Ceritakan Tentang Diri Anda Fresh Graduate SMK yang Baik

Kalau kamu seorang fresh graduate atau lulusan baru SMK yang sedang semangat melamar pekerjaan dan menunggu panggilan interview, kamu wajib baca artikel ini sampai selesai. Kali ini Wong Cerdas akan membahas pertanyaan yang sering ditanyakan interviewer kepada pelamar kerja, yaitu “Ceritakan tentang diri Anda fresh graduate SMK”.

Ceritakan Tentang Diri Anda Fresh Graduate SMK

Hampir di semua perusahaan awalnya kamu diminta untuk “Ceritakan tentang diri Anda fresh graduate SMK”. Hal itu wajar karena HRD atau interviewer pasti ingin lebih mengenalmu. Interviewer juga ingin melihat reaksi kamu terhadap pertanyaan tersebut untuk menguji kepercayaan diri dan tata bahasamu. Selain itu, interviewer juga akan lebih mudah menanyakan pertanyaan lanjutan dari jawaban yang kamu berikan.

Usahakan menjawab pertanyaan tersebut dengan waktu kurang dari 3 menit. Berikut adalah cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate:

  1. Tetap bersikap tenang dan menjawab dengan jujur.
  2. Jawablah dengan singkat, padat, dan jelas.
  3. Jawablah dengan semangat sewajarnya dan jangan menyombongkan diri.
  4. Mulailah menjawab dengan nama, tempat tinggal, jurusan dan lulusan mana, pengalaman organisasi atau prestasi, serta hobi atau antusiasme.
  5. Beri tahu secara singkat di mana kamu magang, bagian apa, dan berapa lama kamu magang di sana. Kamu juga bisa menyebutkan pengalaman freelance yang masih ada hubungannya dengan posisi yang kamu lamar.

Di bawah ini adalah beberapa contoh jawaban ceritakan tentang diri Anda fresh graduate SMK dari berbagai jurusan:

Ceritakan Tentang Diri Anda Fresh Graduate SMK
Ceritakan Tentang Diri Anda Fresh Graduate SMK yang Baik

1. Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda Fresh Graduate SMK Jurusan Multimedia

Nama saya Fauzan Hafid, domisili Tangerang. Saya lulusan SMK Akasia jurusan Multimedia. Saya antusias dengan perkembangan teknologi di bidang multimedia. Selama sekolah, saya pernah mendapat Juara 1 Lomba Animasi 3D Tingkat Provinsi Banten. Saya juga memiliki pengalaman magang Divisi Multimedia di PT Wong Cerdas selama 4 bulan.

2. Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda Fresh Graduate SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Perkenalkan nama saya Aulia Farida, biasa dipanggil Aulia, asal Surabaya. Saya fresh graduate Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Cerdas. Selain memiliki pengalaman organisasi menjadi Sekretaris OSIS, saya juga memiliki pengalaman magang sebagai Sistem Administrator di PT XYZ selama 3 bulan. Selama menganggur setelah lulus SMK, saya menjadi seorang freelancer Data Entry.

3. Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda Fresh Graduate SMK Jurusan Tata Boga

Nama saya Cheryl Jelita, bisa dipanggil Lita. Saya berasal dari Denpasar, Bali. Saya seorang fresh graduate Jurusan Tata Boga SMK Piriwisiti Denpasar. Saya sering membuat konten masak-memasak di aplikasi TikTok untuk mengisi waktu luang setelah lulus sekolah, dan juga ingin membagikan ilmu yang saya agar berguna bagi orang lain. Saya juga pernah magang selama 4 bulan sebagai koki di Restoran Enake.

Pertanyaan Saat Interview Kerja

Selain diminta untuk ceritakan tentang diri Anda fresh graduate SMK, kamu juga perlu menyiapkan jawaban untuk beberapa pertanyaan berikut ini yang biasanya ditanyakan saat interview kerja:

Baca juga:
  1. Dengan apa kamu ke tempat interview?
  2. Berapa lama waktu perjalananmu ke tempat interview?
  3. Jam berapa kamu sampai di tempat interview? Atau urutan ke berapa kamu datang di tempat interview?
  4. Apa kegiatanmu selama menganggur setelah lulus SMK?
  5. Apa kelebihan dan kekuranganmu?
  6. Sepengetahuan kamu, pekerjaan seperti apa yang dilakukan posisi ini?
  7. Kenapa kamu mendaftar di perusahaan dan posisi ini?
  8. Lingkungan kerja seperti apa yang kamu sukai?
  9. Apa kamu siap kerja lembur atau dinas ke luar kota?
  10. Jika kamu diterima, berapa lama kamu akan bekerja di perusahaan ini?
  11. Apa ada rencana untuk menikah atau berkeluarga dekat-dekat ini?
  12. Apa kamu sedang melamar di perusahaan lain? Jika ya, di perusahaan mana dan melamar untuk posisi apa?
  13. Berapa gaji yang kamu harapkan?
  14. Fasilitas apa saja yang kamu inginkan dari perusahaan?
  15. Apa ada yang ingin kamu tanyakan kepada perusahaan?

Nah, itu dia penjelasan seputar Ceritakan tentang diri Anda fresh graduate SMK dan pertanyaan yang biasa muncul saat interview kerja. Setelah proses interview, biasanya kamu diminta untuk menunggu pengumuman selama 1-2 minggu. Semoga artikel ini dapat membantumu.

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar