Apa itu Cloud Hosting dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Di dunia yang serba digital ini, kita bisa membuat konten digital dengan mudah. Ada beberapa layanan yang bisa kita gunakan. Misalnya melalui platform yang tersedia, begitu pula dalam dunia blog dan website. Nah buat kamu yang pengin punya blog dan website sendiri tentu kamu harus tahu dulu apa itu cloud hosting yang kebetulan akan saya bahas pada artikel kali ini.

Apa itu Cloud Hosting?

Sebelum kita bahas lebih jauh, saya akan mulai dari sebenarnya cloud hosting itu barang yang bagaimana? Bentuknya kayak apa? Nah, mungkin bagi kamu yang sudah berpengalaman di bidang blog dan website mungkin bisa skip dulu. Tapi kalau belum kamu bisa melanjutkan membaca bagian ini.

Cloud hosting boleh dibilang sebuah tipe hosting yang menggunakan beberapa server. Jadi jenis hosting yang satu ini enggak menggunakan satu server dan membuatnya bisa lebih ringan. Mengapa? Karena beban tidak diemban oleh satu server saja. Beberapa server lainnnya akan menyeimbangan dalam proses loading dan meningkatkan jam kerja server.

Intinya cloud hosting ini menggunakan teknologi yang dikenal dengan “cluster”, tentu bukan klaster Covid-19 atau cluster perumahan ya. Tapi cluster inilah yang akan mengoptimalkan kinerja website agar tetap prima meski satu server gangguan. Jadi semua server itu digabung jadi satu tempat namanya “clustur” gitu deh.

Apa Bedanya Cloud Hosting dan Shared Hosting?

Pertanyaan ini sering kali muncul. Karena memang sepintas keduanya tidak ada perbedaan. Wong sama-sama berbagi intinya, begitu bukan? Tapi saudaraku, ternyata keduanya berbeda lho. Lalu apa sih perbedaan di antara kedua jenis hosting ini?

Sederhananya begini. Cloud hosting satu server dipakai buat satu pengguna saja. Jadi dalam kinerjanya nanti bisa lebih optimal dan website tidak lambat. Sebab jika aktivitas di salah satu servernya mati atau sibuk, maka akan langsung dialihkan ke server lainnya. Oleh karena itu cloud hosting ini sering dipakai untuk website-website dengan traffic yang lumayan tinggi.

Hal itu berbeda dengan shared hosting. Yang mana shared hosting adalah satu server hosting dibagi banyak pengguna. Shared hosting ini lebih murah biayanya. Selain itu pengguna tidak usah repot-repot mengatur servernya segala, karena semua diatur sama penyedia shared hosting. Tapi susahnya, shared hosting akan melambat.

Daftar Penyedia Layanan Cloud Hosting Terbaik

Buat kamu yang masih bertanya-tanya bagaimana sih caranya mendapatkan hosting cloud untuk bikin website? Apakah kita harus membuatnya sendiri? Ah, ya jangan ngawur. Sudah banyak kok website-website penyedia layanan cloud hosting. Jadi, kamu bisa langsung meluncur saja ke website yang akan saya taruh di tulisan ini. Mari lanjutkan membacanya.

1. IdCloudHost

Sesuai namanya, website penyedia hosting ini menyediakan berbagai macam paket cloud hosting murah unlimited bandwidth. Kalau kamu mengunjungi websitenya di idcloudhost.com, kamu akan langsung disuguhkan harga cloud hosting sekalian beserta paketnya. Di situ kamu bisa memilih paket Starter Pro, Basic Pro,  Entrepreneur Pro, Business Pro, Elite Pro, dan Advance Pro. Tentu keenam paket itu menyediakan layanan yang berbeda.

Saya ambil contoh yang Basic Pro. Dengan paket ini, kamu akan mendapatkan hosting dengan kualitas CPU 1 Core, Storage atau penyimpanan 3GB, Virtual Memory 1 GB, dan Bandwidth yang unlimited tentu saja. Harga Basic Pro di website ini hanya Rp 30 ribu per bulan, atau Rp 360 ribu pertahun.

2. Hostinger

Mencari penyedia layanan cloud hosting yang komplet? Hostinger ini bisa menjadi pilihan kamu. Yes, bener banget, kalau kamu mengunjungi websitenya di hostinger.co.id, kamu langsung berjumpa dengan berbagai macam paket dengan harga yang bervariatif. Saya ambil contoh satu yang paling murah ya, sisanya kamu bisa tengok sendiri di websitenya.

Ada paket Startup, harganya cuma Rp 150 ribu perbulan. Apa saja yang didapat? Kamu akan mendapatkan 300 website, 200 GB SSD Storage,  RAM 3GB, 2 CPU Core, Gratis Email, SSL, Domain, CDN, Backup Harian, Unlimited Bandwidth, Google Ads Credit, Unlimited Database, Dedicated Resource, Alamat IP Dedicated, Migrasi Gratis, Managed WordPress, WordPress Acceleration, dan Multiple Data Center. Lho paket paling murah aja lengkap banget kan?

3. Niagahoster

cloud hosting
cloud hosting

Satu lagi nih tempat layanan hosting terpopuler, namanya Niagahoster. Nah, kebetulan cloud hosting terbaik Indonesia Niagahoster lagi ada promo nih. Ya, di sini kamu membeli Premium untuk cloud hostingnya dengan harga hanya Rp 150 ribu perbulan. Harga itu sudah didiskon 75% dari yang semula Rp 600 ribu. Harganya sama dengan paket Basic. Ya kalau sama mending beli yang premium aja sekalian, ya kan?

Apa saja yang didapat? Paket hosting ini masih tetap lancar dalam 900 ribuan visitor tiap bulannya. Selain itu, kamu juga mendapatkan 60GB Disk Space, Unlimited Bandwidth, Unlimited Website, Unlimited Email Account, 6 GB RAM,4 Core, LiteSpeed Memcached. Kamu bisa memilih paket dengan hosting tiga tahun, hanya Rp 5,4 juta.

4. Jagoan Hosting

Tak boleh ketinggalan penyedia cloud hosting unlimited yang satu ini. Yap, Jagoan Hosting amat familiar dan populer di kalangan webmaster. Di jagoanhosting.com ini juga menyediakan beberapa paket cloud hosting yang murah. Salah satunya adalah paket Superstar yang harga perbulannya Rp 45 ribu perbulan dan jika setahun hanya membayar sekitar Rp 600 ribu. Apa yang didapatkan?

Jika kamu berlangganan setahun, kamu akan mendapatkan domain gratis (.com). Selain itu akan mendapatkan Gratis CPanel dan Premium DIVI Themes. Lalu juga mendapatkan Bandwidth, Subdomain, Addon Domain, dan Email Account yang masing-masing unlimited. Jangan khawatir, server yang digunakan pun server Indonesia.

5. Domainesia

Para pengguna website pasti sudah sangat akrab dengan penyedia layanan hosting domainesia.com. Di sini juga menyediakan paket hosting yang berbentuk cloud dengan harga yang cukup terjangkau lewat berbagai macam paketnya. Salah satunya adalah Paket Super yang harganya Rp 30 ribuan perbulan atau kira-kira Rp 300 ribuan per tahun.

Cukup membayar segitu kamu bisa mendapatkan 2 GB Space, Bandwith, Website, dan Email yang unlimited. Selain itu juga support IPv4 dan IPv6. Kamu juga akan mendapatkan Gratis Domain dengan syarat tertentu, dan Akses SSH.

Tips Memilih Cloud Hosting

Sebelum menutup tulisan ini saya ada sekadar tips dalam memilih cloud hosting. Namun saya akan kasih tips yang paling penting saja, yaitu memperhatikan empat aspek. Empat aspek tersebut di antaranya adalah kecepatan (support), keamanan (security), dukungan (support), kemudahan (scability). Support di sini maksudnya adalah hosting tersebut mendukung layanan apa saja.

Pembahasan mengenai cloud hosting dan bagaimana cara mendapatkannya, saya cukupkan sampai di sini saja. Mudah-mudahan tulisan ini sedikit membantu kamu dalam menentukan hosting yang cocok untuk website yang sedang kamu bangun. Semoga sukses dengan websitenya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar