Cara Upload CV di Jobstreet Lewat HP dengan Mudah

Banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara upload CV di Jobstreet lewat HP, padahal ada cara mudahnya. Baca artikel ini hingga habis ya sobat.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memudahkan manusia untuk memperoleh informasi secara cepat salah satunya mencari pekerjaan. Bermodalkan handphone dan kuota kita dapat mencari pekerjaan yang kita inginkan di sosial media maupun di sebuah website.

Bahkan kita tinggal mengunduh aplikasi di handphone saja sudah bisa mencari informasi lowongan pekerjaan tanpa harus berlama lama mencari di koran atau majalah lainnya. 

Salah satunya dengan memakai aplikasi Jobstreet. Jobstreet merupakan sebuah aplikasi yang memudahkan bagi para pencari kerja untuk mencari lowongan pekerjaan yang diinginkan sesuai dengan minat dan kemampuan yang mereka miliki.

Tinggal unduh di aplikasi play store lalu cari nama jobstreet tekan “instal” maka akan muncul aplikasi jobstreet di hape sobat ataupun dengan menelusuri website JobStreet pada google chrome 

Nah dalam artikel ini kami akan membahas Tips Cara Upload CV di Jobstreet lewat hp dengan mudah agar dapat membantu sobat Wong Cerdas dalam mengirimkan CV. Berikut pembahasan kami.

Cara Upload CV di JobStreet Lewat HP

Bagi kamu pelamar kerja tentu selain ijazah dan transkrip nilai juga memerlukan CV sebagai pendukung bukti lamaran kerja. CV atau Curriculum Vitae yang diartikan sebagai (Course of Life) Cerita kehidupan merupakan gambaran secara keseluruhan daftar riwayat hidup yang kamu miliki saat melamar kerja di kantor maupun perusahaan.

CV berisi tentang latar belakang pendidikan, prestasi yang dimiliki, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, maupun hal penting lainnya. 

Agar CV kamu dilirik oleh perusahaan atau HRD, kamu harus membuat CV semenarik mungkin. CV yang menarik tentu akan memudahkan perusahaan atau HRD untuk menyeleksi berkas yang kita kirim. Sehingga dari CV yang kita buat perusahaan atau HRD dapat mempertimbangkan kita layak atau tidaknya kita bergabung dalam perusahaan tersebut.

Sebelum kita membahas cara upload CV di Jobstreet lewat HP, tentunya kamu harus membuat CV terlebih dahulu. Tidak dapat dipungkiri bahwa kita seringkali melakukan kesalahan dalam mengupload ataupun mengirimkan data kepada HRD.

Entah itu mengirimkan berkas secara terpisah sehingga menyulitkan HRD untuk mendownload CV yang kita buat maupun seringkali pelamar melampirkan berkas melampaui ukuran size. Nah Sobat Wong Cerdas akan memberikan tips upload CV yang baik dan benar buat kamu.

Tips Mengupload CV agar Memudahkan HRD

cara upload CV di Jobstreet lewat HP
Tips cara upload CV di Jobstreet lewat HP

Berikut tips mengupload CV agar memudahkan HRD:

  • CV yang kamu buat usahakan rapi untuk dapat dikirimkan.
  • Jadikan file yang kamu kirimkan 1 file dalam bentuk pdf dan berkasnya  usahakan jangan melampaui size lebih dari 3 mb.
  • Hindari mengirimkan berkas CV dan surat lamaran secara terpisah yang akan membuat HRD kesulitan untuk menyeleksi berkas yang kamu buat
  • Berkas CV tidak boleh diupload dalam bentuk rar, word, maupun jpg

Berbeda dengan CV ada pula resume. Memang CV dan Resume dilihat tidak ada perbedaan.Tetapi jika dilihat dengan seksama tujuan resume dan CV berbeda. Resume dapat diartikan sebagai ringkasan gambar daftar riwayat seseorang yang sangat singkat. Perbedaannya dapat dilihat sebagai berikut:

  • resume terdiri dari satu halaman saja sedangkan CV dapat lebih dari satu halaman 
  • resume berisi ringkasan informasi tentang seseorang tersebut sedangkan CV dibuat dalam deskripsi riwayat hidup seseorang yang sangat rinci dan dalam.
  • resume bentuknya lebih pendek dan ringkas sesuai kebutuhan sementara CV bentuknya lebih panjang dan statis.
  • Inggris, Irlandia, dan Jerman lebih memakai CV saat melamar kerja sedang di Australia dan Afrika Selatan resume dan CV digunakan bersama sama. Resume sering digunakan untuk pekerjaan sektor swasta sedangkan CV sektor publik.

Ada beberapa hal yang harus kamu tampilkan dalam menulis CV. Hal ini penting dilakukan sebelum kamu mengikuti cara upload CV di Jobstreet lewat HP nanti. Berikut tips yang kami buat:

  1. Menggunakan foto data diri yang terbaik
  2. Tulis identitas diri kamu dengan jelas, misalkan nama,tempat tanggal lahir, agama, dst
  3. Tulis juga riwayat pendidikan yang telah kamu tempuh
  4. Jika ada, tulis pengalaman kerja, magang, ataupun pengalaman organisasi yang sudah kamu miliki
  5. Jangan lupa tulis keahlianmu di berkas CV agar menjadi poin tambahan
  6. Jangan lupa buat CV kamu semenarik mungkin, CV dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi canva ataupun Ms.word

Cara Unggah CV di JobStreet (Cara Upload)

Apakah kamu sudah penasaran bagaimana cara upload CV di Jobstreet lewat HP ya? Berikut ini kami berikan untuk kamu sobat:

  1. Pertama kali saat ingin mengikuti cara upload CV di Jobstreet lewat HP, pastikan kita sudah membuat CV terlebih dahulu.
  2. Klik menu Chrome yang terdapat di handphone kita lalu ketik jobstreet maka akan muncul tampilannya. Silahkan daftar terlebih dahulu jika belum mendaftar ataupun jika sudah mendaftar silahkan klik menu Masuk.
cara upload CV di Jobstreet lewat HP
Begini cara upload CV di Jobstreet lewat HP
  1. Jika kamu telah melakukan pendaftaran, klik tombol “masuk” lalu ketik alamat email dan password kamu.
  2. Kalau sudah berhasil masuk, klik menu “MyJobStreet”, selanjutnya klik “Profil saya”.
  3. Terdapat informasi tentang data diri kita, lalu klik “ubah” kemudian klik “resume diunggah”.
  4. Silahkan masukkan CV yang telah kamu buat, usahakan ukuran filenya jangan terlalu besar dan dalam bentuk format pdf*.
  5. Pilih file CV kamu lalu klik “upload”.
  6. Selesai di upload maka akan terdapat tulisan “Resume Cv.(Nama kita.pdf) telah berhasil diunggah.
  7. Terakhir, jika cara upload CV di Jobstreet lewat HP sudah berhasil silahkan kita klik “tutup aplikasi”.

Baca juga informasi seputar JobStreet lainnya:

Contoh Resume Fresh Graduate

Saya Leni dilahirkan di Jakarta, 03 Maret 1997. Saya telah menempuh pendidikan S1 di Universitas Negeri Jakarta dengan Jurusan Sistem Informasi. Menguasai bahasa pemrograman dan mampu membuat sebuah program. Dengan kemampuan yang sudah ada, saya akan berusaha memberikan yang terbaik untuk perusahaan yang saya lamar ini.
Contoh Resume Fresh Graduate

Nah, sekian Tips Cara Upload CV di JobStreet lewat HP ini. Semoga bermanfaat buat kamu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar