Cara Tutup Akun Instagram Sementara dan Permanen yang Mudah

Instagram adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk berbagi foto maupun video melalui jaringan internet. Dirilis pada tahun 2010, Instagram masih menjadi sharing platform yang masih sangat populer. Walaupun cukup mengasyikkan, belum tentu semua orang ingin terus-menerus memakai aplikasi ini, sehingga mereka mencari informasi tentang cara tutup akun instagram secara permanen maupun sementara. 

Cara Menghapus atau Menonaktifkan Akun Instagram Sementara

Cara tutup akun Instagram yang pertama dapat dilakukan melalui laptop atau PC. Dengan menggunakan media tersebut, kamu dapat menghapus akun instagram sementara waktu dengan cara berikut ini:

  1. Buka instagram.com dengan browser di laptop kamu.
  2. Setelah itu, login dengan username & password kamu pada akun Instagram yang akan ditutup.
  3. Pilih menu “Profil” dan klik pada bagian “edit profil”. 
  4. Scroll ke bagian bawah dan kamu akan menemukan “Temporarily Disable My Account” atau “Nonaktifkan Sementara Akun Saja”, klik opsi ini. Pilih alasan kamu menutup sementara akun Instagram.
  5. Setelah itu, masukkan password Instagram kamu. 
  6. Jika kamu lupa password, klik pada bagian Forgot Password, maka kamu akan diminta mengisikan username, email atau nomor telepon untuk mendapatkan bantuan tentang informasi password kamu.
  7. Setelah memilih opsi  “Temporarily Disable My Account”, maka akun kamu pun akan menghilang untuk sementara waktu, sampai kamu siap untuk mengaktifkannya kembali.

Cara menghapus akun Instagram di HP hampir sama seperti dengan cara di atas. Cara tutup akun Instagram melalui ponsel yaitu kamu hanya perlu menuju menu settings dan mencari “Help Center”. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah menghapus akun melalui laptop. Untuk kamu yang sedang yang mencari cara deactive ig di Iphone, cara ini juga dapat diterapkan.

Sedangkan untuk mengaktifkan kembali akun Instagram tersebut, kamu hanya perlu login menggunakan username dan kata sandi seperti sebelumnya. Jika proses login berhasil, kamu dapat segera menggunakan akun Instagram seperti biasa.

Sebagai informasi tambahan, proses menonaktifkan akun Instagram ini tidak bisa kamu lakukan setiap hari atau dalam jangka waktu dekat. Kamu hanya bisa menonaktifkan akun instagram seminggu setelah mengaktifkannya kembali. 

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen Pakai HP

Cara Tutup Akun Instagram
Cara Tutup Akun Instagram

Selain menutup akun Instagram untuk sementara waktu, kamu juga bisa lho menghapus akun tersebut secara permanen. Jika kamu merasa hal ini perlu, ternyata cara tutup akun instagram tersebut cukup mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Login ke dalam akun instagram kamu dengan username/nomor telepon dan password seperti biasanya
  2. Buka bagian profil dan klik tanda tiga garis pada pojok kanan atas
  3. Selanjutnya, masuk ke menu settings dan cari bagian “Help Center”, klik opsi tersebut.
  4. Setelah itu, kamau akan berada pada halaman “Help Center” atau “Pusat Bantuan”. Langsung saja klik tanda tiga garis pada pojok kanan atas.
  5. Kamu akan mendapati halaman website yang baru, pilih opsi mengelola akun atau “manage account” 
  6. Pada opsi tersebut akan terdapat beberapa menu pilihan, langsung saja klik “Menghapus Akun Anda”, lalu klik “Bagaimana cara menghapus akun saya” yang di dalamnya memuat keterangan tentang ketentuan penghapusan akun Instagram
  7. Jika sudah benar-benar yakin untuk menghapus akun instagram, segera saja kamu klik pada tulisan Hapus Akun Anda dan kamu akan diarahkan menuju halaman https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/ 
  8. Pilih alasan kamu dalam menghapus akun Instagram, selanjutnya masukkan ulang password Instagram kamu. Jika lupa password, pilih opsi “Forgot Password” atau :Lupa Kata Sandi” di bawahnya untuk mendapatkan password kamu kembali.
  9. Setelah benar-benar yakin untuk menghapus akun instagram, klik opsi “Hapus” pada halaman bagian bawah, maka dalam jangka waktu satu bulan, akun tersebut akan dihapus secara permanen.

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen Pakai Laptop

Kalau cara tutup akun Instagram di atas dirasa cukup panjang, kamu juga bisa memakai cara yang lebih cepat dan mudah. Selain melalui ponsel, kamu juga dapat menghapus akun Instagram melalui laptop atau komputer seperti di bawah ini.

  1. Login ke dalam akun instagram dengan username/nomor telepon/email dan password kamu
  2. Selanjutnya, ketik saja kata “Instagram Help Center” pada mesin pencarian atau browser.
  3. Kamu akan melihat https://help.instagram.com pada urutan pertama halaman pencarian. Klik website tersebut, kemudian masuk ke dalam halaman utamanya, lalu pilih “Manage Your Account” atau “Mengelola Akun Anda” 
  4. Klik  “Delete Your Account” atau “Menghapus Akun Anda”. Pilih “How do I delete my account? atau “Bagaimana cara menghapus akun Instagram saya?”
  5. Scroll ke bawah, coba temukan tulisan “Delete Your Account” atau  “Hapus Akun Anda”, lalu langsung saja klik
  6. Kemudian browser akan membuka halaman lain, yaitu https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/ . Pilih alasan kamu menutup akun Instagram.
  7. Setelah memberikan alasan, masukkan kembali password, kemudian klik tombol “Delete” atau ”Hapus” akun yang terdapat pada bagian bawah, maka akun Instagram kamu pun akan dihapus secara permanen.

Cara Menghapus Akun Instagram Tanpa Login dengan Username dan Password

Cara menghapus akun instagram tanpa login atau tanpa username dan password ternyata bisa juga kamu lakukan. Kamu dapat melakukan cara tutup akun Instagram tersebut dengan langkah ini:

  1. Pertama-tama, login ke aplikasi Instagram dengan menggunakan akun lain yang telah kamu buat
  2. Kemudian, cari akun Instagram yang ingin kamu hapus dengan mengetikkan usernamenya melalui kolom  ‘Pencarian’ 
  3. Setelah menemukan akun tersebut, tekan tombol titik tiga yang terdapat pada bagian sebelah kanan atas 
  4. Klik ‘Report’ dan berikan alasan pelaporan akun tersebut.
  5. Lakukan langkah ini dengan menggunakan 30 akun yang berbeda sampai pihak Instagram menginformasikan bahwa akun tersebut sudah berhasil dihapus.
  6. Terapkan langkah ini juga berlaku jika kamu sedang mencari cara menghapus akun Instagram yang lupa password

Nah, itulah sejumlah cara tutup akun Instagram yang dapat kamu coba ketika kamu ingin rehat atau tidak ingin menggunakan instagram lagi. Sebelum menghapus akun, pastikan kebaikan dan kekurangannya, sehingga kamu tidak perlu bersusah payah mengaktifkan atau membuat akun baru lagi di kemudian hari.

Bagikan:

Tinggalkan komentar