemampuan sesuai kualifikasi, kamu juga harus tetap jujur. Jika memang tidak ada, tuliskan beberapa keunggulan dirimu yang lain saja dan tentu masih nyrempet-nyrempet dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Sebelumnya, kamu sudah membahas secara lengkap mengenai contoh cv lamaran kerja yang baik dan benar lho!

Baca Artikel Contoh CV Lamaran Kerja yuk!

Contoh About Me di CV dalam Bahasa Indonesia

Contoh About Me di CV
Contoh About Me di CV dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Nah, disini, saya tak hanya bisa menjelaskan teori-teori. Keseimbangan antara teori dan praktik, harus dilakukan. Jika ada teori bikin ‘about me’ yang baik dan benar. Maka saya harus benar-benar menuliskan contoh about me di CV yang nanti bisa kamu jadikan referensi.

Begini, dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan, CV yang bisa kamu buat adalah sebagai berikut:

“Saya sudah memiliki pengalaman selama dua tahun menjadi content writer di suatu perusahaan agensi. Dalam bekerja, saya selalu menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan dengan tepat waktu dan seringkali selesai sebelum deadline yang telah ditentukan. Konten yang saya buat sering menjadi trending dalam website yang dikelola oleh perusahaan.”

Kurang lebih begitu jika kamu mendaftar posisi sebagai content writer dalam suatu perusahaan. Tidak ada harapan, tidak ada domisili, janji-janji, dan juga menuliskan kemampuan sesuai kualifikasi yang diberikan perusahaan.

Ini bisa kamu jadikan contoh profil pribadi CV yang nanti akan kamu gunakan.

Contoh About Me di CV dalam Bahasa Inggris

Contoh ringkasan profil diri dalam bahasa inggris juga bisa kamu dapatkan di artikel ini. Ini bisa kamu gunakan jika melamar ke perusahaan asing.

Begini contohnya:

“I am a creative Content Writer with a passion for business and science. My previous work experience is in these areas, and I am currently looking for develop my career. I have excellent writing skills and I can write fast without losing quality. I have previously managed a number of writing projects and very successful on finish it”

Contoh About Me di CV Fresh Graduate

Bagi kamu yang fresh graduate, penulisannya tidak jauh berbeda dengan beberapa contoh yang sudah dituliskan di atas.

“Saya merupakan fresh graduate dengan skill menulis yang mumpuni. Dalam sehari saya bisa menyelesaikan puluhan artikel tanpa mengurangi kualitas tulisan. Saya menguasai beberapa teknik penulisan dibutuhkan untuk promosi perusahaan dan saya telah berpengalaman dalam menulis review dari puluhan produk.”

Contoh di atas bisa digunakan oleh fresh graduate dari berbagai tingkat pendidikan seperti SMA, SMK, atau pun Universitas. Contoh deskripsi diri dalam CV untuk fresh graduate SMK dan SMA, tidak jauh berbeda dengan yang telah dituliskan di atas.

Baca juga artikel lainnya tentang CV:

Dengan beberapa contoh about me di CV yang telah ditulis, semoga kamu mendapat pekerjaan idamanmu, ya!

Bagikan:

Tinggalkan komentar