7 Langkah Praktis Cara Usaha Souvenir untuk Pemula

Hai sobat, mau memulai bisnis souvenir tapi masih bingung bagaimana caranya? Tenang. Simak artikel ini sampai selesai ya, kami akan membagikan tips-tips jitu bagaimana cara usaha souvenir untuk pemula. Pastinya yang mudah kamu praktekkan secara langsung dalam kehidupan.

Saat ini usaha souvenir rumahan cukup diminati oleh banyak orang, profitnya yang lumayan dan asetnya yang dapat bertahan lama, membuat bisnis souvenir selalu memiliki rating standar. Artinya bisnis souvenir dapat mengangkat derajat keuanganmu, jika kamu menjalaninya dengan sungguh-sungguh.

Ada berbagai cara usaha souvenir untuk pemula, salah satu caranya adalah dengan berinvestasi. Apabila kamu masih takut untuk berinvestasi dalam bisnis, kamu dapat mengawali usaha di bidang souvenir dengan menjadi marketer atau reseller pada pengusaha souvenir yang telah sukses dan memiliki banyak karyawan.

Langkah dan Cara Usaha Souvenir untuk Pemula

Ada banyak ide usaha souvenir pernikahan untuk pemula. Namun untuk memulai sebuah bisnis, yang harus kamu persiapkan adalah sebuah planning atau perencanaan. Mulai dari ide usaha, peralatan yang dibutuhkan apa saja, modal yang harus dikeluarkan berapa, bagaimana proses pengemasannya, hingga bagaimana cara pemasaran produk yang akan dilakukan.

Berikut beberapa tips cara usaha souvenir untuk pemula yang dapat kamu coba, antara lain:

1. Memahami Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Souvenir

Sebelum menjalankan sebuah bisnis, kamu harus tau apakah bisnis tersebut memiliki resiko yang besar atau tidak, terlebih modal dalam berbisnis tidaklah kecil. Untuk memahami hal ini, kamu harus meneliti apa saja kelebihan dan kekurangan dari bisnis yang akan dijalankan.

Kelebihan usaha souvenir:

  • Produk awet dan tahan lama,
  • Kerugian usaha relatif kecil,
  • Barang atau produk dapat dipesan pada produsen,
  • Harga produk standar dan tidak terlalu mahal,
  • Tergolong bisnis yang tidak mengenal musiman,
  • Pengelolaan, pengemasan dan pemasaran produk mudah.

Adapun kekurangan bisnis souvenir antara lain:

  • Terdapat beberapa produk yang mudah pecah,
  • Resiko kerugian jika produk tidak sampai tujuan dengan selamat,
  • Memiliki banyak partner saingan bisnis,
  • Produk harus masuk daftar pesanan (tidak bisa memesan H-1 dan minimal H-3, apalagi untuk wilayah non lokal).

Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari usaha souvenir, setidaknya kamu dapat meminimalisir resiko kerugian yang akan terjadi saat menjalankan bisnis tersebut.

2. Lakukan Riset Pasar

Riset atau penelitian secara langsung sangat diperlukan sebelum mulai menjalankan sebuah bisnis. Riset pasar merupakan salah satu cara usaha souvenir untuk pemula yang wajib kamu lakukan. Manfaat dari riset lapangan pasar sangat besar, diantaranya kamu dapat mengetahui berapa persen peluang produk akan terjual dan berapa persen ketersediaan pelanggan di lapangan.

Selain itu riset pasar juga dibutuhkan untuk mengetahui berapa harga produk souvenir yang ada di pasaran. Dengan hal ini kamu dapat mematok harga di bawah harga pasaran dengan syarat pemesanan jauh-jauh hari atau pemesanan dalam jumlah yang besar. Sehingga usaha souvenir milikmu dapat menarik para pelanggan.

3. Siapkan Modal Investasi

Setelah kamu melakukan riset pasar, hal berikutnya yang perlu disiapkan adalah modal investasi. Semakin besar investasi untuk bisnismu, maka jumlah varian produk pun akan beragam. Sehingga kamu dapat memenuhi orderan dari para pelanggan dengan tenang.

Cara usaha souvenir untuk pemula sebenarnya tidak membutuhkan banyak modal hingga puluhan juta. Untuk investasi awal kalian dapat meniru dari para pebisnis sukses yang mengawali usahanya dari bawah.

4. List Produk Souvenir yang Banyak Diminati dan Buat Katalog

cara usaha souvenir untuk pemula
Cara Usaha Souvenir untuk Pemula

Sebelum memulai usaha souvenir jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan usaha souvenir, termasuk melakukan pendataan pada barang apa saja yang saat ini banyak diminati oleh pelanggan. Dengan adanya pendataan ini kamu dapat mendahulukan barang apa saja yang harus kamu beli terlebih dahulu.

Oh ya sobat, jangan lupa untuk membuat katalog produk. Adanya katalog akan membuat pelanggan lebih yakin dan percaya untuk memesan souvenir pada tokomu. Selain itu, katalog juga akan membuat kerjamu semakin ringan dan waktu yang kau miliki pun akan lebih efisien.

5. Lakukan Testimoni

Selain katalog produk, testimoni pembeli juga akan memberikan perhatian yang lebih dari calon pelanggan. Jika testimoni menarik, calon pelanggan pun akan memutuskan untuk meneruskan transaksinya denganmu. Oleh sebab itu, beramah-tamahlah pada para pelanggan, agar kesan mereka terhadap tokomu baik.

Kesan testimoni yang bagus pada pembeli menjadi bagian dari cara usaha souvenir untuk pemula. Hal ini dilakukan agar masyarakat lebih mengenal usahamu, terlebih kamu masih pada tahap pemula dalam berbisnis.

6. Pemasaran dengan Dua Sisi (Offline dan Online)

Bagaimana cara memasarkan souvenir? Untuk memasarkan produk, kamu dapat melakukan dua cara. Pertama pemasaran online. Pemasaran online dapat dilakukan dengan menggunakan digital marketing dan memanfaatkan media massa yang ada. Dan kedua adalah pemasaran offline. Pemasaran offline dapat dilakukan dengan membuka sebuah ruko di samping jalan, menyebarkan brosur, melalui rekan kerja, dan lain-lain.

7. Menjalin Kerjasama atau Mencari Partner Kerja

Cara usaha souvenir untuk pemula yang tidak boleh kamu lupa adalah mencari partner kerja. Awalnya kamu mungkin dapat menjalankan bisnismu sendiri. Namun tak ada salahnya bukan jika menjalin kerjasama dalam bisnis.Termasuk dalam hal bagaimana membuat bisnis souvenir unik. Selain itu, adanya kerjasama akan mempermudah bisnismu dikenal publik.

Bagaimana sobat, semakin tertarik untuk memulai bisnis souvenir? 7 langkah praktis cara usaha souvenir untuk pemula di atas dibuat berdasarkan pengalaman dan riset lapangan, selamat mencoba dan memulai berbisnis!

Bagikan:

Tinggalkan komentar