Cara Upgrade Kartu Tri 3G ke 4G Terbaru, Pasti Bisa!

Apakah kamu pengguna kartu TRI yang masih menggunakan jaringan 3G? Jika iya, maka sudah saatnya untuk beralih ke jaringan 4G agar kamu bisa merasakan kecepatan internet yang lebih maksimal. Pasalnya, sekarang jaringan 4G dari Tri sudah mencakup hampir seluruh wilayah Indonesia. Berikut ini ulasan lengkap untuk cara upgrade kartu Tri 3G ke 4G.

Perlu diketahui bahwa pembaharuan jaringan 3G ke 4G merupakan upaya provider untuk meningkatkan layanan mereka. Prosedur atau tata cara untuk proses pembaruan juga tergolong sangat mudah. Kamu hanya perlu memastikan bahwa perangkat HP yang dimiliki support untuk layanan jaringan 4G. 

Cara Cek Kartu 3 Sudah 4G atau Belum

Sebelum melakukan proses upgrade tentunya kamu harus tahu terlebih dahulu apakah kartu tri yang dimiliki sudah support jaringan 4G. Jika kamu pengguna kartu tri dengan model lama, maka kemungkinan kartu 3 tidak bisa 4G. Oleh karena itu, kamu perlu mengeceknya dan selanjutnya kamu bisa ikuti cara upgrade kartu Tri 3G ke 4G dari Wong Cerdas.

1. Melalui Setelan Android

Cara termudah untuk mengecek kartu 3 sudah 4G atau belum, yakni melalui setelan Android. Namun, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa HP yang akan digunakan memang sudah support untuk jaringan 4G. Pasalnya, jika HP kamu sudah 4G atau LTE, namun masih menggunakan kartu dengan jaringan 3G, maka secara otomatis jaringan akan tetap di batas 3G.

  • Langkah pertama kamu bisa membuka Setelan atau Pengaturan di HP Android terlebih dahulu.
  • Kemudian, klik menu Jaringan Seluler dan pilih opsi Pengaturan Sinyal.
  • Pada bagian ini kamu bisa mengubah jaringannya menjadi “LTE Only”.
  • Selanjutnya, kamu bisa menunggu terlebih dahulu selama beberapa menit. Jika jaringan memang tetap tidak berubah ke 4G, maka kemungkinan bahwa kartu Tri yang kamu miliki memang belum support jaringan 4G.

2. Melalui Kode USSD

Cara berikutnya yang dapat kamu gunakan untuk mengecek. Cara ini tergolong sangat mudah dan cepat karena memang menampilkan halaman khusus untuk pengaturan jaringan. Kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan ataupun sebagainya. 

  • Cara pertama kamu bisa membuka Dial Phone terlebih dahulu.
  • Berikutnya, ketikan *#*#4636*#*# melalui papan tombol keyboard.
  • Pilih kartu SIM 1 atau SIM 2 yang ingin kamu cek.
  • Kemudian ubah jaringan menjadi LTE Only.
  • Terakhir, kamu hanya perlu menunggu jika tidak berganti ke jaringan 4G, maka kartu kamu memang belum support untuk jaringan tersebut.

3. Melalui Aplikasi Bima+

Bima+ merupakan aplikasi khusus yang disediakan oleh provider Tri. Adanya aplikasi ini bisa kamu manfaatkan untuk beragam kebutuhan, seperti mengecek sisa kuota, pulsa hingga jaringan yang support 4G atau belum. 

  • Instal terlebih dahulu aplikasi Bima+ melalui Google Playstore ataupun Appstore.
  • Jika sudah, maka buka aplikasi tersebut di perangkat HP kamu.
  • Di halaman pertama kamu diminta untuk daftar. Pastikan nomor yang kamu daftarkan nantinya digunakan untuk mengecek jaringan 4G. 
  • Berikutnya, di menu utama Bima+ kamu bisa masuk ke bagian Jaringan di pilih Cek Status Jaringan.
  • Jika sudah, maka akan tampil halaman berupa informasi terkait dengan kartu Tri yang kamu miliki. 

Cara Upgrade Kartu Tri 3G Ke 4G

Cara Upgrade Kartu Tri 3G Ke 4G
Cara Upgrade Kartu Tri 3G ke 4G

Tri sendiri telah memiliki jaringan yang support 4G hampir di seluruh wilayah Indonesia. Namun, jaringan ini hanya bisa di akses apabila kartu yang dimiliki memang sudah support untuk jaringan 4G. Jika belum, kamu juga bisa mengaktifkannya secara langsung melalui beberapa cara seperti di bawah ini.

1. Cara Upgrade Kartu Tri 3G ke 4G Tanpa Ganti Kartu

Cara pertama bagi kamu yang ingin upgrade jaringan ke 4G tapi tidak mau mengganti kartu, maka tutorial ini menjadi pilihan sangat tepat. Pasalnya, cara ini juga sudah banyak dilakukan oleh pengguna kartu tri lama. Kamu hanya perlu datang ke 3Store terdekat dengan membawa kartu Tri yang belum support 4G beserta dengan Kartu Tanda Penduduk atau KTP.

Berikutnya, kamu akan diarahkan langsung oleh petugas 3Store terkait dengan cara upgrade jaringan kartu Tri 3G ke 4G. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir dengan biaya dikarenakan Tri memberikan layanan tersebut secara gratis. 

2. Cara Upgrade Kartu 3 ke 4G Sendiri Secara Online

Jika kamu memiliki keterbatasan waktu, namun tetap ingin upgrade jaringan, maka bisa melakukannya secara sendiri melalui online. Cara upgrade kartu tri 3G ke 4G online 2021 juga tergolong sangat mudah dan hanya memerlukan akun Facebook.

  • Pertama kamu bisa mengunjungi terlebih dahulu halaman Fans Page resmi Tri di Facebook. 
  • Kemudian, kirim pesan ke halaman Fans Page tersebut dengan format seperti di bawah ini untuk cara upgrade kartu Tri 3G ke 4G.

Nomor: Isi nomor kamu
Nama lengkap: Isi nama lengkap kamu
Alamat: Isi alamat tempat tinggal kamu
Kota: Kota kamu saat ini
Kode Pos: Kode pos untuk kota kamu
Email: Alamat email yang kamu pakai

  • Pastikan format tersebut kamu isi dengan lengkap sesuai dengan KTP yang dimiliki. 
  • Berikutnya, tunggu hingga waktu 1-3 hari di hari kerja untuk menunggu balasan dari Tri.

Opsi lain untuk kamu yang memerlukan kartu 3 untuk kebutuhan mendesak adalah membeli yang baru. Saat ini bisa kamu temukan tempat yang menyediakan atau jual kartu upgrade 4G Tri terdekat. Harga untuk kartu ini juga sangat murah, kamu hanya perlu menyediakan nomor KK untuk proses registrasi kartu.

Kelebihan Upgrade Jaringan 3G Ke 4G

  1. Memiliki kecepatan download hingga 300 Mbps dengan Up to 75 Mbps
  2. Sistem support ITU-R dan sistem IMT untuk gelombang frekuensi
  3. Mendukung untuk tingkat mobilitas untuk pengguna tinggi
  4. Harga paket internet dan telepon yang lebih murah
  5. Support untuk wilayah hampir di seluruh Indonesia 

Beragam kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika beralih ke jaringan 4G. Hal ini juga yang menjadi alasan banyak orang untuk melakukan cara upgrade kartu Tri 3G ke 4G. Selain itu, proses upgrade yang tergolong sangat mudah juga menjadi alasan lainnya kenapa orang ingin melakukan upgrade jaringan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar